10 Makanan Khas Blora yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Blora

Liburan tanpa merasakan kuliner tentunya tidak lengkap. Jika Anda sedang singgah di Blora, ada beragam jenis makanan khas yang bisa Anda coba. Memiliki keunikan tersendiri, pastinya akan membuat lidah dan perut Anda termanjakan.

Indonesia yang memiliki kemolekan alam memang tidak diragukan, di sisi lain wisata kuliner tanah air juga tak kalah juara. Sensasi setiap daerah yang menyapa lidah akan sanggup membuat Anda tersenyum dan puas. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Blora, Jawa Tengah, kota yang dengan kota Cepu ini juga akan menawarkan kuliner yang menggoyang lidah. Menginjakkan kaki di kota Blora, maka Anda harus mencicipi beberapa makanan khas berikut.

1. Soto Klethuk

Image Credit: Kulinerblorajawatengah.blogspot.com

Indonesia memang memiliki banyak kuliner berkuah salah satunya yang tidak bisa diabaikan adalah soto. Makanan yang biasanya dibuat dari daging ayam atau sapi ini memiliki keunikan di setiap daerahnya. Mengunjungi Blora, maka Anda bisa merasakan nikmatnya Soto Klethuk yang menjadi makanan khasnya. Sajian soto bening tanpa tambahan santan ini terlihat begitu segar dan menggiurkan. Anda bisa menyantapnya kapan saja Anda mau, baik siang atau malam sekalipun.

Cita rasanya yang dominan gurih akan membuat siapa saja terlena dengan kenikmatannya. Dan yang membuatnya begitu unik adalah sensasi klethuk yang sesuai dengan namanya. Klethuk ini dibuat dari bahan singkong yang memiliki potongan kecil yang menambah cita rasa sotonya sendiri. Dalam satu porsi soto klethuk, Anda bisa menemukan suwiran ayam atau kambing, irisan daun kucai, mie shoun dan juga tauge. Anda bisa menemukan kuliner ini dengan mudah.

2. Lontong Tahu dan Lontong Sayur

Image Credit: Usemayjourney.wordpress.com

Masyarakat Jawa memang tidak asing dengan kuliner yang menggunakan lontong. Dijadikan sebagai pengganti nasi, lontong memiliki tekstur yang lembut dan nikmat dijadikan pendamping banyak makanan. Di Blora, Anda bisa menemukan sajian lontong yang bertajuk Lontong Tahu dan juga Lontong Sayur. Untuk lontong tahu dibuat dengan bahan tahu yang dicampurkan dengan telor dan kemudian digoreng.

Setelah itu akan disajikan di atas daun jati saat matang dan membuat aromanya menjadi lebih nikmat. Barulah nanti ditambahkan dengan lontong, tauge dan juga bumbu kacang. Dalam bumbu kacangnya ditambahkan kecap khusus yang dibuat secara home industri. Sedangkan untuk lontong sayur, disajikan dengan kuah lodeh dengan tambahan perkedel, telur puyuh maupun gorengan lainnya. Dijamin menikmatinya akan membuat Anda merasa puas.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kudus yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Pecel Pincuk

Pecel Pincuk

Image Credit: Kompas.com

Kuliner khas Blora kebanyakan masih menggunakan bungkus dari daun jati. Dan pecel pincuk khas Blora yang membedakannya adalah pincuk atau bungkusnya. Mungkin banyak yang mengira jika pecel Pincuk merupakan makanan khas dari Madiun. Padahal Blora juga memiliki sajian sayur sayuran bermandikan bumbu kacang ini. Dan yang membuatnya nikmat adalah pincuk yang melapisi nasinya. Karena bisa memunculkan aroma tertentu pada rasanya.

Untuk menambah kenikmatan terdapat juga gorengan atau rempeyek yang melengkapinya. Di Blora masyarakat mengkonsumsi pecel pincuk sebagai menu sarapan di pagi hari. Sehingga ketika pagi, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan satu ini. Pecel pincuk khas Blora juga tidak akan menguras kantong Anda. Karena harganya cukup terjangkau, dan sesuai dengan lauk yang berada di piring Anda.

4. Sego Kobong

Sego Kobong

Image Credit: Inibaru.id

Perjalanan Anda menikmati kuliner di kota Blora belumlah berakhir. Anda harus mencicipi kuliner yang diberikan nama Sego Kobong. Sego Kobong sendiri merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan cara menyajikannya adalah dibakar. Jika lainnya memanggang lauk untuk metode pengolahannya, maka Anda akan menikmati nasi yang diobong atau dibakar. Sego Kobong sendiri dalam bahasa Indonesia berarti nasi bakar.

Daun pisang yang dibuat sebagai bungkusnya memang akan membuat cita rasa pada makanannya menjadi lebih nikmat. Jenis nasi obong sendiri sangat banyak, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Mulai dari nasi ayan, jamur, udang, sapu, cumi hingga jamur sekalipun. Begitu disajikan, Anda akan melihat kepulan asap dari proses pembakaran yang justru akan membuat liur menetes. Apalagi menikmati kuliner ini tidak akan merogoh dalam kocek Anda.

5. Opor Ayam Blora

Opor Ayam Blora

Image Credit: Putratravel.net

Cita rasa kuliner Blora juga bisa Anda rasakan melalui sajian Opor Ayam khasnya. Opor Ayam memang makanan yang begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Umumnya makanan ini akan hadir saat lebaran, namun Anda akan menemukan rasa berbeda pada opor Ayam Blora. Dibuat dengan tambahan santan, membuat cita rasa makanan ini begitu gurih dan endeus. Tambahan rempah rempah pilihan lainnya juga hadirkan sensasi lezat di lidah.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Apabila Anda penasaran dengan cita rasanya, Anda bisa mengunjungi Opor Ayam Pak Pangat. Sudah kondang, membuat Anda harus rela mengantre untuk menikmati kuliner satu ini. Namun setelah disajikan di depan Anda, dan menyapa lidah Anda pasti tidak akan membuat Anda menyesal telah mencobanya. Dan yang membuat warung ini unik, Anda akan disajikan opor ayam dalam porsi yang besar. Pembeli bisa menyajikan sendiri lontong ataupun ayam yang diinginkan.

6. Sate Khas Blora

Sate Khas Blora

Image Credit: Kaskus.co.id

Tidak ketinggalan, ketika Anda mengunjungi kota Blora Anda juga harus mencicipi satenya. Makanan dari daging yang ditusuk dan kemudian dibakar ini memang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Di Blora Anda bisa menemukan berbagai olahan daging yang disate. Mulai dari sate ayam, sate kambing, sapi hingga sate yang dibuat dari tempe. Dengan beragamnya pilihan inilah yang akhirnya menjadikan makanan ini sebagai kuliner khas kota Blora.

Daging yang berbalur sambal kacang memang begitu menggoda, apalagi jika disajikan dalam keadaan bertumpuk tumpuk. Ya, saat Anda menikmati sate di kota Blora, Anda akan disajikan dengan sate bertumpuk karena memang sistem pembayarannya akan sesuai dengan berapa tusuk sate yang Anda nikmati. Nanti tusuk satenyalah yang akan menjadi bukti berapa yang Anda habiskan. Keunikan lain yang membuat sate Blora istimewa adalah penyajiannya.

Umumnya sate bisa dinikmati dengan nasi atau lontong yang jadikan satu, tetapi di Blora nasi atau lontongnya akan dipisah. Kemudian didampingi dengan kuah opor yang akan membuat cita rasanya semakin nikmat. Jangan lupakan adanya sambal kacang yang sedikit kering mirip dengan pecel. Dengan bumbu ini, bisa dijamin jika Anda tidak akan melupakan kenikmatan dari sate Blora satu ini. Anda juga dengan mudah menemukannya di berbagai sudut kota.

7. Tape Sugihan Khas Blora

Tape Sugihan Khas Blora

Image Credit: Putratravel.net

Selain makanan berat, Anda juga akan menemukan makanan ringan yang bertajuk tape sugihan. Nama tape Sugihan ini didapatkan dari daerah asalnya yakni wilayah Sugihan. Tak hanya menjadi makanan khas, Tape ini juga menjadi pekerjaan sehari hari masyarakat Sugihan. Hal inilah disebabkan melimpahnya hasil singkong dan membuat warga berinovasi dengan menjadikannya sebagai tape.

Makanan yang dibuat dengan cara fermentasi ini begitu kondang di Blora. Untuk membuat tape yang nikmat dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang dibutuhkan sekitar 51 jam sehingga hasilnya akan sempurna. Dari aromanya saja sudah akan membuat Anda tidak sabar untuk mencicipinya. Harga yang bersahabat, bisa Anda dapatkan jika Anda langsung membelinya di Desa Sugihan. Tape ini sangat cocok dijadikan teman bersantai Anda.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Ungker

Ungker

Image Credit: Cookpad.com

Makanan Blora Mustika satu ini bisa dikatakan sebagai kuliner yang begitu unik dan cukup ekstrim. Pasalnya yang diolah merupakan kepompong daun jati yang memang begitu subur di Blora. Ada banyak hutan jati yang bisa ditemui, sehingga untuk mendapatkan kepompong jati ini tidaklah susah. Bahkan sudah sejak dulu Ungker ini dijadikan sebagai lauk wajib yang hadir di meja makan. Sekilas memang menjijikkan namun rasanya akan membuat ketagihan.

Apalagi jika disandingkan dengan nasi hangat dan juga sambal. Sudah dipastikan Anda bisa menambah beberapa porsi karena rasa nikmatnya. Rasanya yang gurih ini dikarenakan banyaknya jumlah protein yang dimiliki. Anda bisa mengolahnya sendiri dengan membeli ungker yang belum di masak. Atau Anda juga bisa menemukan di deretan warung di daerah Blora yang menyediakan Ungker. Hanya saja tidak semua warung menyediakan menu satu ini.

9. Dumbeg Blora

Dumbeg Blora

Image Credit: Resep-masakan-tradisional.web.app

Dumbeg Blora merupakan panganan khas kota Blora Mustika yang berupa jajan tradisional. Bentuknya begitu unik yakni berbentuk layaknya terompet dan dibungkus dengan menggunakan lontar atau janur. Untuk mendapatkan makanan bercita rasa manis ini, Anda bisa mengunjungi beberapa pasar tradisional. Meskipun saat ini sudah tidak mudah untuk menemukannya. Dumbeg juga menjadi makanan favorit masyarakat Blora sendiri.

10. Manco Blora

Manco Blora

Image Credit: Instagram.com @dapoersikoko

Manco, mendengar namanya mungkin Anda akan bertanya tanya makanan apa Manco itu. Manco merupakan jajan tradisional dan sangat populer di daerah Kradenan sekitarnya. Umumnya makanan ini bisa ditemui ketika ada acara pernikahan atau juga bisa dijadikan oleh oleh. Dibuat dari ketan dan bertabur wijen, menghadirkan rasa gurih dengan tekstur yang renyah di lidah. Harganya yang terjangkau membuat Manco begitu diburu oleh wisatawan.

Memiliki ciri khas penggunaan daun jati dalam setiap kulinernya, makanan khas kota Blora memang tak boleh dilewatkan begitu saja. Menginjakkan kaki di kota ini, perut Anda akan dimanjakan dengan pesona kulinernya. Beberapa di antaranya mungkin tidak asing, tetapi ada ciri khas tersendiri yang perlu untuk Anda rasakan secara langsung. Jadi, sudah tahu makanan mana yang akan Anda cicipi lebih dulu?