20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Pati

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Pati, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor untuk Liburan yang Berkesan.

Setiap kota di Indonesia memang selalu menghadirkan pesona tersendiri. Berada di Jawa Tengah, Anda bisa mengunjungi beragam destinasi wisata di Pati terbaru dan paling hits. Bisa dikatakan kota satu ini memang belum banyak dikenal sebagai destinasi wisata dibandingkan kota lainnya.

Padahal Pati juga mampu menghadirkan daya tarik yang tak kalah dengan lainnya, yang bisa membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan. Untuk mengintip keindahannya, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Pati yang paling hits dalam ulasan berikut.

1. Klating Pucakwangi

Image Credit: Fakta.co.id

Untuk melihat pesona dari kota satu ini, Anda bisa mengunjungi Klating Pucakwangi sebagai destinasi pertama Anda. Sebenarnya Klating Pucakwangi ini adalah sungai, namun karena keunikannya oleh masyarakat dijadikan objek wisata. Memiliki undakan undakan membuat Anda seakan melihat air terjun yang bertingkat.

Menariknya, sungai ini juga berada di dataran tinggi sehingga membuatnya makin unik. wajar jika tempat satu ini begitu hits dan banyak dikunjungi.

Lokasi: Mojoagung, Kec. Pucakwangi, Kab. Pati.

2. Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan

Image Credit: Ksmtour.com

Melanjutkan wisata air di Pati, Anda bisa mengunjungi air terjun Tadah Hujan. Pantai ini satu ini tak sesuai dengan namanya, karena di musim kemaraupun debit airnya tetap besar. Sehingga masyarakat sekitar memanfaatnya sebagai kebutuhan akan air bersih.

Anda akan disambut dengan suara gemiricik air begitu tiba. Bebatuan dan tebing yang membingkainya turut menambah kecantikannya. Belum lagi udaranya yang sejuk sangat cocok untuk penghilang penat.

Lokasi: Kec. Sukolilo, Kab. Pati.

3. Kedung Perahu

Image Credit: Cupdate1.blogspot.com

Kedung Perahu bisa dikatakan sebagai tempat wisata paling baru di Pati dan juga masih sangat natural. Menawarkan wisata air yang berupa sendang dengan air jernih yang begitu menggoda untuk segera melompat ke dalam airnya.

Selain berenang atau bermain air, Anda juga bisa menikmati keindahan sekitarnya. Gundukan bebatuan karsts dengan bentuk yang unik turut hadir lengkap dengan pepohonan asri. Pastikan tidak melupakan untuk berburu foto yang cantik.

Lokasi: Cangkring, Karangawen, Kec. Tambakromo, Kab. Pati.

4. Air Terjun Lodaran Semar

Air Terjun Lodaran Semar

Image Credit: Instagram.com @van.chariel08

Apakah Anda berniat melanjutkan wisata alam bertema air, jika iya maka Anda bisa mengunjungi Air Terjun Lodaran Semar. Air terjun ini terbilang cukup lebar, meskipun tidak terlalu tinggi. Diapit oleh dua bukit kapur, membuat air terjun ini begitu eksotis dan menawan.

Alirannya yang jernih akan membuat siapapun tak sabar untuk menjajal kesegarannya. Bersantai ditemani gemericik air dan udara yang sejuk tentunya tak boleh dilewatkan.

Lokasi: Sumber, Sumbersari, Kec. Kayen, Kab. Pati.

5. Bendungan Kletek

Bendungan Kletek

Image Credit: Cupdate1.blogspot.com

Objek wisata satu ini masih baru diresmikan di tahun 2018 lalu dan langsung menarik perhatian banyak wisatawan. Bendungan Kletek sudah mengusung tema kekinian, hal ini terlihat dari deretan spot foto yang melengkapinya. Spot foto mulai dari jembatan merah, anjungan dengan tulisan Love dan lainnya begitu menarik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sragen Terbaru & Terhits Dikunjungi

Suasana sekitarnya yang masih terjaga membuat Anda betah berlama lama. Bendungan ini hingga kini masih hits dan tak pernah sepi.

Lokasi: Kletek, Kec. Pucakwangi, Kab. Pati.

6. Goa Pancur

Goa Pancur

Image Credit: Guapancur.blogspot.com

Goa Pancur menawarkan petualangan menjelajahi goa dengan cara yang berbeda. Sebab, Anda akan menyusuri goa dengan memanfaatkan air di dalamnya. Selain menyajikan pemandangan goa yang unik, Goa Pancur juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan spot foto.

Tenang saja, selama Anda menyusuri goa juga akan dilengkapi pelindung sehingga tetap aman. Wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kayen, Kab. Pati.

7. Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo

Image Credit: Heikaku.com

Waduk satu ini masuk dalam jajaran wisata favorit yang ada di Pati. Tak hanya menawarkan wisata waduk, pemandangan yang indah dengan latar belakang gunung juga turut Anda dapatkan. Suasana yang begitu sejuk dan asri sangat cocok untuk refreshing dan menghilangkan penat.

Tak hanya itu, Waduk Gunung Rowo juga tawarkan wisata kuliner yang sedap. Sepanjang waduk berderet penjual ikan bakar yang akan membuat perut keroncongan.

Lokasi: Mbangan, RT.3/RW.2, Area Waduk Gunungrowo, Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati.

8. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo

Image Credit: Wartawisata.id

Masih menawarkan wisata waduk, Pati memiliki Waduk Seloromo yang tak kalah cantik dan menawan. Terletak di Kaki Gunung Muria, waduk ini menawarkan view waduk yang berkolaborasi dengan view pegunungan. Membuat suasananya begitu sejuk sehingga pengunjung menjadi betah berlama lama.

Menikmati pesonanya, tidak lengkap rasanya jika tidak sekalian berburu spot foto yang instagramable untuk penuhi memori anda.

Lokasi: Area Waduk Gembong, Kec. Gembong, Kab. Pati.

9. Pantai Idola Banyutowo

Pantai Idola Banyutowo

Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Untuk membuat wisata air Anda semakin lengkap, Pati juga memiliki pantai yang begitu mengagumkan. Pantai yang menjadi favorit wisatawan ketika ke Pantai ini memang menawarkan banyak aktivitas yang seru dan menyenangkan.

Anda bisa berburu spot foto cantik sekaligus bermain wahana. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berwisata kuliner di rumah makan apung atau mengekplore hutan mangrovenya. Menikmati sunset akan jadi penutup yang jempolan.

Lokasi: Banyutowo, Kec. Dukuhseti, Kab. Pati.

10. Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy

Image Credit: Facebook.com @jwfpati

Mengunjungi waterboom juga bukanlah ide yang buruk ketika Anda sedang berada di Pati. Juwana Water Fantasy ini memang patut masuk dalam daftar tempat liburan Anda, mengingat ada banyak hal menarik yang dieksplore.

Selain menyediakan kolam renang, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan wahana yang akan membuat liburan makin seru. Setidaknya ada sekitar 35 wahana yang bisa Anda nikmati bersama keluarga jika Anda mengunjungi Juwana Water Fantasy ini.

BACA JUGA:  16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Juwana Rembang KM.7 Bumimulyo,Kec. Batangan, Kab. Pati.

11. Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona

Image Credit: Instagram.com @arga_pesona

Jika Anda ingin menikmati pemandangan dari atas ketinggian, maka Puncak Arga Pesona yang paling cocok dikunjungi. Anda akan disajikan hamparan hijau yang menyejukkan mata jika tiba di gardu pandang ini.

Berada di perbatasan Pati dan juga Grobogan Anda tidak akan menyesal mengunjunginya. Beberapa spot foto yang instagramable akan Anda temukan di tempat ini. Udaranya yang sejuk akan membuat para pengunjung betah berlama lama.

Lokasi: Jl. Sendang-Kemaduhbatur, Kemaduhbatur, Kec. Tawangharjo, Kab. Grobogan.

12. Agrowisata Jolong

Agrowisata Jolong

Image Credit: Jawapos.com

Apakah Anda penggemar kopi? Mengunjungi Agrowisata Jolong Anda akan menikmati hamparan kebun kopi yang luas. Sudah berubah menjadi agrowisata, berbagai wisata lainnya juga bisa dinikmati oleh pengunjung. Mulai dari taman bunga, rumah pohon hingga hadirnya wisata air terjun Grenjengan.

Berbagai fasilitas mulai terapi ikan, outbound hingga flying fox juga turut dihadirkan untuk memanjakan para pengunjung.

Lokasi: Sitiluhur, Jollong, Kec. Gembong, Kab. Pati.

13. Bukit Pandang Kayen

Bukit Pandang Kayen

Image Credit: Patinews.com

Berada di lereng Gunung Kendeng, wisata bukit satu ini akan menghadirkan pesona alam yang begitu eksotis. Ketika akhir pekan atau musim liburan, wisata satu ini selalu rame dikunjungi muda mudi atau pecinta fotografi.

Mengingat di tempat ini juga menyediakan berbagai spot favorit untuk berswafoto atau menjajal kemampuan fotografi Anda. Sepanjang mata memandang, panorama hijau akan menyapa penglihatan anda.

Lokasi: Jrambah, Durensawit, Kec. Kayen, Kab. Pati.

14. Hutan Pinus Pangonan

Hutan Pinus Pangonan

Image Credit: Klikmobilez.blogspot.com

Tempat satu ini sangat hits dan cocok untuk ngadem sejenak dari hiruk pikuk kota. Walaupun untuk mengunjungi hutan Pinus Pangonan ini membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Akses jalan menuju wisata hits di Pati ini memang menantang. Tetapi pesona alamnya akan membuat rasa lelah Anda dibayar lunas.

Udara yang sejuk dengan suasana yang asri dan ditambahkan dengan spot foto kekinian membuat wisata satu ini begitu menarik perhatian.

Lokasi: Gunungsari, Kec. Tlogowungu, Kab. Pati.

15. Bukit Pandang Duren Sawit

Bukit Pandang Duren Sawit

Image Credit: Kabarkotapati.com

Masih menawarkan panorama dari atas ketinggian, Bukit Pandang Duren Sawit juga tidak boleh Anda lewatkan. Begitu bukit ini, Anda akan melihat sebuah gardu pandang di puncaknya. Saat tiba di puncak, Anda akan disuguhkan landscape yang begitu eksotis.

Perbukitan dari ketinggian ini memang tak bisa diabaiakn begitu saja keindahannya. Beberapa spot swafoto juga turut dihadirkan untuk hasilkan foto liburan terbaik.

Lokasi: Jl. Sumbersari Kayen, Jrambah, Durensawit, Kec. Kayen, Kab. Pati.

16. Bukit Naga Jolong

Bukit-Naga-Jolong.

Image Credit: Pisangkremes.wordpress.com

Menyaksikan keindahan dari atas ketinggian memang tidak pernah membosankan. Salah satu spot andalan kota Pati yang tawarkan panorama ketinggian adalah Bukit Naga Jolang. Bukit satu ini merupakan perkebunan buah naga yang juga menjadi tempat wisata.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Jepara Paling Enak & Murah

Mengelilingi kebun, Anda bisa mengeksplore spot spot foto yang menawan. Ketika musim panen tiba, Anda bisa sekalian membeli buah naga sebagai oleh oleh kerabat di rumah.

Lokasi: Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati.

17. Goa Wareh

Goa Wareh

Image Credit: Nettizenia.blogspot.com

Anda juga wisata goa ketika mengunjungi Pati, Goa Wareh ini juga tidak kalah hits dan jadi favorit. Selain bisa menikmati pahatan alam berupa stalakmit dan stalaktit, Anda juga akan dihadirkan sumber air yang begitu segar.

Anda bisa menyusuri gua dengan menggunakan peralatan keselamatan. Konon, siapapun yang mandi di area goa bisa awet muda. Selain mitos tersebut, Goa Wareh juga memiliki pesona lain yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Lokasi: Kedu, Kedumulyo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati.

18. Pulau Seprapat

Pulau Seprapat

Image Credit: Instagram.com @bagusvh

Banyak yang mengaitkan Pulau Seprapat sebagai pulau untuk pesugihan dan begitu kondang. Di balik berita tersebut, sebenarnya Pulau Seprapat memiliki pemandangan yang begitu eksotis dan juga masih alami.

Anda bisa menikmati pemandangan hutan lengkap satwa dan flora yang begitu beragam. Belum lagi hadirnya perairan yang menambah keindahan pulau satu ini. Tempat satu ini sangat cocok untuk yang berjiwa petualang tinggi.

Lokasi: Bajomulyo, Kec. Growong Lor, Kab. Pati.

19. Desa Wisata Jrahi

Desa Wisata Jrahi

Image Credit: Iwanloveindonesia.blogspot.com

Di Pati Anda juga bisa menemukan sebuah desa yang mendapatkan julukan sebagai desa Pancasila. Hal ini karena desa ini sangat rukun di antara umat beragama yang patut menuai pujian. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan Vihara Saddhagiri yang merupakan vihara paling besar di Pati.

Selain menjadi tempat ibadah, banyak wisatawan yang mengunjunginya. Karena bangunannya memang begitu mempesona dan sangat instagramable.

Lokasi: Jrahi, Kec. Gunung Wungkal, Kab. Pati.

20. Alun Alun Kota Pati

Alun Alun Kota Pati

Image Credit: Krjogja.com

Sebagai penutup liburan Anda di kota Pati Anda harus mampir ke Alun Alun Kota Pati. Memang alun alun ini bukanlah destinasi wisata terbaru, karena sudah lama ada. Namun karena sentuhan renovasi di beberapa sudutnya membuatnya semakin mempesona. Lapangan hijau dengan pepohonan rindang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Ketika sore hari, banyak keluarga atau muda mudi yang menghabiskan waktu di alun alun ini.

Ketika malam hari, alun alun ini semakin semarak karena hadirnya lampu kerlap kerlip. Tak hanya itu, ditambahkan dengan penjual kuliner membuat alun alun ini semakin ramai. Mengunjungi tempat satu ini tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk Anda. Menghabiskan malam di kota Pati bersama teman atau keluarga akan menutup liburan seru di kota satu ini. Jangan lupakan untuk mengabadikan setiap momen anda.

Lokasi: Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Kec. Pati, Kab. Pati.

Berwisata ke Pati tentunya tak akan membuat Anda bingung lagi. Deretan objek wisata yang hits dan terbaru di Pati yang telah disebutkan akan membuat liburan Anda berkesan. Sebenarnya wisata di kota satu ini masih banyak ragamnya, tetapi yang telah diulas merupakan yang paling favorit. Jangan lupakan untuk berburu kuliner serta oleh oleh khasnya ketika mengunjungi kota yang ada di Jawa Tengah ini.