16 Minuman & Makanan Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Jepara

Saat mengunjungi sebuah daerah baru yang ada di Indonesia, pastinya Anda akan tertarik untuk mencoba makanan dan minuman khas yang ditawarkan oleh daerah tersebut. Hal ini berlaku pula jika Anda ingin berkunjung ke Jepara, yang merupakan kota kelahiran dari R.A. Kartini. Selain memiliki kerajinan yang melimpah, kota Jepara pun terkenal dengan berbagai makanan dan minuman khas yang bisa Anda cicipi. Berikut simak ulasannya.

1. Es Rumput Laut

Es Rumput Laut

Image Credit by Review.bukalapak.com

Minuman khas Jepara yang menyegarkan dan bisa untuk Anda coba ketika berada di kota ini adalah es rumput laut. Jika Anda sedang berada di daerah pesisir pantai sekitar Jepara ini, maka Anda pun akan dengan mudah untuk menemukan pedagang yang menjajakan es rumput laut yang manis dan juga menyegarkan ini. Untuk campurannya sendiri yakni terdiri dari rumput laut, sirup dan juga santan yang sangat khas. Sehingga minuman ini akan menyegarkan tenggorokan anda.

2. Adon-Adon Coro

Adon-Adon Coro

Image Credit by Cookpad.com

Bagi Anda yang sedang mencari minuman yang hangat di daerah Jepara ini, maka Anda pun bisa mencoba salah satu minuman asli Jepara ini. Minuman tersebut adalah adon-adon coro yang mirip seperti wedang. Minuman ini biasanya terdiri dari campuran jahe, merica bubuk, gula merah, kayu manis, lengkuas dan juga santan.  Sehingga jika Anda sedang kedinginan maka minuman satu ini pun akan sangat cocok untuk menghangatkan badan anda.

3. Es Dawet

Es Dawet

Image Credit by Detik.com

Es dawet Jepara merupakan minuman yang telah tersohor hingga ke seluruh nusantara. Untuk itu, ketika Anda sedang berkunjung kesini maka Anda bisa untuk menyempatkan mengonsumsi minuman satu ini langsung dari tempat asalnya. Segelas es yang berisikan cendol yang disiram dengan kuah santan dan gula merah ini akan menimbulkan cita rasa yang manis. Selain itu, minuman ini pun akan sangat pas untuk dikonsumsi saat sedang dingin.

4. Es Gempol Plered

Es Gempol Plered

Image Credit by Indonesiakaya.com

Minuman satu ini mungkin hanya akan temui jika Anda sedang berada di kota Jepara. Untuk itu, ketika Anda sedang berlibut ke kota ini tak ada salahnya untuk mencoba minuman khas satu ini. Es satu ini memang sangat cocok untuk dihidangkan ketika dengan dingin. Pasalnya minuman ini pun akan sangat pas sebagai minuman unutk pelepas dahaga ketika udara sedang panas.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk penyajiannya sendiri, biasanya es gempol plered ini terdiri dari gempol. Gempol sendiri merupakan bola-bola yang terbuat dari adonan tepung beras. Gempol tersebut kenmudian diguyur dengan kuah santan, sirup dan juga es batu. Sehingga minuman ini akan sangat menyegarkan tubuh Anda jika dikonsumsi saat siang hari.

5. Kopi Tempur

Kopi Tempur

Image Credit by Blanja.com

Bagi Anda yang sedang berada di Jepara, maka Anda pun waijb untuk membeli dan mencoba kopi khas dari kota ini. Kopi ini dinamakan dengan kopi temput dikarenakan berasal dari daerah desa Tempur sehingga dinamakan demikian. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencobanya, tak ada salahnya untuk menikmati minuman ini dalam keadaan hangat dan cuaca yang dingin.

6. Sambal Samtis

Sambal Samtis

Image Credit by Putratravel.net

Nama samtis sendiri merupakan sebuah singkatan dari sambal dan petis. Untuk itu, bagi Anda yang penyuka pedas maka sebaiknya Anda mencoba untuk mengonsumsi sambal satu ini. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal tersebut adalah udang dikarenakan Jepara merupakan salah satu daerah yang dikenal memiliki sumber udang yang melimpah. Sambal samtis ini pun akan sanga cocok untuk Anda nikmati sebagai pendamping nasi putih hangat.

7. Kuluban

Kuluban

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Makanan satu ini sering kali disebut sebagai saladnya orang Jepara. Anda pun akan sangat mudah untuk menemukan kuliner satu ini karena banyak pedagang yang masih menjajakannya di psar-pasar tradisional. Untuk sayur yang terdapaat pada kuluban tersebut biasanya terdiri dari nangka muda, kacang panjang, tauge, daun kacang panjang dan juga pete.

8. Horok-Hork

Horok-Hork

Image Credit by Ksmtour.com

Jika Anda sedang berwisata ke Jepara, ada baiknya Anda mencoba kuliner satu ini. Makanan yang terbuat dari bahan utama yakni tepung pohon aren ini akan tidak mudah untuk Anda jumpai di tempat lain. Untuk itu, Anda pun bisa mencobanya ketika sednag berada disini. Biasanya, horok-horok ini akan disantap bersama dengan soto, gulai dan juga kikil ataupun bakso.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Terhits Dikunjungi

9. Singit

Singit

Image Credit by Inibaru.id

Singit merupakan salah satu olahan daging yang terkenal di daerah Jepara. Untuk bahan utamanya sendiri, biasanya singit akan menggunakan daging engkel yang merupakan bagian atas dari kaki sapi. Untuk bumbunya sendiri, Anda bisa mencampurnya dengan santan, kecap manis dan bumbu lain yang akan menambah selera makan anda.

10. Soto Jepara

Soto Jepara

Image Credit by Lagimakan.com

Kuliner soto ini biasanya akan mudah untuk Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia. Untuk soto jepara sendiri, di dalam soto ini terdapat kucai dimana tidak akan Anda jumpai di daerah lain. Kucai sendiri merupakan tumbuhan yang dikenal sebagai sayuran daun dan mirip dengan daun bawang. Untuk itu, Anda pun bisa mencoba kuliner satu ini ketika sedang berada di kota Jepara.

11. Tempong atau Blenyik

Tempong atau Blenyik

Image Credit by Wikipedia.org

Kuliner satu ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kumpulan ikan teri kecil. Orang-orang pun juga kerap kali menyebut makanan satu ini dengan nama blenyik. Untuk bentuknya sendiri, biasanya Anda akan menemukan bentuk dari tempong ini mirip dengan bakwan dan akan cocok untuk Anda nikmati dengan sepiring nasi hangat. Tempong sendiri mempunyai rasa yang asin nan gurih sehingga akan menambah selera makan anda.

12. Sop Udang Jepara

Sop Udang Jepara

Image Credit by Resepkoki.id

Karena dikenal sebagai penghasil udang yang melimpah, maka makanan dengan bahan udang pun akan sangat banyak Anda temukan di daerah ini. Sop satu ini pun berisikan udang goreng dan cabe yang telah ditumbuk. Setelah itu, disiram dengan kuah kaldu udang yang akan menyajikan perpaduan antara udang dan kuah yang akan menghasilkan rasa yang sangat lezat.

13. Pindang Serani

Pindang Serani

Image Credit by Inibaru.id

Makanan satu ini merupakan salah satu kuliner khas yang memiliki bentuk serupa dengan sup ikan laut. Yang membuat beda dari sajian pindang serani dengan kuliner pindang yang lain adalah kuahnya yang memiliki warna bening dan tidak mengandung kecap. Sehingga makanan ini pun akan sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai menu makan siang. Dengan perpaduan rasa asam, pedas dan asin akan membuat kuliner satu ini bisa menggugah selera makan anda.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kudus yang Wajib Anda Bawa Pulang

14. Opor Panggang

Opor Panggang

Image Credit by Putratravel.net

Ketika Anda sedang berada di Jepara, pastikan Anda untuk mencoba kuliner khas satu ini. Opor panggang ini pun terlihat berbeda dengan opor yang biasanya Anda nikmati saat momen lebaran. Yang membedakan makanan satu ini dengan opor pada umumnya adalah pengolahannya yakni dengan dibakar menggunakan paso. Paso sendiri merupakan tempat dengan bentuk bak yang biasanya terbuat dari tanah liat.

15. Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk

Image Credit by Inibaru.id

Kuliner satu ini pun bisa Anda nikmati ketika sedang bingung dalam mencari menu makan siang. Pasalnya nama yang unik ini, diambil dari kata ngrubyuk yang memiliki arti yakni melewati genangan air. Untuk itu, tak heran jika dalam penyajian dari lontong krubyuk ini sendiri disajikan dengan kuah yang sangat banyak.

Selain itu, yang membedakan menu satu ini dengan menu lontong uyang lain adalah terdapat pada suwiran daging ayam semur yang kemudian disiram dengan kuah bakso. Sehingga hal ini pun akan menambah kenikmatan tersendiri dari sajian lontong satu ini. Tak lupa bahan pelengkap yakni kecap dan bawang goreng juga akan menambah kelezatan dari lontong ini.

16. Bongko Mento

Bongko Mento

Image Credit by Suara.com

Makanan khas lain dari Jepara yang wajib untuk Anda coba adalah bongko mento. Kuliner satu ini pun dikenal sebagai salah satu makanan yang menjadi favorit bagi keraton Jepara. Ada berbagai macam isian dari kuliner satu ini, diantaranya adalah suwiran ayam dan juga jamur kuping yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Makanan ini pun akan sangat mudah untuk Anda temukan di dalam berbagai jamuan di daerah Jepara, mulai dari acara keluarga hingga arisan

Itulah beberapa kuliner khas dari Jepara yang bisa untuk Anda konsumsi ketika sedang berada di kota ini. Untuk itu, Anda pun tidak bisa melewatkan beberapa kuliner lezat tersebut. Sehingga nantinya Anda juga bisa mencoba dan mencicipi makanan yang tidak terdapat di daerah lain tersebut.