Biaya Wisata: Mulai Rp 2.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Desa Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Gili Ketapang sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi liburan yang menyenangkan di Probolinggo, Jawa Timur. Pulau menawarkan paket liburan yang lengkap sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mampir. Destinasi bahari ini terkenal dengan pesona bawah lautnya yang eksotis dan mampu memanjakan mata.

Bagi anda yang yang belum tahu, Gili ini adalah sebuah pulau yang letaknya berada di sebelah utara Probolinggo. Jika dilihat dari peta, maka posisinya berada di sekitar selat Madura. Snorkeling menjadi aktivitas utama yang biasanya dilakukan oleh wisatawan. Daripada penasaran, yuk simak penjelasan lengkap seputar Gili Ketapang sebagai berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Ketapang

Daya Tarik Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps DJ Masta

1. Pesisir Pulau yang Indah

Tidak lengkap rasanya jika saat membicarakan Gili Ketapang tidak ikut membahas panorama pesisirnya. Meskipun lebih terkenal dengan pemandangan bawah lautnya, siapa sangka jika kawasan pesisir pulau tersebut juga terlihat mempesona. Air laut yang jernih dapat memantulkan sinar matahari dengan baik. Pepohonan di sana juga cukup rimbun, sehingga menjadi spot terbaik untuk bersantai.

Saat duduk dibawah pohon, telinga anda juga akan dimanjakan dengan suara desiran ombak yang merdu. Suara tersebut muncul dari air laut yang menabrak kawasan pesisir dan menarik kembali pasir pantai ke tengah. Siapapun akan merasa betah berlama lama di sana, bahkan setiap wisatawan bisa menghabiskan waktu seharian untuk bermain.

2. Kuliner Pantai yang Beraneka Ragam

Perjalanan wisata yang anda lakukan terasa sangat lengkap, karena kehadiran warung makan yang ada di sekitarnya. Pilihan menunya sangat beragam dan rasanya pun sangat lezat. Harga yang ditawarkan juga tidak menguras kantong. Anda bisa memesan lebih dari satu menu untuk mengisi perut, bersama dengan keluarga.

Saat hendak membeli makan, jangan lupa untuk menanyakan harganya terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penjual nakal yang tiba tiba menaikkan harga setelah pelanggannya selesai makan. Pilihan menu yang banyak dijual adalah yang berasal dari laut, seperti ikan dan udang. Namun bagi anda yang alergi seafood, tidak perlu khawatir karena masih ada menu dengan bahan yang lain.

Daya Tarik Dimiliki Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Gili Ketapang

3. Keindahan Bawah Laut yang Mempesona

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa keunggulan utama dari Gili Ketapang adalah pesona bawah laut yang mempesona. Anda bisa melihat indahnya terumbu karang ditemani dengan ikan dengan berbagai corak, yang berenang kesana kemari. Salah satu jenis ikan yang paling banyak ditemukan di kawasan tersebut adalah nemo.

Corak nemo sangat beragam, namun umumnya didominasi dengan warna warna yang cerah. Beberapa warna tersebut adalah merah dan kuning. Namun ada pula, beberapa diantara mereka yang coraknya berwarna hitam. Ikan ini sangat jinak, sehingga aman jika anda berenang dalam jarak yang dekat dengannya.

4. Mudah Dijangkau

Wisata Gili Ketapang semakin populer, karena cukup mudah dijangkau dibandingkan dengan spot wisata yang lain. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari kota Surabaya. Anda hanya perlu mengarah ke Probolinggo dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal selama 40 menit saja. Biaya untuk naik transportasi tersebut cukup terjangkau, yaitu sekitar sepuluh ribu rupiah.

Apabila anda tidak ingin repot, lebih baik langsung saja ikut jasa tour and travel. Banyak sekali paket menarik yang mereka tawarkan. Harganya pun terkadang lebih terjangkau dibandingkan dengan berlibur secara mandiri. Apabila anda memiliki banyak teman, tidak salahnya untuk mengusulkan liburan secara berkelompok agar biayanya dapat dibagi bersama sama.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Image Credit: Google Maps Rio Wija

Gili Ketapang adalah sebiah pulai yang letaknya berada di lepas pantai kawasan Probolinggo. Untuk sampai ke sana, anda perlu menempuh perjalanan melalui arteri surabaya untuk sampai ke pelabuhan probolinggo. Jika sudah sampai, gunakan kapal sebagai media penyebaran untuk sampai ke pulau ini. Tidak perlu waktu lama, anda pin sudah sampai di tempat tujuan.

Saat hendak berkunjung ke pulau eksotis ini, anda harus tahu berapa tiket masuk destinasi wisata tersebut. Dengan begitu, anda bisa mempersiapkannya dengan matang. Alhasil, perjalanan juga terasa lebih nyaman dan berkesan. Untuk masuk ke pelabuhan, anda perlu biaya sekitar Rp 2.000. Kemudian anda perlu Rp 10.000 untuk menyebrang dengan perahu.

Ada juga paket wisata lengkap yang sudah termasuk snorkeling dengan biaya sekitar Rp 90.000. Informasi terkait dengan harga ini bisa saja berubah sewaktu waktu, tergantung dengan kebijakan pengelola. Lantas kapan jam buka Gili Ketapang? Sejatinya tidak ada jam operasional yang jelas. Hanya saja jadwal penyebarannya adalah mulai dari jam 8 pagi hingga 4 sore saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gili Ketapang

Kegiatan di Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps MT Furqon

1. Snorkeling

Gili Ketapang merupakan spot terbaik untuk melakukan snorkeling. Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang menyempatkan waktunya untuk datang ke sana. Pemandangan berupa tumpukan karang yang indah dan ikan yang beraneka ragam akan membuat pikiran terasa jernih. Pemandangan semacam itu tidak dapat dilihat di sembarang tempat.

Anda pun tidak perlu membawa peralatan snorkeling sendiri. di sana sudah ada fasilitas rental yang siap menyuplai kebutuhan anda untuk bersenang senang. Akan tetapi jika anda datang di hari libur, bisa saja peralatan tersebut sudah dipesan. Oleh karena itu, sesuaikan hari kedatangan anda dan pilih waktu yang tidak terlalu ramai agar liburan terasa lebih menyenangkan.

2. Susur Pulau

Aktivitas kedua yang tidak kalah menarik untuk dilakukan adalah susur pulau. Setiap sisi pulau tersebut menyuguhkan pemandangan yang berbeda beda. Jika anda bosan dengan salah satu titii, maka tidak ada salahnya untuk pergi ke sisi pulau yang lain. Bahkan di pulau tersebut memiliki pantai timur dan barat yang sangat luas. Di sana juga terdapat situs religi yang bisa ditelisik lebih dalam.

Tidak salah jika kebanyakan orang memilih untuk menginap selama sehari atau dua hari di sana. banyak hal yang dapat diekspor dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. apalagi jika anda adalah tipe orang yang berjiwa petualang. Aktivitas tersebut bisa menjadi kegiatan yang paling menyenangkan dan membuat anda merasa betah di Gili Ketapang.

3. Finding Nemo

Di luar sana banyak sekali jenis ikan yang diperjual belikan untuk menghiasi akuarium. Namun tentu saja, melihatnya secara langsung di alam merupakan sebuah kesempatan yang menyenangkan. Ikan nemo adalah sejenis ikan yang suka bersembunyi di balik karang. Oleh karena itu, berburu untuk menacri meeka adalah sbeuiah aktviotas yang menyenangkan.

Namun berburu di sini bukan membawanya pulang untuk dijadikan dipelihara. Akan tetapi anda hanya boleh mengabadikannya melalui gopro. Anda bebas menjelajah setiap sisi dari dunia bawah laut pulau ini untuk mengabadikan setiap panorama yang indah tersebut. Anda pasti akan merasa puas jika menemukan ikan nemo yang warnanya unik dan melihatnya dengan mata kepala sendiri.

Kegiatan Menarik di Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Rio Wija

4. Berburu Foto

Perjalanan wisata tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan berfoto ria. Anda bisa mengambil banyak foto dari destinasi wisata tersebut. Setiap sisinya memberikan kesan yang berbeda, bahkan ada kalanya seperti di pulau yang tidak sama. Rimbunnya pepohonan juga dapat menjadi background yang estetik dan cocok di upload di media sosial.

Saat berfoto di Gili Ketapang, anda tidak perlu efek khusus untuk mempercantik gambarnya. Hasil jepretan itu bisa menjadi kenang kenangan yang indah dan layak untuk disimpan di album foto. Jika merasa lelah, anda bisa melihat kembali memori indah yang pernah anda dapatkan di sana. Tidak menutup kemungkinan, foto tersbeut dapat membangkitakn semangat anda untuk kembali beraktivitas.

5. Menikmati Kuliner Lezat

Bagi sebagian orang, wisata kuliner merupakan aktivitas yang paling menyenangkan dalam sebuah perjalanan wisata. Jika anda salah satunya, tidak salah jika mampir di Gili Ketapang. Di pesisir pantainya banyak sekali penjual makanan yang menjajakan kuliner khas laut berupa seafood. Setiap penjual pun sepertinya sudah mahir meracik bumbu sehingga rasanya masakannya sangat lezat.

Biota laut yang dibaw ake daratan pun semuanya dalam kondisi segar, sehingga tidak ada rasa amis yang muncul saat hidangan masuk ke dalam mulut. Harga dari menu ini juga bisa dibilang terjangkau. Selain makanan, anda juga bisa memesan berbagai jenis minuman segar untuk melawan teriknya matahari. segelas air dingin saja sudah bisa melepas dahaga dengan baik.

6. Camping

Mendirikan tenda di tepi pantai adalah sebuah ide yang menyenangkan, apalagi jika anda datang bersama dengan rombongan. Anda bisa memasang api unggun di depan tenda dan membakar jagung sambil ditemani dengan alunan gitar yang merdu. Suara tersebut terdengar semakin menusuk hati jika dibarengi dengan deburan ombak yang merdu.

Bagi anda yang tidak ingin repot, lebih baik langsing saja gunakan jasa persewaan tenda. Anda hanya perlu membayarkan sejumlah biaya dan pihak rental akan memberikan seperangkat kebutuhan camping secara lengkap. Namun untuk amunisi berupa jajanan, anda perlu membawanya sendiri dari rumah. Jika persediaannya habis, tidak perlu khawatir karena di sekitar sana masih ada toko.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau Gili Ketapang
Image Credit: Twitter bromotripadvisor

Keberadaan fasilitas yang lengkap semakin menarik minat turis untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Hal serupa juga berlaku untuk Gili Ketapang. Adapun beberapa jenis fasilitas yang dapat anda temukan di sana adalah area parkir, home stay, kedai makanan, spot foto yang cantik, spot mancing, spot snorkeling, dan kapal motor.

Bahkan bagi anda yang ingin menelisik lebih dalam tentang pulau ini, dapat meminta bantuan dari pemandu wisata. Mereka adalah orang yang bisa menjadi tour guide bagi anda dan keluarga selama berada di pulau tersebut. tour guide ini posisinya berbeda dengan pemandu snorkeling. Anda tidak perlu was was saat snorkeling, karena sudah ada pemandu khusus yang akan menemani.

Perjalanan anda tidak akan lengkap jika anda tidak menjajal permainan air berupa banana boat. Permainan tersebut sangat cocok dilakukan, terlebih bagi anda yang datang bersama dengan rombongan. Soal standar keamanan, anda tidak perlu ragu, karena semuanya sudah disiapkan dengan matang. Para staf yang bekerja di sana juga sudah terlatih menangani berbagai situasi.

Itulah ulasan mengenai destinasi hits Gili Ketapang di Probolinggo. Semoga informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang sedang pusing mencari destinasi wisata yang asyik selama liburan. Agar perjalanan terasa lebih nyaman, anda bisa menggunakan aplikasi booking hotel. Atur pola setiap jadwal yang ingin dilakukan secara rinci, agar tidak ada yang terlewatkan.