Bukit Bintang merupakan objek wisata kekinian di Jogja yang menawarkan suasana romantis pada malam hari. Tempat nongkrong favorit yang dijamin bikin betah dengan pemandangan alam, kerlap-kerlip lampu kota dan panorama bintang di langit Jogja.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja menjadi kota yang memiliki sejuta pesona. Hal tersebut tak mengherankan, sebab banyak sekali destinasi menarik yang bisa untuk Anda kunjungi ketika berada di kota wisata ini. Salah satunya adalah Bukit Bintang yang menawarkan panorama alam, terutama ketika di malam hari. Anda akan dibuat terbuai dengan pesona dan keromantisan tempatnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Bintang Jogja

Daya Tarik Bukit Bintang Jogja
Image Credit: Twitter.com @xploreindokita

Bukit Bintang adalah sebuah kawasan yang berada di atas bukit. Tempat satu ini sangat cantik dan cocok untuk Anda singgahi, terutama bagi Anda yang ingin menikmati keindahan malam. Dengan udaranya yang sejuk karena berada di atas ketinggian sekitar 150 dpl akan membuat Anda merasa nyaman dan betah menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Disini, Anda juga akan menemukan banyak pohon pohon besar yang rindang, tentunya akan menambah suasana romantis dan juga sejuk saat berada disini. Namun, tak hanya kesejukan saja yang akan Anda dapatkan. Melainkan pemandangan yang ada di bukit ini akan memanjakan mata.

Hal ini dikarenakan panorama alam yang terdapat di sekitar akan sangat sedap untuk dinikmati bersama keluarga maupun orang tercinta. Untuk Anda yang tertarik, maka Anda bisa datang ketika malam hari tiba.hal tersebut dikarenakan kerlap kerlip lampu akan membuat Anda enggan untuk beranjak.

Terlebih lagi ketika Anda datang pada cuaca yang cerah, maka Anda pun akan mendapati banyak bintang yang bertaburan di langit. Oleh karena itu, tak mengherankan bukit ini mendapat julukan Bukit Bintang. Gemerlap indahnya lampu kota, lampung gedung yang ada di kota Jogja akan membuat suasana hati menjadi lebih damai.

Bahkan disini Anda juga bisa melihat lampu lampu pesawat yang sedang take off maupun landing dari bandara Adi Sucipto. Tentu saja memberikan kesan yang sangat indah bak bintang yang ada di langit. Pemandangan yang memukau ini tentunya akan bisa untuk Anda nikmati ketika berlibur ke lokasi satu ini.

Daya Tarik Bukit Bintang
Image Credit: Instagram.com @hikari_shiro

Dengan panorama dan bentang alam yang disuguhkan tersebut, tak mengherankan jika lokasi satu ini menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan waktu. Banyak remaja yang sengaja datang kesini untuk bermalam minggu bersama pasangan. Namun, tak hanya dua insan yang saling mencinta saja, banyak keluarga dan kumpulan muda mudi yang terlihat datang kesini.

Suasana romantis akan Anda dapatkan ketika datang ke lokasi satu ini. ditambah lagi dengan udara dingin yang menyeruak dari segala sisi akan membuat Anda membutuhkan jaket ketika berada di lokasi satu ini. namun, Anda juga bisa untuk mengusir rasa dingin tersebut dengan menyeruput kopi maupun teh hangat yang dijajakan oleh pedagang yang ada di sekitar lokasi.

Selain teh dan kopi, Anda juga bisa menikmati berbagai macam hidangan lain seperti bajigur, wedang jahe hingga kopi. Bahkan pedagang tersebut juga menyediakan berbagai macam makanan ringan. Sebut saja seperti gorengan, jagung bakar dan juga roti bakar. Dengan begitu, perut Anda pun kenyang ketika berada di lokasi ini.

Anda pun bisa datang ke Bukit Bintang mulai dari senja tiba. Hal ini dikarenakan pesona alam dari wisata satu ini sangat cantik. Pemandangan matahari terbenam dan langit yang berganti dari biru menuju ke hitam akan sayang untuk Anda lewatkan. Oleh karena itu, Anda pun wajib menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Bintang

Rute Wisata Bukit Bintang
Image Credit: Facebook.com @tribunjogjafanspage

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata satu ini, maka Bukit Bintang berada di Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari Km 15. Tepatnya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk rute menuju tempat indah ini, ternyata tidaknya terlalu sulit. Hal ini dikarenakan wisata yang memiliki pemandangan memukau tersebut berada di tepi jalan perbukitan.

Jalan tersebut menghubungkan antara Wonosari dan Yogyakarta. Ketika Anda menuju ke lokasi satu ini, maka Anda pun bisa menempuhnya dengan menggunakan angkutan umum dan juga kendaraan pribadi. Baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Namun, disarankan Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin kesini.

Sebab, Anda bisa pulang kapan saja yang Anda mau meskipun malam hari. Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan kendaraan umum seperti bus dan juga taksi maka nantinya Anda pun akan kesulitan untuk menemukannya ketika malam hari. Pasalnya, ketika Anda berangkat tidak akan susah untuk menemukannya.

Akan tetapi ketika pulang, maka Anda pun akan kesulitan dan terpaksa untuk menunggunya hingga pagi hari. Sebab, di malam hari akan jarang bahkan tidak ada angkutan umum yang melewati area satu ini. namun, apabila Anda tidak pulang terlalu malam maka angkutan umum yang bisa naiki adalah berbagai macam jenis angkot.

Hal yang penting, Anda bisa berangkat dari Solo ataupun dari Jogja. Selanjutnya, Anda bisa turun di daerah Wonosari, yakni tepatnya d daerah Perempatan Ringroad. Setelah itu, Anda bisa mengganti sarana transportasi lain dengan menggunakan bus besar ataupun bus mini. Dengan menggunakan kendaraan tersebut maka Anda pun akan bisa sampai ke Bukit Bintang hanya dalam waktu 30 menit saja.

Sedangkan bagi Anda yang menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda juga akan bisa untuk menggunakan rute yang sama. Akan tetapi, sebelum Anda berangkat maka Anda pun bisa memastikan bahwa kondisi kendaraan dalam keadaan bagus. Anda bisa mengecek ban hingga bensin yang Anda miliki.

Hal ini dikarenakan setelah Anda melewati lampu merah yang ada di Pertigaan Piyungan maka Anda akan melewati jalanan yang menanjak dan juga berkelok kelok. Selain itu, Anda juga akan dihadapkan dengan tikungan yang tajam dan cukup curam. Sehingga, Anda pun perlu untuk berhati hati ketika melewati jalanan satu ini.

Anda juga perlu untuk menghindari bersebelahan dan dibelakang kendaraan muatan besar. Sebab terkadang kendaraan dengan muatan yang besar tersebut kadang kadang juga mogok sehingga dapat membahayakan bagi kendaraan lain yang ada di belakangnya. Oleh karena itu, Anda perlu berhati hati ketika melewati jalan satu ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Bukit Bintang Jogja

Harga Tiket Bukit Bintang
Image Credit: Instagram.com @objek_wisata_jogja

Tak hanya menawarkan wisata dengan kuliner yang murah, saat memasuki kawasan ini Anda juga tidak akan dipungut biaya tiket masuk. Hal tersebut dikarenakan bagi pengunjung yang ingin berwisata kesini tidak akan dipungut biaya sepeser pun alian gratis. Mungkin nantinya Anda hanya akan diminta uang parkir oleh pihak pengelola.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri yakni buka selama 24 jam. Akan tetapi kebanyakan wisatawan datang pada saat malam hari. Sangat disarankan bagi Anda yang datang kemari, menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga, bagi Anda yang ingin pulang hingga menjelang sunrise tiba, Anda tak perlu kerepotan mencari angkutan umum lagi.

Kegiatan yang Menarik Saat Berada di Bukit Bintang

Kegiatan di Bukit Bintang
Image Credit: Instagram.com @nurainii_399

1. Berfoto

Hal pertama yang bisa Anda lakukan disini adalah berfoto. Pasalnya, pemandangan yang indah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, maka Anda bisa datangs sejak senja menjelang. Ketika momen tersebut, Anda akan melihat indahnya matahari tenggelam.

Tentu saja momen tersebut menjadi salah satu hal yang tidak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja. kemudian, ketika malam tiba pesona kerlap kerlip lampu kota akan menjadi salah satu atmosfer tersendiri yang bisa untuk Anda saksikan. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa mengambil foto pemandangan alam tersebut.

Bahkan Anda pun bisa berpose dengan latar belakang malam yang indah. Hal ini tentu saja akan menjadi salah salah alternatif bagi Anda yang ingin hunting foto ketika di malam hari. Sebab, pesona dari Bukit Bintang memang luar biasa indahnya dan tidak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja.

2. Menikmati Wisata Kuliner

Seperti yang telah disebutkan diatas, disini Anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ini berwisata kuliner dengan budget yang murah meriah dan ramah di kantong, maka bukit kekinian ini adalah tempat yang tepat. Ditambah lagi dengan view nya yang indah akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Anda bisa membeli berbagai makanan ringan yang akan mengganjal perut Anda. Kemudian, jangan lupa untuk memesan minuman hangat untuk menghangatkan badan Anda di tengah cuaca yang dingin. Dengan harganya yang low budget, membuat wisata satu ini menjadi lokasi yang tepat untuk malam mingguan di akhir bulan.

3. Bersantai Sambil Menikmati Pemandangan Memukau

Keindahan dari Bukit Bintang memang tidak perlu untuk diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa menikmati indahnya malam dengan panorama alam sangat memukau. Untuk itu, bagi Anda yang sedang dilanda penat maka sebaiknya Anda datang mengunjungi tempat satu ini.

Hal ini dikarenakan selain tempatnya yang gratis, Anda bisa datang kapan saja. sehingga, ketika Anda sedang merasa suntuk dan lelah akan aktivitas harian, maka menikmati malam yang indah dengan suasana yang sejuk akan menjadi salah satu hal yang bisa mengobati. Oleh sebab itu, Anda pun bisa mencoba untuk mendatangi kawasan ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Bukit Bintang Jogja

Penginapan dari Bukit Bintang
Image Credit: Agoda.com

Apabila Anda ingin bermalam di sekitar tempat wisata satu ini, tentu saja sangat bisa. Sebab, Anda akan menemukan banyak sekali penginapan di sini. Pasalnya, tersedia berbagai jenis penginapan bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di Bukit Bintang. Anda bisa memilih mulai dari homestay, losmen, hotel dan juga villa. Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

Untuk harganya sendiri pun tergantung dengan budget yang Anda miliki. Sebab, ada kamar yang menyewakan harga terjangkau mulai 100 ribuan saja di sekitar sini. Namun, apabila Anda menginginkan fasilitas yang lengkap, maka Anda juga bisa merogoh kocek yang lebih tinggi. Anda juga bisa memilih penginapan yang memiliki fasilitas berupa breakfast sehingga akan lebih mudah untuk mencari sarapan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin berwisata ke Bukit Bintang di Jogja. Tempat wisata ini menghadirkan suasana yang indah dan juga sejuk untuk Anda nikmati. Sehingga, bagi Anda yang penat dan bingung ingin menghabiskan waktu dimana selama berada di Jogja, wisata satu ini dapat menjadi alternatif untuk Anda. Sebab, low budget dan memiliki view yang menakjubkan.