17 Minuman & Makanan Khas Karawang yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Karawang

Mengunjungi suatu kota tidak akan lengkap jika mencicipi kuliner yang ada di sana. Termasuk daerah Karawang. Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat ini memiliki beragam makanan dan minuman khas yang bisa anda coba. Daerah ini memiliki kuliner unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Penasaran dengan makanan dan minuman khas yang ada di Kota Karawang? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Gonjing

Gonjing

Image Credit by Cintaihidup.com

Gonjing merupakan salah satu kue tradisional khas Karawang. Bentuknya setengah lingkaran seperti kue pukis. Gonjing terbuat dari tepung ketan, santan dan parutan kelapa. Rasanya gurih dan lezat, dan lebih nikmat lagi jika disajikan bersama dengan teh hangat. Banyak tempat kuliner yang menjual makanan khas ini. Namun, makanan ini lebih tepat disantap saat sedang santai, karena tergolong makanan kudapan. Anda juga bisa menikmati kue gonjing bersama saus pedas.

2. Soto Tangkar

Soto Tangkar

Image Credit by Ramahtraveler.com

Musim hujan datang ke Kota Karawang? Rasanya paling mantab kalau menyantab makanan berkuah. Nah salah satu makanan berkuah yang recomended untuk dinikmati adalah soto. Selain Jakarta, Karawang juga punya soto tangkar yang khas. Yang mmebuat rasanya berbeda adalah, soto tangkar yang dibuat berasal dari bahan-bahan rempah lengkap  dengan daging sapi yang lebih empuk.

3. Pepes Walahar

Pepes Walahar

Image Credit by Jayakartanews.com

Kuliner yang satu ini biasanya disajikan berasama lalapan dan sambal. Jika anda sedang makan siang yang pas saat di Kota Karawang, menu ini sangat tepat menjadi santapan. Tempat yang populer dengan pepes Walahar adalah kawasan pinto tol Karawang Timur. Kedai di sini cukup legendaris dan menjadi tempat favorit pelancong untuk menikmati pepes Walahar. Lokasinya dekat dengan waduk Walahar, maka tak heran jika pepes ini dinamakan pepes Walahar.

4. Tahu Bumbu

Tahu Bumbu

Image Credit by Indonesiakaya.com

Mencari makanan khas Karawang dari bahan tahu? Anda bisa menikmati kuliner tahu bumbu yang banyak digemari oleh masyarakat Karawag maupun para pelancong. Tahunya yang empuk dan gurih ditambah bumbunya yang dicampur bersama tahu hingga menerasap, dijamin anda akan puas. Biasanya kuliner ini dijual menggunakan gerobak di pinggir jalan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini ketika mengunjungi Karawang.

5. Gegplak

Gegplak

Image Credit by Putratravel.net

Kuliner ini merupakan kudapan yang dibuat dengan warna beragam, mulai dari kuning, hijau hingga merah. Gegeplak terbuat dari kelapa muda yang diparut dan dicampur dengan air, gula dan garam. Makanan khas Karawang ini memiliki rasa yang gurih dan legit. Selain bisa disantap secara langsung ketika berada di Karawang,anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

6. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Image Credit by Bhinnekashuttle.com

Selain pepes, Karawang juga memiliki kuliner menu ikan yang banyak digemari. Ikan Gabus bumbu Pucung Karawang menjadi salah satu makanan khas yang banyak diburu oleh para pelancong. Dinamakan Ikan Gabus Bumbu Pucung, karena makanan ini diolah menggunakan kluwek atau pucung. Harganya juga cukup terjangkau, umumnya kuliner ini dipatok dengan harga sekitar Rp 15 ribu.

7. Surabi Hijau

Serabi Hijau

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Di Kota Karawang terdapat kue surabi yang unik yang dinamakan surabi hijau. Seperti namanya, kudapan yang satu ini memiliki warna hijau yang berbeda dengan surabi lain pada umumnya. Biasanya surabi ini dihidangkan bersama gula aren agar rasanya lebih enak dan manis. Terkadang ada yang menjualnya dengan menambahkan santan. Jika ingin menikmati kuliner yang satu ini, anda bisa mendatangi daerah Rengasdeklok yang terdapat banyak penjual surabi hijau.

8. Sirup Kawista Madu

Minuman Kawista Madu

Image Credit by Tanamanbuahonline.wordpress.com

Siang-siang yang panas seringkali membuat tenggorokan haus, apalagi setelah mengelilingi kota Karawang. Anda pastinya membutuhkan minuman yang segar. Karawang memiliki minuman khas yang bisa anda coba, yaitu Kawista madu. Minuman itu dibuat dari campuran madu dan buah kawista yang sedap. Tidak hanya segar dan manis, minuman kawista madu juga memiliki khasiat bagi tubuh, diantaranya menyegarkan badan dan dapat menurunkan demam.

9. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot

Image Credit by Bukalapak.com (Makna Buku)

Kuliner yang satu ini tidak boleh anda lewatkan ketika berada di Karawang. Terbuat dari adonan kerupuk ikan yang gurih ditambah bumbu yang kental sehingga rasanya lebih nikmat. Kelezatannya akan lebih terasa jika disantap saat masih hangat. Dinamakan kerupuk bontot, karena merupakan adonan kerupuk ikan yang terakhir dan masih tersisa, namun masih bisa dimanfaatkan. Anda bisa menemukan para penjual kuliner ini di daerah Rengasdengklok.

10. Soto Gempol

Soto Gempol

Image Credit by Phinemo.com

Selain soto tangkar, Karawang juga memiliki kuliner soto gempol. Makanan khas Karawang ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan soto Betawi. Namun, kuah dari soto gempol berwarna lebih kuning. Ada banyak varian isian, mulai dari aya, babat, hingga usus. Atau anda juga bisa memilih semua isian tersebut. Soto gempol biasanya dihidangkan dengan tambahan toping daun bawang dan emping agar lebih sedap dan gurih.

11. Dodong Hideung

Dodong Hideung

Image Credit by Klikkarawang.com

Makanan khas kota Karawang ini memiliki rasa yang legit dan banyak digemari oleh masyarakat. Makanan ini terbuat dari bahan utama ketan yang dicampur denga santan. Dodong Hideung ternyata sudah tercatat di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Bahkan dari pemerintah setempat, ada upaya untuk memodifikasikan kuliner ini agar terlihat lebih menarik. Sehingga bisa dinikmati di berbagai tempat, termasuk di restoran maupun hotel.

12. Semprong Karawang

Semprong Karawang

Image Credit by Bukalapak.com (Arinanto Sjarief)

Makanan khas Karawang selanjutnya adalah semprong. Makanan ini terbuat dari telur, tepung beras, santan dan gula pasir. Bentuknya bulat memanjang dengan warna kuning seperti kue jepit. Camilan ini memilki rasa yang gurih, renyah dan manis. Cara mengolahnya dengan dimasak di atas bara api. Anda bisa membawa makanan ini sebagai oleh-oleh. Semprong sangat cocok dinikmati ketika santai baik pas menonton TV, maupun saat berkumpul bersama keluarga.

13. Jojongkong

Jojongkong

Image Credit by Keluyuran.com

Kuliner yang satu ini terbuat dari tepung kanji, tepung ketan, dan tepung beras. Makanan ini biasanya memiliki isian berupa daging kelapa muda dan gula merah. Jojongkong dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus di atas dandang. Makanan yang satu ini sangat cocok bagi para pecinta makanan manis. Jangan sampai melewatkannya ketika berkunjung ke Karawang.

14. Ali Agrem

Ali Grem

Image Credit by Putratravel.net

Ali Agrem merupakan salah satu makanan tradisional khas Karawang yang masih bisa dijumpai hingga sekarang. Makanan ini memiliki bentuk seperti donat dengan warna lebih coklat. Warna ini diakibatkan karena adonan ali agrem terbuat dari gula merah. Disebut dengan ali agream karena bentuknya seperti cincin yang dalam bahasa Sunda dinamai ali. Kue ali agrem memiliki rasa yang manis dan legit.

15. Es Walikota

Es Walikota

Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Minuman ini memiliki nama demikian karena dijual di pusat Kota Karawang. Kepanjangan dari es walikota sendiri adalah es warung lingkungan kota. Keunikan dari minuman ini adalah, pembeli bisa memilih berbagai macam menu es, campurannya meliputi roti hingga buah. Es wakilota disajikan dalam mangkuk dengan beragam ukuran. Minuman ini sangat pas dinikmati di siang hari yang panas. Tertarik mencoba minuman es walikota?

16. Bandrek

Bandrek

Image Credit by Dimanaja.com

Bandrek merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat, termasuk daerah Karawang. Minuman ini sangat enak dinikmati ketika hangat, saat di malam hari.Tidak hanya rasanya yang unik, minuman ini juga diyakini sangat berkhasiat bagi tubuh, seperti untuk menghangatkan tubuh, mengobati masuk angin  dan meningkatkan stamina tubuh. Bandrek terbuat dari jahe, kayu manis, jambe, gul amerah dan biji pala. Bandrek banyak dijual di pinggir jalan.

17. Ganastori

Gandasturi

Image Credit by Resepkoki.id

Ganastrori merupakan makanan kudapan yang terbuat dari tepung ketan dan kacang hijau. Makanan khas kota Karawng ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Tekstur dari ganastori agak kasar pada bagia luar karena terbuat dari tepung ketan, sedangkan bagian dalam yang merupakan isian kacang hijau sangat lembut. Warna dari ganastori berbentuk kecoklatan dan dimasak dengan cara digoreng. Selain disantap di tempat, anda juga bisa membawa makanan ini pulang.

Indonesia dikenal sebagai daerah yang kaya akan kuliner, salah satunya kota Karawang. Kota yang menjadi kota indistri terbedar di Provinsi jawa barat ini memiliki kuliner yang unik dan lezat. Mulai dari makanan hingga minuman yang khas. Tidak hanya makanan manis saja, Karawang juga memiliki kuliner gurih dan pedas yang memanjakan lidah. Jika anda mengunjungi kota Karawang, jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner di atas.