Jika Berencana Liburan ke Ibukota, Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Jakarta Utara. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan Bersama Orang Tercinta.

Kota Jakarta Utara merupakan bagian dari wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dimana letak geografisnya yang strategis karena berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kota ini pula menyimpan potensi wisata yang cukup beragam untuk dinikmati selama masa liburan bersama orang tersayang.

Panorama alamnya yang begitu menakjubkan, menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan para wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Jakarta Utara yang bisa Anda jelajahi untuk liburan yang lebih berkesan.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Image Credit: Traveloka.com

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Jakarta Utara. Objek wisata terpadu ini pula memiliki wahana permainan yang sangat lengkap. Oleh sebab itulah banyak pelancong dari berbagai daerah di Jakarta yang datang untuk sekedar menghabiskan masa liburannya di tempat ini. Bahkan banyak wisatawan yang berasal dari luar Jakarta rela jauh jauh datang ke Jakarta Utara untuk mengunjungi destinasi yang memiliki luas hampir 552 hektar ini.

Objek wisata seru yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini diantaranya yaitu pantai, Sea World, Atlantis Water Adventure, Dunia Fantasi, Marina, Pasar Seni, Kereta Gantung, Gelanggang Samudra, Padang Golf Ancol, Bowling, Kios Souvenir, dan wisata kuliner. Tak hanya beragam objek tersebut saja, di Taman Impian Jaya Ancol pula terdapat berbagai macam wahana permainan yang memacu adrenalin.

Lokasi: Jl. Lodan Raya, Ancol, Kec. Pandemangan, Kota Jakarta Utara.

2. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Margasatwa Muara Angke
Image Credit: Jakarta-tourism.go.id

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan destinasi wisata alam berupa hutan bakau yang terletak di Jakarta Utara. Objek wisata ini menjadi satu satunya hutan di Jakarta yang dilindungi oleh pemerintahan setempat. Taman Suaka ini memiliki jembatan kayu dengan panjang kurang lebih 843 meter yang dapat membantu para pengunjung untuk menelusuri hutan bakau alami yang indah.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menaiki perahu yang dipersiapkan oleh pengelola wisata untuk berkeliling menikmati suasana asri hutan. Destinasi wisata Jakarta Utara ini pula menyajikan pemandangan pepohonan yang rindang nan asri serta terdapat berbagai fauna seperti monyet, biawak, dan burung. Beragam fauna tersebut hidup bebas di dalam hutan bakau ini. Apabila Anda ingin bermalam, pengelola wisata telah menyediakan penginapan yang terletak di tengah hutan.

Lokasi: Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

3. Waterboom Jakarta Utara

Waterboom Jakarta Utara
Image Credit: Bukalapak.com

Selain pantai, di Jakarta Utara juga terdapat destinasi wisata dengan wahana bermain airnya yang seru yaitu Waterboom Jakarta Utara. Objek wisata ini menyediakan beragam wahana bermain air yang mengasyikkan dan tentunya memuaskan. Para pengunjung bisa bermain air dengan sepuasnya sambil melihat pemandangan pepohonan hijau nan rindang yang mengelilingi destinasi ini.

Waterboom Jakarta Utara memiliki beragam jenis seluncuran yang disesuaikan dengan umur. Bahkan di destinasi wisata ini terdapat seluncuran yang memacu adrenalin. Para pengunjung pun tidak perlu takut tenggelam, karena di destinasi wisata ini telah tersedia pelampung bagi setiap pengunjungnya serta terdapat penjaga kolam yang selalu memantau aktivitas pengunjung.

Lokasi: Jl. Pantai Indah Barat No.1, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa
Image Credit: Bloggerjakarta.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Jakarta Utara ini berada dekat dengan Laut Jawa. Destinasi wisata ini terletak sangat dekat dengan Laut Jawa yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa, yang merupakan tempat bersejarah dan penting bagi Kota Jakarta. Tempat wisata ini pula menjadi saksi bisu asal mula terbentuknya kota Jakarta Utara ini. Pelabuhan Sunda Kelapa inilah yang menjadikan Indonesia terkenal akan kekayaan beragam rempah di mata dunia.

Ketika berkunjung ke destinasi ini, Anda akan melihat beragam kapal dan perahu yang bersandar dan beroperasi seperti semestinya. Keberadaan beragam kapal tersebutlah menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi destinasi ini. Bahkan banyak para pengunjung yang menjadikan destinasi ini sebagai wisata sejarah di Jakarta Utara. Tak jarang pula terdapat banyak para pengunjung yang mengambil foto berbagai kapal karya anak bangsa.

Lokasi: Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

5. Kampung Marunda

Kampung Marunda
Image Credit: Ihategreenjello.com

Objek wisata berikutnya yang berada di Jakarta Utara ialah Kampung Marunda. Tempat ini merupakan kampung nelayan dengan suasana tenang dan damai. Bagi para pengunjung yang ingin memanjakan dirinya dari hiruk pikuk perkotaan, maka tempat wisata ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Desiran angin pantai sejuk yang berhembus mampu menghilangkan rasa penat selama beraktivitas seharian.

Lokasi: Kampung Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

6. Museum Bahari

Museum Bahari
Image Credit: Blog.reservasi.com

Destinasi wisata Jakarta Utara ini merupakan museum yang memiliki koleksi berbagai benda yang erat kaitannya dengan kelautan dan perikanan. Museum Bahari ini dulunya merupakan gudang milik VOC yang digunakan untuk menyimpan rempah rempah untuk dijual ke Eropa. Museum Bahari ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang penasaran dengan perkembangan kelautan, serta perikanan bangsa Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang.

Lokasi: Jl. Pasar Ikan No.1, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

7. Sentra Perikanan Muara Angke

Sentra Perikanan Muara Angke
Image Credit: Ihategreenjello.com

Tak hanya diliputi oleh segudang wisata alamnya saja, di Jakarta Utara juga terdapat wisata kuliner yang populer yaitu Sentra Perikanan Muara Angke. Tempat ini bahkan disebut sebut sebagai surganya pecinta kuliner laut. Para pengunjung yang datang ke Sentra Perikanan Muara Angke ini bisa menyaksikan pemandangan menarik sambil menikmati ikan bakar yang nikmat. Di wisata ini, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan bongkar muat nelayan yang baru menepi di dermaga.

Lokasi: Jl. Pendaratan Udang No.10, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

8. Jakarta Islamic Center (JIC)

Jakarta Islamic Center (JIC)
Image Credit: Gomuslim.co.id

Jakarta Islamic Center atau JIC menjadi salah satu pusat pendidikan agama Islam yang menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta. Bahkan tempat wisata ini biasanya digunakan untuk pengembangan dan pembelajaran mengenai agama Islam. Jakarta Islamic Center seringkali digunakan sebagai wisata religi oleh para pengunjungnya, untuk semakin memperdalam pengetahuan mengenai agama Islam.

Lokasi: Jl. Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Kec. Koja, Kota Jakarta Utara.

9. Amped Trampoline Park

Amped Trampoline Park
Image Credit: Tempat.com

Destinasi wisata selanjutnya ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang ingin berlibur sembari olahraga. Amped Trampoline Park yang terletak di Jakarta Utara ini menyediakan beragam trampolin yang dapat digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Para pengunjung yang datang ke destinasi ini akan mendapatkan kesenangan tersendiri saat melompat lompat di trampolin, serta mampu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Lokasi: Jl. Artha Gading Selatan No.8, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

10. Kampung Tugu

Kampung Tugu
Image Credit: Yoexplore.co.id

Kampung Tugu ini merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang terletak di pinggir Batavia, Jakarta Utara. Saat pertama kali menginjakkan di lokasi wisata ini, para pengunjung bisa melihat beragam makam dari komunitas tugu. Di destinasi wisata sejarah ini pula terdapat rumah tempat tinggal para pendeta gereja tugu, lonceng kuno pemberian Belanda, serta terdapat tempat ibadah. Para pelancong yang mengunjungi ini seringkali hanya melakukan wisata rohani.

Lokasi: Kampung Tugu, Semper Barat, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

11. Kampung Luar Batang

Kampung Luar Batang
Image Credit: Megapolitanpos.com

Peninggalan bersejarah selanjutnya yang berada di Jakarta Utara ialah Kampung Luar Batang. Kampung ini sudah ada sejak tahun 1630 serta terletak di belakang Museum Bahari. Destinasi wisata ini sering digunakan sebagai alternatif pelancong yang ingin berwisata religi di Jakarta Utara. Kampung Luar Batang terkenal akan ikonnya yang unik, yaitu Masjid Luar Batang. Bahkan terdapat pula makam Habib Husein yang terletak di bagian dalam masjid ini.

Lokasi: Jl. Luar Batang V No.10, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

12. Taman Jogging Kelapa Gading

Taman Jogging Kelapa Gading
Image Credit: BeritaSatu.com

Destinasi wisata ini sangat cocok digunakan untuk para pengunjung yang ingin berlibur tanpa mengeluarkan dana berlebih. Di Taman Jogging Kelapa Gading ini para pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan beragam fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Seperti namanya, taman ini memang menyediakan trek khusus untuk jogging dengan pemandangan indah yang memanjakan para pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Boulevard Blok. GT.3, Kelapa Gading Timur, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

13. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung
Image Credit: Wikipedia.org

Rumah Si Pitung merupakan salah satu rumah panggung Betawi yang masih tersisa di Jakarta Utara. Destinasi wisata sejarah ini diperkirakan dibangun pada abad ke 20. Rumah Si Pitung ini pula dijadikan sebagai museum dan termasuk ke dalam cagar budaya. Para pengunjung yang datang kesini akan menjumpai beragam dekorasi yang bernuansa Betawi, serta terdapat berbagai barang yang digunakan untuk melawan para penjajahan.

Lokasi: Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.02/RW.07, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

14. Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Hutan Kota Penjaringan
Image Credit: Kompas.com

Objek wisata selanjutnya ini memiliki luas 135.200 meter persegi yang diisi lebih dari 4.566 pohon pelindung. Taman Hutan Kota Penjaringan Jakarta Utara ini juga sering disebut dengan istilah Kampung Kebun Pisang yang dibangun secara bertahap mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2012. Para pengunjung yang datang kesini akan disuguhkan dengan keindahan hutannya yang begitu menakjubkan sembari menikmati beragam fasilitas umum lainnya secara gratis.

Lokasi: Jl. Kepanduan 2, Pejagalan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

15. Museum Rekor Dunia-Indonesia

Museum Rekor Dunia-Indonesia
Image Credit: Wikipedia.org

Museum Rekor Dunia-Indonesia merupakan sebuah tempat yang menyimpan dokumentasi rekor yang berhasil dipecahkan dan tercatat oleh MURI. Rekor tersebut nantinya akan dibukukan ke Guinness’ Book of World Record. Para pengunjung yang memasuki destinasi ini akan disuguhkan dengan beragam gambar pencapaian masyarakat Indonesia untuk memecahkan rekor dunia.

Lokasi: Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

Beragam destinasi wisata yang disebutkan diatas merupakan bagian kecil objek wisata yang ada di Jakarta Utara. Karena sebenarnya masih terdapat beragam destinasi wisata lainnya, baik itu wisata alam, sejarah, maupun modern. Selain terdapat beragam wisata alam dan sejarahnya tersebut, salah satu Kota Adminitrasi di DKI Jakarta ini pula terdapat beragam wisata kuliner khas yang patut untuk dicoba.