20 Minuman & Makanan Khas Madiun yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Madiun

Makanan dan minuman khas Madiun terkenal memiliki citarasa yang nikmat. Selain itu, kuliner Kota Gadis ini pun sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh dan layak untuk dicoba.

Madiun merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi wisata, dimana dapat Anda jadikan sebagai destinasi wisata. Bukan hanya tempat wisatanya saja yang menarik, namun juga terdapat berbagai sajian kuliner yang tak kalah lezatnya.

Ketika Anda berlibur ke kota gadis ini, tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kulinernya. Berikut rekomendasi sajian khas dari Kota Madiun yang wajib Anda coba.

1. Brem

Brem

Image Credit: Bobo.grid.id

Brem merupakan makanan hasil dari fermentasi ketan hitam yang hanya diambil sarinya saja dan kemudian diendapkan selama semalaman. Bentuk dari makanan ini persegi dan memiliki tektur yang lembut dan sedikit rapuh. Saat ini brem telah memiliki beragam varian rasa yang dapat Anda coba, mulai dari coklat, keju, dan stroberi. Tidak heran apabila banyak yang menyukai jajanan satu ini.

2. Bluder Cokro

Bluder Cokro

Image Credit: Kompas.com

Bluder cokro merupakan makanan yang sangat populer dan sering dijadikan sebagai buah tangan ketika usai berlibur di Madiun. Roti satu ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak 19 Agustus 1889. Awalnya beliau hanya mendapat resep ini dari orang BelAnda dan dibuat hanya untuk kerabat kerabatnya saja. Hingga pada akhirnya, roti ini dapat berkembang sampai sekarang dan menjadi oleh oleh wajib.

3. Kue Manco

Image Credit: Topijelajah.com

Manco adalah jajanan khas kota gadis yang berbahan dasar dari ketan. Jajanan ini merupakan warisan dari nenek moyang dan mitosnya tidak dapat dibuat di daerah lain kecuali desa asalnya, yaitu Desa Tambak Mas. Pasalnya, hanya manco buatan Desa Tambak Mas inilah yang jika digigit akan membentuk rongga didalamnya. Kue satu ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Harganya juga sangat murah.

4. Madumongso

Image Credit: Makanandaerahindonesia.blogspot.com

Madumongso merupakan salah satu jajanan khas yang sangat populer dan banyak digemari berbagai kalangan. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape dengan melalui proses fermentasi. Selanjutnya, dimasak dicampur dengan gula dan santan sampai menyerupai dodol. Pengemasannya pun unik, biasanya dibungkus dengan kertas warna warni.

5. Kue Semprong

Kue Semprong

Image Credit: Idntimes.com

Jajanan satu ini terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah, dan juga kelapa yang diolah sedemikian rupa hingga dapat menghasilkan kue yang bernama semprong. Rasa makanan ini sangat gurih dan renyah mirip dengan eggroll. Kue ini dapat bertahan hingga 8 bulan lamanya apabila dikemas dalam tempat yang tertutup rapi dan tidak berjamur. Oleh sebab itu, kue ini cocok dijadikan oleh oleh.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Jember Paling Enak & Murah

6. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Image Credit: Madiun-keren.blogspot.com

Olahan lain yang menjadi makanan khas dari kota gadis ini adalah kripik tempe. Berbahan dasar tempe, makanan ini telah dibuat sejak turun temurun mulai dari puluhan tahun yang lalu. Kripik tempe di sini memiliki berbagai macam rasa yang dapat Anda cicipi. Jajanan ini dapat dijadikan salah satu alternatif buah tangan untuk Anda yang sedang berkunjung dan bermain ke Kota Madiun.

7. Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun

Image Credit: Tripzilla.id

Nasi pecel merupakan satu dari sekian banyak sajian khas Madiun yang populer. Hampir di setiap kota yang ada di Jawa Timur mempunyai varian pecel yang sesuai dengan daerahnya masing masing. Namun, pecel yang ada di Madiun sedikit berbeda dengan pecel yang ada di daerah lain karena adanya kembang turi dan lempeng. Untuk penyajiannya, biasanya menggunakan pincuk dan dengan lauk tambahan seperti empal dan jerohan.

8. Mimosa Lemon

Mimosa Lemon

Image Credit: Serba-serbimadiun.blogspot.com

Minuman khas kota gadis yang memiliki rasa menyegarkan dan sangat terkenal pada zamannya adalah mimosa lemon. Rasa dari minuman ini sangat segar dan memiliki aroma yang sangat khas. Satu botolnya dibandrol dengan harga yang ramah dikantong. Sirup mimosa lemon lebih enak apabila disajikan dengan campuran biji selasih dan air es. Minuman ini sangat cocok diminum ketika siang hari.

9. Sambel Pecel

Sambel Pecel

Image Credit: Cookpad.com

Kota Madiun sangat terkenal dengan pecelnya terutama pada sambal pecelnya. Sebenarnya hampir di setiap daerah menjual nasi pecel, namun pecel yang ada di sini berbeda dengan lainnya dari segi rasa dan sensasinya. Setiap pembuat bumbu sambel pecel ini memiliki rahasianya masing masing sehingga rasanya menjadi lebih nikmat. Saat berkunjung ke kota ini, bumbu sambal pecel jangan sampai terlewatkan untuk dicicipi.

10. Pentol Corah

Pentol Corah

Image Credit: Solopos.com

Jajanan ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan tepung kanji. Pentol corah ini dapat Anda jumpai dengan mudah di sekitar kota Madiun. Selain itu, jajanan khas ini juga dijual dalam bentuk bahan bakunya atau frozen food. Sehingga dapat Anda bawa sebagai bentuk oleh oleh dan tentunya makanan ini dapat bertahan selama beberapa hari. Ketika menyantap makanan ini, Anda juga akan ditemani oleh saus yang pedas.

BACA JUGA:  12 Minuman & Makanan Khas Kediri yang Wajib Anda Coba

11. Lento Madiun

Lento Madiun

Image Credit: Cookpad.com

Selanjutnya ada lento khas Madiun. Lento ini terbuat dari singkong yang diserut kasar dan dicampur dengan tempe basi dan berbagai bumbu dasar lainnya. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal mencampurkan berbagai bahan yang diperlukan lalu membentuklah adonan tersebut hingga bulat kemudian goreng hingga matang. Anda dapat membawanya sebagai oleh oleh yang pas

12. Soto Madiun

Image Credit: Masakan-madiun.blogspot.com

Makanan khas Kota Madiun ini dapat Anda temukan di sebuah warung soto sederhana yang berada di sekitar Hotel Kartika Abadi. Soto khas du kota ini yang sangat ramai adalah Soto Ayam Kampung Pak Sutopo. Terkenal dengan rasanya yang gurih dan nikmat membuat para wisatawan tertarik untuk mencicipinya. Satu porsi biasanya berisi soto ayam dan nasi yang ditemani gorengan.

13. Rujak Petis

Rujak Petis

Image Credit: Mysweetescapediary.com

Petis memang bumbu khas dari Jawa Timur, termasuk Madiun. Ketika Anda berada di kota gadis ini, bumbu petis digunakan sebagai pendamping rujak. Walaupun biasanya rujak ditemani dengan bumbu kacang dan gula jawa, namun berbeda dengan rujak yang ada di Madiun. Bumbu petis ini menggunakan bahan petis udang, cabai, gula, kacang tanah goreng, dan pisang muda.

14. Dawet Suronatan

Dawet Suronatan

Image Credit: Detik.com

Salah satu minuman khas Madiun yakni dawet suronatan. Dawet ini mempunyai presentasi yang lumayan unik. Minuman ini disajikan dengan mangkuk yang berukuran kecil. Di dalam mangkuk ini berisi cendol, bubur ketan hitam, bubur sumsum, dan tapai sebagai campuran yang sangat lezat. Minuman khas ini sangat cocok untuk diminum ketika siang hari yang panas di kota Madiun.

15. Lontong Tahu Telor

Lontong Tahu Telor

Image Credit: Cookpad.com

Lontong tahu telur atau yang biasa disebut dengan tahu panggung ini, merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas Madiun. Rasa khas dari makanan ini terletak pada bumbu kacangnya yang nikmat dan dipadukan dengan tahu telur serta lontongnya. Setiap satu porsi lontong tahu telur ini diberikan taburan bawang goreng serta daun bawang.

BACA JUGA:  10 Mall di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi

16. Sate Ayam Ngepos

Sate Ayam Ngepos

Image Credit: Tempatwisataindonesia.id

Di setiap sudut kota Madiun terdapat berbagai pedagang kaki lima yang menjual sate ayam ngepos. Rasa yang ditawarkan hampir mirip mirip dan tentunya enak. Di sini tersedia beberapa pilihan sate mulai dari kulit, jeroan, hingga daging. Saat memakan sate ayam ini ditemani dengan lontong dan bumbu kacang yang dapat membuat Anda merasa tertarik untuk mencobanya kembali.

17. Kerupuk Puli

Kerupuk Puli

Image Credit: Tokopedia.com (taman_AE)

Krupuk puli atau yang biasa disebut dengan lempeng puli adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar nasi yang digepengkan kemudian dijemur hingga kering. Selain itu, krupuk puli biasa dibuat dengan menggunakan pengawet berwarna kuning, biasa disebut bleng. Untuk mengetahui ciri ciri krupuk puli yang baik adalah krupuk yang mudah pecah dan lebih cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng.

18. Sego Jotos

Sego Jotos

Image Credit: Solopos.com

Nasi jotos atau sego jotos ini, sekilas penyajiannya mirip dengan nasi kucing. Satu porsi nasi jotos berisi nasi dengan lauk pauk yang lengkap misalnya tempe, tahu, telur, dan tidak lupa terdapat sambal yang akan menemani makanan anda. Ketika Anda berkunjung ke kota ini, pastikan Anda mencoba dan mencicipi sego jotos ini. Anda dapat menemukan jajanan khas Madiun ini dengan mudah.

19. Ayam Panggang Madiun

Ayam Panggang Madiun

Image Credit: Idntimes.com

Apabila Anda ingin mencoba ayam panggang ini, cobalah pegi ke Desa Gandu. Daerah ini menjadi tempat pusat ayam panggang khas Madiun. Tidak hanya dinikmati di tempat, tetapi ayam panggang ini dapat Anda jadikan oleh oleh. Rasa yang ditawarkan sangat gurih dengan bumbu yang disajikan sangat enak. Jangan lupa untuk mampir ke desa ini agar dapat mencicipi ayamnya.

20. Wedang Cemue

Wedang Cemue

Image Credit: Menolakkegagalan.blogspot.com

Wedang cemoe adalah wedang yang disajikan dalam keadaan hangat. Dimana didalamnya berisi sentan kelapa, kacang tanah, dan beberapa potongan roti tawar. Rasanya menampilkan perpaduan yang manis dan hangat. Wedang cemoe ini sangat cocok untuk Anda santap ketika malam hari. Karena disajikan dalam keadaan hangat tentu akan nikmat sembari ditemani angin yang dingin

Makanan khas Madiun memang sangat beragam dan memiliki cita rasa yang juara. Terbukti dengan banyaknya sajian makanan berat maupun makanan ringan yang dimiliki oleh Kota Gadis ini. Dari sekian banyaknya pilihan kuliner yang ada, apakah Anda sudah menemukan makanan mana dulu yang akan dicicipi dan dijadikan oleh-oleh?