Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Wisata Panorama Petung Sewu merupakan lokasi liburan terbaru di Mojokerto, Jawa Timur yang kian hits. Tempat wisata andalan ini terbilang cukup unik karena berada di kaki Gunung Arjuno yang lebih tepatnya ada di wilayah Taman Hutan Raya Raden Serjo. Pemandangan yang tersuguhkan di tempat tersebut betul-betul memanjakan mata.

Wisata Panorama Petung Sewu atau yang biasanya disingkat dengan WPPS ini menawarkan pesona alamnya yang memukau dengan mempunyai banyak spot selfie yang sangat instagramable. Oleh karena itu, wisata tersebut pastinya sangat sayang jika tidak ingin Anda kunjungi bersama teman maupun kerabat.

Kehadiran objek wisata ini tentu saja mampu menambah destinasi yang ada di Mojokerto. Destinasi wisata ersebut memang tengah ramai diperbincangkan, terutama bagi warga Mojokerto dan juga sekitarnya. Tak heran apabila banyak yang merekomendasikan tempat tersebut untuk mengisi masa liburan.

Daya Tarik Wisata Panorama Petung Sewu

Daya Tarik Panorama Petung Sewu
Image Credit: Google Maps Nanang Andriyanto

1. Menyuguhkan Pemandangan Alam yang Mempesona

Daya tarik yang utama dan menjadikan Wisata Panorama Petung Sewu di Kecamatan Pacet ini selalu ramai pengunjung adalah tempatnya mempunyai pemandangan alam yang mempesona. Apalagi, memang mengingat bahwa lokasinya ada pada dataran tinggi yaitu lereng Gunung Arjuno.

Tentu saja pengunjung akan sangat dimanjakan oleh panorama alam yang begitu indah. Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan oleh keindahan alam yang berupa Gunung Welirang serta air terjun sampai panorama hutan bambu yang bagus dan unik. Bila Anda adalah penyuka alam, maka tempat ini tak akan pernah mengecewakan.

2. Menawarkan Berbagai Spot Foto yang Cantik

Mempunyai latar belakang berupa alam yang sangat indah, tempat tersebut pun menyuguhkan beragam spot berfoto yang sangat instagramable dan cukup pas untuk Anda mengabadikan setiap momen liburan.

Pihak pengelola di Wisata Panorama Petung Sewu memang sangat niat dan totalitas dalam menyediakan berbagai spot foto. Berbagai spot foto yang ada di Petung Sewu adalah spot Rumah Kayu, Kapal, Jembatan, Gardu Pandang yang bentuknya segi enam, dan masih banyak yang lainnya.

Gardu Pandang dan Rumah Kayu menjadi dua spot foto yang kerap dipilih oleh banyak pengunjung. Beragam spot berfoto tersebut akan berhasil membuat foto Anda tampak sangat bagus. Bagi Anda yang hobi melakukan selfie ataupun fotografi, maka dijamin akan puas menyalurkan hobi tersebut di tempat ini.

Oleh karena itu, membawa kamera atau smartphone seakan menjadi kewajiban setiap pengunjung untuk bisa mengambil gambar. Buatlah pose-pose yang unik supaya hasil foto pun tampak semakin menarik.

3. Suasana Asri & Udara yang Segar

Suasana asri dan juga udara yang segar di Wisata Panorama Petung Sewu memang tak dapat lagi diragukan, dikarenakan lokasinya memang berada di daerah ketinggian. Dengan begitu, Anda benar-benar akan dibuat kagum saat pertama kali datang ke tempat wisata yang cukup terkenal ini. Tubuh seketika akan rileks dan fresh jika sudah merasakan nyamannya berada di sana.

Pikiran pun semakin jernih dan beban seakan langsung lenyap. Pengunjung yang datang ke tempat ini memang kebanyakan karena tertarik dengan suasana yang ditawarkan Petung Sewu. Bagi Anda yang merupakan masyarakat di perkotaan yang padat, maka jangan sampai tidak mencoba untuk berkunjung ke destinasi wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Petung Sewu
Image Credit: Google Maps Achmad

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Wisata Panorama Petung Sewu tersebut berlokasikan di area Konservasi Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Kawasannya ada di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Untuk rute perjalanan menuju ke tempat tersebut tidak terlalu bagus.

Jika hendak berkunjung, Anda membutuhkan waktu perjalanan kisaran 21 menit saja dari arah lokasi bundaran Pacet. Sementara, dari arah pusat perkotaan Mojokerto, maka lokasi ke WPPS ini dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 42 menit dan harus menempuh jarak hingga 23 km.

Anda diharapkan untuk selalu hati-hati ketika menuju ke lokasi tempat wisata ini, sebab akses jalan masih curam sekali, menajak, dan berliku. Selain itu, pastikan pula bahwa kondisi kendaraan yang Anda kendarai dalam keadaan yang baik.

Agar memudahkan Anda untuk mengetahui rute perjalanan, maka merupakan pilihan yang tepat untuk membuka Googel Maps. Bila memang diperlukan, Anda pun dapat bertanya rute kepada masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk Wisata Panorama Petung Sewu

Harga Tiket Masuk Panorama Petung Sewu
Image Credit: Google Maps Tri Nurul Utami

Setelah tahu lokasi serta rutenya, berikutnya Anda juga perlu untuk mencari tahu mengenai harga tiket memasuki kawasan Wisata Panorama Petung Sewu. Nah, untuk Anda yang hendak menghabiskan liburannya di sana tetapi minim dana, maka tidak perlu pusing. Hal itu dikarenakan harga tiket masuk (HTM) ke Petung Sewu ini tergolong begitu terjangkau.

Untuk dapat menikmati pesona dari tempat wisata ini, maka pengunjung hanya akan diharuskan membayar biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah saja. Dengan biaya tiket masuk yang murah sekali ini, pengunjung telah dapat menikmati secara bebas spot mana sajakah yang ada di sana.

Selain bayar tiket masuk wisata, setiap pengunjung pun akan dikenai biaya tambahan bila membawa kendaraan. Untuk tarif parkir per kendaraan, maka pengunjung akan diminta untuk membayar kurang lebih 3 ribu rupiah. Hal ini pastinya sangat ramah untuk kantong setiap pengunjung.

Nah, bagi pengunjung yang belum tahu, tempat wisata ini dibuka setiap hari, tepatnya mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Bila Anda ingin bisa menikmati keindahan malam hari di kawasan wisata ini, maka sebaiknya untuk sewa fasilitas kemah yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Kegiatan yang Menarik di Panorama Petung Sewu

Kegiatan Menarik Panorama Petung Sewu
Image Credit: Google Maps exco batoe

1. Kemah atau Camping

Kegiatan yang paling utama ditawarkan oleh Wisata Panorama Petung Sewu yaitu kesempatan bagi setiap pengunjung berkemah serta menyaksikan keindahan alam yang ada di sana. Kegiatan kemah ini tentu saja merupakan salah satu hal wajib bagi Anda yang memilih menghabiskan liburannya di tempat cantik ini.

Tak perlu bingung bila tak membawa peralatan kemah, sebab pihak pengelola wisatanya telah menyediakan. Bila hendak melakukan kegiatan camping di lokasi ini, sebaiknya Anda ajak banyak orang seperti teman atau saudara supaya tidak merasa kesepian. Jika hari sudah mulai gelap, jangan lupa untuk menyalakan api unggun sebagai penerang sekaligus penghangat tubuh.

2. Bersantai Menikmati Keindahan Petung Sewu

Sebelum pengunjung memutuskan untuk menuju ke kawasan Wisata Panorama Petung Sewu, ada baiknya memperhatikan kondisi cuacanya. Perhatikan seluruh aturan yang berlaku serta siapkan kondisi fisik yang prima.

Walaupun perjalanan menuju ke Petung Sewu cukup menguras tenaga, namun Anda tetap akan tersenyum ketika menyaksikan keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Dengan kata lain bahwa rute yang terjal akan terbayar dengan lunas.

Kegiatan Menarik di Panorama Petung Sewu
Image Credit: Google Maps Aileen Feileen

3. Menikmati Pesona Sunrise & Sunset

Bagi pengunjung yang berkemah di tempat wisata hits tersebut, maka akan berkesempatan untuk memperoleh kenikmatan lainnya yang berupa memandangi sunrise atau matahari terbit yang menawan. Tentu saja Anda sudah seharusnya siap dengan kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen yang cukup langka semacam ini.

Kemudian, di Wisata Panorama Petung Sewu pun menyuguhkan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sungguh memukau. Pemandangan sunset ini semakin melengkapi keindahan yang disajikan oleh Petung Sewu.

4. Piknik di Panorama Petung Sewu

Bila Anda bingung ingin melakukan kegiatan apa, maka piknik merupakan alternatif terbaik. Kegiatan ini begitu cocok bagi pengunjung yang tidak ingin banyak bergerak ataupun menguras tenaga. Gelar tikar atau alas duduk dan bawakan perbekalan makanan agar tidak membosankan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Panorama Petung Sewu
Image Credit: Google Maps Iyoss Wazzo

Tak kalah dengan sejumlah objek wisata populer di Mojokerto yang lain, fasilitas yang ada di Wisata Panorama Petung Sewu ini dapat dikatakan lengkap atau memadai. Seluruh pengunjung tak harus khawatir lagi sebab pengelola wisata ini telah membuatkan toilet serta mushola yang layak. Pasalnya, kedua fasilitas ini yang sering dibutuhkan oleh kebanyakan pengunjung.

Di dalam mushola pun telah disediakan mukena dan juga sajadah, sehingga Anda yang tidak membawa peralatan beribadah tetap dapat melakukan ibadah. Ada pula fasilitas seperti tenda dan hammock bagi Anda yang ingin sekedar bersantai ataupun berkemah. Dengan begitu, Anda tak perlu berat-berat membawanya dari rumah.

Tidak lupa pula dengan fasilitas parkir yang pastinya sangat dibutuhkan bagi pengunjung yang membawa kendaraannya. Selain itu, sudah disediakan beberapa gazebo yang sangat nyaman untuk beristirahat dan menikmati pemandangan di sana. Semua fasilitas tersebut tentu saja bertujuan agar seluruh pengunjung tidak kecewa ketika berlibur di WPPS ini.

Itulah informasi lengkap terkait Wisata Panorama Petung Sewu yang berada di Pacet, Mojokerto. Setelah mengetahui lebih dalam mengenai tempat wisata yang cukup hits tersebut, sudah sewajarnya bila Anda tergiur untuk mengunjunginya. Tempat wisata ini akan siap membuat momen liburan Anda semakin seru dan tidak terlupakan.