Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 08.30-16.30 WIB, Alamat: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Bukan hal baru jika kota Batu menyimpan banyak sekali spot menarik sebagai tempat wisata salah atau tempat yang bisa anda jajal adalah Museum Tubuh. Destinasi ini termasuk wisata edukasi di Batu yang sangat populer. Nama lengkap dari spot wisata ini adalah Bagong Adventure Museum Tubuh. Di snaa, anda bisa belajar sekaligus berwisata bersama dengan keluarga.

Meskupun detsiansinay adalah lokasi wista aedukasi, namun anak anak tidak akan merasa bosan. Malah mereka akan dibuat penasaran untuk mengulik bagaimana kondisi tubuh manusia dan bagaimana cara kerjanya. Teknologi yang ada di dalam sana juga sangat canggih sehingga pembelajaran menjadi lebih asyik. Anak anak juga bisa menenangkan informasi yang disampaikan dengan lebih mudah.

Sejarah Museum Tubuh

Sejarah Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Haruyuki

Museum edukasi ini diresmikan pada tahun 2016 lalu oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Muhadjir Effendy. Museum tersebut bisa dikunjungi oleh segala umur, termasuk anak anak. Bahkan The Bagong Adventure Museum adalah satu satunya Museum Tubuh yang dimiliki oleh Indonesia. Koleksinya pun paling lengkap di Asia.

Fasilitas yang dimiliki oleh museum juga tidak main main. Semua wisatawan akan dibuat betah berlama lama disana. Pembangunan museum sendiri dilakukan diatas lahan seluas 1,4 hektar yang kemudian dibagi menjadi enam lantai. Setidaknya ada 16 zona museum yang siap menjawab rasa penasaran wisatawan, mulai dari zona gigi hingga tulang dan sendi.

Bahkan di dalam museum edukasi ini terdapat sebuah ruangan khusu yaitu ruang eksibisi. Bahkan mereka adalah satu satunya di Asia Tenggara. Mendikbud Muhadjir Effendy juga mengatakan bahwa sot tersebut akan mengubah paradigma masyarakat tentang berwisata, yang sering kali dianggap menghambur hamburkan uang saja.

Koleksi Museum Tubuh

Koleksi Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Muhamad Suharsa

1. Zona Gigi

Jika berbicara tentang koleksi, maka Museum Tubuh memiliki segudang koleksi berupa patung atau replika. Salah satu diantara mereka adalah replikasi gigi. Lokasi koleksi ini berada di zona gigi. Di dalam sana, anda bisa melihat secara langsung bagaimana ruang dalam rongga mulut dan bagaimana susunan gigi di dalamnya. Di bagian dinding sudah tersedia berbagai penjelasan seputar gigi.

Di dalam zona ini juga terdapat koleksi berupa teknologi interaktif yang membantu masyarakat agar lebih paham seputar merawat kesehatan gigi dan mulut. Tidak heran jika masyarakat terutama anak anak sangat menyukai destinasi yang satu ini. Anda yang datang bersama dengan keluarga juga akan merasa senang dan dibuat takjub.

2. Zona Telinga

Koleksi kedua yang juga dipamerkan dalam Museum Tubuh adalah replikasi telinga manusia. Sata masuk zona ini, anda akan dibuat paham tentang apa saja bagian dari telinga manusia, dan bagaimana gelombang suara diproses. Replikas organ yang ada di sana memiliki ukuran sangat besar, sehingga mudah untuk dilihat dan dipahami.

Penjelasan seputar telinga juga sudah ditempel di bagian dinding, sama seperti yang ada di zona gigi. Di beberapa spot juga ada petugas yang siap membantu anda agar lebih lebih paham seputar informasi yang diberikan dalam museum. Bahkan bagian dinding zona berwarna merah, bagaimana kondisi alsi tubuh manusia. Desain tersebut memberi sensasi bahwa anda masuk dalam tubuh.

Koleksi di Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Yahnudian Bhakti

3. Zona Hidung

Selian gigi dan telinga, and aja juga kana menemukan koleksi berupa patung atau replika bagian dalam hidung. Jika dilihat, replikasi itu memiliki bentuk yang sangat realistis. Anda bisa masuk dalam ruangan berbentuk hidung itu dan melihat berbagai informasi menarik yang ada di dalamnya. Pengalaman masuk dalam hidung adalah kesempatan yang jarang bukan?

Selain melihat replika bagian dalam hidung, anda juga bisa menambah pengetahuan seputar bentuk hidung manusia. Siapa sengaja jika ternyata bentuk hidung sangat beragam. Setiap dari mereka memiliki nama yang berbeda beda. Pulang dari Museum Tubuh, anda bisa tahu tipe manakah hidung anda. Mengupas info semacam itu tentu sangat menyenangkan dan berkesan.

4. Zona Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari tubuh manusia. Mereka berdua adalah alat gerak pasif yang membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Di dalam zona ini, anda bisa menemukan replika tengkorak manusia full body. Ada juga alat peraga tulang yang ukurannya super besar. Anda juga bisa melihat bagaimana isi dalam tulang manusia.

Setelah melihat koleksi itu, anda akan sadar bahwa tubuh manusia menyimpan banyak rahasia. Anda akan dibuat takjub dengan bagaimana Tuhan menciptakan manusia dengan begitu hebat dan detail setiap bagian tubuh kita saling terkoneksi dan bekerja sama untuk mendukung kehidupan manusia. Sudah menjadi tugas kita untuk menjaga semuanya dengan baik dan benar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Vanda Dwi Haryuningtyas

1. Menggali Informasi Seputar Tubuh Manusia

Kegiatan utama yang bisa anda lakukan di museum ini adalah menggali informasi seputar tubuh manusia. Di setiap zona sudah ada alat peraga dan papan penjelasan yang membantu proses belajar. Disana juga ada petugas yang siap menjawab pertanyaan anda. Tidak heran jika banyak orang yang puas dengan fasilitas pendukung belajar yang ada di Museum Tubuh.

2. Mengambil Foto Dengan Alat Peraga

Tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengambil beberapa foto menarik di dalam museum. Setiap alat peraga memiliki ukuran yang sangat besar, sehingga menarik jika dijadikan background foto. Meskipun alat peraga hanya berupa patung, namun bentuknya sangat realistis. Bahkan bagian detail seperti syaraf ikut tergambar.

Koleksi peraga 3D masjid dalam museum ini dalam memberikan edukasi. Namun ada bagian bagian museum yang tidak diperbolehkan untuk difoto, misalnya saja ruang eksibisi. Di dalam sana terdapat spesimen manusia asli. Anda bisa melihat secara langsung, bagaimana kondisi tubuh manusia dan bukan dari replikanya. Untuk masuk ruangan ini ada batasan usia yang ketat.

3. Menjajal Permainan Interaktif di Tiap Zona

Agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan, Museum Bagong Adventure telah menyiapkan beberapa alat permainan interaktif di setiap zona. Keberadaan teknologi canggih itu akan membantu pengunjung dalam memahami informasi. Mereka juga membuat suasana belajar menjadi lebih mengenyangkan. Tidak heran jika banyak anak sekolah yang study wisata di Museum Tubuh.

Aktivitas Menarik di Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Romi Hanif

4. Mencicipi Makanan Lezat

Fasilitas pendukung yang dimiliki oleh destinasi wisata aini adalah food court. Di dalam zoan ini terdapat banyak sekali menu makanan dan minuman. Saking banyaknya pilihan, anda perlu berkeliling untuk mencari mana yang sesuai dengan selera. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, yaitu rata rata 20 ribuan.

5. Belanja Oleh-Oleh

Setelah berkeliling, anda akan masuk zona belanja oleh-oleh. Di sana ada beberapa stand yang emnual baju berup akais atau souvernir untuk dibawa pulang. Anda bisa membeli beberapa barang dengan harga yang terjangkau. Kualitas yang ditawarkan juga tidak abal abal. Salah satu item yang memiliki banyak peminat adalah kaos sablon dan topi.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Cahyadi tan

Lokasi Museum Tubuh berada di Kota Wisata Batu, lebih tepatnya di Jl. Kartika No. 2. Destinasi ini sangat populer sehingga mudah untuk ditemukan. Jaraknya tidak jauh dari Jatim Park 1 yang menjadi destinasi andalan Kota Batu. Jarak keduanya hanya sekitar 800 meter saja sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Mereka masih dalam satu kompleks wisata yang sama, sehingga anda bisa ambil paket.

Untuk masuk museum ini, anda perlu membayar biaya tiket. Harga tiket tersebut tergantung dari paket yang anda pilih. Apabila anda hanya ingin masuk museum, maka biayanya adalah 50.000 di weekday dan 70.000 di weekend. Namun jika tiket yang diambil adalah tiket terusan Jatim Park 1, maka harganya menjadi 100 ribu. Dengan begitu, anda bisa lebih hemat karena mendapat dua spot sekaligus.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Tubuh

Objek Wisata Terdekat dari Museum Tubuh
Image Credit: Google Maps Novia Puspitasari

1. Jatim Park 1

Destinasi pertama yang jaraknya tidak jauh dengan museum Bagong adalah Jatim Park 1. Di dalam tempat wisata ini, anda bisa menemukan banyak sekali permainan menarik. Di dalam sana juga terdapat kolam renang yang sangat luas. Ketinggian air dari kolam pun sangat beragam, sheingga and abisa dtanag bersma adnegan keluarga setelah dari Museum Tubuh.

2. Museum Angkut

Spot kedua yang lokasinya masih dekat dengan Bagong Adventure adlaah museum angkut. Di dalam tempat ini banyak sekali alat transportasi yang dipamerkan. Kebanyakan dari mereka adalah berupa sepeda motor dan mobil. Satu bagian yang paling banyak menyita perhatian pengujung adalah zona training pesawat. Di dalam sana, anda bisa merasakan bagaimana sensasi menjadi pilot.

3. Jatim Park 2

Rasanya tidak lengkap jiak and menyusuri kota Batu tanpa mampir ke Jatim Park 2. Di kompleks wista itu, terdapat beberapa destinasi wisata yang unik dan menarik. Mereka adalah Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, dan Sweet Memories Selfie. Disana sudah tersedia tiket terusan, sehingga and abis amnejelajagh setip adetsiansi tadi dengan harga yang jauh lebih murah.

Itulah beberapa informasi terkait dengan Museum Tubuh yang perlu anda ketahui. Jika anda memiliki waktu luang yang panjang, tidak ada salahnya untuk menjelajah setiap destinasi yang ada di Kota Batu. Pengalaman ini akan terasa menyenangkan dan membuat anda sadar bahwa Kota Batu bukan hanya memiliki keindahan lama yang memukau.