Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berbicara mengenai wisata Jogja rasanya memang tidak ada habisnya. Pasalnya Kota Gudeg selalu berhasil menghadirkan berbagai wisata menarik perhatian para pelancong, baik itu dari turis lokal maupun turis mancanegara. Semua bentuk wisata bisa Anda temukan di sini, mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, alam, sampai kuliner.

Bagi Anda para kaum milenial, kali ini Jogja menghadirkan wisata kekinian yang cocok sebagai spot berburu foto. Stonehenge Merapi namanya, yang menawarkan wisata dengan suasana prasejarah ala Eropa yang mempunyai keindahan begitu mempesona. Penasaran seperti apa menariknya objek wisata unik tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Stonehenge Merapi

Daya Tarik Dimiliki Stonehenge Merapi
Image Credit: Twitter.com @adlezlez

1. Asal Usul

Stonehenge sendiri sebenarnya merupakan nama salah satu situs yang begitu terkenal di dunia. Yakni lingkaran batu tegak di dalam lingkup tembok tanah yang dibangun pada zaman perunggu dan neolitikum, yang terletak berdekatan dengan Amesbury di Inggris. Kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa bangunan tersebut didirikan antara tahun 2.000-3.000 SM.

Objek wisata yang diberi nama Stonehenge Merapi di Yogyakarta ini sesuai dengan namanya, merupakan sebuah replika dari Stonehenge yang ada di Inggris. Replika tersebut sengaja dibuat untuk memfasilitasi para pengunjung, agar bisa melihat lebih dekat mengenai bangunan bersejarah ala Inggris tanpa harus ke luar negeri terlebih dahulu.

Stonehenge sendiri dibangun pada ketinggian kurang lebih 850 sampai 900 meter di atas permukaan laut. Kehadirannya berawal dari keprihatinan pasca erupsi Merapi yang terjadi di tahun 2010 silam. Desa tempat dibangunnya objek tersebut merupakan salah satu dusun yang terkena muntahan lava dari Gunung Merapi.

Akibat dari bencana yang terjadi kala itu, hampir seluruh penghuni dusun akhirnya terpaksa kehilangan mata pencaharian mereka dan mengalami banyak kerugian. Sehingga dengan tujuan untuk mengembalikan perekonomian warga setempat, maka dibuatlah objek wisata yang bertemakan The Lost World Castle di sana, termasuk Stonehenge ini.

2. Bebatuan Ala Inggris

Meski terbilang cukup baru bila dibandingkan dengan berbagai wisata lainnya di Jogja yang sudah beroperasi puluhan tahun, Stonehenge Merapi menjadi cukup hits di kalangan para wisatawan. Terutama bagi mereka yang suka berburu foto estetik, unik, dan tentunya instagramable.

Pasalnya di sini Anda bisa menemukan batu batu ala Inggris, yang memang dibuat semirip mungkin dengan batu peninggalan zaman prasejarah. Bahkan batu tersebut disusun di atas rumput hijau yang serupa, dengan setiap sudut yang begitu menarik sebagai spot mengambil gambar untuk nantinya diunggah ke media sosial.

Bangunan bebatuan ala Inggris tersebut disusun berjajar dan berdiri tegak, membentuk lingkaran dengan dikelilingi hamparan rumput hijau yang tampak begitu asri. Panjang dari batuannya kurang lebih 4 meter, yang terbentar di atas area hijau dengan luas sekitar 200 meter persegi.

Batu raksasa unik ini tersusun dengan rapi sekaligus mampu memberikan kesan kuno yang terpencar begitu kuat. Sebagian berdiri sendiri alias tunggal, dan sebagian lainnya berbentuk gerbang dengan sebuah batu horizontal yang disusun di atas dua batu penyangga menghadap vertikal.

Daya Tarik Stonehenge Merapi
Image Credit: Twitter.com @sobatjogja_

3. Penuh dengan Nuansa Alami

Meskipun objek wisata ini sengaja dibuat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setelah terkena muntahan lava gunung berapi, atau dengan kata ini tidak terbentuk secara alami. Namun Anda jangan langsung beranggapan bahwa Stonehenge Merapi lantas tidak mampu menyajikan nuansa alami bagi para pengunjung.

Sebaliknya, Anda akan langsung disambung dengan suasana yang menyejukkan dan menenangkan ketika menginjakkan kaki di lokasi wisata tersebut. Dipenuhi dengan hamparan rerumputan hijau, tempat wisata satu ini memang sangat asri. Apalagi ditambah dengan banyaknya pepohonan rimbun yang berada tidak jauh dari area bebatuan.

4. Panorama Senja

Jika berkunjung ke objek wisata yang menawarkan keindahan alam spektakuler, pastikan Anda jangan buru buru meninggalkan lokasi. Tunggulah hingga sore hari tiba, dimana langit mulai memancarkan sinar oranye. Karena momen menjelang matahari terbenam merupakan salah satu pemandangan paling cantik yang patut Anda saksikan di objek wisata alam.

Begitupun dengan Stonehenge Merapi yang ada di Jogja ini. Di sini, Anda juga bisa melihat keindahan panorama senja yang tiada duanya. Dari balik bebatuan sepanjang 4 meter, terpancar sinar matahari senja yang berwarna oranye kemerahan yang membuat suasana terasa hangat dan eksotis. Benar benar sebuah gambaran yang terlihat seperti lukisan indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Lokasi Stonehenge Merapi
Image Credit: Instagram.com @nararya.radmila

Stonehenge Merapi berada di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 30 kilometer di utara kota, dengan rute yang terbilang sangat mudah untuk dilalui. Bagi Anda yang berangkat dari pusat kota, bisa langsung mengarahkan kendaraan ke arah Gejayan. Kemudian ambil jalur menuju ke Jalan Kaliurang.

Dari Jalan Kaliurang, Anda bisa mengikuti jalan tanjakan sampai ke kawasan Kaliadem. Sesampainya di kawasan Kaliadem, bisa masuk saja ke arah Bebeng. Baru selanjutnya di sana Anda akan sebuah dusun bernama Petung, dan tinggal lurus saja sampai melewati Kopi Merapi yang sudah cukup terkenal.

Kemudikan kendaraan ke arah lurus selama beberapa saat setelah melewati Kopi Merapi, lalu ambil ke arah timur dan nantinya Anda akan menemukan wisata Stonehenge Merapi. Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan peta digital atau bertanya pada masyarakat sekitar yang melintas untuk mencapai lokasi.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps (Dendi Eka P.)

Objek wisata Stonehenge Merapi dibuka untuk umum dan bisa dikunjungi setiap hari pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Adapun harga tiket yang perlu dibayarkan untuk masuk ke kawasan wisata ini antara lain sekitar Rp. 10.000 saja per orangnya, namun biaya tersebut belum termasuk tarif parkir.

Kontribusi parkirnya sendiri berlaku tarif normal seperti kebanyakan objek wisata lainnya atau sekitar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat seperti mobil. Bagi Anda yang membawa bus bersama dengan rombongan, mungkin tarifnya bisa berbeda. Silahkan langsung ditanyakan pada pihak pengelola wisata setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Stonehenge

Aktivitas di Stonehenge
Image Credit: Instagram.com @aangtornando

1. Melihat Susunan Batu Unik

Namanya saja Stonehenge, tentunya yang bisa Anda lihat di sini adalah bebatuan. Bukan sekadar tumpukan batu biasa, tempat unik ini menampilkan susunan batu yang persis sama dengan Stonehenge yang ada di Inggris, dimana bangunan ini sendiri adalah salah satu tempat bersejarah yang dinilai paling misterius.

Sehingga saat melihatnya, Anda harus siap dibuat terpana dan terkagum kagum berkat keindahan arsitekturnya. Putari lingkaran bebatuan tersebut untuk menikmati keindahan tempat ini lebih lama. Di samping itu, alam sekitar yang begitu asri juga akan memanjakan para pengunjung selama berada di lokasi menikmati bangunan bebatuan unik tersebut.

2. Berburu Foto Keren

Melihat yang unik unik, tangan pasti gatal kalau tidak langsung mengambil gambar untuk diabadikan dalam sebuah potret. Apalagi untuk kaum milenial, rasanya kurang lengkap jika mengunjungi suatu objek wisata tanpa mengunggah gambar ke sosial media. Jadi, Anda jangan sampai melewatkan hunting foto ketika berkunjung ke Stonehenge Merapi satu ini.

Terlebih Stonehenge adalah tempat yang sangat fotogenik. Berbagai batu yang ada di sana semacam artefak yang akan membuat Anda seolah berada di zaman prasejarah. Bayangkan bagaimana serunya berfoto dikelilingi bangunan prasejarah ? Tentu akan menghasilkan hasil potret yang begitu menarik.

3. Pre-Wedding

Bagi Anda yang kebetulan ke sini dengan pasangan, tidak ada salahnya untuk merencanakan melakukan pre wedding di sini. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang memang sengaja ke sini untuk kebutuhan tersebut. Mengingat bahwa di sini terdapat bangunan batu batuan yang begitu unik dan estetik, sehingga bisa membuat hasil foto pre wedding Anda menjadi anti mainstream.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan foto pre wedding, sebaiknya pilih ketika hari cerah agar suasananya bisa lebih mendukung untuk mendapat potret terbaik. Selain itu, jangan lupa untuk menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu. Karena tentunya akan ada biaya tersendiri bagi pengunjung yang ingin melakukan pre wedding di lokasi.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan Murah di Stonehenge Merapi
Image Credit: Booking.com

Tidak ingin meninggalkan Yogyakarta begitu saja, Anda bisa menikmati Stonehenge Merapi Jogja sampai sore, kemudian menutup perjalanan dengan menginap di akomodasi sekitar objek wisata tersebut. Tidak perlu khawatir, karena letaknya yang terbilang cukup strategis membuat kawasan ini menawarkan cukup banyak penginapan di sekitar.

Mulai dari Hotel Si Cantik, Hotel Kaliurang, Penginapan Mentorogo, dan lain sebagainya yang bisa diakses dalam beberapa menit saja dari arah lokasi wisata ini. Masing masing tentunya menawarkan tarif yang berbeda beda per malamnya, tergantung tipe kamar yang Anda pilih. Namun kebanyakan mempunyai fasilitas yang cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Stonehenge Merapi

Fasilitas di Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps (Cikal)

Fasilitas yang dihadirkan di sini terbilang cukup standar, karena wisatanya sendiri memang berupa replika dari Stonehenge yang ada di Inggris. Sehingga tidak banyak tambahan untuk memperkuat nuansa yang sama persis. Pihak pengelola Stonehenge Merapi sendiri menyediakan beberapa fasilitas standar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Mulai dari spot foto dengan latar bebatuan unik dan alami, yang menjadi daya tarik utamanya. Sampai dengan beberapa toilet bersih dan tempat parkir yang cukup luas. Selebihnya, tidak ada fasilitas sedemikian rupa yang dihadirkan di sana. Tapi tetap saja destinasi ini sangat menarik untuk dikunjungi ketika Anda bertandang ke Yogyakarta.

Tips Berkunjung ke Stonehenge Merapi

Tips ke Stonehenge Merapi
Image Credit: Twitter.com @youthssfm

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Stonehenge, terdapat beberapa tips wisata yang dapat diikuti agar pengalaman berlibur di sana terasa semakin menyenangkan. Yang pertama yaitu jangan lupa untuk membawa kamera dengan baterai full dari rumah, karena sudah pasti Anda akan mengambil banyak gambar di sini.

Mengingat bahwa objek wisata satu ini menawarkan banyak spot foto spektakuler yang bisa Anda jajal. Selain itu, untuk para kaum hawa sebaiknya menggunakan sepatu glat saja ketika berkunjung ke sini, alih alih sepatu hak tinggi. Karena sepatu hak tinggi bisa berpotensi merusak rerumputan di sekitar yang sudah tertata rapi.

Demikian ulasan mengenai Stonehenge Merapi yang ada di Sleman, Jogja. Jadi untuk melihat peninggalan prasejarah, tidak perlu jauh jauh terbang ke luar negeri. Karena di Yogyakarta, Anda sudah bisa menemukan replikanya yang dibuat dengan sangat mirip. Sudah merasa tertarik untuk berkunjung ke objek wisata satu ini?