12 Restoran & Tempat Makan di Pekalongan Paling Enak & Murah

Tempat Makan Pekalongan

Bagi Anda yang sedang berwisata ke Pekalongan, wajib hukumnya untuk mencoba makanan yang sudah terkenal enaknya. Makanan khas Pekalongan memang memiliki cita rasa yang tersendiri, sehingga tak heran jika makanan khas Pekalongan ini banyak dicari oleh para wisatawan baik dalam negeri atau luar negeri. Nah, yuk simak daftar tempat makan dan restoran di Pekalongan yang terkenal enak dan favorit.

1. Teras Bali

Teras Bali

Lokasi: Jl. H. Agus Salim No.72, Poncol, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Resto teras bali adalah salah satu wisata kuliner yang cukup terkenal di Pekalongan. Terasa wisata dalah warung makan yang ramai dikunjungi oleh pengunjungnya. Akan ada banyak sekali menu yang disediakan di teras bali seperti sayuran, sup hingga goreng gorengan. Namun jika hendak memesan makana di Teras Bali Anda harus merogoh kocek yang menguras akntong anda. Warung in terletak di Jln. H Agus Salim Nomor 72 Pekalongan Timur.

2. Lesehan Nasi Megono

Lesehan Nasi Megono

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.209, Pringlangu, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Adira.co.id

Nasi megono adalah salah satu makanan khas yang ada di daerah Pekalongan. Anda bisa mencoba nasi megono di Lesehan Megono yang sudah terkenal memiliki citarasa yang sedap. Di warung lesehan ini akan disediakan makanan tambahan seperti pepes ikan, sate telur puyuh, mendoan tempe, hingga capitan yangkhas dari Pekalongan.

Biasanya nasi megono di setiap warung memiliki rasa yang berbeda pula. Rasa yang berbeda ini juga sangat berpengaruh harga yang dipatok. Pada umumnya makanan wisata kuliner ini dibandrol dengan harga sekitar 1500 hingga 2000 rupiah. Nasi megono akan sering dijumpai di sepanjang jalan daerah Pekalongan.

3. Warung SS

Warung SS

Lokasi: Jl. Raya Sapugarut No.277, Sapugarut Barat, Sapugarut, Kec. Buaran, Kota Pekalongan. – Image Credit by Anekawisataseru.net

Salah satu tempat wisata kuliner yang menyediakan masakan yang enak adalah warung SS. Tempat makan ini sangat cocok bagi Anda penyuka pedas yang menggetarkan lidah. Anda bisa berkunjung ke warung SS di Pekalongan yang berada di Sebrang POM Bensin Baros. Warung ini juga menawarkan beragam tingkat kepedesan sambal yangAnda inginkan.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Kendal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Anda ingin menikmati makan di warung SS, Anda tidak harus merogoh kocek yang terlalu dalam. Ada beragam menu yang disajikan seperti ayam, lele atau sayur lainya. Bisanya warung ini akan penuh saat jam makan siang atau makan malam. Sehingga Anda harus menunggu sedikit lebih lama untuk bisa bersantap di warung ini.

4. Angkringan Sang Dalang

Angkringan Sang Dalang

Lokasi: Jl. Merdeka No.29-42, Kraton Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. – Image Credit by Kedaisangdalang.business.site

Warung makan ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan untuk menikmati masakan dengan harga terjangkau. Meskipun memiliki harga yang murah, namun warung makan ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Akan ada banyak sekali makanana khas Pekalongan seperti nasi kucing, nasi uduk, aneka lauk khas angkringan di pinggir jalan. Anda juga bisa memesan aneka varian minum mulai dari panas hingga minuman dingin.

5. Nasgor Ibu Kustiani

Nasgor Ibu Kustiani

Lokasi: Jl. Angkatan 45, Kraton Kidul, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Ranggawisata.com

Bagi Anda yang ingin mencoba nasi goreng khas Pekalongan, Anda bisa berkunjung ke Nasgor Ibu Kristiani. Warung makan ini memiliki cita rasa yang enak dan juga sedap. Tak hanya nasi goreng yang lezat, warung ibu kristiani juga menyajikan capjay kuah atau mie kuah yang tak kalah lezat. Rahasia kelezatan nasgor ini adalah cara memasak tradisional yang digunakan.

Warung ini masih menggunakan tungku tradisional yang biasa dipakai oleh orang jaman dahulu. Citarasa yang dihasilkan saat memasak menggunakan tungku tradisional ini adalah bumbu yang meresap hingga ke dalam makanan. Selain itu nasi goreng ini menggunakan bara arang tradisional dan juga bumbu yang beraroma khas.

6. Sego Kucing Jogja Pekalongan

Sego Kucing Jogja Pekalongan

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.55, Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. – Image Credit by Readymap.asia

Sego kucing adalah salah satu makanan jogja yang bisa ditemui di Pekalongan. Meskipun berasal dari jogja warung makan sego kucing jogja Pekalongan menyajikan menu makanan yang berbeda. Resto ini akan membebaskan para pembeli untuk memiih makanan yang diinginkan. Anda bisa menemukan warung ini di sebelah barat SMPN 2 Pekalongan yang tidak jauh dari kawasan Jetayu.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Warung yang mengusung tema prasamanan ini memiliki beragam lauk yang disedikan. Selain itu sego kucing yang berporsi kecil juga ciri khas dari warung makan satu ini. Anda bisa berkunjung ke warung ini bersama dengan keluarga, sahabat atau kerabat. Selain memiliki menu yang enak tempat makan warung ini juga sangat nyaman.

7. Ayam Gepuk

Ayam Gepuk

Lokasi: Jl. Gajah Mada Bar. No.9, Tirto, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Facebook.com @Ayam Gepuk Super Lezat

Sajian kuliner ayam gepuk adalah salah satu kuliner khas Pekalongan yang juga menyediakan olahan bebek goreng yang lezat. Anda bisa menemukan warung makan ayam gepuk di daerah Tirto atau selatan alun alun kota Pekalongan. Ayam gepuk memiliki resep sambal yang lezat dan enak jika dicampur dengan nasi yang masih hangat.

Wisata kuliner ayam gepuk ini memiliki harga yang cukup terjangkau bagi semua kalangan. Bahkan ketika memesan ayam gepuk ada pilihan paket yang ditawarkan, salah satunya adalah paket hemat. Paket hemat ini hanya 10 ribu rupiah dan Anda bisa menikmati nasi ayam goreng, lalapan, dan juga es teh yang segar. Cukup hemat bukan?

8. Soto Pekalongan

Soto Pekalongan

Lokasi: Jl. Gajah Mada Bar. No.355, Tirto, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Soto tauto ayam panggang markeso khas pekalongan.business.site

Hampir berbagai daerah memiliki ciri khas soto, begitu pula dengan Pekalongan. Soto Pekalongan memiliki rasa yang berbeda dengan soto di tempat lainya. Soto ini memiliki kuah berwarna merah dengan campuran tuaco. Soto Pekalongan akan memiliki cita rasa yang pedas dan gurih yang mampu menggoyang lidah. Dalam saoto ini terdapat daging yang sudah diolah hingga empuk dan juga campuran bihun.

Selain itu, soto Pekalongan akan ditaburi potongan seledri dan daun bawang untuk menambah cita rasanya. Jika Anda ingin mencicipi soto Pekalongan yang enak, Anda bisa berkunjung ke Soto kelgo Pekalongan yang sudah terkenal ramai. Harga yang ditawarkan pun relatif murah yaitu sekitar 15 ribu rupiah saja.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru & Terhits Dikunjungi

9. Garang Asem Pekalongan

Garang Asem Pekalongan

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.169, Kebulen, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Garang Asem h masduki.business.site

Makanan khas tradisional Pekalongan yang wajib Anda coba adalah garang asem. Makanan satu ini memiliki rasa yang gurih dan mampu menggoyangkan lidah. Anda bisa berkunjung ke Alun Alun Pekalongan untuk bisa menikmati garang asem Pekalongan dengan harga yang terjangkau dan pastinya menggoyang lidah.

Garang asem menggunakan beberapa rempah tradisional untuk mengolahnya. Sebenarnya cara membuat garang asem ini terbilang mudah dan bisa dilakukan di rumah. Anda harus memilki daging sapi dan juga asem dan kluwek. Caranya ialah mengulek semua bumbu seperti asem, kluwek dan bumbu lainya. Setelah itu masukkan bumbu kedalam daging yang sudha direbus.

10. Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto

Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto

Lokasi: Jl. Pantai Sari No.33, Panjang Baru, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. – Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Jika Anda menyukai makanan seafood Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke warung makan ikan bakar Wiroto. Rumah makan ini terletak sekitar 3 km dari pusat kota. Ikan bakar yang dijual di raurng ini memiliki rasa yang sedap dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Ikan bakar warung ini memiliki aroma yang kuat dan juga gurih dan bisa membuat pelanggan ketagihan.

11. Warung Lesehan Usman

Warung Lesehan Usman

Lokasi: Jl. Alun-Alun, Keputran, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. – Image Credit by Ranggawisata.com

Anda bisa berkunjung ke warung lesehan usman untuk bisa menikmati makanan  khas Pekalongan seperti nasi megono. Warung ini terletak di tengah kota Pekalongan sehingga mudah untuk ditemukan. Tempat warung makan ini menjual berbagai nasi Megono yang dibugkus dan bisa dipilih oleh para pembeli beserta lauk yang disediakan.

Ada beragam menu yang ditawarkan sepeti tempe medoan, kopi tahlil yang merupakan kopi khas dari Kota Pekalongan. Sambal di warung ini terkenal sangat pedas dan mampu menggoyang lidah. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi wisata kuliner ini, Anda bisa datang pada pukul 5 sore hingga 10 malam.

12. Selaras

Selaras

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.2, Bendan, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by 2Pos.asia

Salah satu kuliner Pekalongan yang menyedikan tempat ala resto adala Selaras. Meskipun menyediakan tempat kuliner bergaya resto, selaras tetap memiliki hidangan yang murah dan terjangkau oleh kantong. Ada banyak sekali menu makanan di resto selaras. Jika Anda sedang berkunjung ke Pekalongan tak ada salahnya untuk mencicipi makanan satu ini.

Selain memiliki rasa yang enak, Selaras juga sangat dekat dengan area gazebo di area Mataram. Tempat kuliner ini memang menyediakan gasebo gasebo yang juga bisa digunakan untuk ruang makan bersama pasangan, keluarga atau kerabat. Saat malam hari suasana di Selaras akan jauh lebih romantis untuk dinikmati bersama pasangan.

Itulah beberapa rekomendasi restoran kuliner yang ada di Pekalongan. Tempat makan tersebut belum tentu menyediakan makanan khas Pekalongan. Sehingga jika Anda ingin mencicipi makanan khas Pekalongan, Anda harus memastikan jika warung tempat makan menjual makanan khas daerah tersebut. Sebuah warung makan yang ramai oleh pengunjung mengindikasikan makanan yang dijual di warung tersebut enak dan lezat.