Anda salah jika mengira destinasi wisata di Magelang hanya buka dari pagi hingga sore hari. Sejatinya, banyak sekali tempat wisata malam yang dapat anda kunjungi di kabupaten ini. Deretan tempat tersebut juga cukup ekonomis bahkan beberapa diantaranya termasuk wisata yang gratis. Anda dan keluarga bisa menikmati indahnya pemandangan dan mencicipi berbagai makanan khas yang ditawarkan. Berikut rekomendasi tempat wisata malam yang hits di Magelang.

1. Bukit Tidar

Bukit Tidar
Image Credit: Google Maps (Pokoke Rasssah)

Orang asli Magelang dan penduduk sekitar kota tersebut pasti sudah familiar dengan destinasi wisata yang bernama bukit tidar. Lokasi tersebut adalah tempat yang cocok bagi anda untuk melihat pemandangan asri ditemani dengan lampu lampu taman yang indah. Lokasi ini akan sangat ramai saat malam hari. Lokasinya benar benar nyaman dan dapat membuat hati menjadi tenang.

Muda mudi Magelang juga banyak yang menghabiskan waktu malam minggunya di sana untuk nongkrong bersama dengan teman temannya. Mereka biasanya duduk di emperan dan saling berbagi cerita menarik. Harga tiket masuk ke lokasi ini hanyalah 5 ribu rupiah. Tentu biaya tersebut lebih ekonomis dibandingkan jika anda nongkrong di café atau restoran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

2. Alun-Alun Magelang

Alun-alun Magelang
Image Credit: Tribunnews.com

Setiap kota atau kabupaten pasti memiliki alun alun. Lokasi tersebut menjadi taman rekreasi yang menyenangkan untuk dikunjungi. Di sana, ada banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman. Akan sangat disayangkan, jika anda tidak menyempatkan diri untuk melihat alun alun kota Magelang.

Untuk masuk ke alun alun, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Taman rekreasi rakyat ini dibuka untuk umum. Bukan hanya warga Magelang saja yang bisa masuk ke sana. Aksesnya juga terbuka 24 jam sehingga anda bisa mampir kapan saja. Suasananya akan semakin gemerlap saat malam hari, dan udaranya pun juga menjadi lebih sejuk.

Lokasi tersebut juga merupakan spot yang cocok bagi anda, yang suka olahraga malam. Bagi anda yang sibuk, hanya waktu malam hari lah yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Anda bisa jogging mengitari alun alun dan menganggapnya sebagai track jogging yang mengasyikkan. Adapun lokasi alun alun Magelang ini berada di Jalan Alun Alun Utara Kemirirejo Magelang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kel. Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

3. Ketep Pass

Ketep Pass
Image Credit: Google Maps (Bintang Kejora)

Melihat pemandangan kota dari ketinggian adalah pengalaman yang sangat mengasyikkan. Apalagi jika pemandangan itu dilihat saat malam hari. Gemerlap cahaya lampu dari gedung dan mobil yang lalu lalang semakin memeriahkan suasananya. Pemandangan tersebut dijamin dapat melepas stress dan penat setelah seharian bekerja.

Ketep pass sendiri merupakan sebuah lokasi dataran tinggi di Magelang yang berada di 1.200 mdpl. Oleh karena itu, udaranya benar benar sejuk dan penuh dengan semilir angin. Agar pengalaman anda di sana semakin berkesan, cobalah untuk datang mendekati waktu matahari tenggelam. lokasi tersebut menjadi tempat berburu sunset terbaik di Magelang.

Jika tertarik untuk datang, cobalah berkunjung ke sekitaran jalan Blabak-Boyolali, Ketep, Magelang. Destinasi ini sangat populer, sehingga menemukan lokasinya tidak akan sulit. Anda bisa memanfaatkan google maps sebagai penunjuk arah, atau bertanya dengan orang orang sekitar. Mereka semua pasti tahu dimana lokasi wisata ketep pass.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blabak-Boyolali No.KM. 16, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Kuliner Kartika Sari

Kuliner Kartika Sari
Image Credit: Google Maps (Ahmad Jubaedi)

Berburu kuliner khas Magelang, paling menyenangkan dilakukan malam hari. Udaranya jauh lebih sejuk, sehingga anda bisa menikmati keindahan kota dengan lebih leluasa. Anda juga bisa menelusuri setiap kedai atau warung dengan jalan kaki tanpa perlu takut terbakar sinar matahari. Namun jika anda enggan berjalan kaki untuk berburu jajanan, langsung saja datang ke kuliner kartika sari.

Lokasi tersebut menjadi tempat hits bagi warga Magelang untuk berburu makan malam. Hidangan yang ada di sana sangat beragam dan pastinya menggugah selera. Lokasi ini buka setiap hari, mulai dari pukul 6 pagi hingga 11 malam. Waktu paling ramainya adalah malam hari selepas maghrib. Banyak sekali muda mudi Magelang yang nongkrong di sana.

Untuk masalah harga, anda tidak perlu khawatir. Setiap makanan dan minuman yang dijual di sana harganya cukup terjangkau. Meskipun murham namun rasa makanan tersebut tidak kalah dengan yang ada di café atau restoran bintang lima. Jika tertarik untuk datang ke sana, anda bisa mengarahkan kendaraan ke sekitaran jalan Tidar Magersari Magelang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tidar, Kemirirejo, Magelang Tengah, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

5. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps (Yofan Indriyanto)

Spot terbaik yang wajib anda kunjungi berikutnya adalah Punthuk Setumbu. Spot tersebut adalah lokasi terbaik bagi anda yang gemar berburu sunset dan sunrise. Destinasi ini buka 24 jam sehingga anda bisa mengunjunginya kapanpun jika ada waktu. Sama halnya dengan ketep pass, lokasi ini juga berada di ketinggian. Tidak heran jika pemandangannya sangat memukau.

Dari punthuk setumbu, anda dapat melihat kemegahan gunung merapi, gunung merbabu, dan bahkan candi Borobudur. Tentu pengalaman inilah yang sangat diburu oleh wisatawan. Sangat disayangkan jika anda melewatkan momen tersebut. Anda pun bisa mengambil banyak gambar di punthuk setumbu dengan background gemerlap kota Magelang yang sangat memukau.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Taman Badaan

Taman Badaan
Image Credit: Google Maps (Ermawan)

Taman Badaan masuk dalam destinasi ekonomis yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Magelang. Di sana, anda bisa menemukan wahana permainan anak dan kios kios penjual jajanan. Anda dan keluarga bisa meluangkan waktu untuk datang ke sana, dan bersenang senang. Pengalaman tersebut pasti akan membekas dan tidak mudah untuk dilupakan.

Selain mengajak anak anak bermain, anda juga bisa menemukan berbagai kedai yang menjual makanan lezat. Harga yang ditawarkan juga tergolong sangat terjangkau. Salah satu makanan yang cocok untuk menemani malam yang sejuk di kota Magelang adalah bakso. Kedai tersebut selalu ramai dan menjadi andalan para wisatawan yang datang ke taman badaan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

7. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Image Credit: Google Maps ( Gardu Pandang Mangli Sky View)

Mangli Sky View dikenal sebagai salah satu wisata alam di Magelang yang menyediakan pemandangan yang sangat indah. Sesuai dengan namanya, destinasi yang satu ini memang berada di dataran tinggi. Adapun ketinggian spot tersebut berada di 1.570 mdpl. Tidak heran jika udaranya sejuk dan vibe nya sangat menenangkan.

Lokasi ini menyediakan paket bermalam di arena camping ground. Soal fasilitas, anda tidak perlu merasa takut karena semuanya telah tersedia. Anda tidak akan kesulitan menemukan mushola, warung, listrik, hingga wifi. Anggap saja, anda dan keluarga sedang bermalam di luar sambil ditemani bintang bintang dan gemerlap lampu kota Magelang yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Nepal Van Java

Nepal van Java
Image Credit: Instagram.com @djimavicpro.2

Pegunungan Nepal dikenal sebagai dataran tinggi yang menyuguhkan pemandangan memukau bagi para pendakinya. Suasana di sana benar benar syahdu dan dapat menenangkan jiwa. Nah, siapa sangka jika di Magelang terdapat sebuah desa yang sekilas mirip dengan pegunungan Nepal. Lokasi tersebut bernama Nepal van java, lebih tepatnya di dusun butuh kaliangkrik.

Dusun ini menjadi spot cantik bagi matahari untuk terbit. Sedangkan saat malam hari, wisatawan dapat melihat hamparan bintang di langit dengan jelas. Lokasi ini juga sedang hits dan banyak digunakan sebagai spot selfie oleh muda mudi Magelang yang berkunjung. Jika ingin datang, anda hanya perlu membayar biaya parkir saja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Silancur Highland

Silancur Highland
Image Credit: Google Maps (Eko Purwadi)

Selama jalan jalan di Magelang, pernahkah anda mendengar destinasi silancur highland? Spot wisata yang satu ini berada di sebelah tenggara Gunung Sumbing, lebih tepatnya di Desa Mangli Kabupaten Magelang. Di sana, anda dapat melihat bentangan pohon dan rumput yang hijau berjajar dengan rapi. Destinasi semacam inilah yang cocok anda gunakan untuk melepas penat.

Selain penampakan pagi dan siang harinya, pemandangan di silancur highland juga tidak kalah indah di malam hari. Di spot tersebut, tersedia tempat nongkrong dan camping yang tentunya dapat anda manfaatkan untuk bersantai bersama dengan keluarga. Biaya untuk masuk ke sana juga cukup terjangkau, yaitu sekitar 10 ribu per orang. Jika ingin berkemah, maka biayanya 15 ribu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Tempat Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng
Image Credit: Google Maps (Kurniawan Aria Agam)

tempat wisata kopeng merupakan sebuah destinasi andalan yang juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Anda bisa datang ke sana di pagi, siang, sore, maupun malam hari. Sejatinya, destinasi yang satu ini menyediakan berbagai pertunjukan atau live event. Selain itu,disana juga ada lokasi camping ground, family karaoke, restoran, paintball, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, destinasi yang satu ini tidak pernah mengecewakan untuk dikunjungi. Anda juga dapat menggunakan lokasi tersebut sebagai tempat pertemuan keluarga. Perayaan atau pertemuan semacam ini biasa dilakukan di sana dan sudah tersedia lokasi khusus. Tidak heran jika kemudian wisata kopeng sangat dikenal oleh seluruh wisatawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Magelang – Salatiga No.KM. 15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

11. Gunung Andong

Gunung Andong
Image Credit: Google Maps (Zainal Fahrudin)

Gunung andong sejatinya adalah spot pendakian yang sangat populer dan termasuk paling mudah bagi pemula. Di sana, banyak sekali spot berkemah yang bisa anda gunakan untuk berlibur. Di sana, anda dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau. Anda dapat melihat pula bagaimana indahnya Magelang saat malam hari dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girirejo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa destinasi wisata malam populer di Magelang yang menarik Anda jelajahi. Anda perlu memastikan diri untuk datang ke sana, karena sangat disayangkan jika terlewat begitu saja. Ada baiknya anda datang bersama keluarga agar wisata kali ini lebih berkesan. Dengan begitu, anda bisa memulai hari esok dengan hati yang lebih semangat.