Curug Sawer, Wisata Air Terjun Terindah Andalan Sukabumi

Curug Sawer Sukabumi

Curug Sawer salah satu wisata air terjun populer di Sukabumi berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Objek wisata yang menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan dan memiliki fasilitas yang memadai.

Lokasi: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.
Map: Cek Lokasi

Menjadi salah satu kota di provinsi Jawa Barat, Sukabumi memang mempunyai luas daerah yang paling kecil di antara lainnya di provinsi tersebut. Meski begitu, wilayah Sukabumi menyimpan potensi wisata yang begitu besar. Salah satunya pada keindahan wisata alam Curug Sawer yang ada di Kadudampit. Yuk simak pesona wisata yang ditawarkan air terjun tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Sawer Sukabumi

Daya Tarik Curug Sawer Sukabumi

Image Credit: Twitter.com @lintangbuana

Nama curug ini sebenarnya tidak hanya satu, nama ini digunakan juga di beberapa tempat di sekitar Jawa Barat. Beberapa air terjun yang menggunakan nama sawer di antaranya yaitu Curug Sawer di kabupaten Kuningan dan Cililin Bandung Barat, kabupaten Jatiwaras Tasikmalaya. Tentunya tidak ketinggalan Curug Sawer yang berada di Kadudampit, Sukabumi.

Namun salah satu yang paling terkenal adalah Curug Sawer di Kadudampit, yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sehingga keberadaannya selalu dikaitkan dengan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango) tersebut. Kawasan Gunung Gede Pangrango sendiri merupakan area pendakian, yang sudah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1980.

TNGGP mempunyai area dengan luas kurang lebih 21.975 hektar, yang terbentang sejauh 3 kabupaten yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi yang mempunyai banyak sekali keanekaragaman hayati di dalamnya. Tercatat bahwa taman nasional ini telah memiliki 870 spesies tumbuhan berbunga, 250 lebih spesies burung, dan juga 100 jenis mamalia.

Sebagian dari mamalia yang tinggal di kawasan taman nasional tersebut bahkan termasuk jenis hewan langka yang harus dilestarikan, di antaranya yaitu owa jawa, macan tutul, lutung surili, elang jawa, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, tak heran jika daerah Curug Sawer sendiri juga mempunyai suasana alam yang begitu asri dan sejuk serta sangat terjaga kealamiannya.

Lokasi dari wisata alam ini berada di kawasan hutan, sehingga curug yang terletak di atas ketinggian 900 hingga 1.300 mdpl tersebut berada di bawah naungan pengelolaan perhutani. Yang memiliki wewenang untuk mengelola tempat ini tepatnya yaitu RPH Argalingga, BKPH Maja, KPH Majalengka. Dan saat ini sudah banyak berbenah, sehingga menjadi objek wisata yang populer.

Daya Tarik Curug Sawer

Image Credit: Facebook.com @indiet.travelling

Sebelum menjadi sedemikian rupa seperti sekarang, dulunya Curug Sawer sering dianggap angker. Karena pada saat itu banyak yang menggunakannya sebagai tempat ritual mistis, lalu banyak juga yang menyebarkan kisah kisah berhantu mengenai kawasan air terjun tersebut. Warga sekitar pun hanya melakukan aktivitas di sana jika dalam keadaan terpaksa saja.

BACA JUGA:  18 Tempat Makan di Garut Paling Enak & Murah

Menurut legendanya, pemberian nama dari curug ini bermula dari seseorang sakti yang bertempat tinggal di kaki Gunung Ciremai. Orang sakti ini disebut sebut seringkali mengadakan sebuah upacara saweran di sekitar Sungai Cipada, dengan tujuan mencari berkah untuk dirinya sendiri serta para keturunannya kelak. Dia bahkan diceritakan bertapa pada daerah sekitar air terjun hingga wafat.

Karena kesaktian yang dimilikinya, jasad dari orang tersebut tidak hancur melainkan berubah menjadi ular raksasa yang tak kasat mata. Dari upacara yang sering dilakukannya semasa hiduplah, nama Curug Sawer tercetuskan. Namun legenda ini berbeda dengan penuturan dari pihak TNGGP. Petugas di sana menceritakan hal yang berbeda terkait dengan nama dari curug ini.

Menurut petugas, pemberian nama terjadi karena curahan air terjun pada daerah ini sangat deras. Sehingga cipratan airnya tersebar kemana mana dan menyawer hingga hampir semua pengunjung yang datang. Inilah yang menjadi latar belakang nama dari Curug Sawer. Terlepas dari mana yang benar, banyak wisatawan yang datang kesini karena keindahan daerah tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Curug Sawer

Rute Curug Sawer

Image Credit: Facebook.com @agung.permana

Nama curug ini sudah tidak asing lagi, terlebih untuk warga Sukabumi. Oleh sebab itu, meski lokasinya berada di tengah hutan, tidak sulit untuk menemukan objek wisata tersebut. Alamatnya sendiri berada di Kampung Cijagung, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Dari pusat kota, jaraknya bisa mencapai sekitar 15 kilometer.

Apabila Anda berkunjung dari Bogor, Cidahu, Jakarta, serta Cicurug, maka langsung saja menuju ke rute Sukabumi dan temukan tulisan besar berbunyi Situ Gunung. Ikuti saja terus papan petunjuk yang ada hingga Anda melewati daerah Kadudampit. Banyak sekali rambu rambu selama perjalanan yang akan memberitahu Anda di mana keberadaan Anda pada saat itu.

Apabila masih bingung dan khawatir tersesat, Anda bisa bertanya pada warga sekitar. Warga di daerah tersebut sangat ramah ramah, jadi Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya. Mengingat objek wisatanya terkenal, Anda juga tidak perlu khawatir akan diberi arah yang salah. Setelah menemukan Wisata Cinumpang, itu berarti Anda sudah tidak jauh lagi.

Jalur ini bisa dibilang sangat mudah untuk dilalui, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan jasa ojek yang tersedia di tempat. Dari sana, Anda hanya membutuhkan 1 jam perjalanan lagi. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan angkot yang berwarna hijau muda Lyn 08 yang menuju ke arah Cisaat.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Pangandaran yang Paling Hits Dikunjungi

Apabila sudah tiba di lokasi Alun Alun Cisaat, maka Anda harus berpindah angkot yang menuju ke Kadudampit. Kemudian minta saja pada sopir untuk menurunkan Anda di depan pintu masuk Situ Gunung. Maka dari sini Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan berjalan kaki, atau memanfaatkan jasa ojek yang ada di sekitar daerah tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Curug Sawer

Harga Tiket Curug Sawer

Image Credit: Instagram.com @lyaamalyana

Harga tiket masuk yang dibanderol untuk menikmati keindahan dari Curug Sawer bisa dibilang cukup murah meriah, yakni hanya sekitar 15 ribu rupiah saja per orangnya. Tentunya biaya parkir di luar dari ongkos tiket masuk tersebut. Kendaraan roda dua akan dikenai biaya 2 ribu rupiah, sedangkan bagi yang membawa mobil wajib membayar 5 ribu rupiah.

Bagi Anda yang menggunakan jasa ojek untuk masuk dari TNGGP menuju lokasi curug, maka biaya yang perlu dikeluarkan ini tergantung dari bagaimana pandainya Anda menawar. Namun biasanya tukang ojek di daerah setempat tersebut akan mematok harga kurang lebih 25 ribu sekali jalan, dan 50 ribu rupiah bila Anda ingin diantar pulang pergi.

Selain biaya biaya tersebut, tidak ada anggaran lainnya kecuali Anda ingin berbelanja makanan atau minuman yang dijajakan di sekitar objek wisata. Memang sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, sudah tersedia cukup banyak warung yang menjual berbagai makanan sederhana. Mulai dari camilan seperti goreng gorengan, hingga makanan berat khas Sunda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Sawer

Aktivitas di Curug Sawer

Image Credit: Google Maps (Arlan Latief)

1. Menikmati Keindahan

Karena merupakan objek wisata alam, tentunya saat berkunjung kesini hal yang bisa Anda lakukan adalah menikmati keindahan panorama alam di sekitar. Kawasannya yang berada di ketinggian, membuat tempat wisata ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan asri. Terlebih di sekitarnya merupakan kawasan hutan rimbun yang masih sangat alami.

Hal tersebut membuat suasana Curug Sawer menjadi sangat damai. Tentunya destinasi ini sangat tepat bagi Anda yang tengah lelah dan ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Jauhnya perjalanan dari pusat kota pun tidak akan lagi terasa, setelah Anda melihat bagaimana pesona alam yang disajikan oleh wisata alam tersebut.

2. Memancing

Selain menikmati keindahan yang ada di sekitar objek wisata, di sini Anda juga bisa memancing ikan. Karena aliran sungai yang berasal dari curug ini sangat jernih dan bersih, sehingga cukup banyak ikan ikan yang hidup di sana. Tidak jarang banyak pengunjung yang sengaja kemari untuk memancing. Jadi Anda juga tidak boleh ketinggalan membawa alat pancing ketika bertandang ke sini.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Bermain Air

Tentunya yang paling menyenangkan dari berkunjung ke curug adalah bermain air. Tepat di bawah curahan air terjun setinggi kurang lebih 35 meter tersebut, terdapat kolam alami yang mempunyai kedalam lebih dari 10 meter. Meski airnya begitu segar, namun pengunjung dilarang untuk berenang atau mandi tepat di bawah curahan air terjun ini.

Meski begitu Anda masih bisa bermain main air di tepian, hal ini sangat menyenangkan. Mengingat bahwa derasnya air terjun membuat Anda yang berada di tepian pun akan cukup basah. Besarnya curahan air dari Curug Sawer sendiri terjadi karena sumbernya berasal dari mata air Gunung Gede serta Gunung Gemuruh. Jadi waktu musim kemarau, debit air dari curug ini tidak berkurang.

4. Berburu Foto Estetik

Tentunya karena keindahan yang dimilikinya, banyak sekali pengunjung yang datang sembari mengabadikan momen di sini. Bahkan ketika mencari di internet, terutama di berbagai media sosial. Anda akan menemukan banyak sekali gambar panorama Curug Sawer, banyak juga vlogger yang datang kemari untuk mereview tempat satu ini.

Penginapan Murah Dekat Wisata Curug Sawer

Penginapan Curug Sawer

Image Credit: Google Maps (Erlyen Emanuella)

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah Sukabumi, dan ingin menghabiskan malam di sekitar lokasi wisata daripada harus bermalam di jalan maka tidak perlu khawatir. Karena di kawasan perkampungan sebelum objek wisata tersebut, banyak rumah penduduk yang dijadikan sebagai homestay. Anda bisa menyewanya sesuai waktu yang dibutuhkan.

Selain rumah rumah penduduk, ada juga persewaan villa yang ada di sepanjang jalan menuju pintu gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terdapat berbagai villa di sini, mulai dari yang terjangkau hingga yang mempunyai fasilitas super lengkap. Apabila Anda ingin benar benar bermalam tepat di kawasan wisata, maka ini juga bukan hal yang mustahil.

Sebab di sekitar lokasi air terjun terdapat camping ground yang disediakan, namun Anda tentu harus meminta izin terlebih dahulu kepada para petugas serta membayar biaya kurang lebih 5 ribu per orang dalam satu malam. Jika tidak membawa peralatan camping, di sini bahkan sudah disediakan berbagai peralatan yang dapat Anda sewa.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Sawer Sukabumi

Fasilitas di Curug Sawer Sukabumi

Image Credit: Google Maps (Billy Tantri)

Karena sudah menjadi bagian dari taman nasional, tentunya Curug Sawer sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Seperti toilet umum, kamar ganti, area parkir yang memadai, tong sampah, juga mushola. Ada juga information centre bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai TNGGP dan Curug ini.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Curug Sawer, tidak heran bila banyak sekali wisatawan yang datang kesini. Kepopulerannya bahkan tidak hanya berlaku pada turis domestic saja, namun juga mancanegara. Terlebih dengan sejarah atau legenda yang melatarbelakanginya, membuat objek wisata satu ini semakin digandrungi.