Pantai Karangsong, Destinasi Wisata Pantai & Hutan Mengarove di Indramayu

Pantai Karangsong

Lokasi: Jl. Wanasari, Desa Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Tak hanya menyuguhkan pesona alam bahari nan indah, sebab di Pantai Karangsong pengunjung juga ditawarkan dengan pengalaman unik selama berada di ekowisata satu ini. Berkeliling di sebuah hutan bakau nan rimbun, dijamin akan membuat hari libur menjadi lebih seru dan mengasyikkan. Berlokasi di Kabupaten Indramayu, tidak ada salahnya untuk singgah sebentar untuk menghilangkan pikiran yang sedang penat.

Daya Tarik Utama Pantai Karangsong

Daya Tarik Utama Pantai Karangsong

Image Credit: Travelblog.id

Sebagai kawasan ekowisata, daya tarik yang dimiliki pantai ini tentunya adalah hutan mangrove. Terdapat berbagai hal unik dapat ditemukan di tempat ini seperti pemandangan menarik, salah satunya seperti adanya pengrajin kapal yang sedang membuat kapal kayu dengan berbagai ukuran. Untuk memikat hati para pengunjungnya, pihak pengelola juga menyediakan wahana seru yang hingga kini masih digandrungi.

Bisa menikmati suasana pantai sembari melihat pemandangan hutan bakau yang indah, kegiatan ini dianggap mampu menghadirkan angin segar bagi masyarakat kota. Dimana pengunjung bisa melihat ribuan pohon mangrove dari jenis yang berbeda beda. Selain hutan mangrove, disini pengunjung bisa melihat aneka jenis pohon lainnya seperti pohon Ketapang. Kehadiran pepohonan rindang ini, berhasil menghadirkan udara sejuk nan segar.

Setidaknya ada dua cara yang bisa dipilih ketika ingin menikmati pemandangan hutan mangrove ini, yaitu berjalan kaki atau lebih memilih menyewa perahu nelayan. Apabila tertarik untuk lebih dekat dengan alam, tidak ada salahnya mencoba berjalan kaki di luas hutannya yang mencapai kurang lebih 20 hektar. Jalanan setapak untuk menelusuri hutan ini sudah memadai, karena berbentuk sebuah jembatan yang terbuat  dari kayu.

Selain bisa menikmati pemandangan cantik dengan leluasa, anda bisa menghemat pengeluaran. Tak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, tak jarang para wisatawan mencoba mengelilingi hutan ini dengan berjalan kaki untuk merasakan sensasi berbeda. Namun tidak ada salahnya untuk menyewa perahu nelayan sebagai pilihan, karena anda bisa menikmati pemandangan sekitar tanpa perlu mengeluarkan tenaga lebih.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Terhits Dikunjungi

Harga sewa pun dianggap ramah dikantong, dimana setiap orang akan dikenakan biaya sekitar 15 ribuan saja. Dengan sejumlah uang tersebut, pengunjung akan diajak mengelilingi hutan dan merasakan sensasi unik. Sebab, perahu yang digunakan bisa dikatakan cukup sederhana namun keamanannya cukup terjaga. Tak hanya sekedar menikmati pesona alamnya yang indah, disini pengunjung akan mendapat pengetahuan baru.

Setelah merasa puas berkeliling di sekitar hutan mangrove, kini saatnya menikmati keindahan pemandangan khas laut Jawa. Deburan ombaknya yang cukup tenang dan pasir pantainya yang bersih, membuat pengunjung betah berlama lama berada disana. Apabila ingin duduk santai sembari bercanda tawa dengan anggota keluarga, wisatawan bisa menyewa saung kecil terbuat dari bambu yang berada di sepanjang pantai cantik satu ini.

Meski disebut sebagai pantai yang cantik nan menawan, tempat ini kurang cocok dijadikan untuk olahraga air seperti snorkeling ataupun diving. Hal ini dipengaruhi dari karakteristik ombaknya yang landai dengan pasir berwarna kecoklatan, karena bercampur dengan lumpur. Namun tak perlu merasa bosan, karena pengunjung masih diperbolehkan bermain air di sekitar bibir pantai ataupun berenang bebas dengan tipe ombaknya yang cukup tenang.

Kegiatan selama berlibur yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke suatu tempat yaitu berswafoto. Seakan mengerti akan kebutuhan tersebut, tak lupa pihak pengelola menyediakan berbagai spot menarik untuk menghasilkan foto kekinian. Terdapat beberapa spot terbaik, dimana salah satunya bisa didapatkan di sebuah menara pandang yang menjulang tinggi. Di tempat ini, jarak pandang menjadi luas untuk menikmati kecantikan pantai satu ini.

Selain berfoto ria, di tempat ini pula pengunjung akan disajikan pemandangan unik dimana terlihat burung burung berterbangan dengan bebas di sekitar hutan mangrove. Karena pemandangan indahnya, banyak pula yang menjadikannya sebagai tempat berkumpul dengan keluarga tercinta sembari menikmati hidangan yang dibawa. Bahkan tak jarang pula, lokasi wisata ini dijadikan sebagai latar belakang pre wedding.

BACA JUGA:  Danau Lemona, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Tasikmalaya

Beragam Fasilitas Pendukung di Pantai Karangsong

Beragam Fasilitas Pendukung di Pantai Karangsong

Image Credit: Nativeindonesia.com

Menyediakan berbagai fasilitas memadai, menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pihak pengelola agar menarik lebih banyak pengunjung. Seakan tak cukup hanya dengan menambahkan fasilitas, kawasan ini pun ditata sedemikian mungkin agar tampak apik dan menarik. Dimana langkah pembangunan ekowisata ini, telah didukung beberapa kegiatan CSR yang berasal dari berbagai korporasi serta pertamina.

Fasilitas pendukung yang telah disediakan oleh pihak pengelola meliputi area parkir luas, toilet yang dijaga kebersihannya, dan mushola telah tersedia disini. Pihak pengelola juga menyiapkan berbagai fasilitas wisata, agar pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru selama berada di kawasan wisata. Mulai dari jalan setapak hingga beberapa perahu, siap mengantarkan pengunjung berkeliling hutan mangrove bisa disewa.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Pantai Karangsong

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Pantai Karangsong

Image Credit: Cirebon.tribunnews.com

Siap menyambut setiap pengunjung setiap saat, dimana destinasi wisata bahari ini dibuka setiap harinya dan mulai beroperasi sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore. Agar bisa berlibur dengan puas, silahkan datang sejak tempat wisata ini dibuka. Dengan begitu, anda tak perlu menunggu antrian terlalu panjang ketika ingin menyewa perahu untuk mengelilingi hutan mangrove. Lalu berapa harga tiket masuk wisata ini ?

Jika tempat liburan lainnya membebankan tiket masuk, uniknya pengunjung yang datang berlibur di pantai cantik ini memiliki sistem berbeda. Dimana tiket masuk yang dibebankan, tergantung dari kendaraan yang digunakan untuk menuju lokasi wisata. Tidak dihitung per orangnya, sehingga pengunjung seakan membayar tiket parkir saja. Khusus untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sekitar 5 ribuan, sedangkan untuk mobil akan dikenakan tarif sekitar 10 ribuan.

Lokasi & Rute Menuju Pantai Karangsong

Lokasi & Rute Menuju Pantai Karangsong

Image Credit: Jejakpiknik.com

Lokasinya yang berdekatan dengan pusat kota Indramayu, atau lebih tepatnya di 8 km ke arah timur laut kota mangga satu ini. Apabila tertarik menuju lokasi wisata silahkan langsung meluncur ke Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Apabila kesusahan menemukan lokasinya, ada baiknya bertanya kepada masyarakat sekitar ataupun mengandalkan aplikasi canggih di smartphone kesayangan.

BACA JUGA:  7 Kedai Bakso Enak & Murah di Bandung

Ada beberapa rute yang bisa digunakan, sehingga bisa dipilih sesuai dengan lokasi yang dilewati selama perjalanan ataupun yang lebih dekat dengan lokasi saat ini. Apabila berada di arah Cirebon, silahkan ambil posisi di bunderan Kijang dan kemudian belok kanan yang mengarah ke jalan Pahlawan. Sedangkan wisatawan yang datang dari arah Jakarta, bisa menggunakan jalur jati barang dan menuju ke pusat kota Indramayu.

Sebenarnya untuk bisa sampai di pusat kotanya, pengunjung bisa melewati jalan Yos Sudarso hingga perempatan karang turi dan belok kanan ataupun lewat dari jalan Siliwangi. Dari perempatan karang turi silahkan ambil jalan lurus, dan dari jati barang bisa menemukan simpang lima (bundaran mangga). Dari arah tersebut, silahkan mengambil jalur untuk menuju jalan Gatot Subroto dan sampai di bunderan Kijang Lurus.

Jika sudah sampai di jembatan Cimanuk yang berdekatan dengan Masjid Agung dan alun alun, silahkan belok ke arah kiri dan ikuti jalan Siliwangi. Ketika ambil laju terus, anda akan bertemu dengan sebuah gapura besar Karangsong. Ketika menemukan gapura tersebut, bisa menandakan bila perjalanan hampur berakhir dan akan segera sampai di tujuan.

Saat berlibur ke destinasi wisata bahari, tidak selalu tentang bermain air ataupun menikmati pesona sunset atau sunrisenya yang begitu menawan. Pantai cantik satu ini, bisa dikatakan sebagai liburan unik yang bisa dilakukan  bersama dengan keluarga tercinta. Dimana wisatawan bisa merasakan nikmatnya berlibur sembari mendapatkan pengalaman baru. Menyusuri hutan mangrove yang berada di bibir pantai, bisa menjadi solusi liburan asyik selanjutnya.