15 Tempat Wisata di Pamekasan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Pamekasan

Apa Saja Destinasi Menarik di Pamekasan? Periksa List Tempat Wisata Populer di Pamekasan, Pulau Madura. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi Saat Liburan.

Eksistensi dari pulau Madura dikenal sebagai daerah berhawa panas. Tidak terkecuali dengan Pamekasan yang merupakan salah satu wilayah kabupaten di pulau ini. Namun di balik kesan tersebut, ternyata kota yang berada di bagian utara Madura tersebut memiliki tempat wisata yang terbilang lengkap, baru, dan hits. Mulai dari pantai, air terjun, hingga wisata buatan, semuanya tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Apa saja tempat menarik tersebut? Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Pamekasan yang dapat Anda kunjungi untuk liburan yang seru dan menyenangkan.

1. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

Image Credit: Alvilaaveniaaa.wordpress.com

Di awali dengan daerah pesisir pantai, pantai Jumiang adalah salah satu objek wisata hits yang tidak pernah sepi wisatawan. Berbeda dengan pantai pada umumnya, Jumiang berada di dataran tinggi Desa Tanjung kecamatan Pademawu.

Letaknya yang unik, kerap menarik wisatawan yang suka berswafoto dengan pesona matahari terbenam dan lautnya yang jernih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bersenang senang dengan sarana seru seperti banana boat dan snorkeling.

Lokasi: Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

2. Pantai Talang Siring Pamekasan

Pantai Talang Siring

Image Credit: Jatim.santrinews.com

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Jumiang, lokasi wisata Bahari yang satu ini juga tidak pernah sepi pengunjung. Baik pengunjung lokal atau pun luar daerah, mereka tertarik untuk datang menikmati fasilitas wisata yang lengkap.

Anggap saja, pohon hutan Mangrove, spot foto yang bertebaran, gazebo, jembatan pantai, hingga taman bermain. Tidak hanya itu, lokasinya yang hanya 15 menit dari kota Pamekasan juga membuatnya sebagai tujuan wisata hits.

Lokasi: Tabugah, Montok, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

3. Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy

Image Credit: Pantainesia.com

Setelah bersenang senang di daerah pantai yang ramai, Batu Kerbuy justru memberi kesan yang berbeda. Pantai ini memiliki hamparan batu karang yang menyebar hingga mencapai 5 hektar. Pesona inilah yang jadi daya tarik pembeda. Adanya batu karang bukan berarti sarana hiburan yang tersedia terbatas.

Justru di sini Anda bisa skuba diving, memancing, bermain air, hingga keliling pantai dengan speed boat. Tertarik? Lokasi ini ada di desa Batu Kerbuy 45 Km dari Pamekasan.

Lokasi: Jl. Raya Pasean, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan.

4. Rawa Mangunan

Rawa Manungan

Image Credit: Instagram.com @denyfaa

Objek wisata berbau alam kian hari semakin digemari kalangan muda. Begitu pula dengan Rawa Mangunan yang ada di desa Tanjung kecamatan Pademawu. Yang menjadikan lokasi ini hits adalah hamparan hutan bakau dan wilayah perairan yang cocok untuk spot swafoto dan memancing.

Meski belum dikelola serius oleh pemerintah, namun keindahan rawa dan pemandangan yang indah cukup menjadi kait untuk para wisatawan berkunjung ke lokasi ini.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

5. Air Terjun Ahatan

Air Terjun Ahatan

Image Credit: Heikaku.com

Air terjun yang berlokasi di Dusun Ahatan Desa Tlonjo Raja ini dikenal karena lokasinya yang segar dan juga tampilannya yang menawan. Tinggi air terjun yang tidak seberapa membuat aliran sair tidak terlalu deras, sehingga para wisatawan kerap berswafoto dan berenang di sekitar air.

Lokasi wisata alam yang sempat hits ini sempat turun pamong karena sampah yang berserakan di sekitarnya. Jika berkunjung, pastikan untuk selalu jaga kebersihan alam.

Lokasi: Duko, Tlontoraja, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan.

6. Air Terjun Durbugen

Air Terjun Durbugen

Image Credit: Ihategreenjello.com

Salah satu alasan suatu wisata menjadi hits adalah aksesnya yang mudah. Karena itulah, tidak heran jika Air terjun Durbugen yang ada di Desa Kowel ini kerap jadi sasaran populer bagi pengunjung. Lokasinya yang strategis membuatnya jadi tujuan hilangkan penat.

Di sini Anda bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari bermain air, berendam, bersantai, atau sekedar berfoto di sekitar lokasi. Air terjun ini juga tidak terlalu tinggi, jadi aman untuk berenang di lokasi ini.

Lokasi: Desa Kowel , Kec. Pamekasan , Kab. Pamekasan.

7. Air Terjun Bunyato

Air Terjun Bunyato

Image Credit: Tlontoraja-pmk.blogdesa.net

Ingin saksikan air terjun yang masih asri dan punya tampilan unik? Maka jangan sampai Anda melewatkan Air terjun Bunyato yang juga disebut dengan air terjun pengantin. Lokasi wisata ini tampak begitu cantik dengan air jernihnya yang terhempas dari ketinggian yang rendah. Namun struktur dari air terjun itu sendiri membuatnya tampak menarik, karena aliran air yang terpisah pisah berikan tampilan seperti kain putih tipis.

Di sini, Anda bisa berenang dan menikmati kesegaran airnya. Hal ini semakin asyik karena masih belum banyak orang yang tahu lokasi air terjun ini, sehingga memberi kesan yang benar benar asri. Bagi Anda yang tidak bisa berenang pun tidak perlu takut, pasalnya kedung di bagian bawah air terjun ini hanya memiliki kedalaman sekitar 1 meter saja. Ditambah dengan aliran yang cukup tenang, Anda bisa bermain dan juga berswafoto dengan tenang.

Lokasi: Desa Tlonto Raja, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan.

8. Goa Blaban Pamekasan

Goa Blaban

Image Credit: Wisatakita.com

Wisata alam Goa memang tidak selalu diminati orang. Namun jika Anda sempatkan diri untuk kunjungi Goa Blaban, maka jangan kaget dengan keindahan struktur stalaktit dan stalagmit yang berderet di dinding dan atap Gua.

Di goa yang berlokasikan di Dusun Rojing ini memiliki potensi wisata yang sangat baik. Anda bisa mengabadikan momen di dalam Goa, hingga menyusuri lokasi yang sudah diolah secara swadaya oleh warga sekitar.

Lokasi: Rojing Daya, Blaban, Kec. Batu Marmar, Kab. Pamekasan.

9. Gua Mas

Gua Mas

Image Credit: Dilarangbego.com

Jika Goa Blaban memiliki ruang jalan yang cukup luas, Gua Mas masih memiliki tampilan yang sangat natural. Stalaktit dan stalagmit seakan memenuhi lajur jalan yang sangat terbatas. Namun hal itu pula yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kawula muda.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah

Para wisatawan kerap abadikan momen di lokasi yang unik ini. Selain itu, jalur masuk yang berupa bekas sumur galian warga seakan memberi kesan menarik lain bagi Anda yang suka bertualang.

Lokasi: Desa Blaban, Kec. Batumarmar, Kab. Pamekasan.

10. Bukit Cinta Pamekasan

Bukit Cinta Pamekasan

Image Credit: Dakatour.com

Kalau lokasi wisata ini, pastinya sudah tidak asing di telinga kalangan muda. Bukit cinta Pamekasan adalah salah satu lokasi wisata yang sedang hits dan ramai dikunjungi untuk berswafoto di ladang hijau yang indah. Yang menjadi daya tarik utama di lokasi ini tentunya bukit cinta, sebuah bukit yang memiliki tangga berbentuk waru. Di sini Anda juga bisa main flying fox, menikmati pemandangan indah dataran tinggi Pamekasan, dan lain lain.

Pada awalnya, lokasi wisata ini sudah berdiri sejak tahun 2016. Namun sejak adanya struktur bukit cinta di tahun 2018, pamornya semakin melonjak. Dengan total luas daerah mencapai 2 hektar, Anda akan dimanjakan dengan hamparan bukit hijau segar. Jika tertarik untuk datangi lokasi ini, Anda bisa langsung meluncur ke Jl. Lawangan Daya Kelurahan Sentol. Lokasi ini tidak jauh dari pusat Kota Pamekasan karena jaraknya hanya sekitar 3,5 km.

Lokasi: Barat Satu, Sentol, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

11. Tebing Waru Pamekasan

Image Credit: Ihategreenjello.com

Jika sebelumnya ada tebing Cinta yang merupakan wisata alam dengan sentuhan tangan manusia yang cantik, tebing waru malah jadi favorit karena lokasinya yang masih natural. Banyak para pencinta fotografi yang datang hanya untuk hunting foto di lokasi menarik di daerah ini. Seperti contohnya adalah keindahan tebing, perkampungan, kerajaan monyet, gua angin, dan juga padang rumput hijau. Bahkan masih banyak tempat menarik lainnya.

Tebing waru ini berada di desa Waru Barat dan Waru timur, daerah ini memang dikenal karena keadaan alam yang masih asri. Jika berkunjung ke wisata alam ini, ada baiknya untuk berkunjung ke segala lokasi menarik lainnya. Anggap saja kerajaan monyet yang merupakan lokasi dimana banyak sekali koloni monyet bersarang. Lokasi unik ini bisa Anda temukan tepat di atas areal bukit Waru.

Lokasi: Waru Barat, Kec. Waru, Kab. Pamekasan.

12. Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Image Credit: Tempatwisata.pro

Setelah berpanas panas di daerah terbuka, Anda juga bisa menikmati wisata air buatan yang seru di Edu Wisata Selamat Pagi Madura. Tempat liburan ini sebenarnya adalah induk dari Wisata Bukit Cinta. Disini Anda bisa menemukan berbagai macam wahana kolam renang, area berkuda, dan playground.

Selain itu, lokasi wisata ini juga memiliki hiburan atraksi sulap, spot foto yang tersebar di berbagai area, hingga foodcourt untuk menikmati makanan khas Madura.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Kediri Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Lawangan Daya, Barat Satu, Sentol, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

13. Bukit Brukoh Pakong Pamekasan

Bukit Brukoh Pakong

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Digadang gadang sebagai objek wisata baru yang tidak kalah terkenal dari bukit Cinta, lokasi ini dikenal karena panorama alam perbukitan yang masih indah dan asri. Deretan pohon hijau dan juga udara sejuk akan menemai waktu kunjungan Anda di bukit ini. Berlokasikan di desa Bajang dan juga biaya tiket masuk yang terjangkau, tidak heran jika bukit Brukoh menjadi favorit kalangan muda yang gemar berswafoto dan hunting lokasi asyik menarik.

Beberapa spot menarik untuk berswafoto juga tersedia untuk Anda akses. Seperti contohnya adalah spot dengan bentuk hati atau lambang love, hingga sebuah lokasi dengan tulisan Bukit Brukoh. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata lain seperti hammock, ayunan, atau sekedar bersantai menikmati keindahan alam yang masih asri. Anda bisa berkunjung ke lokasi ini setiap hari mulai pagi hingga sore.

Lokasi: Desa Bajang, Kec. Pakong, Kab. Pamekasan.

14. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Image Credit: Harianinhuaonline.com

Terkadang keindahan struktur tempat beribadah menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini terbukti dari Vihara Avalokitesvara yang kian naik daun karena struktur bangunannya yang cantik. Cukup banyak pengunjung yang datang untuk berswafoto dan mengabadikan momen dengan latar belakang bangunan kelenteng Kwam Im Kiong berwarna merah.

Objek wisata ini juga merupakan gambaran toleransi agama yang luar biasa, karena berdekatan dengan pura dan mushola.

Lokasi: Candi Pamekasan Madura, Jl. Teja Pamekasan, Kec. Galis, Kab. Pamekasan.

15. Bukit Kampung Toron Samalem

Bukit Kampung Toron Samalem

Image Credit: Dakatour.com

Pada pertengahan tahun 2018, sebuah destinasi wisata dengan sarana menarik diresmikan sebagai tempat rekreasi umum. Bukit ini adalah tempat liburan dengan panorama alam indah dan juga kesejukan alam yang masih asri. Namun pada dasarnya, objek wisata ini menjual keindahan dari kampung bekas tempat orang menambang batu bara. Karena sudah tidak beroperasi lagi, pihak pengelola menyulap keseluruhan daerah sebagai lokasi wisata.

Di sini Anda tidak hanya disuguhkan keindahan alam, tapi juga gambaran kampung tradisional. Terdapat saung saung beratapkan jerami, kolam kecil bekas penambangan, dan juga jembatan jaman dahulu. Meski masih dalam tahap pengembangan, ternyata animo masyarakat tidak surut bahkan semakin meningkat. Anda bisa temukan lokasi ini di desa Blumbungan Kec. Larangan yang berjarak sekitar 5,5 km ke arah utara dari Kota Pamekasan.

Lokasi: Kampoeng Toron Samalem, Tambak, Blumbungan, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Pamekasan yang menarik untuk Anda kunjungi. Pulau Madura yang berada di Jawa Timur memang dikenal sebagai daerah yang panas. Apalagi dengan bentuk geografinya yang dikelilingi oleh pantai. Namun demikian, beberapa objek wisata pantai dan alamnya tidak akan membuat kecewa pengunjung. Tidak hanya itu, lokasi liburan yang lebih hits pun bermunculan untuk menarik animo kalangan muda. Seperti Bukit cinta, hingga wisata alam lain seperti air terjun. Yang jelas Anda tidak boleh melewatkannya.