Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Letak Pantai Gili Ketapang yang terpencil membuatnya sangat layak diperhitungkan oleh mereka pencari kedamaian. Ingin bermain di pantai dengan suasana seperti pulau pribadi? Sekeping keindahan yang terletak di utara Probolinggo ini akan mewujudkan impian tersebut, jadi rencanakanlah kunjungan secepatnya!

Terletak di tengah-tengah lautan di Desa Ketapang, setiap orang yang mampir ke sini akan merasa terpukau oleh hijaunya lautan serta hamparan pasir putih bersih. Kegiatan bawah laut bisa semakin mengasyikkan saat Anda menginjakkan kaki di pantai eksotis ini, itu sudah tidak diragukan lagi.

Hanya saja, perlu effort besar untuk menempuh perjalanan panjang bahkan jika Anda datang dari kota terdekat seperti Surabaya. Pasalnya, ini mengharuskan wisatawan menumpang kendaraan laut tanpa terkecuali karena letaknya terpisah sendirian seolah terombang-ambing di tengah lautan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gili Ketapang

Daya Tarik Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Benediktus Kristiadi

1. Pasir Lembut

Tidak berlebihan jika pasir di Pantai Gili Ketapang begitu didambakan oleh para pengunjung, bahkan membuat mereka senang. Pasalnya, saat menginjakkan kaki di atasnya, tekstur lembut langsung menyambut Anda hingga menimbulkan perasaan seperti tergelitik.

Anda bisa mulai melangkah menyusuri bibir pantai, melihat ke sekeliling, mendengarkan debur ombak, atau aktivitas menarik lainnya. Hamparan pasir di sini sebaiknya dijelajahi tanpa menggunakan alas kaki untuk pengalaman lebih optimal.

2. Lautan Zamrud

Warna lautan di Pantai Gili Ketapang tidak kalah mengesankan karena terlihat bagai batu permata. Suatu waktu itu seperti warna biru di bagian tengahnya, tetapi lebih sering terlihat berwarna zamrud.

Hanya dengan melihat kondisi perairan, Anda sudah bisa merasakan kesenangan tersendiri tanpa perlu repot-repot menyelam ke bawah laut. Tentu kesempatan menyelam tetap harus dioptimalkan jika tidak ingin waktu liburan berlalu begitu saja.

Namun kenyataannya, pulau eksotis ini memang menjanjikan kedamaian bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Aroma garam saat angin berembus mungkin pada mulanya akan membuat perasaan terusik, tetapi lama-lama bisa muncul ketenangan yang membuai.

3. Bintang di Langit Malam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa langit malam di pulau terpencil biasanya menyajikan panorama luar biasa. Apalagi, lokasinya persis di tengah lautan terpisah dari keramaian kota-kota industri di sekitarnya.

Anda bisa memutuskan menginap di Pulau Gili Ketapang, kemudian datang ke area pantai saat malam hari. Jika perlu, siapkan kamera yang mumpuni agar bisa mengabadikan momennya tanpa terlewat sedikit pun.

Tentunya pengalaman seperti ini hanya bisa didapat saat Anda mengagendakan kunjungan ke Pantai Gili Ketapang saat musim kemarau. Jadi, pertimbangkanlah untuk datang saat keadaan langit cukup bersahabat bagi aktivitas di luar rumah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Benediktus Kristiadi

Ada banyak rute yang bisa dilalui agar bisa tiba di Pantai Gili Ketapang, tetapi itu selalu mengharuskan Anda menggunakan penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Begitu tiba di pelabuhan kecil ini, kapal-kapal milik nelayan siap mengantar Anda mengarungi lautan secepat-cepatnya 30 menit.

Terletak sejauh 8 km di sisi utara Probolinggo, pantai eksotis ini membentang di selat Madura yang secara administratif masuk Kecamatan Sumberasih. Dengan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Anda hanya perlu menunggu kemudi kapal nelayan tiba di Pulau Gili Ketapang.

Setelah itu, lakukan eksplorasi sepuasnya di salah satu wilayah milik Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Anda akan dibuat dengan lanskap alamnya hingga rasanya ingin terus menghabiskan waktu bersenang-senang di dalamnya.

Biaya Wisata ke Gili Ketapang

Biaya Wisata ke Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Benediktus Kristiadi

Letak Pulau Gili Ketapang yang terpencil mengharuskan Anda membayar lebih dari sekadar tiket masuk objek wisata. Bahkan, tidak ada retribusi khusus atas pantai cantik di kawasan ini, tetapi bukan berarti pengunjung benar-benar bebas biaya perjalanan.

Ada tarif masuk ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo yang ditanggung oleh setiap individu pengunjung senilai Rp 2.000. Kemudian, kapal penyeberangan biasanya dipatok sebesar Rp 20.000 di mana bisa saja berubah sesuai kebijakan pemiliknya.

Tak lupa, ada sewa lahan parkir saat Anda membawa kendaraan sendiri di Pelabuhan Probolinggo sebesar Rp 15.000. Jika ditotal secara keseluruhan, biayanya bisa bertambah menyesuaikan lokasi keberangkatan Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Gili Ketapang

Kegiatan Menarik Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Agung Nugraha

1. Mengelilingi Pulau

Tidak hanya Pantai Gili Ketapang, bagian lain di pulau eksotis ini layak ditelusuri dengan senang hati. Menyapa warga lokal patut dipertimbangkan dan berbincang-bincang bersama mereka tentang kehidupan di daerah terpencil.

Hanya saja, perlu dipahami bahwa kebanyakan warga lokal berbicara menggunakan bahasa Madura sehingga mungkin akan menyulitkan Anda. Kalaupun tidak sampai melakukan aktivitas sosial, cukup jelajahi sudut-sudut pulau dan temukan objek lain yang menarik hati selain area pantainya.

2. Kegiatan Kuliner

Aktivitas kuliner tidak dapat dihapus dari daftar kegiatan yang dilakukan saat mengunjungi sebuah tempat baru. Akan lebih berkesan bila ini adalah kedatangan pertama Anda di mana rasa penasaran masih begitu kental di hati.

Anda bisa pergi menjelajah di sekitar pantai mencari makanan unik yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya. Cicipi satu atau dua jenis, ingat baik-baik di dalam benak, dan jadikan itu sebagai salah satu kenangan yang berharga.

Cukup menarik pula jika Anda membawa makanan ke area Pantai Gili Ketapang, kemudian menikmati keindahan yang ditawarkan. Ditemani minuman dingin tentu bisa memberikan sensasi lebih segar sambil membantu Anda melepaskan dahaga.

3. Snorkeling

Tidak hanya bagian darat yang patut dieksplorasi, keadaan bawah laut di Pantai Gili Ketapang juga akan memukau Anda. Mulai dari ikan-ikan kecil berwarna-warni, terumbu karang terawat, hingga ragam biota laut lainnya.

Anda bisa membawa perlengkapan snorkeling sendiri dari rumah, tetapi jika tidak memungkinkan, tak perlu khawatir sebab telah ada jasa penyewaannya di sini. Cukup siapkan budget yang luas agar Anda tidak perlu bingung saat harus membayar biaya perlengkapan snorkeling.

Jangan lupa bawalah kamera yang kompatibel untuk mendukung pengalaman snorkeling Anda. Sayang bukan jika panorama bawah laut di pulau cantik ini tidak diabadikan dalam bingkai foto?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps muhammad imran735

Sebagai destinasi yang keindahannya memukau wisatawan dari banyak domisili, fasilitas di Pantai Gili Ketapang tidak akan mengecewakan Anda. Hal-hal primer seperti memenuhi kebutuhan makan dan minum atau ke kamar mandi sudah tersedia di lokasi. Anda tinggal mencarinya saja karena operasionalnya dikelola oleh penduduk setempat.

Bagaimana jika ingin menyelami keindahan bawah laut di pulau cantik ini? Bukan masalah besar sebab tersedia juga penyewaan perlengkapan snorkeling untuk mewujudkan keinginan Anda. Bahkan, dilengkapi oleh sewa drone yang bisa memberikan kesempatan berburu momen secara maksimal.

Saat ingin menginap barang semalam saja, Anda juga bisa melakukannya dengan bebas. Biasanya warga membuka homestay untuk mengakomodasi wisatawan yang hendak berlama-lama menghabiskan waktu di destinasi estetis ini. Lakukan apa pun impian Anda dengan tetap mengikuti tata tertib daerah setempat.

Pantai Gili Ketapang akan membawa pengunjung menyelami keindahan bawah laut secara mengesankan. Ditemani debur ombak yang relatif tenang, udara hangat saat pagi hari, hingga butir-butir pasir yang lembut saat dipijaki. Mampir ke sini biasa membuat hari Anda lebih bermakna setelah lelah menghadapi rutinitas di waktu-waktu biasa.