55 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Paling Terkenal

Tempat Wisata Pulau Jawa

Tempat Wisata di Pulau Jawa tersedia sangat beragam jenisnya. Anda bisa menemukan pantai, pegunungan, air terjun, museum bahkan tempat yang menyimpan banyak wahana.

Keindahan Nusantara memang tidak akan pernah bisa terbantahkan. Saking mempesonanya bisa menarik perhatian indera dari lokal maupun internasional. Berjajar dari Sabang hingga Merauke, mampu untuk unjuk diri akan keeksotisannya. Begitu juga dengan Pulau Jawa yang juga memiliki banyak pesona luar biasa. Untuk Anda yang ingin liburan di Pulau Jawa, berikut beberapa tempat wisata yang paling terkenal dan harus Anda kunjungi di Jawa.

1. Ujung Kulon, Banten

Ujung Kulon, Banten

Image Credit: Travelspromo.com

Berada di ujung barat Pulau Jawa, Ujung Kulon merupakan tempat konservasi sekaligus wisata yang tidak bisa dilewatkan. Anda bisa berjumpa dengan badak bercula satu yang saat ini sudah mulai langka. Selain bertemu dengan badak jawa ini, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Mulai dari snorkeling di Legon Sumino hingga menyusuri Sungai Cigenter yang seperti di Amazonnya Indonesia.

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur Kab. Pandeglang.

2. Kawah Putih, Bandung

Kawah Putih, Bandung

Image Credit: Portalwisata.com

Kawah Putih yang berada di Bandung juga menjadi tempat wisata yang begitu terkenal. Dinamakan dengan Kawah Putih karena memang memiliki warna putih kebiruan yang begitu cantik masuk kamera Anda. Mengandung belerang yang sangat kuat, membuat Anda harus mengenakan masker ketika mengunjungi Kawah putih. Tempat wisata di Pulau Jawa satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat mengambil foto terbaik.

Lokasi: Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

3. Kebun Raya Bogor, Bogor

Kebun Raya Bogor

Image Credit: Pingpoint.co.id

Botanical Garden Bogor atau yang juga dikenal dengan nama Kebun Raya juga menjadi destinasi wisata yang kondang. Memiliki luas sekitar 87 ha dan ditumbuhi oleh beragam spesies, menjadikan tempat satu ini memiliki hawa yang begitu asri. Selain bisa menikmati oksigen yang melimpah, Anda juga akan menemukan berbagai spot menarik di dalamnya. Mulai dari museum Zoologi, Griya Anggrek dan spot spot andalan lainnya.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Bukit Panembongan, Kuningan

Bukit Panembongan, Kuningan

Image Credit: Kompasiana.com

Kuningan juga termasuk daerah yang memiliki pesona yang menakjubkan. Hamparan hutan pinus yang menyejukkan mata bisa Anda nikmati. Dari atas ketinggian bukit ini, Anda juga bisa mengambil banyak foto foto cantik. Dengan latar belakang hijau yang begitu instagramable. Anda juga bisa melakukan beragam kegiatan, mulai berkemah hingga meluncur dengan menggunakan flying fox.

Lokasi: Tembong, Kec. Garawangi, Kab. Kuningan.

5. Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara

Image Credit by Mglicious.blogspot.com

Taman bunga menjadi salah satu tujuan wisata yang mampu untuk merefresh penat Anda. Di Cianjur Anda bisa mengunjungi Taman Bunga Nusantara yang begitu kondang. Berada di daerah pegunungan, Anda akan disuguhkan hamparan bunga warna warni dan udara yang sejuk. Menghabiskan waktu dengan berpiknik bersama keluarga bukanlah ide yang buruk.

Lokasi: Jl. Mariwati, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.

6. Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Image Credit: Wikipedia.org

Bandung memang menjadi salah satu daerah yang menyediakan banyak ragam wisata. Gunung Tangkuban Perahu, yang begitu kondang dan tidak surut pesonanya hingga kini. Hadirnya kawah yang jumlahnya ada 10 buah menjadi daya tarik tersendiri. Pahatan alam ini akan membuat Anda siapapun berdecak kagum. Berada di area pegunungan, udara yang dihadirkan juga akan membuat siapapun betah.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

7. Trans Studio Bandung, Bandung

Trans Studio Bandung, Bandung

Image Credit: Travel.detik.com

Bagi masyarakat Bandung, keberadaan Trans Studio ini tentunya bukanlah hal yang asing. Di TBS, Anda bisa menjajal berbagai wahana yang begitu melimpah. Fasilitasnya yang memadai, akan membuat liburan Anda di Pulau Jawa semakin menyenangkan. Tak hanya menjadi favorit wisatawan lokal, TSB juga begitu menarik minat wisatawan internasional. Bahkan Anda bisa berbelanja sekaligus liburan di pusat wahana di kota kembang ini.

Lokasi: Jl. Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

8. Curug Cikaso, Sukabumi

Curug Cikaso,

Image Credit: Dakatour.com

Di Jawa Barat ada banyak curug atau air terjun cantik yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Curug Cikaso di Sukabumi. Memiliki tinggi sekitar 80 meter, Anda akan disuguhkan view yang begitu menawan. Terdapat tiga air terjun yang saling berjajar menjadikan pesonanya luar biasa cantik. Ketika diterpa mentari, Anda bisa menyaksikan pelangi kecil yang menghiasinya.

Lokasi: Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

9. Monumen Nasional, Jakarta

Monumen Nasional, Jakarta

Image Credit: Soekarnohatta-airport.co.id

Membahas tempat wisata yang terkenal rasanya tidak lengkap jika tidak menyebutkan Monumen Nasional atau Monas. Memiliki ketinggian sekitar 32 meter, bangunan ini berdiri kokoh dan megah. Selain bisa melihat sendiri kemegahannya, Anda akan dibawa untuk menjelajah masa sejarah. Karena memang monumen ini begitu kental akan sejarah Bangsa Indonesia. Anda bahkan bisa naik ke puncaknya dengan menggunakan lift.

Lokasi: Gambir, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

10. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Pangandaran

Image Credit: Travel.kompas.com

Kabupaten Pangandaran memiliki Pantai Pangandaran yang juga begitu terkenal. Selain menawarkan pesona yang luar biasa, fasilitas yang berada di kawasan pantai Pangandaran juga begitu lengkap. Deretan hotel hotel mewah dan juga olahraga air yang lengkap menjadikan tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Wajar jika pengunjung pantai Pangandaran tidak pernah sepi pengunjung, terutama di musim liburan.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

11. Pantai Anyer, Banten

Pantai Anyer, Banten

Image Credit: Ksmtour.com

Anyer hingga Panarukan, kata ini begitu kental dengan sejarah kerja paksa di masa silam. Selain peristiwa tersebut, Anyer rupanya menghadirkan pantai yang rupawan dan tidak asing di telinga para pemburu bahari. Anyer menjadi incaran terutama untuk para wisatawan yang berada di daerah Jakarta. Hembusan angin pantai yang membuai, deburan ombak dari kejauhan adalah obat paling mujarab untuk menghilangkan segala penat.

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kota Serang.

12. Pulau Seribu, Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Image Credit: Jakarta.panduanwisata.id

Wisata bahari Jawa Barat juga bisa dinikmati dengan mengunjungi Pulau Seribu. Ada banyak pulau pulau ternama yang menghadirkan pesona yang luar biasa. Airnya yang begitu bersih, pantai dengan pasir putih menjadi pemikat yang tidak bisa ditawar. Beragam kegiatan bisa dilakukan, mulai bermain air, berenang hingga snorkeling. Dekat dengan pusat kota, menjadikan Pulau Seribu begitu terkenal dan tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Kepulauan Seribu, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

13. Pulau Biawak, Indramayu

Pulau Biawak, Indramayu

Image Credit: Detik.com

Apabila Nusa Tenggara memiliki Pulau Komodo, maka Indramayu memiliki Pulau Biawak. Tidak hanya dihuni oleh ratusan biawak, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang mempesona. Pulau Biawak bahkan memiliki bangunan mercusuar yang menjadi spot favoritnya. Setiap pengunjung yang datang, seakan tidak rela tidak mengabadikan gambar dengan latar belakang mercusuar ini. Bawah laut dari pulau ini juga patut untuk dijelajahi karena masih alami.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Kediri Paling Enak & Murah

Lokasi: Lemah Abang, Kec. Eretan, Kab. Indramayu.

14. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Image Credit: Pegipegi.com

Sukabumi memang memiliki bentang alam yang mengagumkan, dan Anda bisa menemukan Pantai Ujung Genteng yang tidak boleh dilewatkan. Pantai dengan pasir putih dan juga air laut kebiruan ini memang memiliki pesona yang menyilaukan. Ombaknya yang cukup besar membuat para pengunjung harus terus berhati hati. Namun meskipun demikian, panorama yang dihadirkan tidak akan bisa ditolak siapapun yang mengunjunginya.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

15. Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon, Pangandaran

Image Credit: Majalahpajak.net

Masih merupakan wisata yang berhubung dengan air, Green Canyon Pangandaran memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Untuk bisa menilik keindahannya, Anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Tebing dan airnya yang kebiruan, membuat tempat ini begitu instagramable. Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik seperti body rafting.

Lokasi: Jl. Raya Cijulang–Green Canyon, RT.02/RW.10, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

16. Candi Borobudur, Magelang

Image Credit: Pegipegi.com

Wisata hits dan tersohor hingga ke seluruh mancanegara ini memang tidak bisa dilewatkan. Kemegahan peninggalan Budha ini akan memberikan Anda pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jajaran stupanya yang masih kokoh dengan relief yang mulai dimakan usia akan menjadi pemandangan sendiri. Panorama yang dihadirkan di peninggalan bersejarah ini juga akan menyejukkan indera penglihatan Anda. Mengunjungi Candi Borobudur di Magelang memang tak cukup sekali.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang.

17. Bukit Sikunir, Dieng

Bukit Sikunir, Dieng

Image Credit: Ksmtour.com

Apakah Anda termasuk jajaran penggemar sunrise? Jika iya maka Anda harus menginjakkan kaki Anda di Dieng, Wonosobo. Di Wonosobo terdapat spot yang begitu digandrungi dan menjadi favorit tujuan wisata. Bukit Sikunir, begitulah mereka memberikan sematan nama untuk bukit yang tak begitu tinggi ini. Dari bukit Sikunir, Anda akan disuguhkan kemolekan sang mentari yang menyapa bumi. Jajaran pegunungan yang membingkainya semakin mempesona.

Lokasi: Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

18. Candi Prambanan, Jogja

Candi Prambanan, Jogja

Image Credit: Wisataoke.com

Tak hanya candi Borobudur, Candi Prambanan juga begitu kondang dan harus Anda kunjungi ketika menginjakkan kaki di tanah Jawa. Destinasi satu ini merupakan peninggalan masa Hindu yang memiliki pesona terdiri. Berkaitan erat dengan kisah Roro Jonggrang, rupanya di Prambanan tidak ada 1000 candi. Jumlah candinya hanya sekitar 240 candi yang menjadi Kompleks Candi Prambanan.

Lokasi: Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman.

19. Telaga Warna, Dieng

Telaga Warna, Dieng

Image Credit: Dakatour.com

Dataran Tinggi Dieng memang memiliki pesona yang tidak bisa ditolak oleh siapapun. Selain memiliki pemandangan sunrise yang mempesona, Dieng juga memiliki Telaga Warna. Dinamakan telaga warna karena di danau ini, Anda bisa menikmati warna yang berbeda. Mulai dari hijau, ungu, kuning hingga warna pelangi yang menawan. Memiliki suasana menyejukkan, bisa dipastikan jika semua penat Anda dihempaskan.

Lokasi: Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

20. Jalan Malioboro, Jogja

Malioboro

Image Credit: Eksotisjogja.com

Menginjakkan kaki di Jawa Tengah rasanya tidak lengkap jika tidak singgah di kota Pelajar. Di Jogja, Anda akan menemukan Jalan Malioboro yang juga begitu kondang. Di Jalan ini, Anda bisa memborong beranekaragam souvenir, oleh oleh hingga kuliner yang menggugah selera. Beberapa destinasi wisata lain seperti keraton Jogja maupun taman Sari bisa Anda kunjungi dengan mudah dari jalan satu ini.

Lokasi: Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

21. Kota Lama, Semarang

Kota Lama, Semarang

Image Credit: Kompas.com

Jajaran bangunan dengan arsitektur zaman dahulu yang masih terjaga menjadi pemandangan yang akan Anda saksikan. Bangunan bangunan ini seakan membawa Anda pada masa lalu dengan saksi bisu ini. Kota Lama Semarang menjadi ikon Kota Semarang yang begitu digandrungi pengunjung. Selain bisa mengambil banyak foto yang instagramable, Anda juga bisa sekalian berjalan jalan atau kulineran di sekitaran Kota Lama.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

22. Keraton Surakarta Hadiningrat, Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat

Image Credit: Michelin.com

Lepas dari Semarang, melanjutkan perjalanan menuju Solo bukanlah keputusan yang buruk. Di Keraton Surakarta ini, Anda akan ditunjukkan pengalaman adat istiadat Jawa yang masih terjaga. Kebudayaan yang begitu kental bisa Anda lihat dari arsitektur hingga atraksi budayanya. Berbagai kebudayaan Jawa yang masih terjaga ini bisa Anda nikmati di waktu tertentu. Lokasinya yang strategis juga memungkinkan Anda menjangkau banyak tempat wisata lainnya dengan mudah.

Lokasi: Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta.

23. Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu

Image Credit: Wikipedia.org

Untuk Anda yang menyukai petualangan, tak ada salahnya untuk menaklukkan Gunung Merbabu di Boyolali. Medan yang bisa Anda taklukkan tidaklah sulit dan cocok untuk para pemula. Memiliki ketinggian sekitar 3.142 mdpl, menjadikan gunung ini begitu populer di kalangan pendaki. Dari puncak gunung ini, Anda akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya. Terdapat juga padang sabana yang cocok sebagai lokasi foto foto.

Lokasi: Suroteleng, Selo, Kab. Boyolali.

24. Baturraden, Purwokerto

Baturraden, Purwokerto

Image Credit: Travelspromo.com

Menikmati suasana yang sejuk Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Purwokerto. Objek wisata Baturraden merupakan yang paling populer dan hits di kalangan wisatawan. Terletak di lereng Gunung Slamet, Anda bisa menikmati udara sejuk sekaligus pemandangan yang menyejukkan mata. Anda bahkan bisa menikmati kota Purwokerto dan Cilacap dari ketinggian.

Lokasi: Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

25. Umbul Ponggok, Klaten

Umbul Ponggok, Klaten

Image Credit: Explorewisata.com

Hanya dalam sebuah kolam dengan air yang jernih, Anda seakan akan berada di dasar laut. Umbul Ponggok di Klaten ini begitu kondang dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang sedang berada di Klaten. Di dasar kolam ini memang sengaja di dekor layaknya di dasar laut. Pengunjung yang datang tidak akan melewatkan untuk mengambil foto underwater. Menghabiskan liburan di tempat hits satu ini, pasti akan membuat liburan Anda berbeda.

Lokasi: Jl. Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

26. Grojokan Sewu, Tawangmangu Karanganyar

Grojokan Sewu, Tawangmangu Karanganyar

Image Credit: Gyen/Trover.com

Jika Anda di sekitaran Solo, tidak ada salahnya melanjutkan perjalanan menuju Karanganyar. Anda bisa menemukan Grojokan Sewu yang merupakan air terjun cantik yang wajib Anda kunjungi. Udaranya yang sejuk dengan suasana yang masih asri akan sangat cocok untuk menenangkan diri dan menghilangkan penat. Jaraknya juga tidak jauh dari pusat kota dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

27. Museum Kereta Api, Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Image Credit: KSMTour.com

Mengunjungi museum juga bukanlah ide yang buruk untuk dilakukan selama Anda liburan ke pulau Jawa. Di Ambarawa terdapat museum kereta yang begitu kondang dan wajib untuk dikunjungi. Anda bisa berkesempatan untuk melihat koleksi lokomotif yang hingga kini ada 21 jumlahnya. Selain bisa mengambil banyak foto, Anda juga bisa berkeliling dengan menggunakan kereta.

Lokasi: Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

28. Kawasan Wisata Colo, Kudus

Kawasan Wisata Colo, Kudus

Image Credit: Ngotewe.com

Panorama yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah Kawasan Wisata Colo yang berada di Kudus. Melajukan kendaraan sekitar 18km dari pusat kota Kudus, Anda akan tiba di Kawasan Colo. Pemandangan pegunungan yang menyejukkan akan membuat Anda lebih tenang. Anda juga bisa berwisata religi dengan mengunjungi Makam Sunan Muria.

Lokasi: Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus.

29. Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci

Image Credit : Bonvoyagejogja.com

Melewati kota Tegal, tidak ada salahnya untuk Anda mampir dan merilekskan tubuh Anda. Pemandian air panas Guci yang berada di lereng Gunung Slamet ini akan memberikan pemandangan yang istimewa. Para wisatawan banyak yang memburu tempat satu ini, karena airnya dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lokasi: Jl Lingkar Barat, Kalengan, Guci, Kec. BumiJawa, Kab. Tegal.

30. Pantai Karang Pandan, Cilacap

Pantai Karang Pandan, Cilacap

Image Credit: Rayadventure.com

Jawa Tengah juga memiliki beberapa pantai menawan yang bisa Anda jadikan tujuan wisata. Salah satunya, Pantai Karang Pandan yang berada di Cilacap. Tak jauh dari Nusakambangan, pantai satu ini akan memberikan panorama yang memukau. Butiran pasir putihnya yang halus, dengan deburan ombak yang menggilas tepian pasir membuatnya mempesona.

Lokasi: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

31. Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa, Jepara

Image Credit: Padmagz.com

Keelokkan bahari Pulau Jawa juga bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Karimunjawa. Daya tarik utamanya berpusat pada pantai berpasir putih lengkap dengan perairannya yang jernih. Saking jernihnya, Anda bahkan bisa menyaksikan biota laut dari permukaannya. Berbagai kegiatan seru bisa Anda lakukan, mulai dari bermain di tepi pantai, berenang hingga snorkeling untuk mengintip bawah lautnya.

Lokasi: Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.

32. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Menganti, Kebumen

Image Credit: Penginapandieng.net

Kebumen, Jawa Tengah memiliki pesona luar biasa jika melihat baharinya. Anda bisa mengunjungi Pantai Menganti di Kebumen. Airnya yang terlihat biru kehijauan menambah keindahan yang dimilikinya. Hamparan pasir putihnya juga menjadi daya tarik tersendiri yang mengagumkan. Meskipun Anda tidak diperbolehkan berenang atau bermain air, namun keindahan yang ditawarkan pantai di Kebumen ini tidak akan membuat Anda menyesal.

Lokasi: Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

33. Pulau Panjang, Jepara

Pulau Panjang

Image Credit: Pegipegi.com

Jepara Jawa Tengah memiliki pantai cantik yang belakangan ini begitu hits di kalangan traveller. Perjalanan menuju Pulau Panjang harus ditempuh dengan menggunakan perahu dari pantai Kartini sekitar 10 menit saja. Memiliki pasir putih yang cantik lengkap dengan air yang jernih, menjadikan Pulau Panjang sebagai destinasi wisata bahari pilihan. Bagian tengah pulau ditumbuhi hutan tropis yang membuat suasananya asri.

Lokasi: Pulau Panjang, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

34. Pantai Karang Jahe, Rembang

Pantai Karang Jahe, Rembang

Image Credit: Investor.id

Melenggang dari Jepara, Anda bisa melanjutkan liburan Anda untuk mengunjungi Rembang. Anda bisa menemukan Pantai Karang Jahe yang begitu terkenal akan keindahannya. Perpaduan hutan cemara dengan pantai, menghasilkan daya tarik dan ciri khas yang mengagumkan. Suasananya yang teduh nan tenang akan membuat Anda enggan pulang. Anda bisa berkeliling menggunakan perahu dan mengintip bawah lautnya dengan snorkeling.

Lokasi: Jl. Pantai Karang Jahe, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

35. Pantai Nampu, Wonogiri

pantai nampu

Image Credit:
Direview.id

Belum puas menikmati bahari Jawa Tengah? Anda bisa mengunjungi Pantai Nampu yang berada di Wonogiri. Memiliki ombak yang cukup besar, Anda bisa menantang adrenalin dengan melakukan olahraga air yang menantang. Hanya saja untuk mengunjungi pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan yang lumayan sulit. Tetapi keindahannya akan membayar lunas semua lelah anda.

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

36. Telaga Sarangan, Magetan

Telaga Sarangan

Image Credit: Wikipedia.org

Telaga Sarangan menjadi wisata terkenal selanjutnya yang juga harus Anda kunjungi. Pemandangan yang begitu luar biasa mampu menarik pengunjung dari berbagai kota untuk menghabiskan liburan. Deretan bukit bukit hijau dengan payung awan putih memang begitu menyejukkan mata. Apalagi suasananya masih asri dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas liburan lainnya yang begitu lengkap. Jika ingin lebih lama Anda bisa menginap di Telaga Sarangan ini.

Lokasi: Lereng Gunung Lawu, Kec. Plaosan, Kab. Magetan.

37. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Taman Nasional Baluran, Situbondo

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Tempat wisata terkenal selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran yang berada di ujung timur Jawa Timur. Wisata hits di Pulau Jawa ini memang menjadi primadona dan sayang jika Anda tidak mengunjunginya. Kawasan yang memiliki fungsi untuk melindungi fauna dan flora ini memang begitu menawan. Anda akan merasakan petualangan seru layaknya di Afrika. Tak heran jika Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai Little Africa in Java.

Lokasi: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

38. Bromo dan Semeru

Bromo dan Semeru

Image Credit: Wikipedia.org

Jika menyebutkan tempat wisata hits di Pulau Jawa, rasanya tidak afdol jika tidak menyebutkan Bromo serta Semeru. Kedua tempat ini bahkan mendapatkan predikat salah satu tempat wisata terbaik di Tanah Air. Anda akan merasakan sensasi petualangan yang tak akan terlupakan. Semua perjuangan akan dibayar dengan eloknya matahari yang baru berkembang. Suasananya yang asri dengan udara dingin menusuk akan menjadi keunikan tersendiri.

Lokasi: Ranu Pani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang.

39. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu, Malang

Image Credit: Pegipegi.com

Untuk Anda yang ingin menikmati bahari di Jawa, Pulau Sempu di Malang bisa dijadikan sebagai pilihan. Pulau tak berpenghuni ini akan memberikan Anda petualangan mengasyikkan dan tak terlupakan. Pulau dengan pasir putih dan air laut yang begitu jernih akan menyambut Anda di destinasi satu ini. Mengunjungi Pulau Sempu Anda bisa merasakan seakan akan Anda berada di pulau pribadi.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

40. Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen, Banyuwangi

Image Credit: Javaadventuretrail.com

Wisata berikutnya di Pulau Jawa yang terkenal hingga mancanegara adalah Kawah Ijen. Untuk menuju Banyuwangi, Anda memang akan menempuh waktu yang cukup panjang. Namun pesona yang ditawarkan akan sebanding dengan perjalanan panjang yang Anda tempuh. Pesonanya akan terlihat ketika matahari belum terbit, sebab Anda akan berkesempatan untuk menyaksikan blue fire yang berada di sekitar kawah Ijen.

Lokasi: Perbatasan Kab. Bondowoso dan Kab. Banyuwangi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

41. Patung Buddha Tidur, Mojokerto

Patung Buddha Tidur, Mojokerto

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Tanpa perlu jauh jauh ke Luar Negeri, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman liburan layaknya di Thailand. Anda bisa melangkahkan kaki Anda menuju Patung Buddha Tidur yang berada di Mojokerto. Patung satu ini merupakan patung paling besar di Indonesia, dan menempati urutan ketiga di dunia. Untuk Anda yang suka berwisata religi, Anda wajib mengunjungi wisata satu ini. Jangan lupakan untuk mengambil beberapa foto cantik.

Lokasi: Maha Vihara Majapahit, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto.

42. Jawa Timur Park, Batu Malang

Jawa Timur Park 1

Image Credit: Balicarrentalonline.com

Destinasi wisata yang tidak bertajuk alam namun tetap akan memberikan keseruan adalah Jawa Timur Park. Tempat wisata satu ini bahkan menjadi salah satu ikon di Kota Malang yang wajib untuk dikunjungi. Jatim Park sendiri terbagi menjadi 3 bagian, untuk Anda yang ingin bermain wahana menantang silahkan kunjungi Jatim Park 1. Jatim Park II untuk bertemu dengan satwa dan Jatim Park III yang mengusung konsep Dino Zoo yang berbalut fun tech.

Lokasi: Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

43. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri

Image Credit: Themercysideenglishclub.blogspot.com

Masih belum berpindah dari Jawa Timur, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri. Bangunan kondang ini mirip dengan bangunan yang ada di Paris yaitu Arc De Triomphe. Sekalipun tampak mirip, namun pada reliefnya menggambarkan sejarah, budaya dan juga kesenian khas Kediri. Kebanyakan pengunjung datang untuk berburu foto instagramable.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Ngasem, Kota Kediri.

44. Gunung Kelud, Kediri

Gunung Kelud, Kediri

Image Credit: Wikimedia.org

Wisata Gunung Kelud juga merupakan wisata di Pulau Jawa yang begitu terkenal. Hingga kini, gunung ini masih aktif dan yang menjadikannya daya tarik adalah kubah lavanya. Bagi Anda yang memang menyukai gunung, Anda bisa menjadikan Gunung Kelud sebagai pilihan tujuan pendakian. Selain mendaki, di Gunung Kelud Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti panjat tebing, mandi air panas hingga flying fox.

Lokasi: Mulyorejo, Sugihwaras, Kec. Ngancar, Kota Kediri.

45. Candi Penataran, Blitar

Candi Penataran, Blitar

Image Credit: Manusialembah.com

Candi Penataran juga merupakan candi yang cukup kondang di Jawa Timur. Berada di Blitar, Anda bisa menyaksikan megahnya candi Penataran yang hingga kini masih berdiri kokoh. Yang begitu menarik, candi ini memiliki relief yang menceritakan tentang Anoman Obong, bergambar bangsa asing hingga kehidupan di masa kerajaan. Candi satu ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan mengasyikkan.

Lokasi: Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar.

46. Museum Sampoerna, Surabaya

House of Sampoerna

Image Credit: Wowkeren.com

Terus berjalan, Anda juga tidak bisa melewatkan Surabaya sebagai tujuan wisata di Pulau Jawa. Kota yang sibuk ini memiliki museum yang begitu terkenal dan kondang. Museum Sampoerna atau yang dikenal dengan House of Sampoerna merupakan museum yang begitu menarik dikunjungi. Anda bisa melihat koleksi mulai dari pengolah tembakau, alat musik dan koleksi lainnya. Anda bahkan bisa melihat proses pembuatan rokok secara langsung.

Lokasi: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya.

47. Wisata Bahari Lamongan, Lamongan

Wisata Bahari Lamongan, Lamongan

Image Credit: Wisatabaharilamongan.com

Tak begitu jauh dari Surabaya, Anda juga tidak bisa melewatkan destinasi wisata yang begitu terkenal ini. Bisa dikatakan WBL adalah wisata unggulan di Provinsi Jatim. Berada dekat laut, Anda bisa merasakan daerah pesisir lengkap dengan berbagai wahana yang menarik. Selain banyak wahana, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas unggulan yang memanjakan pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

48. Goa Maharani, Lamongan

Goa Maharani, Lamongan

Image Credit: Maharanizoo.com

Selain WBL kemegahan dan keindahan Goa Maharani juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. menyuguhkan pesona bawah tanah dengan stalakmit dan stalaktit yang begitu menawan. Kinerja alam di Goa Maharani memang membuat siapapun berdecak kagum. Memiliki jalur trekking yang nyaman, membuat pengunjung akan semakin nyaman. Jangan lupakan untuk mengambil beberapa foto menawan.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

49. Bukit Jaddih, Madura

Bukit Jaddih, Madura

Image Credit: Flickr.com @bagus herlambang

Madura yang dikenal dengan karapan sapinya ini juga memiliki alam yang begitu mempesona. Bukit Jaddih salah satu tempat wisata di Madura yang menarik banyak wisatawan dari berbagai kota. Bukit yang terbentuk dari galian kapur ini berada di Bangkalan. Lokasinya yang instagramable, banyak diburu mereka yang suka berpose di depan kamera. Tak heran jika tempat satu ini begitu terkenal di kalangan petualang.

Lokasi: Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

50. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma

Image Credit: Pegipegi.com

Jawa Timur memang memiliki potensi wisata bahari yang tidak main main. Ada banyak pantai cantik yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Pantai Papuma di Jember. Tidak hanya memiliki panorama yang eksotis, pantai Papuma juga begitu kondang. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuat pantai ini semakin menjadi primadona di kalangan wisatawan.

Lokasi: Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

51. Gili Ketapang

Gili Ketapang

Image Credit: Wisatabagus.com

Tidak ketinggan Gili Ketapang yang juga akan memanjakan Anda lewat bawah lautnya yang memukau. Gili Ketapang merupakan pulau kecil yang cukup dekat dengan Surabaya. Anda bisa puas snorkeling unuk melihat biota laut dan terumbu karang yang masih terjaga. Pantainya yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri dan tidak boleh dilewatkan. Wisata bahari Anda akan terpuaskan mengunjungi pulau ini.

Lokasi: Sapia, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo.

52. Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Image Credit: Kompas.com

Menikmati air yang mengalir dari ketinggian tentunya menjadi suatu kegiatan liburan yang menyenangkan. Lukisan sang Kuasa ini memang tiada duanya, airnya mengalir layaknya tirai yang begitu cantik. Bisa dikatakan jika air terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun tercantik. Alamnya yang asri dan masih terjaga akan siap menjadi tujuan wisata anda.

Lokasi: Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang.

53. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Madakaripura

Image Credit: Hoteldanwisata.com

Tak jauh dari Bromo, Anda juga bisa menikmati indahnya air terjun Madakaripura. Air terjun yang tinggi dan megah ini memang menjadi pengobat penat yang luar biasa ampuh. Keindahan air yang mengalir dari ketinggian lengkap dengan perbukitan hijau yang lembab. Bentang alam yang dimiliki oleh Air Terjun Madakaripura ini memang begitu luar biasa. Cocok untuk berburu foto yang instagramable.

Lokasi: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo.

54. Pantai Plengkung (G-land), Banyuwangi

Pantai Plengkung (G-land), Banyuwangi

Image Credit: Superadventure.co.id

Anda yang hobi berselancar, maka harus mengunjungi pantai Plengkung yang berada di Banyuwangi ini. Setiap harinya ada puluhan turis asing yang menantang ombak di pantai ini. Karena memang ombak di pantai ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Terlepas dari ombaknya yang luar biasa, pemandangan yang dihadirkan juga begitu mempesona.

Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

55. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Image Credit: Trivindo.com

Jika mencari wisata bahari menawan di Jawa Timur, Anda tidak bisa melewatkan Pacitan. Deretan pantai di kota ini memang begitu menawan, tapi ada satu yang begitu unik yaitu Pantai Banyu Tibo. Pantai ini memiliki air terjun yang akan langsung jatuh ke pantai. Sebenarnya tidak bisa disebut dengan pantai, karena daerah berpasirnya memang sedikit dan tidak akan terlihat ketika pasang. Namun keunikan ini patut untuk Anda nikmati secara langsung.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

Itulah beberapa tempat wisata di Pulau Jawa yang terkenal di kalangan wisatawan. Memang masih ada banyak tempat menarik lainnya di Pulau Jawa untuk dikunjungi. Namun yang telah disebutkan sudah terbukti mampu membius para wisatawan. Mulai dari pegunungan, laut hingga air terjun atau taman rekreasi bisa Anda temukan. Jadi destinasi mana yang akan masuk dalam list liburan anda?