Pulau Sempu Malang, Cagar Alam yang Memesona Tapi Terlarang Dikunjungi

Pulau Sempu Malang, Cagar Alam yang Memesona Tapi Terlarang Dikunjungi

Pulau Sempu adalah cagar alam yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan di Malang. Sayangnya pulau dengan hamparan pasir putih ini terlarang untuk dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 jam, Alamat: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berbagai destinasi wisata di Malang memiliki ciri khas tersendiri. Jika biasanya destinasi wisata di Malang ini terletak di daerah dataran tinggi, maka untuk kali ini akan dibahas destinasi wisata di daerah pesisir. Mendengar pesisir disebut, maka tentunya tempat ini sangat dekat dengan perairan. Sebut saja Pulau Sempu.

Pulau eksotis ini merupakan sebuah pulau kecil yang sangat mempesona dan termasuk cagar alam di wilayah Malang, Jawa Timur. Pulau ini terletak dekat dengan Samudera Indonesia. Hal inilah yang menjadikan pulau ini masih terjaga keasriannya.

Pulau ini juga jarang terjamah manusia. Selain tidak adanya penduduk, pulau ini pun diresmikan sebagai cagar alam oleh pemerintah setempat. Namun pulau ini tidak boleh sembarang dikunjungi karena menjadi tempat konservasi, penelitian dan Pendidikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sempu

Daya Tarik Pulau Sempu

Image Credit: Instagram.com @pegi_pegi

1. Lokasi yang Strategis

Pulau Sempu ini merupakan salah satu pulau kecil yang berada di selatan kota Malang. Dapat dikatakan strategis karena pulau ini berdekatan dengan Samudera Indonesia yang sangatlah luas.

Bahkan untuk spesies lumba-lumba khas Samudera Indonesia dapat dengan mudah ditemukan karena lumba-lumba ini biasanya bersembunyi dibalik tebing di sekitar pulau. Keindahan Samudera Indonesia dapat dilihat dan dirasakan secara langsung jika Anda berkunjung ke Pulau ini.

Selain pulau ini terletak dekat dengan Samudera Indonesia, daya tarik lainnya yaitu pulau ini memiliki pantai yang sangat menawan dan cocok dijadikan tempat untuk melepas penat. Pantai di tempat ini memiliki pasir yang berwarna putih dan lembut. Berbagai kegiatan pun dapat dilakukan di pesisir pantai ini.

2. Danau Alami

Danau yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu ini menjadi daya tarik wisatawan. Danau ini merupakan danau alami yang tanpa sengaja terbentuk karena adanya faktor alam. Asal mula danau ini yaitu adanya deburan ombak dari Samudera Indonesia atau perairan selatan yang terpecahkan oleh tebing, sehingga air pun masuk melalui celah tebing.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Sempu

Alamat Pulau Sempu

Image Credit: Instagram.com @arif_hidayat_t

Dimana sih Pulau Sempu itu? Pulau eksotis ini berada di selatan Pulau Jawa, maka tak heran jika keberadaannya sangat dekat dengan Samudra Indonesia. Tepatnya yaitu di dusun Sendang Biru, Tambakrejo, Malang.

Untuk sampai ke lokasi pulau maka dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam jika dilakukan dengan mengendarai mobil. Dengan jarak tempuh dari kota Malang sekitar 70 kilometer. Namun sebelum sampainya para wisatawan di Pulau Sempu ini, maka para wisatawan akan menyebrangi Pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Yang mana pantai ini adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terkenal di sana.

BACA JUGA:  35 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk sampai ke pulau ini para wisatawan harus melewati hutan dengan pegunungan kapur di sampingnya dan juga menyusuri jalan setapak. Energi yang cukup dan fisik yang kuat sangat dibutuhkan jika Anda berkunjung ke pulau cantik ini. Tentu hal lain seperti perlengkapan trekking juga harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Biaya Wisata ke Pulau Sempu Malang

Biaya Wisata ke Pulau Sempu Malang

Image Credit: Instagram.com @adam_elhamdanee

Ketika Anda sudah sampai Malang, maka jangan lupa untuk menelaah Pulau Sempu. Nah, untuk harga tiket masuk masih tergolong murah, ya kawan. Anda tidak perlu merogoh kantong dengan banyak agar bisa memasuki dan menikmati pemandangan pulau ini. Cukup dengan dua puluh ribu saja per orang Anda sudah dapat menikmati indahnya pulau cantik ini.

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk sampai ke lokasi pulau maka harus melewati Pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Nah, di pantai ini para wisatawan harus membayar tiket masuk dengan harga murah. Tiket masuk Pantai Sendang Biru dipatok dengan harga lima ribu rupiah saja per orang.

Sedangkan bagi yang menyewa perahu untuk sampai ke Pulau Sempu Malang, maka Anda harus membayar biaya sewa perahu tersebut. Harga sewa perahu ini biasanya dipatok dengan kisaran harga seratus ribu rupiah saja per orang. Eits, akan tetapi harga dapat berubah sewaktu-waktu, ya.

Bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini, alangkah baiknya untuk membawa rombongan. Karena agar para wisatawan dapat menghemat biaya pengeluaran. Bahkan untuk penyewaan fasilitas pun dapat dihitung murah jika Anda datang secara gerombolan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Sempu

Kegiatan di Pulau Sempu

Image Credit: Instagram.com @eunikemelody

1. Berpetualang di Pulau

Pulau Sempu merupakan pulau kecil tak berpenghuni. Maka pulau ini sangatlah cocok untuk dijadikan tempat atau tujuan dalam berpetualang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk sampai ke pulau eksotis ini dibutuhkan perjuangan yang hebat.

Jadi, bagi Anda yang menyukai petualangan, sangat dibolehkan untuk berkunjung ke pulau ini. Karena saking alamnya, maka Anda dapat dengan mudah untuk menemukan satwa liar. Satwa-satwa liar ini tentu dalam pengawasan pemerintah, ya. Contoh satwa yang dapat ditemui yaitu kera hitam, lutung jawa, kera abu-abu, kancil, dan juga kijang.

Namun, di sisi lain pemerintah telah menetapkan pulau cantik di Malang ini sebagai salah satu cagar alam. Sehingga bagi siapapun itu yang ingin mengunjunginya, maka dianjurkan agar mengantongi surat izin dahulu. Karena pada dasarnya pulau ini biasa digunakan oleh para mahasiswa, maupun peneliti untuk melakukan konservasi.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Kediri Paling Enak & Murah

2. Piknik

Jika sebelumnya dibahas tentang cagar alam, maka kali ini akan dibahas mengenai berwisata. Piknik di Pulau Sempu merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan tak kan terlupakan. Di dalam pulau pun banyak ditemukan berbagai destinasi wisata alam yang tak kalah menarik juga.

Destinasi wisata alam selanjutnya yaitu seperti Pantai Sendang Biru. Keindahan yang dimilikinya menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri. Sesuai dengan nama tempatnya yaitu pantai Sendang Biru, maka air di pantai ini pun berwarna biru jernih dan terlihat sangat menyegarkan. Berbagai biota laut hidup nyaman di dalamnya.

Pantai Sendang Biru ini pun menjadi salah satu tujuan dan memang harus dilewati ketika para wisatawan akan berkunjung ke pulau ini.

3. Mengenal Kekayaan Flora dan Fauna

Karena Pulau Sempu merupakan salah satu objek wisata yang berupa cagar alam, maka tempat ini sangatlah cocok jika Anda ingin menambah wawasan mengenai keanekaragaman hayati. Banyak sekali flora dan fauna khas endemik setempat hidup di daerah ini. Tentunya flora dan fauna di daerah ini dilindungi pemerintah, ya.

Di daerah ini para wisatawan dapat mengetahui tentang hutan tropis. Yang mana di dalamnya terdapat Buchania, Wadang, Bendo, dan juga Triwulan. Selain itu, kawasan di Pulau Sempu Malang ini didominasi oleh nyamplung, pandan, waru laut, dan juga ketapang. Bahkan di daerah ini pun terdapat beberapa jenis mangrove seperti Rhizopura Apiculata dan Rhizopura Mucronata.

4. Memancing di Pesisir Pantai

Karena wilayah ini dekat dengan perairan, maka memancing menjadi kegiatan andalan para wisatawan yang berkunjung ke sini. Terlebih para kaum laki-laki yang suka memancing. Para wisatawan yang gemar memancing ini biasanya memancing di pinggir pantai. Hasil dari memancing pun mereka masak dan makan bersama-sama.

5. Berkemah di Pulau

Kebanyakan dari pengunjung menghabiskan waktu dengan berkemah di pesisir pantai. Hawa dingin ketika malam hari diiringi sepoi-sepoinya angin laut menjadikan suasana bertambah syahdu. Para wisatawan biasanya bakar-bakar dengan tujuan untuk menghangatkan badan.

Di pagi harinya, para wisatawan pun disuguhi matahari yang elok mempesona. Biasanya diikuti dengan rangkaian berjemur untuk menghangatkan badan dan juga berswafoto ria. Para wisatawan yang berswafoto ria ini menggunakan pantai maupun bukit yang mengelilingi untuk dijadikan latar belakang.

Sudah jelas dan pasti, bahwa kawasan wisata di Pulau Sembu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat foto-foto. Pasalnya, tempat wisata di daerah ini juga instagramable. Sangat tepat jika para kawula muda berkunjung ke daerah sini. Selain wisatanya mengedukasi, namun juga wisatanya sangat memukau.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Gresik Terbaru & Terhits Dikunjungi

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Sempu

Penginapan Pulau Sempu

Image Credit: Tiket.com

1. Pondok Bamboe

Referensi penginapan di sekitar Pulau Sempu yaitu Pondok Bamboe. Pondok Bamboe merupakan salah satu penginapan yang letaknya sangat dekat dengan pulau ini. Jarak pulau ke penginapan ini sekitar kurang lebih 3,07 kilometer.

2. Budget Room at Istana Laut 1

Penginapan kedua yang akan dibahas setelah Pondok Bamboe yaitu Budget Room at Istana Laut 1. Penginapan ini letaknya cukup jauh dari pulau. Dengan jarak tempuh antar keduanya yaitu 26,2 kilometer.

3. Cakra Residence Syariah Hotel

Penginapan selanjutnya yaitu Cakra Residence Syariah Hotel. Penginapan yang satu ini mempunyai jarak yang cukup lumayan. Untuk bisa sampai di Cakra Residencce Syariah Hotel, maka dibutuhkan jarak tempuh sekitar 29,72 kilometer dari lokasi pulau.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sempu Malang

Fasilitas di Pulau Sempu Malang

Image Credit: Instagram.com @andinirachm

Pembahasan terakhir kali ini yaitu mengenai fasilitas yang tersedia di Pulau Sempu. Adapun fasilitas yang memang tersedia di daerah ini yaitu penginapan. Berbagai penginapan dapat Anda temukan di daerah ini. Mulai dari yang harga termurah hingga termahal dengan pertimbangan jauh tidaknya penginapan dari Pulau ini.

Di pulau eksotis ini pun dapat ditemukan adanya tempat untuk outbound maupun camping. Hal ini disebabkan karena wilayah pulau masih terjaga keasriannya. Sehingga para wisatawan dapat merasakan menyatu dengan alam.

Fasilitas selanjutnya yang tak kalah penting yaitu adanya restaurant maupun cafe. Tanpa adanya tempat kuliner seperti itu, maka para wisatawan pasti akan kebingungan mencari makan. Yang tak kalah penting lainnya yaitu adanya kamar mandi yang memadai. Fasilitas kamar mandi ini pun dibangun di pesisir pantai juga.

Tak lupa tempat parkir juga disediakan di Pulau Sempu ini. Untuk biaya parkir di daerah ini sangatlah murah dengan kisaran lima ribu rupiah untuk mobil dan juga tiga ribu rupiah untuk motor. Di Pulau Sembu ini pun menyediakan fasilitas seperti penyewaan perahu ataupun speedboat. Perahu atau speedboat ini digunakan ketika Anda akan menyebrang ke pulau.

Berbagai hal di atas dapat memudahkan aksesibilitas dan juga memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. Sehingga para wisatawan akan memiliki kesan tersendiri ketika nantinya beranjak dari pulau kaya pesona ini.

Nah, itulah kilas singkat mengenai Pulau Sempu Malang, Jawa Timur. Sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? So, persiapkan segala hal jika Anda ingin berkunjung ke pulau ini! Mulai dari energi, fisik, maupun finansial yang tentunya memadai. Perlu diingat bahwa pulau ini merupakan cagar alam, jadi Anda tidak boleh sembarangan saat berkunjung.