Indahnya Pantai Drini, Tujuan Favorit Pecinta Snorkling di Gunung Kidul Jogja

Pantai Drini Gunung Kidul

Pantai Drini salah satu wisata pantai populer di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang asri dengan pesona tebing karang dan air laut yang jernih menjadi tujuan favorit wisatawan, utamanya penikmat kegiatan Snorkling.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung kidul.
Map: Cek Lokasi

Daerah Gunung Kidul Jogja memang masih menjadi favorit jika urusan wisata pantainya. Ada banyak pantai pantai indah yang siap dikunjungi untuk menghabiskan liburan Anda. Dan dari sekian banyak pantai yang ada, Pantai Drini menjadi salah satunya. Pantai satu ini terkenal di kalangan wisatawan lantaran sangat cocok untuk snorkeling. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Pesona Keindahan Pantai Drini di Gunung Kidul

Pesona Pantai Drini

Image Credit: Facebook.com @jogjafamilyfm

Pantai Drini merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang menghadirkan panorama yang menawan. Dan tetap saja ada beberapa hal yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainnya. Anda akan disuguhkan tebing tebing tinggi yang mengelilingi pantai cantik ini. Bukit di sisi barat dan juga timur juga tersedia, menjadikan suasananya begitu asri.

Selain menyajikan pemandangan yang memukau, wisata pantai ini juga memiliki sejarah yang unik terkait nama pantainya. Pantai Drini diberikan, karena konon dahulunya ada banyak tumbuhan santigi di pantai ini. Dan tumbuhan Santigi ini oleh masyarakat sering dinamakan sebagai Drini. Inilah yang menjadi latar belakang dari nama pantai menawan ini.

Mengunjungi pantai ini saat liburan akan membuat Anda bisa melepaskan semua penat yang ada. Layaknya pantai di Gunung Kidul, tempat wisata ini juga dikarunia pasir putih yang lembut. Dari kejauhan Anda bisa menikmati gugusan pulau kecil yang letaknya di sisi selatan pantai ini. Gugusan Pulau ini seakan akan membelah laut yang berada di depan pantai ke dalam dua bagian.

Pantai satu ini memang tampak terbelah dan memiliki karakteristik yang berbeda. Pantai yang berada di sebelah kiri lebih tenang dan ombaknya tak terlalu besar. Berbeda dengan sisi barat yang lebih bergemuruh dan lebih kuat. Pulau Kecil yang ada ini bisa dikunjungi, hanya saja saat sedang surut. Anda hanya perlu berjalan untuk bisa menjangkaunya.

Tidak hanya pulau kecil, Pantai Drini juga memiliki tebing tebing karang yang kokoh. Tebing tebing ini akan tetap megah sekalipun dihantam ombak yang keras. Pemandangan juga tampak berbeda karena hadirnya perahu perahu nelayan yang berada di sisi barat pantai. Menjadikan pantai ini begitu khas dan menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Drini

Daya Tarik Pantai Drini

Image Credit: Facebook.com @jogya

Setelah mengetahui informasi sekilas tentang pantai ini, tentunya Anda bisa membayangkan keindahan yang dimiliki pantai ini. Kendati demikian, sebenarnya wisata bahari satu ini masih memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat siapapun semakin jatuh cinta. Memiliki pasir putih yang lembut, Anda akan merasa aman serta nyaman saat jalan jalan di atasnya.

BACA JUGA:  Pantai Pok Tunggal, Surga Bahari Berpasir Putih di Gunung Kidul

Anda juga tak perlu khawatir saat anak anak bermain pasir, mengingat tidak ada banyak kerikil tajam yang bisa melukai pada pasir pantainya. Pantai dengan pasir putih ini mengundang siapapun untuk berlarian di atas pasirnya. Apalagi termasuk dalam jajaran pantai yang memiliki area yang luas.

Dengan begitu pengunjung bisa bebas melakukan berbagai aktivitas ketika mengunjungi Pantai Drini. Apalagi Drini juga termasuk pantai yang landai, pengunjung bisa bermain dengan lebih aman dan juga puas. Kendati demikian, rasanya tetap harus mengawasi anak anak yang sedang bermain. Hal ini akan mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

Bukan hanya pasir putih dan area pantai yang luas, Drini juga memiliki air yang begitu jernih. Sehingga jika dipadukan akan menjadi perpaduan yang membuat siapapun terpana. Menghabiskan waktu liburan di pantai ini bukanlah ide yang buruk. Dan bahkan akan membuat Anda betah berlama lama ketika liburan di sini.

Daya tarik selanjutnya yang tak kalah menakjubkan adalah pemandangan yang bisa Anda nikmati dari atas bukit. Hamparan lautan luas yang hadir di depan mata akan menghempas semua penat Anda. Di atas bukit ini juga terdapat gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai. Semilir angin yang berhembus akan membuat jiwa menjadi tenang.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Drini

Alamat Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Agvs wahyu)

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan mengunjungi Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DIY. Untuk sampai di pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam 41 menit dari pusat kota Jogja dan saat kondisi jalan lancar. Akses untuk menuju pantai ini sudah begitu memadai dan mudah untuk dijangkau.

Anda bisa menjangkau Pantai Drini dengan mengambil beberapa rute. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari arah Solo, maka Anda bisa memilih dua jalur. Anda bisa melalui Klaten maupun Sukoharjo sebelum akhirnya sampai di lokasi pantai. Bagi Anda yang mengambil jalur dari Klaten, Anda bisa langsung menuju Cawas.

Setelah itu dilanjutkan menuju Semin, Watukelir barulah nanti ke Tanjungsari. Dari sini, Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang ada agar sampai di pantai eksotis ini. Sementara untuk Anda yang melakukan perjalanan dari rute Sukoharjo, maka harus ke Solo terlebih dahulu. Perjalanan dilanjutkan menuju Tawangsari, Semin, Watukelir, Karangmojo baru ke Tanjungsari.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Jogja, maka Anda bisa mengambil rute berikut. Dari Jogja Kota Anda bisa melajukan kendaraan Anda menuju Piyungan dan dilanjutkan ke daerah Patuk. Dari Patuk Anda bisa langsung menuju Sambipitu dan tiba di Landasan Udara TNI Gading. Perjalanan ini masih belum berakhir, Anda harus menuju ke daerah Siyono.

BACA JUGA:  10 Taman di Jogja yang Cocok untuk Refreshing

Dari Siyono Anda bisa melanjutkan ke Bundaran Tugu BPD. Selepas dari Tugu, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Wonosari dan ke Jalan Baron. Barulah nanti Anda bisa menemukan Tanjungsari. Anda bisa mengandalkan GPS untuk tiba di pantai cantik ini. Kalaupun ragu, masyarakat sekitar juga sudah familiar dengan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Drini Jogja

Harga Tiket Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Arnali Rafflessia)

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Tiket masuk Pantai Drini sekitar Rp. 10 ribuan. Dan tentunya jika mengalami kenaikan tidak akan sampai berkali kali lipat. Harga tersebut tentunya bukanlah biaya yang mahal, jika dibandingkan dengan keindahan yang dihadirkan.

Selain membayar biaya masuk, Anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Untuk roda dua umumnya sekitar Rp. 3 ribu, sementara untuk kendaraan roda empat berkisar di Rp. 5 ribu. Dengan membayar biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai dengan segala aktivitas menarik yang dilakukan. Jam operasional pantai ini selama 24 jam, dan akan buka kapan dari hari Senin hingga Minggu.

Aktivitas Menarik yang Dilakukan di Pantai Drini

Aktivitas di Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Nur Arifin Enggar Kurniawan)

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika singgah di pantai satu ini. Bukan hanya menikmati pemandangan saja, Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda jajal ketika berada di pantai Drini.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Hal pertama yang pasti Anda lakukan adalah menikmati keindahan yang dimiliki pantai satu ini. Suasana pantai yang khas Pantai Selatan begitu mempesona. Banyak yang memberikan julukan sebagai Pantai Perawan pada pantai ini. Sebab selain pemandangannya yang mengagumkan, udaranya juga begitu sejuk dan masih asri.

Pengunjung banyak yang menyewa payung payung, kemudian menggelar tikar di bawahnya. Duduk di atas pasir sembari menikmati semilir angin tentunya menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan. Anda juga bisa melepas semua penat, apalagi air pantai ini juga begitu jernih. Sehingga Anda bisa melihat karang dan juga rumput laut yang ada di area landainya.

2. Snorkeling

Aktivitas yang paling tidak boleh dilewatkan adalah snorkeling. Snorkeling di Pantai Drini menjadi aktivitas yang begitu banyak penggemar. Pantai ini memiliki Laguna yang begitu indah dan air laut yang jernih sangat cocok untuk mendukung kegiatan snorkeling. Anda bisa mengintip keindahan terumbu karang sekaligus biota laut yang begitu cantik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Bermain Pasir dan Air

Selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan ketika di pantai adalah bermain pasir dan bermain air. Keduanya menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan dan banyak dilakukan di pantai. Apalagi di pantai ini pasirnya begitu lembut dan cocok untuk bermain. Anak anak pasti akan menyukai kegiatan ini. Andapun bisa mengajak buah hati untuk bermain air pinggir pantainya.

4. Bermain Kano

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan adalah bermain kano. Sekalipun pantai ini memiliki air pasang dan juga ombak yang cukup besar, tetapi pengunjung tetap bisa bermain kano. Ketika surut, Anda bisa mengayuh hingga ke tengah, dimana ada sejenis kolam yang bisa Anda temukan di pantai ini.

5. Berburu Foto Cantik

Pantai Drini menghadirkan banyak spot foto yang begitu menawan. Setiap sudut dari pantai ini akan memberikan sudut pandang tersendiri. Terdapat beberapa dekorasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil foto. Mengambil potret dengan latar belakang pantai juga bukanlah ide yang buruk. Pastikan membawa kamera dan sediakan memori yang lega.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Drini

Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai cantik di Gunung Kidul ini tidak hanya terletak pada keindahan alam yang dimilikinya saja. Tetapi juga lantaran fasilitas yang disediakan juga memadai. Anda bisa menemukan fasilitas tempat parkir yang luas. Sehingga ketika pengunjung membludak sekalipun, Anda masih bisa menemukan lokasi untuk parkir kendaraan.

Selain itu Anda juga bisa menemukan toilet serta kamar bilas. Setelah berenang atau bermain di airnya, Anda tak perlu bingung dimana membilas badan. Anda juga tetap bisa beribadah mengingat di Pantai Drini juga terdapat tempat ibadah. Terdapat gazebo gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai bagi para wisatawan.

Setelah puas bermain atau beraktivitas, Anda mungkin merasa lapar. Jika tidak membawa bekal, Anda bisa membeli makanan di tempat tempat makan yang ada. Di pantai ini, banyak pengunjung yang sengaja datang untuk berwisata kuliner. Mengingat seafood di Pantai ini memang sudah terkenal akan rasanya yang nikmat.

Apalagi seafood yang diolah merupakan hasil tangkapan pada nelayan, sehingga masih dalam kondisi yang segar. Harga yang ditawarkan juga terbilang ramah kantong. Selain fasilitas rumah makan, Anda juga bisa menemukan penginapan terdekat. Ada beberapa penginapan yang bisa Anda pilih, semalamnya mulai dari Rp. 150 ribu saja.

Berada di Gunung Kidul, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi destinasi wisata bahari satu ini. Menawarkan pemandangan yang mengagumkan, tetapi juga menghadirkan banyak aktivitas yang menarik. Pemandangan matahari tenggelam di pantai Drini juga begitu cantik serta sayang untuk dilewatkan. Tertarik mengunjunginya?