15 Tempat Wisata di Bangkalan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bangkalan

Ingin Liburan di Bangkalan? Periksa Pilihan Tempat Wisata Populer di Bangkalan, Pulau Madura. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi untuk Berlibur.

Bangkalan merupakan salah satu wilayah di Pulau Madura yang menyimpan sejuta pesona. Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik disini.

Bangkalan dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki kuliner khas yakni Bebek Sinjay. Tak hanya makanannya saja yang menggugah selera, destinasi wisata di daerah ini pun tak kalah menyenangkan. Anda bisa mencoba untuk mengunjungi wisata yang ada di Bangkalan bersama keluarga maupun kerabat ketika akhir pekan. Mulai dari wisata bahari hingga bukit menawan yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Bangkalan yang bisa Anda pilih sebagai tujuan terbaik.

1. Kolam Renang Tretan

Kolam Renang Tretan

Image Credit: Tempatwisata.pro

Menghabiskan akhir pekan dengan berenang menjadi salah satu hal yang mengasyikkan. Untuk itu, Anda bisa mengajak keluarga dan si kecil untuk menikmati aktivitas air satu ini di Kolam Renang Tretan yang ada di Bangkalan.

Meskipun wisata satu ini tidak memiliki tempat yang terlalu luas, akan tetapi berkat fasilitas yang memadai akan membuat Anda betah berada disini. Karena itu, tak ada salahnya untuk berenang sebagai bentuk melepas penat.

Lokasi: Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

2. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih, Madura

Image Credit: Flickr.com @bagus herlambang

Bukit ini cukup tersohor di kalangan wisatawan, terutama warga Surabaya. Hal ini disebabkan dengan hanya membutuhkan jarak tempuh yakni sekitar satu jam saja, Anda sudah bisa sampai di kawasan satu ini. Dengan berlibur ke tempat satu ini, dapat menjadi salah satu pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan. Disini, Anda bisa mendaki bukit hingga atas untuk melihat hijaunya hamparan rumput yang luas.

Bahkan terkadang, jika Anda beruntung diatas bukit Anda akan menemukan penggembala domba yang membawa hewannya untuk mencari makan. Namun, tak hanya keindahan bukit saja yang Anda dapatkan. Di bagian bawah bukit, Anda akan disuguhkan dengan danau yang terbentuk akibat penambangan kapur. Bahkan Anda pun bisa berfoto dengan menggunakan getek bambu yang berada di danau tersebut.

Lokasi: Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

3. Kolam Renang Goa Pote

Kolam Renang Goa Pote

Image Credit: Medcom.id

Kolam renang ini masih berada di kawasan yang sama dengan Bukit Jaddih. Sehingga ketika Anda berkunjung ke bukit tersebut, maka istilah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui sangatlah tepat.

Pasalnya, Anda bisa mengajak si kecil untuk berenang sebentar di kolam renang satu ini. Kolam renang alami yang berada di antara bukit kapur akan menyajikan pemandangan yang sangat estetik.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Tulungagung Paling Enak & Mudah

Lokasi: Jaddih, Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

4. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Taman Rekreasi Bangkalan

Image Credit: Pulaumadura.com

Meskipun kota satu ini identik dengan cuacanya yang panas, namun jangan salah Anda tetap bisa menikmati suasana taman yang sangat indah saat berada disini. Karena, Anda bisa singgah sejenak di Taman Rekreasi Kota Bangkalan yang menghadirkan nuansa sejuk ditambah dengan rimbunnya pepohonan. Tentu saja akan membuat Anda betah untuk berlama lama.

Fasilitas yang tersedia disini pun cukup lengkap dan memadai. Karena, Anda bisa berenang di kolam renang yang tersedia. Selain itu, apabila si kecil belum puas bermain air maka Anda bisa mengajaknya untuk melakukan aktivitas lainnya di taman bermain anak. Dengan memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau, tentunya akan menjadi rekomendasi yang menarik untuk liburan Anda.

Lokasi: Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

5. Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat

Image Credit: Tempatwisata.pro

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata bersejarah dan budaya, maka Museum Cakraningrat dapat menjadi destinasi selanjutnya. Museum satu ini merupakan peninggalan dari Keraton Bangkalan.

Dengan bertema wisata sejarah, budaya dan sekaligus edukasi, maka Anda pun bisa mengenalkan kepada si kecil tentang sejarah yang ada di kota Bangkalan dengan cara yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.35, Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

6. Taman Paseban

Taman Paseban

Image Credit: Renaldiau.wordpress.com

Selain berwisata di Taman Rekreasi Kota, Anda juga bisa bersantai dan bercengkrama di Taman Paseban. Taman satu ini memiliki keunikan tersendiri untuk dikunjungi. Dengan hamparan rumput hijau yang luas, Anda bisa menggelar tikar dan menyantap bekal yang dibawa dari rumah. Taman ini juga cocok untuk disambangi ketika sedang santai atau waktu luang.

Suasana taman yang rimbun dan rindang membuat Anda betah berada disini. Selain itu, Taman Paseban didominasi warna merah dan kuning. Dilengkapi dengan ikon tulisan Paseban yang cukup besar di pintu masuk, maka Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto di tulisan yang ikonik tersebut. Tentu saja, wisata satu ini dapat menjadi salah satu rekomendasi yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

7. Alun Alun Bangkalan

Alun Alun Bangkalan

Image Credit: Sewadrone.id

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa untuk Anda singgahi ketika berada di salah satu kota di Madura ini adalah Alun Alun Bangkalan. Disini, ada banyak kegiatan yang bisa untuk Anda lakukan. Mulai bersantai dan duduk di alun alun menikmati indahnya malam ataupun sekedar mengobrol dengan kerabat. Taman yang ada di alun alun pun memiliki suasana yang cukup sejuk.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Madiun Paling Enak & Mudah

Ditambah lagi dengan penataannya yang sangat rapi akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di tempat ini. Tentu saja momen santai yang Anda nikmati bersama keluarga akan lebih terasa nyaman. Selain bersantai, Anda juga bisa untuk sekaligus mencicipi kuliner khas Madura yang tersebar di sekitar area alun alun yang ada di kota Bangkalan.

Lokasi: Jl. KH.Abdul Karim, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

8. Pantai Rongkang Bangkalan

Pantai Rongkang

Image Credit: Pantainesia.com

Apabila Anda bosan berkunjung ke taman dan alun alun, maka pantai dapat menjadi destinasi Anda berikutnya. Di Bangkalan sendiri, memiliki pantai yang luar biasa indahnya. Tidak berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Rongkang Bangkalan ini menghadirkan keindahan yang tiada tara. Selain itu, ombaknya yang sangat tenang dan bebatuan yang ada di pinggir pantai akan membuat Anda terkagum.

Rongkang sendiri memiliki arti yakni karang. Sehingga, pantai ini pun didominasi dengan bebatuan serta bukit karang yang sangat mempesona. Anda nantinya akan dengan mudah untuk menemukan banyak karang indah yang ada di pantai ini. Walaupun fasilitas yang tersedia masih sangat minim, akan tetapi pesona keindahan yang ada di pantai ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

9. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Image Credit: Instagram.com @antiri92

Jika Anda tidak terlalu menyukai bentang alam pantai yang memiliki batu dan karang, maka Pantai siring Kemuning yang ada di Bangkalan dapat menjadi alternatif untuk Anda. Hal tersebut dikarenakan pantai satu ini memiliki hamparan pasir putih luas yang sangat indah.

Ditambah dengan birunya air laut akan mampu memberikan background foto yang mempesona. Ombak yang ada disini pun cukup tenang, sehingga Anda bisa bermain dengan aman di tepi pantai.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

10. Labuhan Mangrove Education Park

Labuhan Mangrove Education Park

Image Credit: Reresepan.com

Bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus belajar tentang lingkungan, maka Labuhan Mangrove Education Park menjadi salah satu tempat yang wajib Anda tuju. Berada di daerah Labuhan, Anda bisa mengajak si kecil untuk belajar mengenai kawasan wisata hutan mangrove yang asri dan sejuk satu ini. Untuk fasilitas yang dimiliki pun sangat memadai sehingga menunjang liburan Anda.

Pasalnya, Anda bisa menemui aula pendidikan dan juga area camping ground bagi Anda yang ingin berkemah. Namun, apabila Anda tidak ingin bermalam di tempat ini maka Anda juga bisa untuk menjelajahi hutan dengan menggunakan kano. Ada pula menara pantau burung dan juga jembatan tracking yang memiliki panjang sekitar 300 meter. Tentu saja, liburan Anda akan semakin menyenangkan saat berada di hutan mangrove ini.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Blitar Paling Enak & Murah

Lokasi: Labuhan, Kec. Sepulu, Kab. Bangkalan.

11. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Image Credit: Portalwisata.co.id

Pantai lain yang harus Anda singgahi saat berada di Bangkalan adalah Pantai Sembilan. Meskipun memiliki lokasi yang lumayan tersembunyi, namun tak bisa ditampik pesona alam yang dihadirkan akan membuat Anda terkagum.

Bagi Anda yang suka foto, maka ayunan yang ada di tengah hamparan pasir akan menjadi lokasi yang pas untuk berfoto. Dijamin, hasil foto Anda akan nampak instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

12. Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah

Image Credit: Berwisata.id

Menikmati kota Bangkalan dari ketinggian akan sangat pas apabila Anda mengunjungi Bukit Lampion Beramah. Disini, Anda tidak hanya akan disuguhkan pesona alam yang menakjubkan saja. Melainkan adanya gardu pandang yang dihiasi dengan dekorasi lampion akan menambah nuansa keindahan yang Anda dapatkan. Foto Anda pun nantinya akan terlihat lebih estetik.

Lokasi: Tengginah, Daleman, Kec. Galis, Kab. Bangkalan.

13. Bukit Geger

Bukit Geger

Image Credit: Pariwisatabangkalan.wordpress.com

Memiliki luas sekitar 44 hektar dan berada di ketinggian antara 150 hingga 200 mdpl, membuat lokasi satu ini akan sangat indah untuk Anda nikmati. Landscape yang membentang hijau nan asri akan membuat Anda betah. Selain berburu spot foto yang instagenik, Anda juga bisa menjelajah berbagai jenis goa yang ada di sekitar. Seperti Goa Ular, Goa Planangan dan juga Goa Potre.

Lokasi: Laok Kunong, Kec. Geger, Kab. Bangkalan.

14. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya

Image Credit: Pegipegi.com

Selain Bukit Jaddih, bukit satu ini juga tercipta akibat proses penambangan. Memiliki dominasi warna kecoklatan dan deretan goa kecil di dalamnya akan menambah keindahan wisata ini. Corak pahatan yang ada disini pun dapat menjadi hasil foto yang sangat estetik. Bahkan banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk pre wedding.

Lokasi: Plalangan Madura, Makam Air Mata, Buduran, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan.

15. Pantai Gebang

Pantai Gebang

Image Credit: Maps.google.com @chandra anugrah

Destinasi terakhir yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bangkalan adalah Pantai Gebang. Pantai ini memiliki nuansa yang indah dan ombak yang cukup tenang. Dengan banyaknya tumbuhan bakau yang ditanam guna mencegah abrasi, pemandangan sunsetnya pun akan cukup menggoda untuk Anda nikmati. Sehingga, pastikan untuk tak meninggalkan tempat satu ini hingga senja tiba.

Lokasi: Jl. Raya Gebang, Gebang Barat, Gebang, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

Beberapa destinasi tersebut sangat pas untuk Anda kunjungi ketika penat melanda. Ditambah lagi dengan harga tiket masuk yang memiliki harga terjangkau, akan membuat Anda bisa menikmati wisata yang sangat mengagumkan tersebut. Dengan banyaknya pilihan tempat wisata yang ada di Bangkalan, maka Anda pun tidak akan bosan untuk mengunjungi tempat yang itu itu saja.