10 Wisata Pantai Dekat Kediri yang Hits & Populer

Wisata Pantai Kediri

Jika Berencana Liburan ke Pantai, Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah Dekat Kota Kediri, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Memesona, Populer, Eksotis dan Terhits yang Wajib Anda Eksplor Saat Liburan.

Pada dasarnya, Kediri merupakan daerah penghasil rokok dan gula terbesar di Jawa Timur. Selain itu, Kediri ternyata juga diberkahi dengan kekayaan alam berupa objek wisata yang sangat mengagumkan. Beberapa destinasi yang menjadi primadona bagi Kediri adalah pantainya.

Panorama pantai yang begitu eksotis dipadukan dengan cuaca yang terbilang sejuk. Untuk menambah referensi wisata Anda, berikut deretan pantai terindah di Kediri yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Image Credit: Twitter.com @larisia_larisia

Wisata Pantai Jolosutro sebenarnya terletak di kawasan perbatasan Blitar dan Kediri. Namun, secara administratif wisata bahari ini terletak tepatnya di Kota Blitar. Setiap harinya, pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar daerah yang ingin melepaskan kepenatan mereka dari aktivitas harian yang sangat melelahkan.

Lokasinya yang sangat indah membuat wisata bahari yang satu ini cocok dijadikan sebagai tempat penghibur kejenuhan. Menjelang musim liburan, pantai ini akan dipenuhi oleh banyak sekali wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai tempat liburan yang terlalu ramai, silahkan kunjungi Pantai Jolosutro pada hari hari kerja.

Mengenai tarif tiket masuk, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 5 ribu rupiah saja. Meski terbilang murah, keindahan yang disajikan tidak murahan. Bahkan, tidak sedikit orang yang menganggap pantai ini sebagai “Balinya” Kota Kediri. Di lokasi tersebut, Anda juga bisa menggunakan beberapa fasilitas mulai dari lahan parkir, rumah makan, mushola, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar.

2. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo

Image Credit: Facebook.com @noviana armansyah

Masih terletak di antara Kota Blitar dan Kediri, wisata bahari yang satu ini juga wajib Anda kunjungi. Secara visual, wisata bahari ini memiliki karakteristik berupa bibir pantai yang tidak terlalu luas. Namun pasir dari pantai tersebut benar benar putih dan sangat bersih. Air lautnya pun nampak sempurna sebagai akibat dari gradasi warna berupa tosca, biru, dan biru tua.

Untuk menuju Pantai Peh Pulo, Anda bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 1 km dari timur Desa Sumbersih. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang melewati jalur Pulo, Sumbersari. Sekedar informasi, wisata bahari ini sering kali dijuluki sebagai Raja Ampat kepemilikan Pulau Jawa.

Tepi laut selatan Jawa memanglah populer dengan ombaknya yang ganas, namun keberadaan pulau – pulau kecil di dekat garis tepi laut seolah melindungi para penikmat tepi laut dari ombak yang besar. Tidak hanya itu, kita pula dapat berpetualang dengan mendaki semenanjung kecil di sebelah barat tepi laut. Dari mari, kita dapat menikmati panorama alam tepi laut dari sudut yang berbeda.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

3. Gondo Mayit

Gondo Mayit

Image Credit: Google Maps (Alvi Mufida)

Menyandang nama yang sangat mistis nyatanya tidak membuat Tepi laut Gondo Mayit menyembunyikan keindahannya. Tepi laut Pasetran Gondo Mayit merupakan salah satu posisi wisata tepi laut di Blitar yang masih bersih serta natural dengan panorama alam yang memesona. Lokasinya tidak sangat jauh dari Tepi laut Tambakrejo, tepi laut ini terletak di sisi timur Tepi laut Tambakrejo.

Tepi laut ini masih sangat perawan, teruji masih tidak sering didatangi oleh turis. Perpaduan alam yang asri bekerjasama dengan panorama alam tepi laut yang bersih menjadikan tepi laut ini nampak sangat mempesona. Air laut di Tepi laut Gondo Mayit sangat bening, mengundang Kamu buat terjun menikmati sejuk air serta hempasan ombaknya.

Tepi laut ini mempunyai pasir yang landai, sangat cocok dijadikan bagaikan tempat wisata keluarga. Pasir putihnya sangat bersih, tanpa karang serta tidak terdapat sampah. Terletak di sebelah selatan Jawa membuat Tepi laut Gondo Mayit dianugerahi ombak yang lumayan besar. Bisa jadi baru ombak tersebut salah satunya yang dapat jadi energi tarik tidak hanya kealamiannya.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

4. Tepi Laut Tambakrejo

Tepi Laut Tambakrejo

Image Credit: Wikipedia.org

Tepi laut Tambakrejo terletak di arah selatan kota Blitar, berjarak dekat 30 km dari pusat kota. Diperlukan waktu tempuh 1 jam untuk bisa datang di kawasan wisata tepi laut ini. Secara administratif, lokasinya terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Tepi laut di Jawa Timur yang satu ini dinamakan Tambakrejo yang cocok dengan nama desanya.

Biaya tiket masuk Tepi laut Tambakrejo Blitar ini cuma sebesar Rp. 3. 000. Harga tiket ini pasti sebanding dengan kondisi ataupun posisi tepi laut, karena Tepi laut Tambakrejo belum disediakan banyak sarana untuk wisatawan. Tidak hanya tiket masuk, Anda juga dikenakan biaya parkir kendaraan. Buat Anda pengendara roda 2, Anda diwajibkan membayar parkir seharga Rp. 3. 000 saja.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

5. Tepi Laut Serang

Tepi Laut Serang

Image Credit: Instagram.com @_yakinyo

Tepi laut Serbu ialah tepi laut yang keindahannya masih asli, tempatnya juga masih bersih. Di Tepi laut Serbu ini Anda juga dapat menikmati terbenamnya matahari di waktu sore hari, Anda dapat menyaksikannya jika cuaca tidak mendung. Ombak di Tepi laut Serbu ini kecil jadi tidak terlalu berbahaya.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Jember Paling Enak & Murah

tetapi Anda juga harus antisipasi dan tetap siaga karena bahaya dapat datang kapan saja. Sangat di sayangkan bila Anda berada di kota Blitar tetapi tidak mengunjungi wisata Tepi laut Serbu yang memiliki pesona keindahan yang tiada duanya. Tepi laut Serbu Blitar sangat sesuai buat mengisi aktivitas liburan kamu, terlebih saat hari libur panjang.

Lokasi: Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

6. Karanggoso

Karanggoso

Image Credit: Twitter.com @selaanggraini4

Kota Trenggalek juga populer dengan tempat wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Tepi laut Karanggongso. Tepi laut Karanggoso di Trenggalek merupakan salah satu tepi laut yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Jadi jika masa liburan datang, tepi laut ini sangat ramai didatangi turis yang umumnya penduduk dekat Trenggalek.

Hamparan pasir putih yang membentang luas dan memanjang dari ujung ke ujung. Pasirnya begitu halus dikala disapu ringan dengan kaki. Tidak kurang menarik, ada lautan tenang, berbentuk teluk yang asyik digunakan untuk berenang. Sebab Tepi laut Ini terletak tidak jauh dari Tepi laut Prigi yang ialah tepi laut nelayan, jadinya terdapat banyak ikan asap yang dijual disini.

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

7. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Image Credit: Instagram.com @panji_sur59

Pantai Umbul Waru terbilang lumayan kecil apabila dibanding dengan pantai – pantai yang terletak di kabupaten Blitar. Tepi laut ini sangat menarik atensi para traveller sebab tidak hanya mempunyai tepi laut yang indah disitu juga terdapat air terjun yang sangat mempesona. Wisata Tepi laut Umbul Waru Blitar merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di desa Sidomulyo, dekat Kediri.

Wisata Pantai Umbul Waru merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi pada hari biasa ataupun hari liburan. Tempat ini sangat eksotis karena dapat memberi sensasi yang berbeda. Wisata Pantai Umbul Waru mempunyai keelokan yang sangat menarik untuk didatangi. Sangat disayangkan bila Anda tidak datang berlibur dan mengunjungi ke tepi laut umbul waru.

Lokasi: Kalibawang, Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

8. Tepi Laut Sanggar

Tepi Laut Sanggar

Image Credit: Pantainesia.com

Tepi laut Sanggar mempunyai pesona yang membuat Anda merasa aman berada di situ. Meskipun untuk dapat datang sampai ke tepi laut sanggar ini memerlukan sedikit perjuangan karena perjalanan ke lokasi tidak mudah untuk dilalui. Tidak banyak wisatawan yang dapat tiba di tepi laut ini sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak dapat merasakan atmosfer yang betul- betul alami.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Wajib Anda Bawa Pulang

Untuk yang gemar berpetualang, Tepi laut Sanggar dapat dijadikan tujuan yang sangat cocok untuk melakukan hobby tersebut. Ditempat ini kamu hendak menikmati suguhan pasir putih yang bersih dengan ombak yang mengayun begitu indah. Tidak hanya itu di sekitar tepi laut sanggar ini juga terdapat tebing ataupun batu karang yang dapat menambah keelokan dari tepi laut sanggar ini.

Lokasi: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

9. Tepi Laut Popoh

Tepi Laut Popoh

Image Credit: Facebook.com @yotto hansamuyama sukizuki

Tepi laut Popoh terletak di Kabupaten Tulungagung, provinsi Jawa Timur. Letak Tepi laut Popoh berdekatan dengan Tepi laut Prigi yang masuk kawasan Kabupaten Trenggalek. Lokasi ini diolah oleh Pemerintah Wilayah setempat, sehingga menjadi kawasan wisata alam serta pemasaran hasil kerajinan rakyat. Tepi laut Popoh dipecah menjadi 2 kawasan, yaitu bagian barat serta bagian timur.

Kawasan barat terbilang lebih landai serta berombak kecil, sehingga di pantai bagian barat ini adalah tempat parkir perahu – perahu yang dapat disewa oleh para wisatawan. Bagian barat Popoh lebih populer dari pada bagian timur. Disitu banyak nelayan yang hilir mudik mengangkat ikan hasil tangkapan tadi malam.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

10. Tepi Laut Pacar

Tepi Laut Pacar

Image Credit: Twitter.com @cikguaremanita

Tepi laut Pacar mempunyai nama yang unik. Bukan hanya namanya yang unik, tepi laut ini mempunyai keunikan lain yang jadi daya tarik utama yakni keberadaan air terjun. Walaupun tepi laut ini terkategori tepi laut yang kecil, tetapi tidak membuat wisatawan bosan untuk mengunjunginya. Tepi laut Pacar mempunyai hamparan pasir yang berwarna putih yang sangat serasi dengan birunya warna air laut.

Walaupun tepi laut Pacar mempunyai luas yang kecil, tetapi lokasi ini justru dianggap menarik karena Air terjun yang unik. Air terjun tersebut berasal dari aliran air yang bermuara di tebing berlokasikan tepat di bibir tepi laut. Tinggi air terjun tersebut hanya 3 m. Walaupun tidak begitu besar, air terjun mempunyai air yang sangat jernih.

Terdapat banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan jika datang ke Tepi laut Pacar. Apabila Anda menggemari kegiatan memancing, di tepi laut pacar ini merupakan opsi yang bagus untuk dicoba. Dengan panorama alam laut lepas yang menawan sembari menunggu kail ditangkap oleh ikan, aktivitas memancing pun terasa lengkap.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung.

Itulah beberapa wisata pantai eksotis dekat dari Kota Kediri dan sekitarnya yang wajib Anda kunjungi. Bagi Anda yang sedang berada di kawasan Kediri, sempatkanlah untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata bahari yang telah dijelaskan dalam ulasan tersebut. Meski mayoritas letaknya terpencil, namun keindahannya sudah tak perlu diragukan lagi.