Pantai Greweng salah satu objek wisata bahari yang indah di Gunung Kidul, Jogja. Pantai ini memiliki pesona alam yang menakjubkan, diapit bukit batu nan hijau dan memiliki goa berpasir yang berbalut kisah mistis.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta memiliki sejuta pesona yang sangat menarik hati. Mulai dari kekentalan budayanya, catatan sejarah yang tersimpan dengan rapi, adat istiadat yang masih dijaga dengan baik, hingga tawaran wisata yang tiada habisnya.

Anda bisa mengunjungi banyak tempat menarik di Jogja. Salah satunya Pantai Greweng di Gunung Kidul. Pantai ini menjadi salah satu wisata alam terbaru yang wajib untuk Anda kunjungi. Pasalnya, pantai ini baru ditemukan dan belum dikenal luas oleh para wisatawan. Banyak pesona tersembunyi yang akan Anda jumpai ketika berkunjung ke sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Greweng

Daya Tarik Pantai Greweng
Image Credit: Twitter.com @travellerkaskus

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang kerap menjadi pilihan untuk menikmati waktu berlibur. Berkunjung ke pantai tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan, tetapi juga bisa mengenal alam lebih dekat. Bagi Anda yang suka dengan wisata alam, Pantai Greweng bisa menjadi salah satu pilihan yang wajib Anda kunjungi.

Pantai yang terbilang baru dibuka ini memiliki sejuta pesona yang akan memanjakan Anda selama di sana. Pasalnya, pantai ini terletak di daerah yang masih terpencil dan tidak terjamah oleh manusia. Oleh sebab itu, untuk mencapai pantai ini memerlukan perjuangan yang cukup ekstra. Namun, rasa lelah dan perjuangan Anda akan terbayar indah ketika sudah tiba di sini.

Menurut penuturan para pengunjung yang sudah pernah bertandang ke Pantai Greweng, suasana yang ditawarkan sangat luar biasa. Lokasi yang tersembunyi menyimpan ketenangan yang cocok untuk menyegarkan pikiran dan menyepi dari hiruk-pikuk perkotaan yang penuh dengan tuntutan. Pastikan untuk mencoba sensasi menarik yang ditawarkan oleh pantai cantik ini.

1. Surga bagi Para Pecinta Alam

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan terhadap pesona alam, jalur yang harus Anda tempuh untuk menuju pantai ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Jalur berupa bukit dengan akses jalan yang masih sangat alami akan menghiasi perjalanan Anda menuju ke sini. Namun, kondisi tersebut akan teralihkan dengan sajian pemandangan yang akan memanjakan mata Anda.

Tidak mengherankan jika pantai di Gunung Kidul ini menjadi favorit bagi pada pecinta alam. Meski cukup menguras tenaga untuk bisa mencapai pantai ini, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang menjadi ujung dari aliran sungai. Sungai inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Greweng. Jika Anda mendengar suara aliran sungai, maka artinya lokasi pantai ini sudah semakin dekat.

Greweng diapit oleh dua tebing karang yang kokoh bagaikan sebuah gerbang. Kedua tebing ini seakan menjadi bingkai dari ganasnya ombak Samudra HIndia. Kontur tanahnya landai dan dihiasi oleh formasi karang di bagian garis pantainya. Penampakan pantai ini mirip dengan Pantai Gesing yang juga diapit dua tebing, tapi suasana di sini lebih sepi.

2. Menjelma Menjadi Ruang yang Tenang

Konsekuensi dari jalur yang tidak mudah membuat pantai ini menjadi destinasi yang eksklusif dan hanya digemari oleh kalangan tertentu saja. Hal yang wajar jika pantai ini tidak sepadat pantai yang lain, bahkan ketika musim liburan. Siapa yang mau bersusah payah, dialah yang akan menikmati hasilnya. Kira-kira seperti itulah gambaran perjuangan menuju ke Pantai Greweng.

Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke sini juga sengaja ingin berkemah. Kegiatan ini sangat didukung dengan tanah yang landai dan sangat luas. Selain itu, air tawar yang bersumber dari sungai juga bisa mencukupi kebutuhan air serta mudah dijangkau. Barisan pohon yang ada di sini bisa menjadi peneduh alami ketika matahari bersinar terik.

Anda akan cukup sulit untuk bisa menangkap pemandangan matahari terbit dan terbenam di tempat ini karena terbatas oleh tebing karang yang besar di kedua sisinya. Namun, Anda tetap bisa menikmati indahnya langit di kedua waktu tersebut sembari menikmati suasana yang tenang. Selain itu, ombak di sini juga mengalir dengan tenang.

Daya Tarik dari Pantai Greweng
Image Credit: Facebook.com @jogya

3. Alam yang Masih Terjaga

Pada sebagian besar kasus, alam yang terjaga sebanding dengan banyaknya tangan manusia yang menjamah, terutama di lokasi wisata alam. Kelestarian alam di pantai ini didukung oleh sedikitnya wisatawan yang pernah berkunjung. Dengan demikian, keasrian alamnya pun tidak banyak yang terusik. Di sini juga tidak terdapat spot untuk berswafoto yang sengaja dibangun.

Pantai Greweng menawarkan konsep yang benar-benar alam tanpa sentuhan buatan yang sengaja digunakan untuk menarik minat para wisatawan. Hal ini tentunya sangat mendukung untuk menyegarkan diri dengan menikmati sajian laut yang biru dengan debur ombak yang tenang serta gemerisik suara daun yang beradu dengan angin.

4. Sisi Mistis yang Tersembunyi

Di balik keindahan alam yang mempesona, Pantai Greweng juga memiliki sisi mistis yang menarik untuk diulas. Di sini terdapat gua yang di bagian pintu masuknya terdapat tali pembatas. Pembatas ini menandakan gua tersebut tidak bisa dimasuki oleh para wisatawan. Banyak masyarakat yang percaya bahwa gua ini memiliki cerita mistis yang tidak dapat diungkapkan.

Kisah mistis yang tidak dapat disembunyikan yaitu cerita tentang pertapaan yang pernah dilakukan di dalam gua ini. Ir. Soekarno menjadi salah satu tokoh nasional yang pernah melakukan pertapaan di sini. Pintu gua ini hanya bisa muat untuk satu orang dan di dalamnya terdapat satu meja dan satu kursi.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Alamat Pantai Greweng
Image Credit: Google Maps (Muhamad Faisol)

Pantai nan eksotis ini berlokasi di Jalan Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari Alun-Alun Kidul Yogyakarta, setidaknya waktu yang Anda butuhkan kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh 75 km. Rute yang bisa Anda lalui dari Alun-Alun Kidul adalah menuju ke arah barat, yaitu Jalan Langenastran Kidul.

Setelah itu, belok ke kiri menuju Jalan Gading dan arahkan kendaraan ke Jalan Mayjen Sutoyo. Setelah dari Jalan Mayjen Sutoyo, belok ke kanan menyusuri Jalan Mayjen Sugiyono, lalu ke Jalan Veteran dan ikuti jalan hingga tiba di Jalan Semanu – Candirejo. Anda juga bisa berangkat dari Jalan Pantai Selatan Jawa, kemudian tinggal mengikuti papan petunjuk yang ada.

Saat membayar tarif tiket masuk Pantai Greweng, Anda juga sudah membayar tarif tiket masuk Pantai Wediombo. Untuk menikmati keindahan pantai ini, Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 10 ribu per orang. Untuk biaya parkirnya sebesar Rp 3 ribu kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Jika Anda melakukan camping, maka dikenakan biaya inap kendaraan sebesar Rp 6 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu untuk roda empat. Pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam, tapi disarankan untuk berkunjung pada saat cuaca cerah. Sebab, fasilitas penerangan belum cukup memadai dan akan berbahaya jika Anda melakukan perjalanan saat petang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Greweng

Kegiatan di Pantai Greweng
Image Credit: Facebook.com @wisataistimewa

1. Camping

Camping menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Greweng. Kegiatan ini didukung oleh kondisi tanah yang landai dan sangat luas. Anda tidak perlu kaget jika menjumpai banyak tenda yang berjejer di sini. Selain tanahnya yang luas, pantai ini juga memiliki suasana yang tenang.

Langit malam yang ditaburi dengan bintang-bintang menjadi pelengkap keindahan yang Anda rasakan. Menginap ditemani dengan suara deburan ombak yang tenang tentunya menjadi nilai tambah tersendiri dari wisata bahari ini. Tidak hanya itu, alam yang masih terjaga juga akan membuat Anda benar-benar menyatu dengan alam.

2. Memancing

Selain camping, Anda juga bisa memancing di sini karena kondisi pantai yang mayoritas dipenuhi oleh bebatuan, sehingga beberapa warga memanfaatkannya untuk memancing. Jumlah ikan yang ada di sini juga cukup melimpah, sehingga tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan sasaran umpan.

Namun, pantai ini belum menyediakan sarana penyewaan alat pancing, sehingga bagi Anda yang ingin merasakan sensasi memancing di Pantai Greweng harus membawa alat pancing sendiri. Pantai ini juga sering dijadikan spot mencari ikan oleh para komunitas penggemar memancing.

3. Menyaksikan Langit Senja yang Indah

Meskipun di sini terbilang sulit untuk mendapatkan pemandangan matahari tenggelam dan terbit karena terhalang tebing yang besar, namun Anda tetap bisa menikmati indahnya langit senja. Saat matahari tenggelam, langit yang mulanya biru berubah menjadi oranye kemerahan dan sangat indah.

Pemandangan ini tentunya menjadi favorit para penggemar senja. Anda akan disuguhkan panorama menjelang petang ditemani oleh suara ombak yang tenang dan suara gesekan daun dengan angin. Terlebih jika Anda menginap bersama orang-orang tercinta, sudah pasti momen tersebut tidak akan pernah hilang dari ingatan.

Kegiatan Pantai Greweng
Image Credit: Instagram.com @dedyhgl

4. Bermain Air

Kegiatan wajib yang harus dilakukan saat berkunjung ke pantai adalah bermain air. Dengan ombak yang tenang, Anda yang memiliki ketakutan dengan ombak pantai tidak perlu khawatir. Selain itu, di sini juga terdapat sungai kecil dengan air tawar yang bisa Anda manfaatkan juga.

5. Fotografi

Pesona Pantai Greweng yang indah tidak boleh Anda lewatkan untuk diabadikan melalui lensa kamera. Sajian alam yang masih sangat alami memiliki sisi menarik tersendiri, terlebih belum banyak eksploitasi yang dilakukan di pantai ini. Pastikan Anda memiliki jepretan eksklusif dari pantai yang menawan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Greweng Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Greweng
Image Credit: Twitter.com @hondaistimewaid

Meskipun Pantai Greweng masuk kawasan yang terpencil, namun di sini tersedia beberapa fasilitas memadai yang bisa Anda gunakan. Fasilitas yang tersedia adalah toilet, kios makanan, dan area parkir. Akan tetapi, area parkir pantai ini berada di kawasan Pantai Jungwok yang cukup jauh dari lokasi pantai.

Dari tempat parkit tersebut, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang minim penerangan saat malam dan licin ketika musim penghujan. Kios makanan yang tersedia di sini juga tidak begitu banyak, sehingga bagi Anda yang berniat camping sebaiknya membawa bekal makanan sendiri yang cukup untuk persediaan.

Selain itu, siapkan fisik yang kuat ketika akan berkunjung ke Pantai Greweng. Sebab, tenaga yang Anda butuhkan untuk menaklukkan medan yang ada tidaklah mudah. Dengan fisik yang prima, Anda bisa melalui perjalanan hingga mencapai tujuan dengan selamat karena kondisi jalan yang belum memadai. Oleh karena itu, fisik yang bugar sangat penting untuk melakukan perjalanan tersebut.

Pantai Greweng termasuk ke dalam wisata bahari hits di Gunung Kidul, Yogyakarta yang belum banyak tereksplorasi. Namun, hal inilah yang membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya para pecinta alam. Keindahan alami yang tersaji tidak kalah menarik dibandingkan pantai lainnya. Saat berkunjung ke sini, tetap jaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah.