Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Cikatomas, Handapherang, Kec. Cijeungjing, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata di Kota Ciamis yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu Grand Sayang Kaak. Tempat rekreasi alam ini berada tidak jauh dari pusat kota, sehingga untuk menuju tempat tersebut memang tergolong mudah. Saat Anda memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini, maka Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa.

Nantinya terdapat banyak sekali spot foto yang begitu instagramahle. Bahkan Anda bisa menyaksikan keindahan Sungai Citanduy dari tempat ini. Dalam Bahasa Sunda sendiri sayang memiliki arti sarang. Sedangkan Kaak diambil dari nama seekor burung. Jadi Sayang Kaak memiliki arti sarang burung, dimana burung umumnya akan bersarang di ranting pepohonan.

Grand Sayang Kaak memang cukup populer dan membuat banyak wisatawan merasa betah berada di sana. Karena itu, ketika liburan tiba, sangat sayang sekali jika Anda beserta dengan keluarga tidak datang ke tempat tersebut. Berbagai macam keindahan dan keseruan tentunya akan didapatkan di tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Grand Sayang Kaak

Daya Tarik Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Dizay Production

1. Tersedia Area Offroad

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Grand Sayang Kaak sebagai tempat wisata yang populer di Ciamis. Di sana nantinya Anda akan menemukan berbagai macam wahana outbound. Setiap wahana tersebut memiliki tiket dan Anda harus membayar secara terpisah jika ingin menikmati masing-masing wahana.

Tempat wisata Grand Sayang ini memang tergolong sebagai wisata baru. Namun meski begitu, Anda akan merasakan keseruan di tempat wisata yang menyajikan area offroad tersebut. Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas offroad, maka sebaiknya di sini mengambil rute long trip.

Di tempat inilah memungkinkan bagi Anda melakukan aktivitas offroad, baik itu menggunakan motor ataupun kendaraan berupa jeep. Tak heran jika tempat ini banyak sekali dikunjungi oleh mereka yang gemar berpetualang. Karena itu, bagi Anda yang masih belum pernah mengunjungi tempat tersebut, sebaiknya perlu merencanakan liburan ke sana.

2. Jembatan Kaca

Salah satu spot foto yang begitu menarik di tempat ini yaitu jembatan kaca. Grand Sayang Kaak memang telah menyiapkan fasilitas yang begitu mengagumkan bagi para pengunjung. Berjalan di atas ketinggian jembatan kaca ini tentunya akan menyuguhkan tantangan tersendiri.

Jembatan beling yang begitu unik tersebut berpadu dengan panorama alam yang begitu indah, sehingga membuat pandangan mata jadi lebih segar. Tentunya berjalan di jembatan akan menciptakan spot foto yang begitu elok dan mengagumkan. Bagi Anda yang hobi sekali melakukan kegiatan fotografi, pastinya tak boleh melewatkan spot satu ini.

Bahan yang digunakan untuk jembatan beling harus memiliki ketahanan lebih pada beban dan juga perubahan cuaca. Dengan demikian jembatan tersebut sangatlah kondusif untuk dikunjungi oleh Anda para pemburu foto.

Pihak pengelola jembatan kaca tersebut mengatakan bahwasanya jembatan memiliki ukuran 5 x 2 meter, serta dibangun di atas ketinggian 6 sampai 8 meter. Dibuat dari struktur rangka berupa logam yang sangat kokoh dan juga dilengkapi oleh pagar pengaman. Selain itu juga digunakan beling dengan ketebalan hingga 2,5 cm yang memiliki spesifikasi ganda.

3. Spot Foto

Tempat wisata ini setidaknya memiliki 5 spot foto yang begitu instagramable dan bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen. Di Grand Sayang Kaak Anda bisa menemukan sebuah foto yang berbentuk love serta area nyaman untuk nongkrong di atas tebing. Background yang disuguhkan yaitu berupa tebing dengan pepohonan hijau dan hutan yang lebat.

Selain itu, di area bawahnya terdapat Sungai Citanduy dan persawahan yang membentang. Sejak tahun 2017 tempat wisata ini memang selalu mengalami perubahan menuju ke arah yang lebih baik.

Karena itulah, ketika Anda datang ke tempat wisata tersebut saat ini, maka Anda akan menemukan banyak sekali hal-hal baru di sana. Salah satunya yaitu spot foto yang pastinya akan membuat Anda para pecinta selfie merasa puas karena bisa menyalurkan hobi di tempat tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Zamzam Muharram

Untuk bisa tiba di lokasi wisata Grand Sayang Kaak tersebut memang bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Nantinya Anda hanya perlu memakai kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Untuk kendaraan pribadi Anda bisa berangkat dari arah Provinsi Jawa Tengah. Nantinya Anda tinggal mengikuti jalan Nasional III Ciamis Banjar.

Di area pertigaan Bojong, Anda ambil belokan ke kiri menuju ke Tempat Pembuangan Akhir di Kota Ciamis, Jawa Barat, kemudian Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan untuk menuju ke lokasi wisata. Bagi Anda yang berangkat dari Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Garut dan sekitarnya, dari arah alun-alun Ciamis Anda hanya tinggal mengikuti Jalan Nasional III Ciamis-Banjar.

Setelah arah pertigaan Bojong Anda ambil belokan ke kanan dan menuju ke TPA Ciamis sama seperti ketika Anda berangkat dari arah Jawa Tengah. Upayakan ketika menuju ke lokasi tersebut Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dan pilihlah mobil yang tinggi, karena memang jalanan di tempat ini masih banyak yang berbatu.

Harga Tiket Masuk Grand Sayang Kaak

Harga Tiket Masuk Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Dizay Production

Sama seperti tempat wisata lainnya, Anda yang ingin mengunjungi Grand Sayang Kaak maka perlu membayar uang tiket masuk. Besaran tiket itu sendiri hanya Rp 5.000 untuk tiap orangnya. Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir.

Untuk kendaraan roda dua biaya parkir sebesar Rp 2.000, sedangkan jika Anda membawa kendaraan roda empat, maka biaya parkir sebesar Rp 5.000. Tempat wisata ini dibuka setiap hari pada pukul 09.00 dan akan ditutup saat menjelang pukul 17.00. Ketika Anda datang pada hari libur, maka tempat wisata akan dibuka mulai pukul 08.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Grand Sayang Kaak

Kegiatan Menarik Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Cusoget

1. Aktivitas Luar Ruangan

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada di tempat wisata ini. Di Grand Sayang Kaak tersebut terdapat berbagai macam wahana seru khususnya bagi anak-anak. Wahana itu seperti contohnya flying fox anak, outbound anak dan arena bermain bagi anak. Untuk menikmati wahana ini Anda harus membayar tiket tersendiri.

Namun meski begitu harga tiket cukup terjangkau. Karena itulah, tempat wisata ini termasuk dalam salah satu alternatif wisata murah yang bisa ditemukan di Kota Ciamis. Tapi meski begitu ada banyak sekali hal menarik yang bisa ditemukan di sana.

Anda yang ingin melepaskan rasa penat sehari-hari, maka bisa segera mendatangi tempat tersebut. Tempatnya yang begitu sejuk serta terdapat beberapa lokasi istirahat mirip gazebo bisa Anda pakai untuk makan bersama dengan keluarga, sambil lalu menikmati panorama alam yang disuguhkan di sana.

Tersedia juga lokasi bagi Anda yang ingin mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini. Anda juga dapat menyusuri keindahan Sungai Citanduy memakai kendaraan offroad. Menyusuri sungai itu nantinya Anda bisa melihat pembangunan bendungan dari kejauhan.

2. Menikmati Kuliner

Perlu untuk diketahui, di tempat wisata hits ini sudah tersedia warung yang menyajikan berbagai macam menu khas yang begitu lezat dan menggugah selera. Karena itu, bagi Anda yang merupakan pecinta kuliner, jangan sampai melewatkan aktivitas tersebut. Menikmati kuliner bersama dengan rombongan tentu merupakan hal yang sangat seru untuk dilakukan.

3. Berfoto di Grand Sayang Kaak

Tempat wisata yang murah meriah ini sangat cocok bagi Anda pecinta fotografi, karena di tempat tersebut terdapat spot foto yang begitu menarik dan kekinian. Salah satu spot foto yang jadi favorit oleh pengunjung yaitu jembatan kaca. Selain itu juga Anda bisa menggunakan spot foto berupa karpet terbang.

Untuk bisa mengambil gambar di atas karpet terbang tersebut Anda harus membayar uang sebesar Rp 10.000. Tidak perlu merasa khawatir, karena karpet tersebut benar-benar aman untuk dinaiki. Karena itu, pastikan saat ingin mengunjungi tempat ini Anda telah membawa kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Rachmat Januar

Lokasi wisata tersebut dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa, sehingga proses penataan yang dilakukan di tempat ini sudah sangat baik. Fasilitas yang tersedia di Grand Sayang Kaak terbilang sudah cukup memadai. Anda nantinya tidak akan kesusahan untuk menemukan kamar mandi, toilet ataupun mushola.

Selain itu, tersedia area parkir yang begitu luas dan aman. Fasilitas lain seperti contohnya spot foto kekinian juga sudah tersedia di tempat tersebut. Untuk Anda yang ingin bersantai sambil lalu menikmati keindahan sungai tanduk dan pegunungan sekitar, maka bisa duduk di atas gazebo yang ada di tempat tersebut

Di sana juga telah berdiri warung makan yang menyuguhkan berbagai macam menu lezat. Anda yang kebetulan tidak membawa bekal dari rumah, maka bisa membeli makanan di warung yang ada di tempat wisata ini.

Itulah tadi penjelasan mengenai Grand Sayang Kaak yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Ciamis. Anda yang masih belum pernah mengunjungi tempat tersebut sangat disarankan untuk segera meluncur ke sana. Karena dijamin Anda beserta dengan keluarga akan memperoleh pengalaman seru selama liburan.