15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Temanggung

Temanggung terkenal memiliki beragam jajanan lezat yang bisa Anda jadikan buah tangan. Inilah daftar oleh-oleh khas Kota Perwira Temanggung yang paling diburu wisatawan.

Temanggung merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang kian banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan, Temanggung merupakan pemilik kawasan wisata Dieng yang sedang populer di berbagai kalangan. Selain memiliki kekayaan dan pesona wisata, kota yang satu ini juga memiliki keragaman kuliner yang wajib dicoba. Sebelum pulang dari Kota Temanggung, ada baiknya untuk membawa serta beragam jenis oleh-oleh khas, sebagai berikut.

1. Lento Temanggung

Lentho

Image Credit: Pbs.twimg.com

Salah satu kuliner khas Temanggung yang cocok dijadikan oleh oleh adalah Lento. Jajanan yang satu ini memiliki visual yang hampir mirip dengan perkedel. Yang menjadi pembeda ialah bahan utamanya terbuat dari singkong. Pemilihan bahan utama tersebut juga tidak sembarangan. Hanya singkong muda dan dimasak sampai lembut yang menjadi pilihannya. Singkong tersebut kemudian dicampur dengan bahan lain seperti, tepung, kacang hijau, dan lain lain.

2. Ndas Borok

Ndas Borok Temanggung

Image Credit: Temanggungkab.go.id

Selain Lento, ada pula makanan khas Temanggung dengan nama yang juga unik yakni Ndas Borok. Meski memiliki sebutan yang tidak biasa, jajanan yang satu ini banyak disukai oleh berbagai kalangan karena rasanya yang unik dan legit. Bahan dasar pembuatan jajanan ini juga menggunakan singkong yang dicampur dengan irisan gula jawa dan parutan kelapa. Jajanan yang satu ini juga bisa didapatkan dengan mudah. Pasalnya, banyak sekali toko yang menjajakan Ndas Borok.

3. Ketan Gudig Temanggung

Ketan Gudig

Image Credit: Temanggungkuliner.blogspot.com

Salah satu jajanan manis yang sering dijadikan untuk jamuan pesta hajatan ini bernama Ketan Gudig. Namun di era yang semakin modern ini, keberadaan Ketan Gudig sering dijadikan sebagai oleh oleh yang dijajakan di toko atau pusat buah tangan. Makanan tradisional ini terbuat dari beras ketan dan campuran kacang delandang yang gurih. Jajanan yang satu ini sangatlah cocok dijadikan oleh oleh dan disantap dengan ditemani teh hangat di sore hari.

4. Balung Kuwuk

Balung Kluwuk

Image Credit: Cookpad.com

Jajanan khas Temanggung dengan nama unik lainnya ialah Balung Kuwuk. Makanan yang satu ini memiliki tampilan berupa keripik yang terbuat dari singkong atau ketela dengan irisan tipis. Singkong yang sudah diiris dengan tipis kemudian akan melalui proses penjemuran dan penggorengan. Irisan singkong yang sudah dijemur hingga kering kemudian diberi bumbu rahasia sehingga cita rasanya tak hanya renyah tapi juga gurih dan nagih.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Demak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Seiring dengan berjalannya waktu, jajanan ini memiliki inovasi dengan ditambahkannya berbagai varian bumbu yang semakin diminati masyarakat. Jika ingin mencicipi kuliner yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Wonolobo, Kaloran, Kota Temanggung. Mengenai harga, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar sepuluh ribu hingga dua puluh ribuan saja. Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa membawa pulang Balung Kuwuk yang enak ini.

5. Mendut Siram Santan

Mendut

Image Credit: Instagram.com @masakan_bu_pon

Jajanan yang juga wajib dibawa pulang ketika mengunjungi Temanggung ialah Mendut. Bisa dikatakan, makanan yang satu ini memiliki visual yang hampir mirip dengan kue Mochi dari Jepang. Namun, Mendut dibuat dari beras ketan dengan isian gula merah di dalamnya. Teksturnya pun juga sangat kenyal dan nagih. Untuk bisa mendapatkan kuliner yang satu ini, Anda bisa mengunjungi pusat oleh oleh dan beli dengan harga kisaran sekitar Rp. 20 ribuan saja.

6. Entho Chotot

Entho Chotot

Image Credit: Instagram.com @zippersmada

Bila Anda berkunjung ke pasar atau pusat oleh oleh Kabupaten Temanggung, Anda akan menemukan kue dengan nama unik dan menarik yakni Entho Chotot. Jajanan yang satu ini terbuat dari bahan utama singkong yang dikukus dan ditumbuk hingga menghasilkan tekstur halus dan kalis. Kemudian, adonan singkong tersebut diisi gula putih atau gula jawa cair yang kemudian digoreng menggunakan suhu sedang.

Kue yang satu ini bisa dijadikan pengganjal perut , pasalnya hanya dengan memakan empat hingga 5 buah saja perut akan terasa kenyang layaknya memakan sepiring nasi. Jika Anda tertarik untuk mencicipi rasa legit dan gurih dari Encho Chotot, bisa mengunjungi kawasan pasar tradisional. Untuk harga dari jajanan yang satu ini sangatlah ekonomis, yakni sekitar Rp. 5 ribuan hingga Rp. 7 ribuan saja. Meski murah, rasa dari Entho Chotot tidak murahan.

7. Keripik Emping Temanggung

Keripik Emping Temanggung

Image Credit: Republikseo.net

Bagi Anda yang berasal dari wilayah Jawa Timur, mungkin sudah merasa familiar dengan Keripik Emping. Jajanan yang satu ini berbeda dengan Keripik Emping di beberapa daerah, tambahan rasa gurih rempah tradisional membuat kudapan ini tidak terasa pahit. Untuk mencicipi dan membawa jajanan ini sebagai oleh oleh, Anda bisa mengunjungi Pasar Entho Parakan dengan harga kisaran sekitar Rp. 30 ribu hingga Rp. 40 ribuan saja setiap kemasannya.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Anyaman Mendong

Anyaman Mendong

Image Credit: Rumahumkm.net

Beralih ke oleh oleh berupa barang hasil kerajinan tangan, Anyaman Mendong bisa menjadi salah satu referensi buah tangan yang bisa dibawa pulang. Hasil karya masyarakat Temanggung tersebut sungguh indah dan menawan. Ada berbagai barang anyaman yang ditawarkan, diantaranya wadah tissue, sandal, tas, tempat pensil, dan masih banyak lagi. Meski produk lokal, oleh oleh yang satu ini memiliki kualitas dan berseni tinggi.

Produk kerajinan tangan masyarakat Temanggung dipatok dengan harga bervariasi, dari yang paling murah hingga yang paling tinggi. Tentunya, pematokan harga tersebut dibarengi dengan tingkat kesulitan pembuatan kerajinan tersebut. Anda bisa menemukan hasil kerajinan tangan tersebut di beberapa toko oleh oleh hingga online shop dengan mudah. Desainnya pun juga tidak terbatas dan dijamin sangat menawan.

9. Kerajinan Tangan Anyaman Pelepah Pisang

Anyaman Pelepah Pisang

Image Credit: kerajina-t.blogspot.com

Siapa sangka bahwa pelepah pisang bisa dijadikan suatu kerajinan yang bernilai tinggi. Masyarakat Temanggung dengan tingkat kreativitasnya yang tinggi berhasil menyulap pelepah pisang menjadi barang barang kekinian berseni. Menariknya, hasil kerajinan tersebut sudah dikirim dan dijual ke beberapa daerah di luar kota. Pelepah pisang dipilih berdasarkan kualitas yang terbaik. Kemudian, pelepah dianyam sedemikian rupa dan hasilkan produk luar biasa.

10. Kerajianan Tangan Sepatu Rajutan Khas Temanggung

Sepatu Rajutan Khas Temanggung

Image Credit: Republikseo.net

Salah satu produk yang diunggulkan di Kabupaten Temanggung ialah sepatu rajut. Kerajinan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh. Sepatu ini dirajut menggunakan benang berwarna, sehingga dapat mempercantik penampilan bagi siapa saja yang memakainya. Bila Anda tertarik membeli sepatu rajutan untuk sanak saudara di rumah, produk ini tersedia di seluruh Kota Temanggung.

11. Kerajinan Tangan Gerabah Tanah Liat

Gerabah Tanah Liat

Image Credit: Bisnisukm.com

Kreativitas masyarakat Temanggung sudah tidak bisa diragukan lagi. Mereka bahkan mampu menghasilkan kerajinan gerabah yang dibuat dengan berbagai bentuk, diantaranya gelas, teko, hingga tatakan gelas. Untuk membuat kerajinan gerabah, tanah liat yang digunakan tidak dipilih dengan sembarangan. Tanah liat dengan kualitas buruk dapat mempengaruhi tingkat keawetan dari gerabah tersebut. Harga yang dipatok juga beragam, mulai dari Rp 30 ribuan saja.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Wajib Anda Bawa Pulang

12. Kerajinan Kayu yang Unik

Image Credit: Batuholiday.com

Jika Anda berburu kerajinan tangan dan souvenir khas Temanggung, bisa memilih kerajinan yang terbuat dari kayu. Berbagai produk berbahan kayu di kota ini 100% dihasilkan dari kreativitas tangan warga lokal. Bahkan, ada banyak sekali kerajinan dari kayu yang bisa Anda miliki yakni, kotak perhiasan, nampan, bingkai foto, dan masih banyak lagi. Harganya pun juga beragam, mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 150 ribuan saja.

13. Batik Miliwis Temanggung

Batik Miliwis Temanggung

Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Selain keragaman kuliner, para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Temanggung biasanya membeli beberapa potong kain Batik Mliwis. Kain tradisional tersebut memiliki corak berupa gambar burung yang terkenal dengan mitos keberadaan Angling Dharmo. Jenis kain tersebut telah dilestarikan sejak tahun 1966. Namun, Anda tetap bisa membeli Batik Mliwis di beberapa pusat oleh oleh Kota Temanggung dengan harga yang bervariatif.

14. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu

Image Credit: Rumahumkm.net

Salah satu oleh oleh kerajinan tangan yang memiliki tingkat keawetan lama ialah kerajinan dari bambu. Ada banyak sekali produk dari bambu yang bisa dibawa pulang, diantaranya kapal kapalan, miniatur, hingga lampu bambu. Anda bisa mendapatkan kerajinan tangan yang satu ini dengan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya. Namun, umumnya harga yang ditawarkan untuk setiap kerajinan bambu sangatlah terjangkau.

15. Relief Tembaga Kuningan

Relief Tembaga Kuningan

Image Credit: Kerajinanindonesia.id

Satu lagi kerajinan tangan khas Temanggung yang cocok dijadikan oleh oleh, yakni tembaga kuningan. Kerajinan yang satu ini memiliki tampilan unik dan terlihat sangat berkelas. Untuk membuatnya pun dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Relief tembaga tersebut kemudian dibentuk menjadi berbagai macam. Ada yang berbentuk lukisan, kaligrafi, lampu gantung dan masih banyak yang lainnya. Kerajinan ini juga menjadi salah satu oleh oleh populer di Temanggung.

Selain dikenal sebagai daerah penghasil kopi dan tembakau yang melimpah, Kota Temanggung juga memiliki daya tarik yang terletak pada keberagaman kuliner dan kerajinan tangannya. Jika berkunjung ke kota tersebut, jangan lupa untuk membawa serta oleh-oleh khas sebagai penanda kunjungan dan handai tolan ke Kabupaten Temanggung. Semua oleh oleh baik makanan, maupun kerajinan tangan memiliki harga beragam yang bisa disesuaikan budget.