Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat mempunyai potensi wisata yang cukup banyak dan tentu menawarkan keindahan tersendiri. Pantai Balongan Indah menjadi salah satu destinasi wisata di Indramayu yang menarik perhatian. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam yang beragam mulai dari hamparan pasir, bukit, air laut. Hal tersebut membuat traveller merasa nyaman selama bersantai.

Pantai Balongan menjadi rekomendasi tempat berlibur karena sering dipadati tamu dari berbagai penjuru. Bahkan turis mancanegara sudah tidak sedikit yang pernah datang ke Pantai tersebut. Disana menyediakan beragam permainan seru yang bisa dilakukan di sekitar air. Anda dapat bermain sesuka hati karena tidak ada batasan jam selama disana.

Area Pantai terlihat bersih dan asri dengan ditanami pohon kelapa. Para pelancong juga akan melihat bukit yang berada di sekitar Pantai Balongan Indah dan berwarna hijau. Anda bisa berkunjung saat cuaca sedang cerah agar dapat menikmati wisata alam lebih lama. Selama berlibur wisatawan dijamin betah karena banyak spot menarik yang mampu memanjakan mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balongan Indah

Daya Tarik Pantai Balongan Indah
Image Credit: Google Maps Okke Julianto

1. Wahana Permainan

Pengunjung yang datang dengan anak-anak bisa mengajak bermain di tempat yang telah tersedia. Pantai Balongan Indah memiliki wahana permainan mulai dari ayunan, perosotan, hingga jungkat-jungkit. Disana cukup luas sehingga dapat menampung banyak orang. Anda juga bisa berfoto dengan anak-anak ketika berada di tempat permainan tersebut.

Kawasan sekitar taman bermain juga dilengkapi beberapa kursi untuk wisatawan. Anda dapat bersantai sekaligus melihat air laut dari jauh. Hal itu membuat beberapa orang senang karena tidak semua Pantai mempunyai wahana permainan. Jadi ketika berlibur tidak merasa bosan karena banyak spot yang bisa dikunjungi untuk sekedar bermain.

2. Kecantikan Wisata Alam

Pantai ini terkenal akan kecantikan alam karena mampu menghasilkan udara sejuk. Air laut sangat jernih dan tidak tercemar oleh sampah dengan hamparan pasir putih. Bahkan warna air yang ada di Pantai hampir mirip dengan langit saat siang. Suara deburan ombak dan kicauan burung yang merdu membuat suasana di Pantai cocok untuk melepas penat.

Biasanya di daerah pinggir laut tampak perahu nelayan yang berlabuh. Beberapa perahu ada yang disewakan kepada traveller jika ingin berkeliling. Jalan sekitar pasir juga diberi tanaman pohon kelapa yang membuat Pantai semakin asri dan cantik. Sehingga Anda yang berada disana akan merasa tidak ingin cepat pulang.

3. Spot Menarik

Beragam spot menarik yang ada di area Pantai Balongan Indah sering dikunjungi wisatawan. Bahkan banyak yang membawa ponsel untuk berburu spot foto. Tak hanya itu, Pantai ini juga sering dijadikan tempat melihat sunrise maupun sunset.

Spot menarik yang ada disana tentu terlihat bersih karena ada penjagaan khusus, siapapun yang datang pasti merasa nyaman. Jadi Anda tidak perlu takut bosan selama berlibur ke Balongan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Balongan Indah
Image Credit: Google Maps Robi Maulana

Pantai Balongan Indah berlokasi di Jalan Raya Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Wisata hits ini tidak jauh dari pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Rute mudah dilewati kendaraan roda dua maupun empat karena Pantai sudah dilengkapi aspal yang sudah mulus. Area pintu masuk juga terbuka lebar sehingga tidak akan terasa sesak.

Bagi wisatawan yang berangkat dari Indramayu bisa mengarah ke Jalan Ir H Juanda. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja. Anda dapat menuju kawasan Jalan Jend Sudirman dengan melewati beberapa perkampungan penduduk. Pelancong dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti papan petunjuk menuju Jalan Balongan Indah.

Anda yang pertama kali berlibur dapat menyewa jasa tour guide supaya cepat sampai. Selain itu, pakai google maps untuk mengarahkan jalan menuju pantai cantik ini. Biasanya di sekitar pusat kota terdapat kendaraan umum seperti bus yang akan mengantarkan wisatawan. Jadi perjalanan menuju Pantai bisa dipermudah dengan pilihan kendaraan itu.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Balongan Indah
Image Credit: Google Maps Spryd

Pantai Balongan Indah termasuk tempat rekreasi yang cukup murah karena harga tidak sampai menguras kantong. Pengelola menetapkan tarif masuk sebesar Rp 7.500 untuk dewasa dan Rp 5.000 khusus anak-anak. Bagi yang ingin berlibur dapat pesan tiket di loket bagian depan. Disana sudah ada petugas yang menyediakan tiket masuk Pantai.

Selain tarif masuk, terdapat pula biaya parkir yang harus dibayar selama menitipkan kendaraan. Harga parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 khusus mobil maupun bus. Biaya di atas termasuk murah karena traveller bisa parkir kendaraan dengan aman selama jam kunjung. Apalagi lahan yang disediakan sangat luas dengan diberi penyekat.

Jika pelancong ingin lebih lama berada di Pantai bisa bersantai sampai malam. Disana tidak ada pembatasan jam kunjung jadi siapapun dapat menikmati liburan sesuka hati. Beberapa kawasan juga menyewakan peralatan untuk bermain di sekitar air. Terdapat pelampung, ban, dan masih banyak lagi pilihan penyewaan alat yang dipatok dengan harga bervariasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Balongan Indah

Kegiatan Menarik Pantai Balongan Indah
Image Credit: Google Maps eko wahyu

1. Berkemah

Bagi sebagian orang berkemah di wisata alam menjadi kegiatan yang disukai. Pantai Balongan Indah menawarkan tempat khusus yang sering dipakai mendirikan tenda. Biasanya saat hari libur banyak traveller yang camping karena Pantai ini ramai sampai malam. Anda bisa menikmati pasang surut air laut dengan lebih lama sambil bersantai ketika berkemah.

2. Berenang

Mencoba berenang di sekitar air Pantai akan membuat tubuh menjadi segar. Apalagi air yang ada disana terlihat jernih dan berwarna biru. Ombak Pantai pun tidak terlalu besar ketika siang sehingga Anda tidak perlu takut ketika berenang. Tersedia persewaan pelampung bagi yang tidak terlalu bisa berenang agar tamu aman dan tidak tenggelam.

3. Menikmati Sunset

Bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai sampai malam hari, maka berkesempatan menikmati sunset. Suasana senja di area Pantai cantik ini membuat pengunjung takjub dan sering diabadikan melalui kamera. Bahkan suara deburan ombak seperti mengiringi pergantian warna langit. Anda bisa duduk di kursi Pantai sambil melihat ke arah langit yang orange.

4. Berburu Foto

Spot selfie di Pantai Balongan memang diketahui sangat banyak dan beragam. Wisatawan dapat berdiri maupun duduk dengan membelakangi air laut. Hal itu akan membuat background foto cantik karena perpaduan warna langit dan air yang biru. Selain itu warna pasir yang putih juga sering dijadikan tempat pengambilan foto melalui potret kamera.

Kegiatan Menarik di Pantai Balongan Indah
Image Credit: Google Maps Kamparsky Tv

5. Mencoba Banana Boat

Pantai Balongan Indah menyuguhkan sewa banana boat yang dapat dimainkan di air laut. Permainan ini berbentuk seperti pisang dengan dilengkapi tali untuk berpegangan. Traveller yang mencoba banana boat akan ditarik menggunakan perahu dan digulingkan ke laut. Hal tersebut membuat liburan semakin seru karena Anda bisa merasakan sensasi air Pantai.

6. Bermain Pasir

Kawasan pasir Pantai tidak boleh terlewatkan selama berlibur. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sekitar pasir seperti membentuk istana maupun bermain bola voli. Selain itu sebagian pengunjung juga sering berjalan santai dengan melewati pasir. Bagi yang membawa anak kecil dapat membeli alat cetakan pasir yang telah tersedia di pesisir Pantai.

7. Naik Ojek Perahu

Ojek perahu yang disediakan penduduk setempat dapat mengantarkan Anda berkeliling di tengah air laut. Wisatawan bisa mengajak beberapa kerabat untuk naik perahu tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir karena selama naik perahu akan diberi pelampung. Nikmati deburan ombak ketika mencoba ojek perahu dengan melihat biota seperti lumba-lumba.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Balongan Indah
Image Credit: Google Maps Diaz Septiadi

Fasilitas Pantai Balongan Indah termasuk lengkap meskipun wisata ini berada di dekat pedesaan. Pengunjung akan merasa senang ketika memakai fasilitas karena liburan tidak menjenuhkan. Terdapat area parkir motor dan mobil yang disediakan khusus di lahan depan. Siapapun yang datang bisa parkir di tempat itu karena tersedia lumayan luas.

Setiap sudut menyediakan toilet bilas bagi yang ingin mandi setelah bermain air atau berenang. Toilet tersebut tersedia cukup banyak agar traveller tidak antri untuk bergantian. Area pesisir dilengkapi wahana bermain anak yang bisa dikunjungi. Terdapat pula spot selfie di sepanjang Pantai dengan menawarkan background air laut atau pasir.

Para pelancong yang ingin memanjakan perut bisa melipir ke rumah makan. Tersedia varian menu khas Jawa Barat yang terasa lezat ketika dinikmati di tempat. Tak hanya itu saja, kawasan pantai juga memiliki toko souvenir di dekat pintu keluar. Anda bisa membeli oleh-oleh karena toko ini menjual aneka pilihan aksesoris mulai dari bentuk kerang dan mutiara.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Balongan Indah di Indramayu yang tidak pernah mengecewakan pengunjung. Keindahan alam yang dikelilingi hamparan pasir dan air laut mampu membuat tubuh menjadi fresh. Apalagi Anda bisa bermain dengan mengajak kerabat dekat atau keluarga. Selain itu traveller perlu membawa kamera karena banyak spot foto.

REKOMENDASI DESTINASI