Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Salah satu gunung yang memiliki keindahan begitu memukau dan terdapat di Kabupaten Mojokerto yaitu Gunung Bekel. Keindahan dan panorama dari gunung tersebut mampu menarik wisatawan untuk berdatangan dan menikmati segala keindahan yang ada di sana. Alam di tempat ini memang begitu asri dan natural seolah belum terjamah.

Namun tidak hanya sekedar gunung yang masih perawan saja, Puncak Bekel juga memiliki daya tarik lain hingga akhirnya tempat tersebut layak untuk dikunjungi. Di tempat inilah nantinya wisatawan akan melihat beberapa candi dan situs peninggalan purbakala.

Oleh karena itulah, tidak sedikit wisatawan yang datang merupakan mereka yang ingin mempelajari dan melihat langsung candi yang ada di sana. Wisatawan yang kebetulan berlibur ke Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, jangan lewatkan kesempatan emas untuk menyaksikan eloknya Puncak Bekel ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Bekel

Daya Tarik Gunung Bekel
Image Credit: Instagram Mountainino Jooana Ecclesio

1. Spot Foto Menarik

Daya tarik yang bisa disaksikan ketika berada di Gunung Bekel membuat pengunjung akhirnya tidak sabar untuk mengabadikan dalam sentuhan kamera. Spot foto yang sangat menarik dan pastinya Instagramable bisa dengan mudah wisatawan temukan. Gunung tersebut kerap kali dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Hal itu tidak terlepas dari kemegahan dan keindahan yang ditawarkan oleh Puncak Bekel. Pemandangan yang begitu memukau akan makin menarik minat para traveler, terlebih ketika momen matahari tenggelam dan matahari terbit yang memang sangat luar biasa eksotiknya.

2. Akses Jalan yang Mudah

Jika dibandingkan dengan Gunung Penanggungan, memang gunung satu ini kalah populer. Kedua gunung tersebut terletak berdampingan. Lokasi dari Gunung Bekel terdapat di bagian lereng Gunung Penanggungan. Maka dari itulah, wajar saja jika puncak kedua gunung tersebut berada tidak terlalu jauh dan merupakan satu jalur pendakian.

Kedua gunung ini menawarkan keindahan serta jalur yang mudah. Sama halnya seperti ketika wisatawan ingin menuju ke Gunung Penanggungan, akses untuk menuju Puncak Bekel ini juga berada dalam satu jalur. Selama dalam perjalanan, nantinya wisatawan akan melihat beberapa situs sejarah di bagian lereng sebelah barat.

Gunung Bekel tersebut memang tidak terlalu tinggi serta tracknya terbilang cukup ringan. Karena itulah, Puncak Bekel menjadi pilihan kedua setelah wisatawan mengunjungi Gunung Penanggungan yang ada di sebelahnya.

Gunung tersebut berlokasi di dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan. Oleh karena itulah, bagi siapapun yang kebetulan berada di luar kabupaten tersebut, maka bisa segera meluncur ke Puncak Bekel untuk menyaksikan segala keindahan yang di suguhkannya.

3. Puncak yang Indah

Puncak Bekel berada pada ketinggian mencapai 1.238 meter di atas permukaan air laut. Mengenai masalah ketinggian ini memang cukup simpang siur, karena beberapa bahkan menyebutkan lebih dari angka tersebut. Puncak gunung sendiri merupakan sebuah area lapangan yang cukup luas.

Di Gunung Bekel ini Anda nantinya akan melihat panorama Gunung Penanggungan yang tampak mengerucut sebagai pemandangan utama yang bisa disaksikan. Namun ketika Anda datang saat menjelang sore hari, maka panorama sunset juga telah menunggu Anda di sana.

4. Beberapa Candi Peninggalan Sejarah

Candi-candi yang bisa wisatawan saksikan saat mendaki ke gunung tersebut antara lain yaitu Candi Buyung, Candi Kursi, Candi Kendali, Candi Kama, Situs Watu Tulis dan Candi Kendalisodo. Sedangkan untuk bagian sebelah timur, pengunjung akan menemukan Candi Putri, Candi Bayi, Candi Naga serta Candi Pura.

Candi Bali adalah candi pertama yang nantinya akan ditemui ketika pengunjung hendak mendaki. Candi tersebut terletak di sebelah kanan dari jalur pendakian, serta candi ini hanya berupa reruntuhan bebatuan saja.

Candi Putri adalah candi terbesar jika dibandingkan dengan candi-candi lain yang terdapat di gunung tersebut. Selain itu, bentuk Candi Putri memang masih terbilang rapi dan bagus, lengkap dengan 3 undakannya. Di sebelah kanan terdapat area lapang yang memang cukup untuk digunakan oleh dua buah tenda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Bekel
Image Credit: Instagram bayukarna

Bagi pengunjung yang berniat mendaki Gunung Bekel, maka bisa segera meluncur ke Kabupaten Pasuruan atau Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Gunung tersebut memang mempunyai banyak rute pendakian yang nantinya bisa dipilih. Tiap titik dapat dicapai menggunakan angkutan berupa ojek.

Menuju ke Puncak Bekel mulanya terdapat empat jalur yang bisa pengunjung pilih. Jalur-jalur tersebut antara lain yaitu jalur satu, jalur dua, jalur tiga serta jalur yang terakhir adalah Jalur Gunung Penanggungan. Namun dikarenakan bencana longsor, jalur 2 dan jalur 3 otomatis ditutup.

Sehingga saat ini hanya tersisa dua jalur saja untuk bisa mencapai ke Puncak Bekel. Trek jalur Candi Bayi sangat disarankan untuk Anda gunakan, karena memang cenderung lebih mudah jika dibanding Anda melewati jalur 1 yang tergolong cukup curam.

Tapi bagi yang gemar tantangan, maka tak ada salahnya untuk menggunakan jalur 1 supaya memperoleh pengalaman mendaki yang lebih seru dan berkesan. Untuk posko pendakian sendiri mulanya dulu berada di dekat lokasi parkir kendaraan.

Namun, saat ini posko pendakian tersebut dipindah dan berada di bagian atas, tepat sebelum menuju ke pintu masuk hutan. Pengunjung nantinya akan diberikan briefing saat berada di pos pendakian, sebelum akhirnya memulai aktivitas mendaki ke puncak.

Karena itulah, bagi pengunjung yang masih merasa kurang informasi terkait area camping, jalur dan lain sebagainya, bisa ditanyakan pada pihak pengelola tempat wisata saat berada di pos pendakian tersebut.

Proses pendakian nantinya akan dimulai dengan melewati trek yang cukup menanjak namun ringan, karena memang jalanan masih lumayan landai. Setelah kira-kira 1 jam perjalanan, wisatawan akan melihat sebuah gubuk berukuran kecil yang bisa dipakai untuk istirahat sejenak.

Harga Tiket Masuk Gunung Bekel

Harga Tiket Masuk Gunung Bekel
Image Credit: Instagram bayukarna

Untuk bisa mendaki dan menikmati keindahan yang ada di Gunung Bekel, maka wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000. Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, maka biaya tersebut tergolong cukup murah dan ramah di kantong.

Pendakian menuju ke Puncak Bekel dibuka untuk semua kalangan dan Anda bisa datang setiap hari karena memang tidak diberlakukan hari tutup. Untuk jam operasionalnya sendiri, Puncak Bekel dibuka hingga 24 jam penuh. Namun disarankan bagi Anda datang ketika pagi hingga sore hari agar perjalanan lebih mudah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Bekel

Kegiatan Menarik Gunung Bekel
Image Credit: Instagram Ulum Photography

1. Menyaksikan Panorama dari Atas Puncak

Puncak Gunung Bekel memang dikenal begitu mengagumkan, tidak sedikit wisatawan yang datang memang sengaja untuk berada di puncaknya dan menyaksikan keindahan dari matahari terbit maupun tenggelam di sana. Area puncak cukup luas dengan datarannya yang landai, sehingga dengan begitu akan dirasa cukup aman.

Saat tiba di area puncak, Anda bisa sekedar duduk sambil lalu melepas lelah dengan menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh Puncak Bekel. Udara dingin yang ada di sana membuat awan gemawan turun serta menutupi area kaki gunung. Di sekitarnya Anda akan melihat bukit dan gunung lain yang tersebar, tampak begitu indah.

Salah satu pemandangan utama yang bisa Anda saksikan selama berada di Puncak Bekel yaitu pemandangan Gunung Penanggungan. Gunung tersebut memang terkenal indah dan akan semakin indah jika Anda menyaksikannya dari atas Puncak Bekel ini.

2. Camping di Candi Putri

Bagi wisatawan yang gemar sekali dengan aktivitas camping, di Gunung Bekel ini pun Anda juga bisa melakukan hal tersebut.

Salah satu area yang sangat recommended untuk mendirikan kemah yaitu di lokasi Candi Putri. Lokasi Candi Putri memang cukup teduh, serta pemandangan alamnya yang begitu indah akan membuat Anda betah berkemah di sana.

3. Bersantai di Candi Naga

Jalur menuju ke Candi Naga memang terbilang paling mudah dan ringan untuk ditempuh. Hal itu dikarenakan tempat tersebut melalui lembah penanggungan ke Lereng Gunung Bekel. Oleh karena itulah, trek awal yang bisa ditemukan nantinya adalah landai hingga akhirnya tiba di lereng bekel.

Candi Naga itu sendiri mempunyai empat teras yang kesemuanya menghadap ke arah timur. Area Candi ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak dan bersantai sebelum akhirnya melanjutkan pendakian menuju ke puncak bekel. Panorama yang ada di sekitar Candi Naga begitu indah dan mengagumkan.

Dari Candi ini pula Anda sudah bisa menyaksikan Gunung Penanggungan yang tinggi menjulang tampak begitu megah. Anda yang ingin melepaskan penat sambil lalu bersantai dengan hembusan angin sejuk di sekitar, sangat disarankan untuk duduk sebentar di candi ini. Tentunya pikiran dan jiwa Anda akan seketika fresh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Bekel
Image Credit: Instagram bayukarna

Gunung Bekel merupakan salah satu tempat wisata yang masih kurang populer jika dibandingkan dengan Gunung Penanggungan. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini relatif kurang.

Namun untuk Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi, maka tempat wisata Puncak Bekel ini sudah menyediakan area parkir yang cukup luas. Tidak hanya luas saja, tempat parkir tersebut sudah dijaga oleh petugas jaga, sehingga akan aman.

Untuk yang merasa haus atau kelaparan, di sepanjang jalur pendakian menuju ke Puncak Bekel sudah tersedia beberapa warung. Warung-warung kecil tersebut menyediakan beragam menu makanan dan juga minuman yang bisa Anda beli.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Puncak Gunung Bekel yang perlu untuk Anda ketahui. Berkunjung ke tempat wisata berupa gunung memang mampu menawarkan pengalaman yang seru dan menantang.