15 Wisata Pantai di Cirebon Favorit Dikunjungi Wisatawan

Wisata Pantai Cirebon

Selain menghasilkan udang, Cirebon juga dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang memukau. Wisata alam di kota ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin berlibur. Salah satu wisata alam yang harus tak akan membuat Anda kecewa adalah pantainya.

Keindahan pantai-pantai yang ada di Cirebon tak kalah dengan daerah lainnya. Untuk mengetahui pesona keindahak yang ditawarkan, yuk simak ulasan berikut.

1. Pulau Biawak

Pulau Biawak

Image Credit: Infocirebon.com

Selain NTT yang memiliki Pulau Komodo, maka kota Cirebon memiliki satwa yang bernama biawak. Pulau ini memiliki luas sekitar 120 ha yang didominasi dengan pantai dan juga bakau. Membuat pulau ini begitu mempesona bahkan menarik perhatian banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Begitu tiba di Pulau Biawak, pengunjung akan disajikan hamparan pasir putih yang luas dan lembut ketika menyentuh kaki.

Adanya mercusuar kuno yang merupakan bangunan zaman BelAnda membuatnya semakin indah dan megah. Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa, terutama untuk Anda yang hobi mengambil gambar. Selain menawarkan panorama daratnya yang indah, Anda juga bisa melihat pemandangan bawah lautnya. Bertemu dengan ikan ikan cantik beserta terumbu karang akan membuat Anda terkesima melihat keindahannya.

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Image Credit: Travelblog.id

Pantai satu ini menjadi salah satu pantai yang menjadi favorit pada penduduk Cirebon dan sekiyarnya. Pemandangan yang disuguhkan membuat siapa saja akan terhipnotis dan terkagum kagum. Hamparan birunya laut yang luas akan bersanding dengan Gunung Ciremai yang memajakan siapapun yang datang. Tidak heran jika banyak memburu keindahan panorama yang dimiliki oleh Pantai Kejawanan ini.

Pemandangan ini akan semakin cantik jika berhasil di abadikan dengan kamera. Sehingga banyak pengunjung dari berbagai kalangan yang memang hobi berpose akan mendatangi pantai ini. Ketika sore hari panorama matahari yang tenggelam menjadi yang terbaik. Semburat orange di ufuk barat akan menjadi keindahan yang tidak bisa Anda lupakan. Banyak sekali pengunjung yang memang sengaja untuk menanti momen ini.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

3. Pasir Putih Losari

Image Credit: Sanjayatour.com

Pantai satu ini masih cukup mudah untuk dijangkau jika dari Cirebon. Karena pantai ini tidak terletak di Cirebon melainkan berada di Brebes serta masih berdekatan dengan Cirebon. Pemandangan yang disuguhkan juga sangat cantik dan membuat siapapun terpikat dengan pantai satu ini. Pantai dengan pasir putih dan laut yang biru merupakan perpaduan yang sangat ciamik. Ada beberapa spot foto yang bisa Anda buru jika datang ke pantai ini.

Lokasi: Karangdempel, Kec. Losari, Kab. Brebes.

4. Pantai Balongan

Pantai Balongan

Image Credit: Radarcirebon.com

Pantai Balongan ini semakin terkenal namanya setelah dijadikan sebagai lokasi pelaksaaan PON 2016 silam, untuk pertandingan Selancar. Hingga kini pantai ini masih menjadi favorit dan juga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Apalagi pantai Balongan memiliki lokasi yang strategis dan juga mudah untuk di akses. Panorama yang disajikan juga begitu cantik dan berhasil membuat siapapun terpukau.

Pantai Balongan juga sudah mendapat sentuhan pengelola yang baik. Sehingga bisa dipastikan jika Anda akan menemukan fasilitas yang terbilang lengkap dan juga memadai. Sehingga Pantai Balongan menjadi salah satu pantai yang wajib untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin berwisata. Perlu di ingat jika pantai ini ada di Indramayu dan bisa dikatakan dekat dengan Cirebon serta juga mudah untuk diakses untuk melihat langsung keindahannya.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

5. Pasir Putih Pangandaran

Pasir Putih Pangandaran

Image Credit: Pergidulu.com

Untuk Anda yang memiliki hobi berenang atau snorkeling, Anda bisa mengeksplor keindahan bawah laut dari pantai satu ini. Alamnya yang masih terjaga membuat bawah lautnya juga masih sangat terawat. Pasir putihnya juga menarik untuk digunakan sebagai tempat berkejaran ketika Anda kemari. Pantai satu  ini berada di Ciamis dan jarak untuk menuju pantai ini terbilang mudah diakses jika Anda melakukan perjalanan dari Cirebon.

Daya tarik pantai ini tidak hanya memiliki pasir putih dan laut biru yang luas. Berada di wilayah Konservasi membuat Anda bisa bertemu dengan primata kera yang hidup dan berkeliaran di sekitar lokasi. Kebersihan pantai ini masih terjaga sehingga akan merasa nyaman jika melakukan wisata di tempat ini. Fasilitas yang ditawarkan juga terbilang lengkap yang semakin memanjakan pengunjung untuk berlama lama di tempat ini.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

6. Hutan Mangrove Kasih Sayang

Image Credit: Youtube.com (Nurul Amanah)

Hutan mangrove yang dilengkapi dengan dermaga panjang saat ini menjadi destinasi yang sedang hits di kalangan masyarakat. Di cirebon hutan mangrove ini juga langsung menghadap ke pantai yang bisa dijadikan sebagai alternatif liburana. Sepanjang tepian Anda bisa melihat hutan bakau di pesisir Cirebon ini. Rasanya pasti menyenangkan menyusuri jalan yang penuh dengan bakau untuk menghilangkan penat anda.

Belum lagi Mangrove Kasih Sayang ini juga memiliki spot foto yang melimpah. Untuk menjangkau mangrove ini juga terbilang mudah. Berbagai kalangan menjadi pengunjung dari mangrove ini yang kebanyakan muda mudi yang berburu foto keren. Selain menyajikan view terbaik untuk menikmati hutan bakau sekaligus pantainya, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas pendukung yang memang sengaja untuk membuat pengunjung nyaman.

Lokasi: Mundupesisir, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

7. Pantai Baro Gebang

Image Credit: Idebebas.com

Image Credit: Idebebas.com

Pantai Baro Gebang menjadi salah satu pantai di kota Cirebon yang bisa Anda jadikan alternatif lokasi liburan. Di pantai ini memang Anda tidak bisa berlarian di pasir pantainya. Namun Anda bisa melakukan aktivitas berkeliling pantai ini dengan menggunakan perahu. Harga yang ditawarkan untuk menyewa perahu juga terbilang terjangkau. Hanya membayar sekitar Rp. 5 ribuan saja, Anda sudah bisa berkeliling pantai Baro Gebang ini.

Selain menaiki perahu, bagi Anda yang hobi memancing juga bisa dilakukan di sini. Bersantap sambil menikmati semilir pantai juga menajdi aktivitas yang banyak di gemari. Hidangan yang banyak ditawarkan merupakan hidangan seafood. Baro Gedang juga menawarkan spot spot foto yang terbilang keren jika tahu pengambilan gambarnya. Lahan luas di Baro Gebang ini kerap di manfaatkan menjadi lapangan untuk belajar kendaraan.

Lokasi: Gebang Mekar, Kec. Gebang, Kab. Cirebon.

8. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya

Image Credit: Detik.com

Untuk menuju pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dari pusat kota Cirebon. Anda akan disuguhkan view indah dan memang pantai Tirtamaya menjadi salah satu pantai yang menjadi favorit warga sekitar. Memiliki ombak yang cukup besar, namun masih terbilang aman untuk melakukan berbagai aktivitas di pantai. Mulai dari berenang hingga sekedar bermain air. Adanya dermaga di pantai ini juga menambah keindahannya.

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

9. Pantai Glayem

Pantai Glayem

Image Credit: Jabarprov.go.id

Pantai Glayem menjadi salah satu pantai yang tak hanya menjadi favorit warga Cirebon saja.Sebab masyarakat sekitar seperti Kuningan, Subang dan juga Brebes menjadikan pantai ini begitu istimewa dan jadi destinasi wajib ketika liburan. Kawasan pantai Glayem terbilang strategis dan bisa ditempuh dari berbagai kota. Pemandangan yang disajikan pantai ini juga bisa membuat siapapun berdecak kagum dan terpesona.

Tak heran jika pengunjungnya tak pernah sepi, apalagi ketika musim liburan sudah tiba. Fasilitas yang disediakan di Pantai Glayem ini juga terbilang lengkap dan memadai. Kegiatan yang dilakukan pengunjung tidak hanya memandang dan bersantai menikmati keindahannya. Namun berwisata kuliner di pantai ini juga menjadi aktivitas yang paling banyak di lakukan. Mengingat kawasan ini memiliki beberapa tempat makan yang tak pernah sepi.

Lokasi: Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

10. TPI Bondet

TPI Bondet

Image Credit: Aboutcirebon.id

Bagi Anda yang menyukai seafood, rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi TPI Bondet ketika ke Cirebon. Daerah satu ini sangat terkenal dan banyak dijadikan favorit oleh wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Kota Cirebon yang berada di pesisir memang memiliki beberapa tempat yang berhubungan dengan bahari. Salah satunya adalah TPI Bondet yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Ketika mengunjungi TPI Bondet Anda akan dimanjakan dan bisa memborong berbagai macam seafood. Anda bisa membeli banyak macam untuk kemudian di jadikan oleh oleh. Selain membeli seafood, Anda juga bisa melihat pemandangan yang mengagumkan. Terutama pandangan ketika matahari berpulang di ufuk barat. Semburat warna orange sangat cantik dengan beberapa kapal nelayan yang sedang bersandar.

Lokasi: Mertasinga, Kec. Gunungjati, Kab. Cirebon.

11. Pantai Trungtum Tanjung Pura

Image Credit: Kompasiana.com

Pantai satu ini menjadi pantai yang bisa dijadikan alternatif untk Anda yang ingin melihat hamparan laut yang luas. Trungtum Tanjung Pura berada di Indramayu yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Cirebon. Di pantai ini Anda bisa merasakan bermain pasir yang kecoklatan sekaligus melihat panoramnya yang tak kalah cantik. Pecinta kuliner juga bisa berwisata kuliner, terutama untuk Anda yang menyukai kudapan sekelas ikan bakar atau olahan seafood lainnya.

Lokasi: Sukra, Kec. Sukra, Kab. Indramayu.

12. Pantai Lestari Karangsong

Image Credit: Instagram.com @fajarhw

Mengunjungi pantai ini, Anda tak hanya akan melihat pemandangan yang indah. Namun Anda bisa mendapatkan pengalaman baru untuk berkeliling hutan mangrove dengan menggunakan perahu. Selain itu Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti snorkeling, mancing, diving hingga wisata kuliner. Untuk melakukan kegiatan melihat pemandangan bawah laut, Anda harus menyebrang ke Pulau Buaya sekitar 30 menitan.

Lokasi: Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

13. Pantai Cibugel

Pantai Cibugel

Image Credit:  Keluyuran.com

Cibugel merupakan pantai yang menjadi muara untuk Sungai Bugel. Deburan ombak dan birunya laut yang dimiliki oleh pantai ini dipastikan bisa membuat penat Anda hilang. Meskipun pantai Cibugel tak memiliki pasir yang putih, namun pengunjungnya tidak sepi. Pemandangan sunset menjadi atraksi yang dinanti oleh banyak pengunjung ketika berkunjung ke pantai Cibugel. Tertarik untuk mengunjungi pantai Cibugel ini?

Lokasi: Sukahaji, Kec. Patrol, Kab. Indramayu.

14. Pantai Eretan Wetan

Pantai Eretan Wetan

Image Credit: Keluyuran.com

Pantai satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang baru di Indramayu. Cirebon dan Indramayu dekat, sehingga Eretan Wetan bisa dijadikan sebagai alternatif untuk Anda yang ingin pemandangan yang berbeda. Di Pantai ini Anda akan mendapatkan suasana yang lebih asri dan juga alami. Gazebi gazebo berjejer menjadi tempat yang pas untuk beristirahat sambil menikmati semilir angin yang mampir.

Eretan Wetan juga memiliki beberapa tanaman mangrove yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Anda juga bisa melihat deretan perahu nelayan yang bersandar. Keindahan inilah yang membuat tempat ini banyak dijadikan sebagai destinasi foto yang miliki spot foto yang banyak. Saking cantiknya sudah banyak wisatawan dari berbagai daerah melihat langsung bagaimana indahnya pantai di daerah Indramayu ini, bahkan banyak youtuber yang telah mampir.

Lokasi: Eretan Wetan, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramayu.

15. Pantai PLTU Sumur Adem

Image Credit: Mapio.net

Satu lagi pantai yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk tempat liburan anda. Pantai ini tak hanya memberikan pengalaman yang indah dan bisa menghilangkan kepenatan anda. Masyarakat sekitar kerap menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk berolahraga. Jadi Anda bisa menjajal pengalaman berolahraga ringan seperti joging di pinggir pantai. Bahkan Anda bisa melihat keindahan sunset maupun sunrise untuk lengkapi liburan anda.

Lokasi: Sumuradem, Kec. Sukra, Kab. Indramayu.

Itulah 15 wisata pantai di Cirebon dan juga sekitarnya yang bisa menjadi referensi terbaik liburan Anda. Selain menawarkan keindahan bahari yang mengagumkan, pemandangan alamnya juga tak kalah cantik. Sehingga jika Anda sedang berada di daerah cirebon, tak ada salahnya untuk mampir dan melihat kemolekan dari pantai pantainya. Beberapa memang ada yang berada di daerah yang berbeda, namun meskipun demikian tetap bisa dijangkau dengan mudah jika dari puast Cirebon.