15 Taman di Surabaya yang Cocok untuk Refreshing

Taman Surabaya

Surabaya memiliki beberapa taman cantik penyejuk kota yang bisa Anda kunjungi untuk refreshing dan berakhir pekan bersama orang tercinta.

Dikenal sebagai kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya memiliki gedung gedung yang besar dan megah. Tak hanya pembangunan yang maju, Surabaya juga mempunyai taman yang indah sebagai penyejuk di tengah kota. Kehadiran taman ini menjadi tujuan bagi masyarakat sekitar dan para traveller untuk refreshing di akhir pekan.

Mengunjungi taman menjadi kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk merileksasi pikiran. Menatap hijaunya pohon dan tanaman menikmati semilir angin yang sejuk dapat menghilangkan rasa penat yang Anda rasakan. Bagi Anda sedang mencari tempat untuk sekedar relaksasi pikiran, berikut deretan taman terbaik di kota Surabaya yang bisa Anda kunjungi.

1. Taman Prestasi Surabaya

Taman Prestasi Surabaya

Image Credit: Indonesia.travlr.com

Berada di dekat sungai, taman ini menyajikan pemandangan yang cukup unik. Selain pepohonan yang membuatnya lebih rindang, taman ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tak hanya piknik dan berkebun yang menjadi kegiatan favorit di taman ini. Pengunjung juga dapat mencoba wahana permainan yang seru seperti naik perahu sambil menikmati suasana taman. Tempat rekreasi ini juga menyediakan wahana bermain bagi anak anak dan lapangan tenis.

Lokasi: Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

2.  Taman Kota Surabaya

Taman Kota Surabaya

Image Credit: Intaninchan.wordpress.com

Terletak tepat di tengah kota Surabaya, taman ini sering menjadi tujuan warga sekitar untuk menikmati weekend. Pohon pohon yang rindang yang mengelilingi taman ini membuat suasananya semakin sejuk. Duduk santai di sudut taman bersama keluarga membuat moment liburan semakin menyenangkan. Tak hanya beristirahat sambil menikmati suasana taman, pengunjung juga bisa berolahraga dengan berlari maupun bersepeda mengelilingi taman.

Lokasi: Jl. Taman AIS Nasution, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

3. Taman Mundu

Taman Mundu

Image Credit: Spesial.net

Bagi Anda yang ingin refreshing sembari membawa keluarga, taman di Surabaya ini sangat direkomendasikan untuk anda. Terdapat beberapa wahana permainan yang akan membuat anak anak semakin senang, seperti kereta kelinci dan mobil remot. Selain itu, di taman ini juga banyak penjual makanan sehingga menjadi tempat rekreasi yang cocok untuk berburu kuliner. Biasanya di hari Sabtu banyak orang yang mengunjungi taman ini untuk mencari hiburan.

Lokasi: Jl. Juwet, Tambaksari, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Taman Cahaya

Taman Cahaya

Image Credit: Myduniajurnalistik.blogspot.com

Menjadi salah satu taman terbaik di Surabaya, Taman Cahaya selalu ramai oleh pengunjung di waktu sore. Karena ukurannya yang cukup luas yaitu mencapai 1,5 hektar sehingga bisa memuat lebih banyak orang. Berbagai fasilitas yang disediakan di taman ini mulai dari lapangan futsal, lapangan basket, jogging track hingga taman bermain anak anak. Bagi Anda yang muslim tidak perlu kesulitan mencari tempat sholat karena taman ini menyediakan mushola.

Lokasi: Jl. Pakal, Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya.

5. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Image Credit: Travelspromo.com

Taman Bungkul merupakan taman yang memiliki tata letak yang cukup rapi dan indah. Selain itu, taman ini juga dikenal sebagai salah satu ikon dari kota Surabaya. Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, taman di Surabaya ini dilengkapi dengan beberapa sarana dan prasarana seperti jogging track, skate park kolam air mancur, taman bermain anak hingga tempat makan. Bahkan taman ini juga menyediakan zona WiFi gratis yang bisa diakses pengunjung.

Lokasi: Taman Bungkul St, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

6. Taman Surya

Image Credit: Pegipegi.com

Karena letaknya yang berada di depan Balai Kota Surabaya, taman ini sering dijuluki sebagai Taman Balai Kota. Taman ini memiliki ukuran yang cukup luas dengan air mancur yang terletak di bagian tengah. Selain itu, taman ini juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas serta tempat duduk yang cukup banyak. Meskipun fasilitas di taman ini tak selengkap taman yang lain, namun duduk sembari menikmati air mancur yang  menari bisa menjadi obat untuk mengusir penat.

Lokasi: Jl. Taman SuryaKetabang, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

7. Taman Flora Bratang

Image Credit: Anggraenisepti.com

Image Credit: Anggraenisepti.com

Tak satu ini memiliki tanaman yang lebih beragam yang diletakkan menggantung. Selain tanamannya yang rimbun dan menyejukkan, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap mulai dari taman bermain anak anak, balai pertunjukan, taman baca anak, kamar mandi serta kandang kandang hewan. Selain menikmati udara yang sejuk, pengunjung juga bisa menyaksikan binatang yang lucu seperti kijang, burung merak, unta dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

8. Taman Harmoni

Taman Harmoni

Image Credit: Twitter.com @Sapawargasby

Tempat yang awalnya menjadi TPA ini sekarang disulap menjadi taman yang sangat cantik. Di taman ini, Anda bisa menemukan bunga yang cantik dan berwarna warni. Beberapa bunga yang ditanam di Taman Harmoni diantaranya bunga pagoda, bunga sepatu, bunga mawar, bunga tabebuya dan bunga matahari. Taman ini ditata sangat rapi dan nyaman sehingga Anda pun akan betah berlama lama di sini. Terdapat area bermain anak yang bisa dimanfaatkan jika Anda mengajak anak anak.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Keputih Tegal Tim. II No.249, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

9. Taman Apsari

Taman kota yang ada di Surabaya ini merupakan salah satu warisan zaman kolonial. Selain pepohonan yang membuat taman ini sejuk dan rindang, terdapat juga anek bunga yang indah menghiasi taman. Menariknya lagi, Anda bisa menemukan monumen berupa patung Arca Joko Dolog yang diletakkan di tengah air mancur. Tak hanya duduk santai sambil menikmati suasana taman, pengunjung juga bisa bermain futsal di lapangan rumput yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Taman Apsari, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

10. Taman Pelangi

Taman Pelangi

Image Credit: Flickr.com @Heru Prasetyo

Jika kebanyakan taman di Surabaya cukup luas maka tidak dengan taman yang satu ini. Kendati demikian, pemandangan yang disajikan taman ini sangatlah menarik. Terdapat pilar pilar yang dibangun berderet dan dihiasi dengan aneka lampu sehingga menyajikan pemandangan seperti pelangi. Tentunya lebih tepat jika Anda mengunjungi taman ini pada malam hari untuk menikmati suasana yang lebih indah.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.138, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota Surabaya.

11. Taman Jayengrono Surabaya

Taman Jayengrono Surabaya

Image Credit: Discoveringsurabaya.wordpress.com

Taman yang dibangun untuk mengenang peristiwa pertempuran Surabaya ini dinobatkan sebagai taman kota tertua di Surabaya. Pemakaian nama yang unik ini diambil dari nama Bupati Pertama di Surabaya. Sebagai taman sejarah, Anda bisa menemukan bangunan peninggalan BelAnda yang masih berada di sekitar taman ini. Selain itu, taman ini juga dipenuhi dengan koleksi sejarah berupa bekas tewasnya Jenderal Inggris Brigjen A.W.S Mallaby.

Untuk mendapatkan momen yang tepat, sebaiknya Anda mengunjungi taman ini ketika sore hari. Selain suasananya yang tidak panas, banyak seniman yang melakukan pertunjukan karya di taman ini. Salah satu spot yang tak boleh dilewatkan yaitu bagian pekat pintu masuk selatan yang terdiri dari bangunan bambu runcing dengan jumlah sepuluh buah berwarna kuning. Fasilitas di aman ini meliputi panggung pertunjukan, air mancur dan juga selasar.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Rajawali, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Kota Surabaya.

12. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi

Image Credit: Intaninchan.wordpress.com

Taman yang dibangun pada tahun 2011 ini merupakan taman yang cukup unik. Anda bisa menemukan banyak karya seni seperti motor vespa yang dibuat kontras dengan pepohonan di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin menemukan taman instagramable maka taman ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk dikunjungi. Salah satu bagian yang cukup menarik di taman ini yaitu patung instalasi dan pohon persahabatan yang ditanam oleh walikota walikota ASEAN.

Lokasi: Jl. Genteng Kali No.67, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

13. Taman Persahabatan 2

Taman Persahabatan 2

Image Credit: Superkidsindonesia.com

Belakangan pemuda di Indonesia banyak yang menyukai kebudayaan asal negeri Ginseng. Nah bagi Anda yang juga termasuk penggemar K-POP sebaiknya sempatkan mengunjungi taman di Surabaya ini. Taman Persahabatan dibangun sebagai bentuk persahabatan antara Indonesia dengan Korea Selatan. Anda bisa menemukan spot foto yang instagramable di bagian tengah taman. Terdapat monumen bertuliskan Korea “Pyong Hwa Gi Won Ui Tab”.

Lokasi: Jl. Dr. Soetomo No.84-92, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya.

14. Taman Pakal

Taman Pakal

Image Credit: Wisataman.wordpress.com

Taman Pakal merupakan surga bagi Anda yang suka berburu kuliner. Di taman ini banyak olahan kuliner yang dijajakan PKL dengan harga yang murah. Lokasinya yang dekat dengan kolam pemancingan seringkali menjadi area fotografi bagi para pengunjung. Di taman ini Anda juga bisa menemukan beberapa sepeda air yang tertambat. Pemerintah kota Surabaya menyediakan beberapa fasilitas di taman ini seperti seluncuran, jungkat jungkit dan ayunan.

Lokasi: Jl. Raya Babat Jerawat No.1A, Babat Jerawat, Kec. Pakal, Kota Surabaya.

15. Taman Undaan Kulon

Taman Undaan Kulon

Image Credit: Setara.net

Lokasinya yang dekat dengan Taman Ekspresi sehingga para traveller bisa mengunjungi dua taman sekaligus ketika di berada di tempat ini. Tak hanya pemandangan seperti taman kebanyakan, Taman Undaan Kulon juga memiliki banyak patung berbentuk buah buahan sehingga menjadi area fotografi yang instagramable. Pengunjung bisa berpose di beberapa sudut taman atau duduk di bangku sembari menikmati suasana taman.

Lokasi: Jl. Undaan Kulon No.7, Peneleh, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

Dengan mengunjungi beberapa taman keren di Kota Surabaya yang telah disebutkan di atas, Anda bisa menikmati akhir pekan yang lebih menyenangkan. Duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar taman memang sudah mampu membuat pikiran Anda semakin fresh. Selain itu, beberapa teman juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti jogging track dan area bermain. Ada juga yang menghadirkan spot spot yang unik dan instagenik untuk berswafoto.