15 Wisata Pantai di Tulungagung yang Hits & Populer

Wisata Pantai Tulungagung

Inilah Daftar Wisata Pantai Favorit di Tulungagung, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Terindah dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Memilih Liburan ke Tulungagung.

Jawa Timur memiliki pesona yang tidak kalah dengan bagian Indonesia lainnya. Salah satu kota yang bisa Anda jadikan tujuan wisata adalah Tulungagung. Kabupaten satu ini memang memiliki segudang tempat wisata alam yang menarik. Tidak ketinggalan dengan wisata baharinya yang juga begitu menawan.

Anda yang sedang singgah di Tulungagung bisa mengunjungi wisata pantainya yang menakjubkan. Wisata Pantai di Tulungagung yang populer berikut bisa Anda jadikan tujuan wisata selanjutnya.

1. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Image Credit: Ksmtour.com

Untuk memulai perjalanan bahari anda, Anda bisa mengunjungi Pantai Kedung Tumpang. Pantai satu ini berada di area perkebunan, dengan alam yang masih alami. Begitu menginjakkan kaki di Pantai Kedung Tumpang, Anda akan disuguhkan dengan tebing tebing menjulang di sisinya. Karang laut juga turut menghiasi pantai ini sehingga membuatnya makin eksotis.

Sebenarnya, Kedung Tumpang bukanlah sebuah pantai tetap gugusan karang yang tergerus oleh ombak. Sehingga Anda memang tidak akan menemukan pasir yang membungkus pantai ini. Tetapi menariknya, dari karang tersebut justru terbentuk kolam kolam alami yang bisa dijadikan tempat untuk berendam, sembari menikmati keindahan pantai ini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berburu spot foto instagramable di pantai satu ini. Panorama sunset dan juga sunrisenya juga menjadi atraksi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kemolekan yang dimiliki pantai ini dijamin akan menghempas semua penat Anda. Saking indahnya, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Lokasi: Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

2. Pantai Gemah

Pantai Gemah

Image Credit: Twitter.com @blitarmakmur

Jika membahas tentang pantai di Tulungagung, maka pantai Gemah menjadi pantai yang paling direkomendasikan. Keindahan alam yang dimilikinya membuat pantai ini menjadi buah bibir di kalangan wisatawan lokal hingga luar kota. Panorama laut biru karena saking jernihnya, akan sangat pas jika dipadukan dengan langit biru cerah.

Bukan hanya memiliki air yang jernih, Pantai Gemah juga dianugrahi pasir putih yang lembut. Hamparan pasir lembut ini akan membuat Anda tidak sabar untuk bermain di atasnya. Pantai Gemah juga menjadi lokasi yang tepat untuk berburu sunrise maupun sunset yang menyejukkan mata. Anda juga bisa menjajal wahana ATV untuk berkeliling di pantai ini.

Lokasi: Desa Keboireng, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

3. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar

Image Credit: Pantainesia.com

Tulungagung masih memiliki pantai menawan lainnya yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Seperti halnya Pantai Sanggar yang menjadi pantai andalan Tulungagung untuk dijadikan tempat berlibur. Tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, keindahan pantai ini bahkan sudah dibuktikan oleh turis luar negeri yang sengaja datang.

Memang pantai satu ini masih terbilang baru, tetapi menjadi pantai yang begitu favorit sebagai tempat untuk liburan. Karena masih baru, Anda akan menemukan pantai yang sekitarnya begitu bersih dan masih alami. Pantai Sanggar memiliki pasir putih yang bersih dan begitu lembut ketika bersentuhan dengan kulit.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Ombak di pantai ini terbilang tenang, sehingga masih aman untuk berenang atau bermain air. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai ini, mulai dari berjalan santai, berswafoto hingga bermain air. Pantai Sanggar memiliki spot foto instagramable yang bisa Anda jadikan tempat untuk berpose sebelum diunggah ke media sosial.

Lokasi: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

4. Pantai Popoh

Pantai Popoh

Image Credit: Instagram.com @bryanadhana

Bisa dikatakan jika pantai ini menjadi ikon wisata bahari yang ada di Tulungagung. Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Popoh memang tidak hanya dikenal di kalangan wisatawan domestik namun juga internasional. Panorama bahari yang cantik memang berhasil memukau siapapun yang mengunjungi pantai satu ini.

Wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan tebing tebing kokoh yang membuatnya makin eksotis. Tebing ini seringkali dijadikan tempat untuk mengambil foto foto yang cantik. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai spot untuk berburu matahari terbit. Ombak pantai ini terbilang tenang, sehingga Anda bisa bermain air ataupun berenang di pantai ini.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi makan bersejarah sebagai destinasi wisata religi. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai ini dengan menaiki perahu dan berkeliling area pantai. Apabila beruntung, Anda juga bisa menyaksikan ritual tradisional yang biasanya dilakukan pada hari tertentu. Tentunya ritual ini membuat pantai Popoh makin unik dan menarik.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

5. Pantai Molang

Pantai Molang

Image Credit: Facebook.com @priyo.sutarji.9

Untuk Anda yang ingin menikmati wisata bahari yang masih sepi, pantai Molang bisa dijadikan tujuan. Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang tinggi sekaligus ingin mencari ketenangan. Pantai Molang menjadi pantai yang masih belum banyak dikunjungi, padahal pesonanya tak kalah dengan pantai lainnya.

Anda harus menaklukkan medan menantang untuk bisa sampai di pantai cantik ini. Tetapi semua perjalanan Anda akan dibayar lunas dengan pesona Molang. Bagaimana tidak, pantai dengan air laut yang jernih ini memang begitu mempesona. Dilengkapi dengan pasir putih yang lembut, Pantai Molang makin elok karena hadirnya tebing tebing kokohnya.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

6. Pantai Sidem

Pantai Sidem

Image Credit: Pantainesia.com

Perjalanan bahari Anda di Tulungagung masih belum berakhir, Anda harus mengunjungi Pantai Sidem sebagai tujuan selanjutnya. Pantai Sidem memiliki ombak yang terbilang besar yang membuat pesonanya makin menguar. Sidem juga diberikan pasir lembut dan bersih yang sangat cocok untuk bermain pasir. Anda bisa mengajak keluarga atau pasangan untuk menikmati keindahannya.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Desa Besole, Kec.Besuki, Kab. Tulungagung.

7. Pantai Coro

Pantai Coro, Tulungagung

Image Credit: Instagram.com @tata_panda

Keindahan bahari Tulungagung juga bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Pantai Coro. Pantaisatu ini juga menjadi pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terutama ketika sedang musim liburan, pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Daya tarik utama pantai ini terletak pada terumbu karangnya di pinggir pantai.

Terumbu karang kokoh ini biasanya dijadikan tempat bersantai menikmati deburan ombak ataupun untuk swafoto. Pantai Coro dianugrahi dengan pasir kecoklatan yang nampak begitu lembut dan berkilau ketika ditimpa matahari. Berlibur di pantai Coro, Anda bisa merasakan suasana yang masih alami dan juga asri.

Lokasi: Jl. Pantai Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

8. Pantai Sine

Pantai Sine

Image Credit: Twitter.com @kumparan

Pantai Sine menjadi pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Terutama jika Anda ingin mengunjungi pantai yang sudah memiliki fasilitas lengkap. Keindahan yang dimiliki pantai ini juga tidak kalah indah dengan pantai di Tulungagung lainnya. Dimana daya tarik utamanya adalah pesona sunrise yang dikenal paling indah di Tulungagung.

Keindahan sunrise yang dimiliki Pantai Sine berhasil menarik perhatian dari kawula muda. Bukan hanya itu, lokasi pantai satu ini dikelilingi oleh hutan lindung yang membuat suasananya makin asri dan alami. Udaranya juga begitu sejuk, akan membuat Anda betah berlama lama untuk singgah di pantai menawan satu ini.

Lokasi: Sine, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung.

9. Pantai Gerangan

Pantai Gerangan

Image Credit: Instagram.com @nasrochimaru

Apabila Anda mencari destinasi bahari Tulungagung yang tenang dan juga nyaman, maka Pantai Gerangan bisa dijadikan alternatif. Pasalnya pantai satu ini memang menawarkan suasana yang tenang dan juga nyaman, mengingat belum banyak orang yang mengetahuinya. Sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama dengan keluarga atau pasangan.

Pantai satu ini memiliki pantai kecoklatan yang pas berpadu dengan jernihnya airnya. Bahkan dari kejauhan airnya tampak biru kehijauan, yang membuat siapapun akan jatuh hati. Tebing dan bebatuan karang di sisi pantai semakin menambah kadar kecantikan pantai satu ini. Suasananya yang asri dan juga pemandangannya yang indah akan membuat Anda enggan untuk pulang.

Lokasi: Desa Ngrejo, Kec. Tanggunggunung, Kab. Tulungagung.

10. Pantai Dadap

Pantai Dadap

Image Credit: Facebook.com @arinuyeeuyee.gasslornyihutbeut

Tenang saja, pantai di Tulungagung masih ada lagi yang cantik dan bisa Anda kunjungi. Pantai Dadap menjadi pantai tersembunyi selanjutnya yang juga cocok untuk destinasi liburan. Pantai yang masih belum banyak terjamah, tentunya masih memiliki panorama yang terjaga dan juga asri. Dijamin Anda tak akan menyesal mengunjungi pantai satu ini.

Tebing tebing membingkai sisi kanan dan kiri pantai yang membuat panoramanya makin megah. Airnya yang jernih dengan ombak yang sedang seakan memanggil Anda untuk segera bermain di pantai ini. Pantai pasir putih dan juga air yang jernih memang menjadi perpaduan yang tak akan bisa ditolak oleh siapapun, terutama untuk pecinta bahari.

BACA JUGA:  12 Oleh-Oleh Khas Jember yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

11. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang

Image Credit: Twitter.com @blitarmakmur

Pantai Patung Gebang akan memberikan Anda pemandangan yang berbeda dari pemandangan pantai di Tulungagung lainnya. Pantai satu ini memiliki ciri khas pada tebing yang berada di tengah laut. Bisa dikatakan jika pantai ini memiliki pesona yang paling menakjubkan jika dibandingkan dengan lainnya.

Panorama indahnya juga dilengkapi dengan pasir kecoklatan yang lembut semakin membuat pantai ini lengkap. Hanya saja, untuk bisa menikmati keindahannya Anda harus menaklukkan medannya yang menantang. Namun semua akan terbayar lunas dengan keindahan yang dimilikinya.

Lokasi: Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

12. Pantai Klatak

Pantai Klatak

Image Credit: Instagram.com @rindyy.a_

Satu lagi pantai yang harus Anda kunjungi di Tulungagung yaitu Pantai Klatak. Memiliki keunikan tersendiri, menjadikan pantai satu ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Di bibir pantai memiliki batuan kecil yang jika terkena ombak akan memberikan suara yang berbeda. Dari suara klatak klatak yang menjadikan pantai ini dikenal dengan nama Pantai Klatak.

Perjalanan untuk bisa mengintip keindahan pantai ini memang tidak main main. Sangat cocok untuk Anda yang ingin berpetualang dengan keindahan sebagai pengobat lelah. Jalanan yang berbukit dan menantang harus Anda taklukkan lebih dulu. Begitu sampai, keindahan pantai ini akan menghapus semua lelah Anda.

Lokasi: Jl. Pantai Waru Doyong Klatak, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

13. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun

Image Credit: Detik.com

Keindahan Pantai Brumbun juga tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan bersama dengan keluarga atau teman teman. Pasir putih yang lembut berpadu dengan suasana yang asri dan lingkungan yang bersih memang sayang untuk dilewatkan. Fasilitas yang ada di Pantai Brumbun juga begitu lengkap.

Lokasi: Desa Wonokoyo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

14. Pantai Dlodo

Pantai Dlodo

Image Credit: Facebook.com @pantaidlodo

Pantai Dlodo memiliki ciri khas air payaunya yang juga membedakan pantai ini dengan pantai lainnya. Aliran sungai air payau ini memang membuat panorama dari Pantai Dlodo ini makin indah. Garis pantainya yang panjang dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut. dan hal tersebut semakin menambah daftar panjang mengapa Anda harus kunjungi pantai satu ini.

Lokasi: Desa Dlodo, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

15. Pantai Sioro

Pantai Sioro

Image Credit: Google Maps (Indri Mujianingrum)

Sebagai penutup perjalanan wisata bahari anda, Anda bisa mengunjungi Pantai Sioro yang juga tidak kalah menarik dikunjungi. Pemandangan alam yang dimiliki pantai ini memang tidak dapat diragukan lagi. Pantai Sioro menjadi pantai yang masih belum banyak diketahui sehingga masih alami dan sepi. Ombaknya terbilang tenang dengan pasir putih yang lembut dan bersih.

Lokasi: Ngrejo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

Berlibur ke Tulungagung tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata pantainya. Selain sudah diakui keindahannya, banyak pantai Tulungagung yang masih belum banyak terjamah. Sehingga Anda bisa menemukan pantai yang masih alami dan asri. Sebenarnya masih ada pantai lainnya, tapi yang disebutkan merupakan yang paling direkomendasikan.