Pantai Pok Tunggal, Surga Bahari Berpasir Putih di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Jogja

Pantai Pok Tunggal, salah satu pantai pasir putih yang memesona di Gunung Kidul. Kawasan pantainya dikelilingi tebing-tebing kokoh yang membuatnya tampak istimewa. Gelombang air laut tenang dan biru turut melengkapi pemandangan yang tersaji.

Lokasi: Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Wisata pantai di Jogja kerap kali menjadi perhatian para wisatawan, salah satunya Pantai Pok Tunggal. Di pantai ini Anda akan merasakan pengalaman liburan paling menyenangkan. Pasalnya posisi destinasi yang tersembunyi memberikan panorama paling apik dari wisata bahari Jogja. Penasaran apa saja daya tarik lain yang ditunjukkan wisata ini? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Pok Tunggal

Tentang Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal dengan gudangnya pantai-pantai cantik. Termasuk Pantai Pok Tunggal yang memiliki sejuta pesona untuk dipamerkan. Meskipun letaknya terpencil namun wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat weekend dan libur panjang, pantai ini akan penuh dengan euforia para wisatawan.

Dulunya pantai ini hanya berupa bentangan laut tanpa ada penghuni atau wisatawan yang mampir. Kemudian pada tahun 2012 pemerintah setempat membuka pantai ini sebagai tempat wisata. Pengelolanya sendiri berasal dari masyarakat sekitar yang secara sukarela menawarkan diri. Termasuk swadaya melakukan pemolesan terhadap kawasan pantai agar lebih menarik.

Beberapa tahun kemudian jerih payah masyarakat terbayar, perlahan wisata bahari ini mulai dilirik oleh para wisatawan. Pesona alamnya yang tiada dua membuat destinasi ini mendapat julukan The Hidden Paradise atau surga tersembunyi. Sebutan tersebut memang benar adanya mengingat daya tarik yang berhasil memikat pengunjung lokal maupun mancanegara.

Penamaan pantai ini berkaitan dengan keberadaan sebuah pohon bernama Pohon Duras. Pohon besar tersebut dikenal sulit tumbuh di daerah pesisir dan termasuk jenis tumbuhan langka. Karena hanya pohon ini yang hidup di area Pantai Pok Tunggal, maka akhirnya menjadi maskot sekaligus nama dari pantai ini yang berarti pohon satu-satunya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pok Tunggal

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Instagram.com @mochammadarifin98

Daerah Gunung Kidul memang terkenal dengan kawasan pantainya yang unik dan menarik. Sehingga tak heran bila volume pengunjung selalu meningkat setiap akhir pekan atau libur panjang. Salah satunya Pantai Pok Tunggal yang baru-baru ini ramai diperbincangkan di sosial media. Ketenaran tersebut tak lepas dari pesona alam yang disuguhkan benar-benar menajubkan.

Akses menuju ke destinasi Jogja ini lumayan melelahkan, sebab lokasinya tersembunyi dan jauh dari pusat kota. Namun hal itu akan terbayar setelah Anda tiba di lokasi wisata pantai ini. Hamparan pasirnya putih dan sangat lembut layaknya ciri khas daerah pesisir di Pantai Selatan. Jadi Anda tak perlu khawatir kaki akan terluka bila berjalan diatas pasir putih ini.

BACA JUGA:  Pantai Indrayanti, Wisata Bahari yang Eksotis dan Romantis di Yogyakarta

Pantai eksotis yang dikelilingi oleh tebing perbukitan karst, yang menjadi poin kencantikan pemandangan tempat ini. Kombinasi air laut biru dengan bukit kapur adalah polesan alam yang tak terlupakan. Ditambah pepohonan hijau yang mengitari kawasan pantai, seolah memberi kesan alami dan asri yang sangat menenangkan hati.

Di sisi lain pantai terdapat barisan tebing karang yang berdiri gagah, seolah melindungi pantai dari dunia luar. Tebing dinding karang ini menjulang tinggi sekitar 50 meter dan berpotensi sebagai arena olahraga panjat tebing. Kokohnya tebing memberikan panorama lain dari Pantai Pok Tunggal, sehingga terkesan megah dan indahnya tak tertandingi.

Tak hanya pemandangan tebing saja, pantai ini memiliki satu Pohon Duras yang masih berdiri kokoh sampai sekarang. Pohon inilah yang menjadi ikon dari pantai ini dan kerap menjadi spot foto favorit pengunjung. Terdapat pula sumber mata air tawar yang berasal dari aliran sungai. Air ini biasa digunakan warga setempat untuk kebutuhan sehari-hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pok Tunggal

Rute Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Twitter.com @pok_tunggal

Untuk menuju wisata pantai ini Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Jogja. Secara administratif, lokasinya berada di Desa Tepus atau kisaran 66 kilometer jaraknya dari jalan Malioboro. Sedangkan secara geografis letak pantai diapit oleh Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Sehingga Anda bisa memilih hendak melewati rute yang sebelah mana.

Jika berangkat dari Yogyakarta disarankan pergi setelah subuh, karena perjalanan Anda membutuhkan waktu 1-2 jam. Kemudian ambil rute menuju Pantai Baron melalui Imogiri lalu ke Panggang. Setelah tiba di daerah Panggang perjalanan berlanjut ke Saptosari dan berakhir di Desa Tepus. Dari desa Tepus ambil jalur kiri ke Pantai Indrayanti, lalu jalan terus sampai bertemu pintu masuk Pantai Pok Tunggal.

Ketika menyusuri jalur pantai ini kondisi jalannya bebatuan dan belum beraspal. Sepanjang dua kilometer Anda akan melalui jalan yang sempit dan berkelok-kelok. Kondisinya agak terjal sehingga membuat adrenalin terus berpacu sepanjang perjalanan. Namun petualangan yang mendebarkan tersebur langsung berakhir setelah tiba di kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga Tiket Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Facebook.com @pantai-pok-tunggal

Berwisata ke pantai di Gunung Kidul ini tidak perlu menyiapkan banyak budget. Biaya tiketnya relatif murah dan bisa dijangkau semua kalangan. Cocok bagi Anda yang ingin berwisata murah meriah, namun sensasi refreshingnya cukup terasa. Masuk ke pantai ini hanya dikenakan biaya 10 ribu rupiah per wisatawan, diluar dari harga lain-lain.

BACA JUGA:  56 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bila Anda membawa kendaraan pribadi akan dikenakan retribusi parkir. Untuk pengguna sepeda motor sebesar 3 ribu, sedangkan mobil sekitar 5 ribu dan minibus 15 ribu. Dengan biaya ramah kantong tersebut, Anda dapat menikmati segala panorama di pantai ini seharian penuh. Tiket masuk dan retribusi parkir tersebut dikelola oleh masyarakat untuk perbaikan dan pembaruan wahana pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pok Tunggal

Aktivitas di Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Twitter.com @catperku

1. Berenang dan Menyusuri Tepi Pantai

Pantai Pok Tunggal memiliki jenis air laut berwarna biru dan jernih, sehingga Anda bisa mengintip bagian dasarnya. Gelombang airnya tidak terlalu ganas jadi Anda dapat berenang di area pantai. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi Anda yang gemar berbasah ria saat berlibur di pantai. Namun tetap perlu waspada jangan sampai melewati garis laut yang ditentukan.

Bila tidak minat berenang Anda bisa sekedar jalan-jalan di pinggir pantai. Anda akan merasakan lembutnya pasir putih yang memanjakan kaki. Aktivitas menyusuri tepian pantai ini sambil mengagumi bentangan alam di depan mata. Sembari menghirup sepoi-sepoi angin laut yang menyejukkan hati. Tempat yang sempurna bagi Anda yang ingin refreshing dari riuhnya ibukota.

2. Snorkeling dan Diving

Ketika berkunjung ke pantai rasanya kurang puas jika belum mencoba dua aktivtias ini. Ombak laut yang relatif rendah memudahkan Anda melakukan snorkeling dan diving. Anda akan diajak untuk melihat keindahan bawah laut yang masih tampak alami. Bagaimana tidak, dengan suasana pantai yang sepi jelas kawasan ini jauh dari tangan-tangan jahil.

Anda akan menemukan karang-karang dengan beragam bentuk dan terawat. Ikan-ikan kecil berenang bebas sambil sesekali bersembunyi diantara karang. Biota laut lainnya seperti bintang laut dan plankton dapat Anda temukan disini. Sayangnya untuk melakukan dua aktivitas ini Anda harus membawa peralatan sendiri, sebab pihak pengelola belum menyediakan tempat sewa.

3. Bermain Pasir di Pinggir Pantai

Aktivitas satu ini memang disukai semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Keseruan menuangkan ide diatas pasir agaknya menjadi kegiatan yang tak bisa dilewatkan. Biasanya pengunjung saling menimbun diri sebagai agenda seru-seruan bersama teman atau keluarga. Jenis pasir pantainya yang putih dan bersih membuat acara bermain pasir lebih menyenangkan.

4. Olahraga Rock Climbing

Area sekitar pantai yang dikelilingi oleh tebing tinggi memicu adanya aktivitas ekstrem ini. Namun bukannya takut justru para wisatawan merasa tertantang untuk mencobanya. Terutama bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin, adanya rock climbing justru jadi lahan permainan. Inilah yang membuat Pantai Pok Tunggal berbeda dengan pantai lainnya.

BACA JUGA:  Sindu Kusuma Edupark, Destinasi Rekreasi Seru di Jogja

Anda dapat menjajal untuk menaiki atau menuruni tebing-tebing karst yang cadas. Cocok bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang tinggi. Dari ketinggian Anda dapat melihat view terbaik dari deretan pantai di Gunung Kidul. Untuk menapaki batuan terjal tersebut Anda akan ditemani oleh seorang profesional, sedangkan peralatannya bisa Anda bawa sendiri.

5. Ambil Foto-Foto Menarik

Pantai cantik ini mempunyai banyak spot foto menarik yang bebas Anda pilih. Ada tangga yang menuju puncak bukit karst untuk mengambil gambar. Selain itu latar pantai dan langit biru saat hari cerah, menjadi salah satu favorit para wisatawan. Apalagi ketika sunrise dan sunset datang, panoramanya merupakan kombinasi paling sempurna.

6. Camping di Area Pantai

Rasanya kurang puas bila menikmati indahnya Pantai Pok Tunggal hanya satu hari saja. Anda bisa berkemah di pinggiran pantai sambil mengagumi keelokan alamnya. Apalagi jika datang bersama rombongan teman atau keluarga, suasana alam paling cocok untuk bonding kedekatan. Sunyinya malam di alam terbuka menjadi nuansa intim untuk saling berbagai cerita.

Untuk berkemah di pantai ini Anda dikenakan biaya sewa lahan per malamnya. Namun tidak termasuk peralatan camping, seperti tenda dan sleping bag. Jadi apabila ingin camping disini perlu perencanaan matang jauh-jauh hari. Supaya bisa membawa perlengkapan kemah lengkap tanpa perlu menyewanya di perjalanan berangkat ke pantai.

7. Mengintip Sungai Bawah Tanah

Adanya sungai bawah tanah yang ada di pantai ini memang menarik perhatian pengunjung. Uniknya di area pantai terdapat aliran air tawar dari sungai tapi tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai bawah tanah ini menjadi berkah bagi masyarakat setempat. Salah satunya sebagai sumber mata air tawar yang dapat menghidupi keseharian warga sekitar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Google Maps (Vmgaming)

Pihak pengelola wisata belum menambahkan wahana tertentu untuk bersenang-senang. Seperti banana boat atau perahu untuk berkeliling pantai tidak akan Anda temukan. Hanya terdapat fasilitas untuk bersantai hingga toilet umum untuk berbilas. Meskipun begitu panorama cantik yang disuguhkan sudah cukup untuk melengkapi liburan.

Jika Anda memutuskan untuk camping di area pantai, maka perlu membawa perlengkapannya sendiri. Namun bila kurang nyaman tidur di alam terbuka, Anda bisa memilih keluar dari kawasan pantai. Anda dapat menginap di beberapa homestay yang berdekatan dengan lokasi wisata. Mungkin Anda akan merasa capek dua kali tapi akan mendapat kenyamanan istirahat.

Pantai Pok Tunggal menawarkan panorama pantai yang dikelilingi tebing-tebing kokoh. Pesonanya mampu menghipnotis siapapun yang berwisata ke destinasi satu ini. Meskipun tidak ada wahana permainan air, namun Anda masih dapat bersenang-senang di pantai ini. Anda bisa snorkeling, diving, hingga camping agar lebih dekat dengan alam.