15 Tempat Wisata Terbaru di Ngawi

Tempat Wisata Ngawi

Ingin Liburan ke Ngawi? Inilah Daftar Tempat Wisata di Ngawi Terbaru & Hits.

Berjalan-jalan ke Jawa Timur akan membuat Anda  menemukan Ngawi, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Ngawi juga diketahui berdekatan dengan Kabupaten Pacitan yang mana memiliki banyak julukan. Salah satu julukan yang dimiliki Ngawi adalah Kota Bambu. Bahkan julukan ini diyakini menjadi asal-usul dari nama Kabupaten tersebut. Awi berarti bambu dan ditambah fonem Ng. Tempat ini menawarkan banyak objek wisata indah.

Tidak hanya julukan Kota Bambu, ada juga julukan yang disebut Kota Kripik Tempe karena jarang ditemukan di kota lain. Sebagian warga juga mendengar adanya sebutan sebagai Kota yang Ramah. Tak heran jika julukan tersebut juga menjadi slogan dari Ngawi. Mau berlibur ke Ngawi? Jelajahi tiap sudut tempat wisata yang ditawarkannya.

1. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin

Lokasi: Sabrang RT.03 / RW.01, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Radardjowo.blogspot.com

Jika Anda  pernah mendengar nama air terjun ini mungkin juga tak asing dengan sebuah film horror. Ya, air terjun ini pernah menjadi lokasi utama dari film tersebut. Tetapi Anda  tak perlu takut, sebab tidak seperti yang dikisahkan dalam sebuah film. Air terjun tak memiliki suasana yang mencekam atau menakutkan.

Dari nama yang unik ini, pengambilan air terjun pengantin karena ada sepasang air terjun dengan ketinggian yang sama yakni 12 meter dari dasarnya. Bagi Anda  yang tak suka dengan keramaian, tempat ini sangat disarankan. Lokasinya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe.

2. Air Terjun Srambang Ngawi

Air Terjun Srambang Ngawi

Lokasi: Girimulyo, Hutan Jogorogo, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Wirafokus.com

Masih dengan destinasi wisata air terjun. Kali ini Anda  bisa menemukan Air Terjun Srambang. Lokasi air terjun ini memang tersembunyi. Letaknya di antara hutan pinus yang menjadikannya makin terasa sejuk dan suasana sunyi. Tempat wisata ini juga direkomendasikan untuk Anda  yang hobbi travelling.

Lokasinya berada di Desa Grimulyo, Kecamatan Jogorogo Ngawi. Untuk bisa mencapai lokasi, dibutuhkan perjalanan yang cukup berliku hingga sampai di air terjun srambang. Jaraknya 25 km dari pusat kota.

3. Museum Trinil Ngawi

Museum Trinil Ngawi

Lokasi: Wonokerto, Pilang, Kawu, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Riairwanty.wordpress.com

Berwisata tidak hanya di tempat yang menawarkan keindahan alam. Tetapi Anda  bisa memilih wisata edukasi seperti di museum Trinil. Ada spesies yang disebut Phitecantropus Erectus dan merupakan fosil populer yang ditemukan di daerah Ngawi. Tak heran jika museum ini juga menjadi daya tarik bahkan untuk para peneliti.

Museum Trinil berada di Dusun Pilang, Desa Kawu. Jaraknya 144 km dari jantung kota Ngawi. Anda  bisa mengamati berbagai macam fosil manusia purba, tumbuh-tumbuhan dan juga DNA hewan.

4. Benteng Pendem Van Bosch

Benteng Pendem Van Bosch

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Pelem, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Wikipedia.org

Masih dengan nuansa sejarah dan penuh edukasi. Anda  bisa mengunjung Benteng Pendem Van Bosch. Benteng ini merupakan benteng peninggalan dari BelAnda  yang kaya akan nilai sejarah dan begitu eksotis. Memiliki daya tarik tersendiri karena temboknya terlihat usang dan kusam namun masih begitu kokoh.

Benteng Pendem Van Bosch ini berada di titik pertemuan antar bengawan Madiun dan Bengawan Solo. Anda  yang hobbi berfoto dengan latar bangunan tua bisa puas dengan arsitektur yang dimiliki benteng ini.

5. Pesanggrahan Srigati

Pesanggrahan Srigati

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.27, Cabean Kidul, Ketanggi, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Candradityaa.blogspot.com

Sarat akan sejarah dan nilai mistis, pesanggrahan Srigati diketahui merupakan pesanggrahan Raja Brawijaya yang menjadi keraton untuk kerajaan mahluk ghaib. Tempat ini juga berhubungan sejarah dengan Ngawi. Anda  bisa mencari tahu bagaimana sejarah dari Kota Ngawi dari Pesanggrahan Srigati ini.

Menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, cerita-cerita yang beredar tak sepatutnya membuat Anda  takut. Lokasi Pesanggrahan Srigati ini berada di Desa Babadan, Kecamatan paron yang jaraknya sekitar 12 km.

6. Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus

Lokasi: Girikerto, Kec. Sine, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Ngawikab.go.id

Luas dari kebun teh ini adalah sekitar 478 hektare. Tempat wisata yang akan memanjakan Anda  dengan keindahan yang alami. Anda  bisa berkeliling kebun dan menikmati kesejukan udara serta mengabadikan momen asik di tempat ini. Tak jauh dari kebun teh, ada kolam renang yang bersumber dari mata air yang masih alami.

Ada juga Borobudur Hills yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan view terbaik. Lokasinya ada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Anda  bisa menemukan oleh-oleh khas di sana seperti benalu teh untuk pengobatan.

7. Taman Hutan Segawen

Taman Hutan Segawen

Lokasi: Hutan Jogorogo, Kec. Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Dimdimas06.blogspot.com

Jika mencari tempat wisata di Ngawi yang sejuk, Anda  bisa mengunjungi Taman Hutan Segawen. Ada nuansa alami yang masih terjaga begitu keindahannya. Destinasi ini juga dilengkapi konsep yang kekinian dan menarik untuk dikunjungi ketika liburan. Luasnya sekitar 3 hektare yang sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai. Seperti gazebo, gardu pAnda ng hingga rumah pohon.

Lokasi taman berada di Gagar, Desa Ngrayudan. Anda  bisa membuat momen yang berkesan dan menyenangkan saat liburan di sini.

8. Bukit Kerek Indah

Bukit Kerek Indah

Lokasi: Jl. Bojonegoro – Ngawi, Napel, Kerek, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Travelblog.id

Di atas bukit kerek indah, Anda  bisa menikmati pemAnda ngan kota Ngawi dengan landscape alam perbukitan. Juga dengan sungai bengawan Solo yang dirasa sejuk. Beberapa spot foto di sini akan menjadikan liburan Anda  makin mengesankan. Misalnya saja seperti taman bunga, plang jalan dengan berbagai kata-kata lucu hingga jembatan kayu.

Bukit kerek indah ini berada di Poncol, Desa Kerek. Jangan lupa untuk membawa kamera canggih dan siapkan pose terbaik untuk menghasilkan foto keren.

9. Omah Watu

Omah Watu

Lokasi: Ngroto, Ngendut, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Namanya adalah omah watu. Tempat wisata ini merupakan bangunan yang terbuat dari watu atau batu dan tersusun batu unik tanpa menggunakan semen atau perekat lainnya. Batu yang disusun tak beraturan ini memang menjadi daya tarik yang berbeda.

Lokasi omah watu berada di Bulurejo 2, Hargomulyo. Omah Watu masuk di Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

10. Wisata Watu Jonggol

Wisata Watu Jonggol

Lokasi: PAnda nsari, Kec. Sine, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Wonderfulngawi.wordpress.com

Kali ini Anda  akan beralih ke kaki Gunung Lawu. Ada Wisata Watu Jonggol disana yang memiliki pemAnda ngan asri dan udara sejuk. Disebut dengan watu jonggol karena memang di tempat ini ada batu besar yang sebagiannya tertutup tanah. Ada kolam renang yang bersumber dari mata air alami yang segar.

Berenang dan menikmati pemAnda ngan alam disini menjadi liburan yang mengesankan. Lokasinya berada di Sedonomulyo, Desa PAnda nsari.

11. Taman Wisata Banyu Redjo Park

Taman Wisata Banyu Redjo Park

Lokasi: Jl. Raya Kedunggalar No.KM. 3, Ngarengan, Jenggrik, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Datawisata.com

Berbeda dengan tempat wisata di Ngawi yang satu ini. Mini waterboom ini dibuka di tahun 2019 yang menjadi salah satu spot wisata menarik. Tidak hanya menyediakan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. tetapi juga taman wisata ini dilengkapi adanya selfie zone yang indah. Ada taman, free wifi dan mini cafe.

Tagline dari Taman Wisata Banyu Redjo Park ini adalah wisata mewah, harga murah, akses mudah, pemAnda ngan indah dan pelayanan ramah. Lokasinya di Jalan Raya Kedunggalar Km 3 Jenggrik.

12. Ngawi Agro Techno Park

Ngawi Agro Techno Park

Lokasi: Ngelo, Wakah, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Spektroem.com

Menyajikan wisata alam dan edukasi, Ngawi Agro Techno Park ini memiliki konsep yang menarik. Ada penataan taman yang unik dengan jembatan kayu di sekitarnya serta terlihat begitu keren. Ada juga view gunung lawu dan aliran sungai yang membuat suasana makin syahdu. Sepanjang perjalanan Anda  bisa merekam dan melihat bagaimana pesona alam di sekitar lokasi wisata.

Tepatnya berada di Mangkleng, Desa Wakah. Lokasi ini masuk di Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

13. Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono

Lokasi: Punen, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Wisataterbaru27.blogspot.com

Air terjun suwono tergolong sebagai air terjun yang berbeda. Sebab, tempat wisata ini memang cukup tersembunyi dan membuat Anda  sedikit berpetualang. Ada jalan setapak diantara rimbunnya hutan pinus yang memberi sensasi liburan anti mainstream. Meski perjalanan melelahkan tetapi di tempat ini Anda  bisa menikmati keindahan hutan pinus juga.

Lokasinya ada di Ngetrep, Desa Hargomulyo. Beberapa pengunjung sering berburu spot foto kekinian di air terjun suwono ini.

14. Air Terjun Teleng

Air Terjun Teleng

Lokasi: Ngrayudan, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisata.pro

Perjalanan menuju lokasi air terjun teleng memang dipenuhi dengan panorama hutan pinus yang asri. Ada gemericik air terjun yang dipadukan suara alam serta membuat suasana makin syahdu. Sementara nuansa hijau alami ini juga tak kalah menawan.

Abadikan momen liburan Anda  di air terjun teleng yang terletak di Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo. Mereka yang ingin nuansa alami ketika berwisata bisa mengAnda lkan air terjun teleng.

15. Srambang Park

Srambang Park

Lokasi: Girimulyo, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur. – Image Credit by Kimsekapuk.win

Srambang Park berada di kawasan pegunungan yang sejuk. Srambang Park ini cukup hits karena memang sebelumnya dikenal sebagai tempat wisata air terjun yang eksotis. Namun kali ini Srambang Park dilengkapi dengan taman yang kekinian. Ada juga jembatan bambu, hutan pinus serta aliran sungai alami.

Lokasinya berada di Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Ada payung yang berwarna-warni di antara rindangnya pinus. Cocok untuk mereka yang suka dengan fotografi. Temukan spot foto unik di Srambang Park ketika Anda  berkunjung ke Ngawi.