10 Makanan Khas Purwakarta yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Purwakarta

Purwakarta memiliki sederet kuliner yang terkenal lezat dan wajib dicoba. Beberapa makanan khas Purwakarta tak boleh terlewatkan saat bertandang ke kota Sejuta Impian.

Purwakarta memiliki ikon kota yang sangat unik, yaitu Bendungan Jatiluhur. Selain di sektor wisata, kota satu ini juga menyuguhkan kuliner yang tak kalah menarik. Kota Sejuta Impian ini memiliki beberapa makanan khas yang tersebar di berbagai sudut kotanya. Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya bila Anda tidak mencicipi salah satunya.

Terdapat beberapa pilihan untuk Anda, mulai dari makanan berat hingga ringan yang wajib dicoba sebelum kembali ke kampung halaman. Berikut deretan makanan khas asli Purwakarta yang wajib Anda cicipi.

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Image Credit: Dinasuciwahyuni.blogspot.com

Diklaim sebagai salah satu makanan khas yang tak boleh Anda lewatkan, sebab makanan satu ini disajikan dengan cara unik yang tak sama dengan sate pada umumnya. Anda tak akan menjumpai bumbu kacang, melainkan hanya kecap, tomat, dan jeruk limau. Sajian sederhana ini ternyata mampu menggoyang lidah para penikmatnya bahkan dapat membuat Anda ketagihan. Rasanya satu porsi Sate Maranggi tidak akan pernah cukup.

Selain disajikan dengan sederhana, keunikan lainnya diperoleh dari cara pengolahannya. Sate ini lebih dulu direndam di dalam rempah rempah agar rasanya meresap ke setiap serat daging. Racikan rahasia khas Purwakarta ini tak akan membuat Anda kecewa, sebab rasa manis, legit, dan aroma bakaran sangat khas. Terdapat beberapa pilihan daging untuk Anda, yaitu ayam, kambing, sapi dengan daging yang sangat lembut, dan menu pilihan lainnya.

2. Soto Sadang

Soto Sadang

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Salah satu kuliner khas nusantara satu ini mampu memikat banyak orang. Hampir semua kota di Indonesia memiliki cita rasa soto yang sangat khas, begitu pula dengan kota yang dulu dikenal dengan julukan Kota Pensiun ini. Terdapat dua pilihan soto untuk Anda, yaitu soto kuah bening dan kuah santan. Keduanya memiliki cita rasa gurih, tetapi berasal dari bahan yang berbeda. Kuah bening berasal dari rebusan daging dan kuah santan berasal dari santannya.

Soto Sadang yang dikenal oleh masyarakat ini berawal dari daerah Sadang yang ada di kota Purwakarta. Masakan soto khas kota ini memang tersedia dalam dua pilihan dengan bumbu yang ringan dan tidak sama dengan soto pada umumnya. Untuk sajian kuah santan pun, kota satu ini memiliki ciri khas dengan warna kuah yang pucat dan rempah yang tidak terlalu kompleks. Akan tetapi cita rasa keduanya mampu menggoyang lidah para penggemarnya.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Cirebon Favorit Dikunjungi Wisatawan

3. Ayam Goreng

Ayam Goreng

Image Credit: Lpplpurwakarta.com

Menu satu ini tentu digemari oleh banyak orang, tetapi justru jadi makanan khas dari kota Sejuta Impian. Para wisatawan wajib mencicipi hidangan satu ini karena memakai rempah rempah yang sangat kuat. Beberapa rempah yang dipakai yaitu kunyit, serai, daun jeruk, dan gula merah. Sajian makanan ini tak hanya gurih, tetapi juga mampu membuat banyak orang ketagihan. Pasalnya, ayam yang dipilih adalah ayam kampung yang terkenal nikmat.

Ayam kampung memiliki cita rasa yang lebih gurih daripada ayam negeri. Oleh sebab itu, banyak pedagang ayam goreng di Purwakarta yang tak ingin mengganti kualitasnya. Saat Anda mengganti bahan bahan yang dipakai, maka cita rasa yang dihasilkan pun berbeda. Tak heran, harga untuk satu porsi hidangan ini cukup tinggi mengingat bahan bahannya pun berkualitas. Para wisatawan yang datang ke kota ini tak boleh melewatkan kuliner terkenal ini.

4. Pepes

Pepes

Image Credit: Cookpad.com

Pepes ini hidangan tradisional yang disajikan dalam bungkus daun pisang yang sangat khas. Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan ini, tetapi tak boleh memandang remeh pepes dari kota Pensiun satu ini. Di beberapa warung makan telah tersedia berbagai jenis pepes. Setiap pepes dihidangkan dalam dua ukuran yang berbeda dengan isian yang tak sama tentunya. Anda bisa memilih beberapa jenis untuk mencicipinya.

Isian yang dipakai untuk pepes kecil, yaitu tahu, oncom, jamur, peda, dan teri. Sedangkan untuk pepes besar memakai isian, antara lain ayam, jambar, ikan mas, dan cumi. Kedua jenis masakan dalam bungkus daun pisang ini memakai bumbu yang khas, sehingga cita rasanya pun sangat khas. Yang tak kalah penting yaitu penggunaan daun pisang yang memberikan aroma khusus. Anda dapat menikmatinya dengan nasi hangat agar lebih nikmat.

5. Surabi

Surabi Purwakarta

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Makanan sederhana satu ini mampu menggoyang lidah setiap orang yang mencicipinya. Bahan yang dipakai sangat sederhana, yaitu tepung beras dengan beberapa campuran bahan lainnya untuk menghasilkan hidangan bertekstur lembut. Keunikan lainnya, surabi dibuat di atas tungku pembakaran untuk menghasilkan aroma khas bakaran yang unik. Makanan tradisional ini juga sangat sehat karena tidak memakai minyak dalam proses pembuatannya.

BACA JUGA:  Farm House Lembang, Wisata Asik Bersama Keluarga di Bandung

Selain disajikan original, Anda juga bisa menambahkan topping agar rasanya semakin nikmat. Terdapat dua pilihan topping untuk Anda yaitu manis dan asin. Khusus untuk pilihan topping manis terdiri dari susu, coklat, keju, dan buah buahan. Sedangkan untuk varian asin tersedia topping, antara lain ayam, telur, sosis, oncom, dan keju. Keduanya menawarkan rasa yang sangat nikmat, tetapi bergantung kepada selera masing masing individu.

6. Es Ciming

Es Ciming

Image Credit: Instagram.com @rifanualifa

Salah satu kota kecil di Jawa Barat ini terkenal sebagai kawasan Industri. Oleh sebab itu, kota ini sangat panas dengan lokasi yang kecil dan banyaknya pabrik di sekitarnya. Tak heran, banyak orang yang menyukai hidangan Es Ciming yang terkenal nikmat dan segar. Kesegaran dari es ini mampu melegakan dahaga di siang hari yang terik dan suasana panas. Bagi para wisatawan yang datang di siang hari, tentu tak boleh melewatkan kenikmatannya.

Anda akan disuguhi hidangan es yang mampu menggoyang lidah dengan isian variatif. Beberapa bahan yang dipakai, yaitu cincau hitam, kacang hijau, jeli, cendol, dan kelapa. Tak lupa menambahkan serutan es yang melimpah ditutup dengan sirup berwarna merah serta susu yang banyak. Hidangan ini dijamin mampu menggugah selera Anda yang tengah dilanda kehausan. Harga satu porsi es ini pun tak akan merogoh kantong Anda terlalu dalam.

7. Mie Pelangi 3 Warna

Mie Tiga Warna

Image Credit: Ihategreenjello.com

Apakah Anda salah satu pecinta kuliner sajian mie ? Purwakarta memiliki rekomendasi terbaik untuk Anda yaitu Mie Pelangi 3 Warna. Sesuai namanya, mie ini memiliki tiga warna berbeda yang jauh lebih sehat daripada mie pada umumnya. Ketiga warna tersebut diambil dari bahan bahan alami, yaitu buah naga, akar bit, sawi, dan wortel. Dengan begitu, mie ini dapat dikonsumsi dengan intensitas yang cukup tinggi tanpa takut mendatangkan penyakit tertentu.

Warnanya memang agak redup atau tidak mencolok, hal ini dikarenakan bahan yang dipakai sangat aman untuk tubuh. Tak hanya warnanya yang unik, Anda juga akan merasakan sensasi berbeda sejak suapan pertama. Secara visual memang disajikan seperti mie ayam pada umumnya, tetapi memakai bumbu yang sangat khas. Inilah cita rasa unik yang tak akan Anda peroleh di hidangan lainnya terutama di luar kota Sejuta Impian ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Wajib Anda Bawa Pulang

8. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul

Image Credit: Diantin.com

Saat mendengar makanan peuyeum, tentu Anda akan terngiang bahwa makanan satu ini khas dari Bandung. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa beberapa daerah di Sunda memiliki makanan khas serupa dengan bahan yang hampir sama. Cita rasa yang ditawarkan untuk para wisatawan ini sangat berbeda yaitu manis, legit, serta empuk di setiap gigitan. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menjumpai makanan satu ini di daerah Bendul.

9. Colenak

Colenak

Image Credit: Mommiesdaily.com

Bila Anda belum pernah mencicipi makanan satu ini, maka tak boleh melewatkannya saat berkunjung ke kota Purwakarta. Makanan khas Sunda ini dibuat dengan bahan yang berasal dari tape singkong dan gula merah. Cara pengolahannya, yaitu tape singkong dibakar hingga menghasilkan aroma bakaran yang sangat khas. Pastikan bakaran ini sempurna dan tape tidak gosong, agar makanan dapat disajikan dengan cantik serta menarik.

Setelah dibakar, Anda bisa menatanya di atas piring dengan beberapa potong tape. Lalu siram hidangan tradisional ini dengan saur gula merah di atasnya. Tak lupa menambahkan kelapa yang telah disangrai sebagai pelengkap hidangan. Cita rasa yang disuguhkan kepada para pengunjung, yaitu manis, legit, dan gurih dari kelapa sangrai. Makanan satu ini mampu menggoyang lidah Anda dan dipastikan ketagihan dengan rasa manisnya.

10. Simping

Simping

Image Credit: Farlys.com

Makanan khas satu ini juga bisa dipakai sebagai oleh oleh untuk kerabat di rumah. Anda tidak akan merasa bosan dengan camilan satu ini karena memiliki tekstur tipis dan renyah. Pilihan rasanya pun bervariasi yang terdiri dari nangka, pandan, stroberi, coklat, durian, jahe, cabai, dan kencur. Selain tersedia dalam beberapa pilihan rasa, jajanan satu ini juga diproduksi dalam beberapa warna yaitu putih, hijau, kuning, dan merah muda.

Bertandang ke Purwakarta tak lengkap bila tidak menjajal makanan khasnya. Anda bisa mencoba beberapa makanan berat yang mampu memuaskan rasa lapar dengan rasa khas Sunda. Tak hanya itu, kuliner tradisional ini juga tak dapat ditemukan di tempat lain. Beberapa pilihan makanan ini tersebar secara merata di salah satu kota kecil di Jawa Barat. Dengan begitu, Anda bisa menemukan hidangan hidangan tersebut secara mudah.