8 Mall di Solo yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Solo

Inilah rekomendasi mall terbaik di Kota Solo. Anda bisa melakukan wisata belanja dan menikmati banyak hiburan lain di mall yang ada di kota Surakarta yang patut disinggahi.

Sebagai salah satu kota besar di Provinsi Jawa Tengah, Solo menjadi salah satu destinasi wisata kuliner dan wisata belanja favorit. Karena kota ini memiliki banyak pusat perbelanjaan yang menyediakan aneka kebutuhan. Mulai dari pusat grosir, pasar, hingga mall dapat Anda temui di sini.

Untuk Anda yang ingin wisata berbelanja, berikut deretan mall terbaik di Kota Solo yang wajib Anda kunjungi. Simak ulasan lengkapnya.

1. Solo Grand Mall

Solo Grand Mall

Image Credit: Wisatasurakarta28.wordpress.com

Solo Grand Mall atau dikenal juga dengan SGM, terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi. Mall yang berdiri sejak tahun 2004 ini memiliki tujuh lantai, dengan area yang cukup luas. Solo Grand Mall termasuk sebagai salah satu pusat perbelanjaan terlengkap dan terbesar di Kota Solo. Di sini, Anda bisa menemukan banyak gerai mulai dari perlengkapan rumah tangga hingga gerai makanan. Ada pula bioskop yang terletak di lantai 4 untuk Anda para pecinta film.

Selain banyaknya gerai yang disediakan, pada loby mall yang luas sering kali diadakan event. Seperti event fashion show, zumba at mall, hingga acara meet and greet. Di Solo Grand Mall juga selalu ada kegiatan untuk merayakan Imlek, Ramadhan, Natal, Valentine, dan hari-hari besar lainnya. Tak ketinggalan juga pesta diskon yang selalu menyertai rangkaian kegiatan tersebut.

Lokasi: Slamet Riyadi St No.273, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

2. Solo Square

Solo Square

Image Credit: Soloevent.id

Masih di sekitar Jalan Brigjend Slamet Riyadi, terdapat mall sejuta umat masyarakat Solo. Mall satu ini memang menjadi mall yang paling sering dikunjungi oleh warga Kota Solo. Wajar saja jika Solo Square selalu ramai, mall ini memang memiliki fasilitas yang sangat banyak. Tempatnya pun terbilang cukup nyaman dan bersih. Selain menyediakan berbagai gerai untuk tempat Anda berbelanja, Anda juga bisa nonton film di Bioskop XXI atau bermain timezone di sini.

Anda yang berjalan-jalan membawa anak kecil, bisa mengajak buah hati Anda berkeliling mall dengan sarana permainan kereta yang tersedia. Sehingga anak-anak Anda tidak bosan, ketika Anda sibuk memilih barang belanjaan. Hal menarik lainnya, Anda bisa lebih berhemat ketika memutuskan makan di Solo Square, pasalnya foodcourt di sini terkenal dengan harganya yang murah.

Lokasi: Slamet Riyadi St No.451-455, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

3. The Park Mall

Image Credit: Theparksolo.com

Bagi Anda yang ingin mencari mall dengan suasana yang berbeda, maka The Park Mall bisa menjadi pilihan yang tepat. Mall satu ini mengusung konsep taman. Anda bisa menemukan banyak sekali tumbuhan yang ditata rapi di berbagai area mall, sehingga menampilkan kesan yang asri serta sejuk. Di zona depan Anda akan disuguhkan taman hijau dengan beberapa kursi dan meja. Biasanya banyak komunitas yang mengadakan acara atau sekedar berkumpul di area ini.

Pusat perbelanjaan yang terdiri dari 3 lantai ini, dilengkapi dengan banyak hiburan seru. Di antaranya yaitu Cinema XXI untuk Anda yang ingin menonton film. Kemudian Inul Vizta untuk Anda yang ingin karaoke bersama teman atau keluarga. Ada juga Fun World, yang dilengkapi dengan banyak permainan. Tak hanya itu Anda juga akan dimanjakan dengan foodcourtnya, bagi Anda yang ingin kulineran.

Banyak sekali ragam makanan yang ditawarkan di foodcourt plaza tersebut. Mulai dari Asia Waffle, Ayam Goreng Mulyani, Gudeg Warung Yodiga, Pawon Mami, Diamond Dimsum, Hoshi Shabu, Kedai Jawi, Gin’s Ramen, Bebek Nyah Ndut, dan masih banyak lagi. Beragam gerai terkenal pun tak luput disuguhkan mall satu ini, seperti H&M, Metro, Zara, Lottemart, serta Starbucks.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno, Dusun II, Madegondo, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

4. Paragon Mall

Paragon Mall

Image Credit: Soloevent.id

Daftar pusat perbelanjaan selanjutnya yang wajib Anda kunjungi, yaitu Paragon Mall. Plaza yang terletak di jalan Yosodipuro ini, biasa menjadi tempat nongkrong para kawula muda Kota Solo. Karena banyak sekali kebutuhan untuk kecantikan kulit serta baju yang bisa didatangi di lantai GF, mulai dari The Face Shop hingga Centro Department Store. Selain itu, Solo Paragon Mall juga menyediakan banyak sekali gerai kuliner yang harus Anda cicipi.

Kuliner terkenal yang bisa Anda coba di Paragon Mall, antara lain Pempek Nyonya Kamto, Panties Pizza, Kimukatsu, Yoshinoya, KFC, Burger King, Hokben, dan masih banyak lainnya yang juga cukup terkenal. Tak hanya kuliner dan kebutuhan kecantikan yang begitu banyak, Paragon Mall juga menyuguhkan beberapa tempat hiburan seperti Cinema XXI, Gramedia, hingga Inbox Studio.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Semarang Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Yosodipuro No.133, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

5. Transmart Solo

Image Credit: Asedino.com

Pada tahun 2017 lalu, di Kawasan kampus UMS telah hadir dan dibuka Transmart Pabelan Sukoharjo Solo. PT Trans Retail Indonesia menghadirkan konsep 4 in 1 untuk Mall satu ini. Yaitu, berbelanja, bermain, bersantap, dan menonton. Gerai yang dihadirkan di dalamnya pun cukup banyak, yaknik mencapai sekitar 30 gerai yang semuanya juga cukup terkenal di Indonesia.

Yang menyenangkan lagi dari mall satu ini yaitu, biasanya Transmart Solo mengadakan Program Hepi Hepi. Dimana program ini akan memberi diskon besar-besaran untuk berbagai produknya. Ditambah lagi tatanan produk atau gerainya yang diletakkan sesuai dengan jenisnya akan memudahkan Anda untuk mencari barang yang Anda butuhkan.

Di lantai satu mall, adalah kawasan fresh market, bread shop, dan kosmetik. Tempat ini adalah area favorit bagi para wanita Kota Solo. Selanjutnya di lantai dua terdapat supermarket yang berisi kebutuhan sehari-sehari serta peralatan rumah tangga. Kemudian di lantai tiga adalah trans studio mini, yang berisi beberapa wahana permainan seru. Terakhir, di lantai empat Anda akan menemukan CGV Cinemas yang menayangkan film-film terkini.

Lokasi: Jl. A. Yani No.234, Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

6. Hartono Mall Solo

Hartono Mall Solo

Image Credit: Soloevent.id

Di Jalan Ir. Soekarno, Anda bisa menemukan pusat perbelanjaan bernama Hartono Mall Solo. Mall satu ini dilengkapi dengan outlet yang cukup banyak. Mulai dari perlengkapan olahraga seperti Sports Station, gerai pakaian seperti Poshboy dan Cardinal, hingga gerai sepatu Buccheri dan Fladeo. Bahkan, di dalam area mall juga ada tempat bermain go kart bernama Lamtoro Go Kart.

Setelah puas berbelanja, Anda bisa memilih berbagai macam tempat makan yang tersedia. Mulai dari makanan tradisional khas nusantara, makanan Jepang, hingga western pun bisa Anda temukan. Tak hanya gerai makanan berat, Anda yang hanya ingin sekedar membeli camilan pun bisa. Terdapat beberapa gerai camilan yang cukup terkenal di sini, seperti Brownies Kukus Amanda, Breadtalk, Asia Waffle, dan Hawaiian Crepes.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Solo Paling Hits

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno, Dusun II, Madegondo, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

7. Beteng Trade Center

Image Credit: Facebook.com @Beteng TRADE Center

Anda ingin berbelanja batik berkualitas di Kota Solo? Maka mampirlah ke Beteng Trade Center. Plaza yang terletak di kawasan Pasar Kliwon ini mempunyai banyak sekali batik berkualitas. Anda bisa menemukan beragam jenis batik, mulai dari kain, blus, kemeja, rok, hingga celana di sini. Harganya pun cukup murah, bila dibandingkan dengan kualitasnya yang baik. Tak hanya batik, Beteng Trade Center juga menjual aneka produk lain seperti tas, aksesori, dan aneka busana.

Setiap harinya, pusat perbelanjaan ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Dari sejak buka di pagi hari, pengunjung pun sudah mulai berdatangan. Khususnya saat akhir pekan dan hari libur, mall ini begitu ramai pembeli. Bahkan, tidak sedikit pula pengunjung yang bukan merupakan warga setempat. Banyak para pelancong yang singgah ke plaza ini untuk membeli batik sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

8. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tempat terakhir yang bisa Anda kunjungi saat ingin berbelanja di Kota Solo, yaitu Pusat Grosir Solo. Sesuai dengan namanya, tempat satu ini cocok untuk Anda yang ingin berbelanja produk fashion secara grosir. Mengingat harganya yang cukup murah, tak heran apabila pengunjung membludak setiap harinya mengunjungi tempat satu ini. Dari data yang didapat, pada akhir pekan atau hari libur jumlah pengunjung bisa mencapai sekitar 20 ribu orang.

Tak hanya menyediakan berbagai macam produk fashion dengan harga yang terjangkau. Pusat perbelanjaan yang memiliki 5 lantai ini, juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendudukung demi kenyamanan Anda berbelanja. Beberapa di antaranya adalah lift, eskalator, bagian customer service, area parkir yang cukup luas, dan cctv 24 jam.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Mall memang tidak hanya dijadikan tempat untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan. Hadirnya mall juga bisa menjadi destinasi refreshing liburan terdekat. Sekedar berjalan-jalan dan nonton film atau kulineran juga merupakan refreshing penghilang penat. Di Solo, terdapat beberapa mall yang memiliki berbagai macam gerai dan fasilitas pendukung yang memadai. Setelah mengintip ulasan ini, adakah mall yang ingin Anda kunjungi?