Pantai Kartini Jepara, Wisata Bahari Dengan Beragam Wahana Menarik

Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini salah satu objek wisata bahari yang memukau di Bulu, Jepara. Pantai pasir putih yang menyimpan beragam keindahan alam pesisir yang menarik untuk dieksplor, utamanya berkunjung ke Kura-Kura Ocean Park.

Lokasi: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Dikenal sebagai kota penghasil kerajinan ukir, ternyata Jepara menyimpan beragam objek wisata yang menajkubkan. Salah satunya Pantai Kartini, yang namanya diambil dari nama seorang pahlawan wanita Indonesia. Destinasi wisata ini memiliki keindahan alam yang menawan sekaligus tujuan wisata edukasi untuk anak-anak. Penasaran seperti apa sisi eloknya? Simak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Wisata Pantai Kartini

Sejarah Pantai Kartini

Image Credit: Kompas.com

Pantai ini mempunyai letak geografis yang berada di jalur perjalanan laut menuju ke kawasan Taman Nasional Laut Karimunjawa. Akses jalannya sangat mudah melewati rute Semarang-Demak-Jepara, kemudian memasuki daerah Pulau Panjang. Karena dikelilingi oleh lautan biru yang luas, sehingga panorama alam yang dihasilkan begitu memesona.

Konon ceritanya kawasan pesisir ini merupakan tempat bermain R.A Kartini semasa kecil. Beliau bersama saudara dan teman-temannya kerap menghabiskan sore hari di bibir pantai. Beberapa puluh tahun kemudian pemerintahan setempat merombaknya menjadi salah satu objek wisata Jepara. Itulah mengapa nama pantai ini disamakan dengan nama pahlawan dari Jepara tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kartini

Daya Tarik Pantai Kartini

Image Credit: Instagram.com @kemanaid

Wisata pantai ini merupakan ikon wisata kebanggaan masyarakat Jepara, terbukti dari volume pengunjung yang bertambah setiap harinya. Objek wisata ini cocok bagi Anda yang mencari tempat liburan edukatif bersama keluarga. Pasalnya beberapa spot yang tersedia menyajikan pesona laut biru yang memanjakan mata, serta wahana anak-anak yang sesuai usianya. Bentang alam yang dimiliki pantai menawan ini cukup luas, dengan laut berwarna biru dan hamparan pasir putih. Ombak lautan cenderung tenang dan pepohonan hijau di pinggir pantai menambah kesan sejuk. Jembatan permanen yang menghubungkan beberapa gazebo di atasnya, membuat keindahan Pantai Kartini semakin menonjol.

Di pantai ini Anda akan menemukan bangunan Kura-Kura Ocean Park, yang menjadi ikon wisata dengan banyak wahana di dalamnya. Sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura ini dimanfaatkan sebagai sarana edukasi. Anda diajak untuk mengenal kehidupan bawah laut beserta keberagamannya. Bangunan ini terbagi dua lantai yang masing-masingnya memiliki daya tarik. Pada lantai pertama Anda akan melihat taman laut dan habitatnya di dalam sebuah akuarium besar. Beberapa biota laut hidup di akuarium tersebut diantaranya ikan kerapu, hiu, buntal, angel fish, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat akuarium dinding sejumlah 12 buah serta 4 buah akuarium portable. Anda dapat menyaksikan beragam ikan air laut dan air tawar yang berukuran kecil.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Sedangkan di lantai dua terdapat Jepara Science Park yang berisi beberapa wahana menyenangkan. Khusus di lantai ini Anda bisa menikmati Air Mancur Malayang, Papan Kreatif, Peraga Sensor Tepuk dan Sensor Gerak. Di samping itu Anda disuguhi suatu pertunjukan IMAX Deep Sea dengan tampilan 3 dimensi. Anda akan dibawa untuk berpetualang di bawah laut.

Setelah mengunjungi Kura-Kura Ocean Park, Anda bisa berjalan sebentar ke arah barat menuju ke pemandian. Kabarnya air pemandian tersebut mampu menghilangkan segala macam penyakit. Diantaranya panu, rematik, paru-paru, eksim, dan beragam penyakit kulit lainnya. Meskipun hanya kepercayaan orang setempat, namun wisatawan selalu penasaran untuk mencobanya.

Bila berkunjung bersama si kecil berlibur ke Pantai Kartini, ajaklah ke area wahana bermain untuk anak-anak. Bagian pantai tersebut menyediakan spoor mini, catur raksasa, pesawat TNI AU, rumah kecek, dan wahana lainnya. Anda juga bisa menyaksikan waktu sunset yang indah dari pinggir pantai. Semburat senjanya menghasilkan siluet cantik yang tak akan mudah dilupakan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Kartini

Harga Tiket Pantai Kartini

Image Credit: Facebook.com @infoseputarkudus

Akses jalan menuju ke pantai ini lumayan mudah ditempuh, mengingat objek wisatanya yang menjadi sorotan. Bila berangkat dari Semarang ambil rute arah ke Demak lalu berhenti di Jepara. Anda bisa menempuh perjalanan darat menggunakan motor, mobil, atau bis umum. Arahkan langsung kemudi menuju ke terminal bus Jepara, kurang lebih 15-20 menit Anda sudah tiba di lokasi.

Apabila bingung menemukan lokasi terminal Jepara, Anda dapat mencati Pendopo Kabupaten Jepara. Jaraknya sekitar 2,5 kilometer dari wilayah barat kantor Bupati, serta mudah dilalui karena merupakan jalur transportasi. Selain itu, Anda akan dibantu dengan petunjuk arah yang tersedia di sepanjang perjalanan menuju Pantai Kartini. Sehingga mudah bagi wisatawan sampai lebih cepat.

Jika menggunakan pesawat terbang maka Anda mendarat di Bandar Udara Ahmad Yani. Atau bila datang dari Jakarta mengendarai kereta api, Anda bisa berhenti di Stasiun Tawang. Baik dari bandara maupun stasiun Anda melanjutkan perjalanan dengan taksi atau travel. Pilih travel yang menyediakan jalur Semarang-Jepara agar langsung tiba di lokasi wisata.

Setibanya di Kawasan pantai, Anda akan menjumpai dua gerbang pintu masuk. Pertama ialah gerbang masuk menuju ke dermaga, yang mana ditujukan bagi yang ingin berlibur ke Karimun Jawa. Sedangkan gerbang kedua ialah pintu masuk langsung menuju ke Pantai Kartini. Jadi nantinya Anda jangan sampai keliru, tidak usah khawatir sebab sudah ada plang penunjuk.

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Tentunya harga tiket berbeda antara hari biasa dan hari weekend. Pada hari biasa Anda cukup membayar 5 ribu rupiah, sedangkan waktu weekend dikenai retribusi sebesar 7 ribu rupiah. Jika Anda mengendarai kendaraan bermotor atau bus maka dikenakan biaya parkir sekitar 2-10 ribu rupiah.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kartini

Aktivitas di Pantai Kartini

Image Credit: Google Maps (Makazin)

1. Menikmati View Sekitar Pantai

Di atas lautan biru yang tenang Anda akan melihat gazebo-gazebo yang dibuat terpisah satu sama lain. Beberapa gazebo tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan semi permanen, yang terhubung pula ke Kura-Kura Ocean Park. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk jalan-jalan sembari menikmati view pantai. Kombinasi panorama alam yang apik membuat hati terasa menyenangkan.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan fotografi, di tempat ini Anda bisa mengambil banyak foto mengagumkan. Dengan latar belakang paduan langit dan laut berwarna biru, dijamin hasil jepretan Anda sangat memuaskan. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam dari atas gazebo. Angin sepoi-sepoi saat sore hari turut memberi ketenangan tersendiri.

2. Menjelajahi Kura-Kura Ocean Park

Pantai Kartini memiliki banyak wahana seru yang membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Salah satunya ialah Kura-Kura Ocean Park, yang menjadi landmark paling favorit bagi pengunjung. Bangunan dua lantai ini merupakan wahana edukasi yang memperkenalkan tentang keberagaman habitat bawah laut di Indonesia.

Ketika memasuki lantai pertama Anda akan menjumpai kantor informasi dan stand souvenir. Ada beberapa penjual kerajinan khas laut dan Jepara, yang dapat Anda beli untuk buah tangan. Masih di lantai yang sama terdapat taman laut berupa akuarium besar dan lorong bawah laut. Melalui akuarium tersebut Anda bisa melihat misteri kehidupan bawah laut, serta ikan-ikan berukuran besar.

Di lantai satu juga terdapat papan touchscreen yang memuat informasi detail tentang kota Jepara. Ada pula kura-kura yang diletakkan di touch pool, yang mana bisa Anda sentuh wujudnya. Kura-kura tersebut sudah jinak jadi Anda boleh menyentuh bagian cangkangnya. Di sekitarnya terdapat kolam fish spa berisi ikan Garra Rufa, Anda tinggal merendam kaki di kolam untuk menikmati refleksi.

Saat naik ke lantai dua, Anda akan menjumpai Jepara Science Park, yang mana tersedia beragam wahana bermain. Anda boleh menaiki sejumlah wahana mulai dari Kipas Angin Tanpa Baling-Baling, Simulator Pesawat Terbang, hingga Papan Kreatif. Jangan lewatkan pertunjukan teater IMAX Deep Sea, yang menampilkan dokumentasi bawah laut secara 3 dimensi.

3. Menyebrang ke Pulau Panjang

Pantai Kartini terkenal sebagai gerbang utama menuju ke kawasan pantai lainnya. Termasuk jalan menuju ke Pulau Panjang, yang dapat Anda tempuh menggunakan perahu motor. Anda akan melihat berbagai flora dan fauna yang dilindungi pemerintah di pulau ini. Pemandangan alam luar biasa dengan pasir putih nan bersih menjadi daya tarik pulau kecil ini.

BACA JUGA:  8 Wisata Museum di Solo yang Patut Anda Kunjungi

Anda bebas bermain di hamparan pasir putih yang tersedia, sembari menghirup hembusan udara yang sejuk. Air lautnya berwarna biru dan jernih, hingga di jarak pandang tertentu Anda dapat melihat keindahan bawah laut. Anda dapat melakukan banyak hal di pulau ini mulai dari bermain di tepi pantai, jalan-jalan di atas pasir putih, atau menunggu sunset di bibir pantai.

4. Bermain di Wahana Hiburan

Pantai Kartini tidak hanya menyediakan Kura-Kura Ocean Park yang edukatif, tapi juga wahana bermain yang menyenangkan. Sebagian besar wahana tersebut disediakan untuk anak-anak, meskipun begitu usia dewasa tetap bisa menikmatinya. Tak perlu khawatir sebab semua wahana didesain aman untuk si kecil, walaupun harus ada pengawasan dari orang tua.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kartini

Penginapan Sekitar Pantai Kartini

Image Credit: Booking.com

Sebagai ikon wisata kota Jepara, tentunya pantai cantik ini mempunyai volume pengunjung terbesar dibandingkan wisata lainnya. Hal tersebut memicu tumbuhnya beberapa penginapan di sekitar lokasi pantai. Bila Anda keluar dari Pantai Kartini tinggal berjalan sebentar, maka Anda langsung menemukan penginapan dengan harga murah dan fasilitas memadai.

Bila kurang berkenan dengan akomodasi menginap dekat pantai, Anda boleh langsung menuju ke pusat kota. Di jantung kota Jepara bertebaran penginapan berbagai harga dan fasilitas terbaik. Jika Anda memiliki budget lebih mungkin bisa memilih hotel berbintang. Biasanya di hotel suasana istirahat cenderung lebih nyaman dan tenang, sehingga badan fresh kembali.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kartini Jepara

Fasilitas di Pantai Kartini

Image Credit: Google Maps (Andry Fernandus)

Pengelola wisata telah menyediakan beragam fasilitas yang sekiranya nyaman untuk para pengunjung. Anda akan mendapati lahan parkir yang lumayan luas untuk menampung sejumlah kendaraan. Bagi Anda yang beribadah sholat, pengelola Pantai Kartini mempersiapkan masjid. Sehingga Anda tidak perlu keluar kawasan wisata untuk menunaikan kewajiban.

Di area wahana bermain terdapat penyewaan permainan anak, seperti scooter hingga sepeda motor mini. Untuk menikmati permainan tersebut Anda nantinya dikenakan biaya sewa. Kemudian beberapa warung makanan yang menyediakan aneka makanan laut, serta penjual makanan kecil dan es kelapa muda. Tidak ketinggalan deretan stand yang penjualan souvenir untuk oleh-oleh.

Berkunjung ke kota Jepara sayang bila tidak mampir ke Pantai Kartini, yang letaknya sekitar 3 kilometer dari terminal Jepara. Anda akan melihat eksotisme laut biru beserta hamparan pasir putih nan halus. Tidak ketinggalan Kura-Kura Ocean Park yang menyediakan beberapa wahana seru dan edukatif. Berlibur di pantai ini dijamin pikiran fresh kembali dan sangat berkesan.