15 Tempat Wisata di Indramayu

15 Tempat Wisata di Indramayu

Indramayu memiliki sebutan sebagai kota Mangga. Bukan tanpa alasan tetapi daerah ini memang terkenal sebagai daerah penghasil mangga Cengkir yang memiliki rasa manis dan daging mangga yang lezat.

Berada di wilayah Jawa Barat, Indramayu juga menawarkan berbagai tempat wisata yang indah sebagai alternatif liburan baik untuk warga sekitar ataupun dari wisatawan luar Jawa Barat. Wisata alam ataupun buatan, masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan sendiri-sendiri.

1. Wisata Pohon Randu Gede

Wisata Pohon Randu Gede

Lokasi: Jl. Letnan Sutejo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Gotravelly.com

Sebagai tempat wisata yang menarik dan unik, Wisata Pohon Randu Gede memiliki cerita tersendiri. Konon taman wisata yang satu ini merupakan pohon mistis yang seringkali dijadikan sebagai spot gambar yang kekinian. Karena pohon randu gede sudah ada sejak ribuan tahun lalu dengan ketinggian sekitar 100 meter dan diameter sekitar 20 meter.

Bagi siapa saja yang sudah melihat Tempat Wisata di Indramayu ini, mereka sering takjub dengan adanya ranting pohon yang tidak pernah jatuh menyimpan rumah masyarakat meskipun berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan pohon kelapa. Wisata ini berada di Margadadi, Kecamatan Indramayu. Pengunjung tak hanya mendapat spot yang bagus tetapi juga pemandangan di sekitarnya memanjakan mata.

2. Jembatan Terusan Indramayu

Jembatan Terusan Indramayu

Lokasi: Jalur Lohbener – Cirebon, Terusan, Sindang, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @ghifarmr

Masih seputar tempat wisata yang cocok bagi para pemburu spot foto. Namanya adalah jembatan terusan Indramayu yang merupakan ikon terbaru. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 153 meter. Meski terbilang baru dibangun tetapi jembatan ini juga menjelma sebagai salah satu tempat favorit yang ada di daerah setempat.

Jembatan terusan Indramayu memiliki warna cerah dan disukai oleh banyak pemuda kemudian dijadikan tempat tongkrongan. Tetapi harus tetap hati-hati, ya! Jembatan terusan Indramayu ini berada di Sindang. Sangat dihimbau untuk tidak nongkrong atau mengambil foto ketika kendaraan berlalu lalang dan dalam kondisi ramai.

3. Science Center Mutiara Bangsa

Science Center Mutiara Bangsa

Lokasi: Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Radarcirebon.com

Kalau musim liburan sudah tiba, tak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata ini. Science Center Mutiara Bangsa merupakan wahana baru di Kota Indramayu yang dibuka sejak bulan Oktober 2017. Destinasi ini merupakan taman bermain yang dirancang serta didirikan khusus dengan adanya program edukasi untuk anak-anak.

Ada 48 wahana yang dilengkapi dengan adanya IPTEk serta menjadi pusat edukasi terbesar di tanah air yang bagus untuk mereka. Science Center Mutiara Bangsa berada di Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari. Buka tiap hari meskipun hari Minggu.

4. Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak Indramayu

Lokasi: Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Detik.com

Meski terdengar mengerikan, tetapi tempat wisata ini recommended untuk dikunjungi. Pulau ini tidak hanya menampilkan pesona dan keindahan pantai saja tetapi juga adanya sejarah yang menarik untuk dikulik. Ada sebuah menara mercusuar yang menjadi spot menarik untuk para wisatawan yang ingin mengabadikan foto.

Ada juga pemandangan keindahan bawah laut seperti dengan cara snorkeing atau diving. Pulau ini berada di Kecamatan Indramayu, Jawa Barat. Pulau yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang tersayang saat liburan.

5. Waduk Cipancuh Indramayu

Waduk Cipancuh Indramayu

Lokasi: Situraja, Kec. Gantar, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Ada sebuah taman rekreasi yang cantik namanya adalah Waduk Cipancuh Indramayu. Waduk ini merupakan lokasi paling menarik untuk dikunjungi. Memiliki luas sekitar 70 hektar dan menawarkan pemandangan yang begitu indah dengan hamparan rerumputan hijau yang menakjubkan mata.

Waduk ini berada di Situraja, Kecamatan Gantar, Indramayu. Dibangun sejak 1927 yang mana tempat ini dimanfaatkan untuk irigasi. Lokasi sekitar juga masih dijaga kebersihannya oleh warga setempat.

6. Taman Tjimanoek

Taman Tjimanoek

Lokasi: Jl. Cimanuk, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Taman-tjimanoek-indramayu.business.site

Taman tjimanoek ini merupakan tempat favorit untuk para wisatawan yang ingin bersantai. Spot ini terbilang baru dan sudah menarik banyak perhatian warga. Memiliki area terbuka hijau yang bisa menawarkan ketenangan dan juga kesejukan.

Taman Tjimanoek berada di Penaganjang, Sindang. Tempat yang strategis dengan adanya pepohonan rindang. Cocok untuk para pengunjung yang ingin menikmati udara segar.

7. Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong

Lokasi: Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Travelblog.id

Mereka yang ingin menikmati kesejukan dan menghirup udara segar, sebaiknya mendatangi Hutan Mangrove Karangsong. Tempat wisata ini memiliki luas 25 hektar dan pengunjung bisa memutar membidik objek indah yang ada di lokasi. Satu hal yang menarik adalah kita bisa mengelilingi hutan mangrove dengan menggunakan perahu dan menemukan spot gokil.

Hutan Mangrove Karangsong berada Karangsong, Kecamatan Indramayu. Pengunjung bisa menikmati adanya jembatan yang ada di tengah-tengah pohon bakau dan mengenal berbagai spesies bakau yang tumbuh.

8. Tugu Perjuangan

Tugu Perjuangan

Lokasi: Pekandangan, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Indramayu.top

Ruang terbuka hijau yang ada di Tugu Perjuangan bisa menjadi tempat wisata yang simple. Taman terbuka ini memberi pemandangan dan ketenangan yang adem serta menghilangkan rasa lelah dan penat karena bekerja.

Lokasinya ada di Pekandangan, Indramayu. Tepatnya ada di dekat Bundaran Mangga yang membuat wahananya makin ramai di akhir pekan. Tugu Perjuangan juga menjadi ikon dari wisata yang ada di Indramayu ini.

9. Pantai Glayem

Pantai Glayem

Lokasi: Juntinyuat, Blok Glayem, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Sukmanusa.blogspot.com

Objek Wisata di Indramayu berikutnya adalah di Pantai Glayem. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan yang sering disinggahi oleh nelayan di sekitar lokasi. Ada sebuah kepercayaan yang menyatakan bahwa nelayan yang singgah di pelabuhan ini maka ikan hasil tangkapannya akan lebih laris dari biasanya.

Pantai Glayem berada di desa atau kecamatan Juntinyuat di Kabupaten Indramayu. Lokasinya sekitar 15 km dari pusat Kota Indramayu. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi.

10. Pantai Dadap

Pantai Dadap

Lokasi: Desa Juntinyat, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Tempat wisata Pantai Dadap memiliki pesona keindahan yang menarik banyak wisatawan. Dari penduduk local sendiri terbilang memiliki sikap ramah yang membuat wisatawan asing juga betah. Pantai Dadap belum memiliki banyak fasilitas seperti pantai lainnya. Meski begitu, keindahan alam yang ditawarkan sangat menjanjikan.

Pantai Dadap berada di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat. Untuk masuk kawasan ini dikenakan biaya hanya RP. 2000 saja per orang. Harga tiket yang murah membuat banyak pengunjung datang tiap harinya.

11. Agung Fantasi Waterpark

Agung Fantasi Waterpark

Lokasi: Jl. Bangkaloa Ilir – Widasari No. 58, Bangkaloa Ilir, Kec. Widasari, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Ramahtraveler.com

Jika wisata sebelumnya berupa pantai, kali ini para wisatawan bisa melihat berbagai wahana yang ada di Agung Fantasi Waterpark. Tempat wisata dengan keindahan yang tidak bisa dibandingkan. Tempat ini merupakan objek wisata air di Indramayu dan banyak permainan anak yang bisa dicoba. Ada juga beberapa kolam untuk anak serta orang dewasa.

Agung Fantasi Waterpark berada di Widasari. Tempatnya sangat indah, cocok untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh ketika bekerja. Tak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bisa dikunjungi dengan keluarga.

12. Kolam Pemancingan Wanguk

Kolam Pemancingan Wanguk

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 33, Wanguk, Anjatan, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (Sambel Ceplik)

Tempat wisawa berupa kolam pemancingan ini memang berbeda dengan lainnya. Terkenal karena keindahannya dan cocok untuk menjadi kegiatan liburan. Mereka yang suka memancing akan mengunjungi tempat wisata ini karena tiket masuknya pun juga sangat terjangkau.

Kolam Pemancingan Wanguk berada di Desa Wanguk, Kabupaten Indramayu. Baik bepergian sendiri ataupun bersama teman, tempat ini tetaplah terbaik untuk berlibur. Meski hanya waduk tetapi pemandangan di sekitar memang indah.

13. Alun-Alun Indramayu

Alun-Alun Indramayu

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Serbaindramayu.blogspot.com

Tempat wisata seperti alun-alun memang dimiliki hamper di tiap daerah. Tempat ini menjadi tempat wisata yang terjangkau dan mudah untuk diakses. Tempatnya sangat ramah anak. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini seperti jogging, bermain dengan anak atau sekadar duduk bersantai.

Alun-alun Indramayu ini berada di Margadadi Indramayu Jawa Barat. Taman kota ini sangat ramai dikunjungi terutama di hari Minggu pagi. Seringkali dijadikan tempat beraktivitas untuk keluarga.

14. Situs Buyut Banjar

Situs Buyut Banjar

Lokasi: Jl. Raya Jatibarang – Karangampel, Bulak, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Mapio.net

Indramayu juga memiliki wisata Situs. Namanya adalah SItus Buyut Banjar yang merupakan tempat wisata sejarah edukatif. Situs inisering digunakan para pengunjung dengan berziarah pada Buyut Banjar atau yang juga disebut Pangeran Surya Negara. Ada 41 ekor monyet disini yang dipercaya warga setempat merupakan prajurit dari Kerajaan Kerang Kendal tetapi dikutuk. Suasanya di situs Buyut Banjar ini tak jauh berbeda dengan suasana hutan monyet yang ada di daerah Ubud, Bali.

Lokasi dari Situs Buyut Banjar ini berada di Desa Bulak Kidul. Banyak wisatawan yang datang untuk mengetahui bagaimana kondisi alam di sekitarnya serta penasaran dengan keyakinan warga setempat terkait adanya 41 ekor monyet disana.

15. Situ Bolang

Situ Bolang

Lokasi: Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Indramayu.top

Situ Bolang merupakan Destinasi Wisata di Indramayu yang diandalkan para wisatawan untuk memberi suasana tenang. Tempat ini merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 74 hektare. Situ Bolang juga menyuguhkan keindahan danau dan hamparan sawah yang begitu asri. Ada suasana pedesaan yang tenang dan sejuk.

Tempat ini merupakan tempat favorit bagi mereka yang ingin mendapat suasana sejuk dan santai. Situ Bolang berada 20 km dari pusat Kabupaten Indramayu. Tepatnya ada di Desa Jatisura yang masuk dalam kecamatan Cikedung.

Berwisata atau berlibur adalah kebutuhan untuk kesehatan mental. Meski terkesan sepele namun hal ini tak bisa diacuhkan begitu saja. Ada banyak manfaat dari berlibur seperti hilangnya stress, semangat yang kembali tertanam hingga produktivitas yang juga kembali meningkat. Indramayu menyimpan banyak potensi wisata yang bisa dieksplor dan dikembangkan demi kemajuan pariwisata di daerah tersebut.