13 Tempat Makan di Jember Paling Enak & Murah

Tempat Makan Jember

Setelah mengetahui tempat wisata yang ada di suatu daerah, yang selanjutnya dicari adalah makanan khasnya. Setelah mengetahui makanan khas tentunya melanjutkan pencarian pada tempat makan yang sudah terkenal akan kelezatannya. Jika Anda sedang ada di Jember, ada beberapa tempat makan yang akan menggoyang lidah anda. Tak hanya terkenal dengan rasa yang lezat, sebagain juga telah ada sejak lama.

Simak selengkapnya dalam ulasan tempat kulineran asik dan enak di Jember yang wajib dicoba.

1. Angkringan Joglo 130 Jember

Angkringan Joglo 130 Jember

Lokasi: Jl. Letjen Panjaitan No.130, Lingkungan Sadengan, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Lokalkarya.com

Angkringan Jogja juga hadir di Jember dan bisa Anda jadikan untuk berwisata kuliner. Selain terkenal dengan harganya yang murah tempat ini juga menyediakan berbagai menu yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera anada. Makanan seperti nasi kucing lengkap dengan lauk seperti telur puyuh, tahu tempe bacem dan juga makanan pendamping seperti ketan bubuk. Minuman yang ditawarkan juga beragam mulai dari teh nasgitel, wedang angjo hingga bir jawa.

Jika Anda ingin menjajal angkringan yang populer di Jember, Anda bisa mengunjungi Jl. Letnen Panjaitan No. 130 Sumbersari. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 12.00 siang hingga pukul 23.00. tak heran jika kuliner satu ini sering dijadikan lokasi nongkrong sambil menikmati kudapan makan malam yang membuat Anda puas. Angkringan ini begitu populer di kalangan masyarakat lokal maupun para wisatawan.

2. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok

Lokasi: Kaliwates, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Soto ayam yang telah ada sejak tahun tahun 1958 ini menjadi tempat makan yang legendaris dan harus Anda coba. Menu andalan di tempat ini tentunya soto ayam yang diracik dengan bumbu khas. Jika Anda datang ke Soto Ayam Dahlok Anda bisa memilih 3 mnu dari soto ayam biasa, jeroan dan juga soto spesial. Harga satu porsinya hanya berkisar Rp. 10 ribuan dan bisa Anda dapatkan di Jl. Fatahillah No. 1, Kota Jember.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Pecel Gudeg Walisongo

Pecel Gudeg Walisongo

Lokasi: Jl. Sultan Agung, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Perpaduan masakan Jawa Timuran dengan Jogja ini merupakan makanan khas kota Jember. Selain karena bentuknya unik soal rasa juga jangan diragukan lagi. Pecel Gudeg yang terkenal di Jember adalah Pecel Gudeg Walisongo. Pembelinya selalu berjubel dan antriannya juga mengular sehingga Anda harus sabar ketika mengunjungi Pecel ini. Pecel Gudeg ini secara tampilan mirip dengan pecel pada umumnya.

Aneka sayuran seperti kacang panjang dan tauge menjadi isiannya. Kemudian dirambahkan dengan daging sapi yang telah dibumbu age, jangan lupakan sambel goreng tahu sebagai pelengkapnya. Yang menjadikan makanan ini unik tentunya tambahan gudeg nanga muda di dalamnya. Untuk merasakan sensasi kriuk ditambahkan juga rempeyek yang renyah. Alamat pecel hudeg ini di Jl. Sultan Agung dengan jam buka 06.00 pagi hingga 12.00 siang.

4. Bakso Kabut Bu Juhairiyah

Bakso Kabut Bu Juhairiyah

Lokasi: Jl. Rasamala II, Darungan, Kemuning Lor, Kec. Arjasa, Kab. Jember. – Image Credit by Salsabillafiryal.blogspot.com

Wisata kuliner Anda di kota Jember akan semakin lengkap jika mencoba bakso satu ini. Bakso Kabut merupakan bakso telur namun telurnya bukan di dalam melainkan di luar membungkus baksonya. Rasanya yang nikmat membuat penggemarnya selalu balik lagi untuk menikmatinya. Bakso Kabut terkenal di Jember bernama Bakso Kabut Bu Juhairiyah di Jl. Rasamala Desa Kemuning Lor, Kec Arjasa, Jember dengan harga yang terbilang murah.

5. Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk Garahan

Lokasi: Krajan, Garahan, Kec. Silo, Kab. Jember. – Image Credit by Flickr.com @Bima Pratama

Tak hanya pecel gudeg, di Jember Anda juga harus mencoba pecel pincuk yang tak kalah populer. Pecel pincuk disajikan dengan unik dalam pincuk yang terbuat dari daun pisang. Pecel Jember memiliki bumbu khas yang lebih pedas dibandingkan dengan pecel di daerah lain. Rasa gurih, asam dan pedas ini menjadi perpaduan yang pas dan akan membuat Anda ketagihan. Salah satu pecel pincuk yang terkenal adalah pecel pincuk Garahan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Wajib Anda Bawa Pulang

Sudah ada sejak tahun 1980 tentunya membuat rasanya tak bisa diragukan lagi. Pecel pincuk Garahan bisa Anda temukan di daerah sekitar Stasiun Garahan. Anda juga bisa mendapatkan pecel legendaris ini di jalan ke arah Gunung Gumitir, Jember. Pecel pincuk bisa Anda nikmati dengan berbagai pilihan lauk pauk. Makanan ini juga terbilang banyak gizi karena berisikan sayuran rebus yang disiram dengan bumbu pecel.

6. Wedang Cor Jember

Wedang Cor Jember

Lokasi: Jl. Singosari, Lingkungan Sadengan, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Wedang Cor menjadi minuman tradisional yang hingga kini tetap eksis dan banyak dijual di kota Jember. Rasanya yang rame di lidah lantaran ada manis, asem dna juga hangat pastinya akan pas untuk wisata kuliner anda. Wedang Cor Jember bisa Anda temukan di beberapa tempat seperti di Jl. Pajajaran, Kebonsari Jember dan di Jl. S. Parman II, Sumbersari Jember. Minuman satu ini sangat nikmat jika disandingkan dengan gorengan yang masih hangat.

7. Nasi Langgi di Depot Jawa Timur

Nasi Langgi di Depot Jawa Timur

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.8, Kampungtengah, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Untuk menikmati makanan khas dari Jember ini Anda bisa mengunjungi Depot Jawa Timur. Di depot ini nasi langgi lengkap akan Anda temukan di Jl. Gatot Subrota No. 8 Jember. Nasi Langgi sendiri merupakan nasi putih yang diberi aneka lauk mulai dari daging sapi bumbu bali, sambel goreng, sambal, petis, abon sapi dan juga telur asin. Depot Jawa Timur buka mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

8. Depot Ice Cream Domino

Depot Ice Cream Domino

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.43, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Jelajahbahagia.com

Jika Anda ingin menikmati es krim dengan 40 rasa pilihan, maka Ice Cream Domino ini bisa menjadi pilihan. Depot ini juga sudah memiliki usia yang tak main main yakni 50 tahun berdiri. Tentunya untuk rasanya tidak bisa diragukan lagi. Jika ingin mengunjungi depot es krim Anda langsung menuju Jl. Trunoyo No. 40 Jember. Jam bukanya juga harus Anda ketahui karena ada jam tutupnya. Buka pukul 09.30 – 15.00 dan buka lagi di jam 17.00 – 21.00 WIB.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Surabaya Paling Enak & Murah

9. Mie Rama

Mie Rama

Lokasi: Jl. Diponegoro No.28, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Pergikuliner.com

Mie ayam menjadi makanan sederhana namun selalu berhasil mengundang decak puas penikmatnya. Jika Anda ingin menikmati mie ayam lezat di Jember Anda bisa mengunjungi Mie Rama. Mie yang nuansanya tempo ulu ini telah diakui memiliki rasa yang nikmat. Disajikan dengan mie pangsit kuah, tahu yong dan juga bakwan akan menjadi santapan malam yang mengugah selera. Beralamat di Jl. Diponegoro No. 28, Jember jika ingin langsung mencobanya.

10. Resto Legian

Resto Legian

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.234, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by 2Pos.asia

Tempat makan ini awalnya memang hanya menyediakan menu seafood. Namun kini juga memiliki menu selain seafood yang tetap menggoda dan menjadi tempat makan yang populer. Harga yang terjangkau dengan berbagai pilihan menu tentunya sangat cocok untuk wisata kuliner Anda di Jember. Lokasi Resto Legian di Jl. Gajah Mada No. 243 Jember dengan jam buka mulai pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB.

11. LiDoy Kitchen

LiDoy Kitchen

Lokasi: Jl. Tidar, Kloncing, Karangrejo, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Facebook.com @Lidoykitchen

Memiliki slogan Sekali Suap Susah Berhentinya dan memang terbukti, tempat makan ini selalu terkenal. Cita rasa masakan yang ditawarkan selalu berhasil meninggalkan kesan bagi para penikmatnya. Menunya memang terbilang sederhana dan didominasi dengan daging ayam. Mulai dari ayam mentega, ayam telur asin hingga asam manis. Jika ingin mencobanya bisa langsung datang ke Jl. Tidar, Sumbersari Jember.

12. Roti Bakar Tjiliwoeng Jember

Roti Bakar Tjiliwoeng Jember

Lokasi: Jl. Ciliwung, Kp. Using, Jemberlor, Kec. Patrang, Kab. Jember. – Image Credit by Tripadvisor.com

Temoat kuliner ini menawarkan menu roti bakar yang tak akan bisa Anda tolak kelezatannya. Lokasinya berada di tengah kota sehingga selalu ramai, apalagi menu roti bakarnya juga sangat beragam dengan berbagai rasa yang harus dijajal. Menikmati roti bakar ini Anda bisa langsung menuju Jl. Ciliwung No, 11 Jember. Menikmatinya bersama keluarga atau teman pastinya akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

13. Ikan Wader di Wande Echo

Ikan Wader di Wande Echo

Lokasi: Gumuk Segawe, Pancakarya, Kec. Ajung, Kab. Jember. – Image Credit by Ajics.yolasite.com

Wande Echo merupakan tempat makan di kota Jember yang menyediakan ikan wader goreng yang populer. Bumbu racikannya yang khas membuat ikan wader ini sangat nikmat jika disandingkan dengan nasi hangat, lalapan dan sambel. Selain ikan wader Anda juga akan menemukan menu lain yang tak kalah menggoda seperti gurami serta ikan lainnya. Beralamat di Jl. Semeru No. 86A, Jember dengan konsep seperti rumah makan Sunda.

Jika Anda sedang di kota Jember dan ingin melakukan wisata kuliner, tempat makan pada ulasan bisa menjadi refrensi. Selain telah populer dan legendaris rasa masakannya juga terkenal enak. Harga yang ditawarkan juga terbilang ramah dengan kantong. Namun Anda harus rela antri di beberapa tempat karena antriannya mengular dan panjang. Untuk makanan dengan rasa yang lezat antrian panjang tentunya tak masalah bukan?