Ingin liburan ke Bogor? Inilah daftar rekomendasi tempat wisata hits di Bogor, Jawa Barat. Destinasi alam terindah, terbaru dan kekinian yang bisa Anda kunjungi ketika butuh liburan yang menyenangkan.

Bogor dikenal dengan kawasannya yang menarik untuk dijelajahi saat musim liburan. Daerah yang terkenal dengan julukan Kota Hujan ini memang tidak diragukan lagi memiliki keindahan alam yang memesona. Memiliki dataran yang lebih tinggi dari ibukota Jakarta membuat daerah ini memiliki udara yang sejuk. Contoh kawasan yang sering dijadikan destinasi liburan adalah Puncak Cisarua. Puncak menjadi kawasan yang banyak diminati berbagai kalangan untuk menyejukkan pikiran.

Jika Anda berada di kota-kota besar sekitar Jabodetabek, Bogor merupakan tempat yang cocok untuk untuk Anda jadikan peristirahatan. Berlibur bersama sahabat, keluarga, maupun orang tersayang adalah hal yang patut Anda lakukan. Selain mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang tersaji dengan segala keunikannya mampu memanjakan mata.

Berbagai destinasi alam dapat dieksplor untuk mengisi waktu berlibur atau waktu luang Anda. Jika Anda ingin mengunjungi Bogor, tak perlu bingung untuk tujuan terbaiknya. Berikut diulas daftar tempat wisata populer di Bogor yang paling direkomendasikan pelancong dengan beragam pesonanya.

Objek Wisata Hits di Bogor

1. Taman Buah Mekarsari

Image Credit by Twitter.com @Tamanmekarsari

Seperti namanya, taman wisata ini memiliki konsep pusat budidaya beraneka macam buah-buahan. Terutama untuk buah yang ada dan tumbuh pada iklim subtropis seperti negera tercinta ini. Hampir sebagian besar koleksi jenis buah yang ada pada Taman Buah Mekarsari berasal dari negeri sendiri, mulai dari Sabang hingga Merauke tersedia lengkap bisa Anda temukan disini.

Luas dari taman wisata ini mencapai 265 hektare yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Apa lagi pada tempat wisata yang satu ini di lengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan bersama keluarga. Selain kebun buah, di Mekarsari tersedia wahana air, wisata berkendara, wisata bermain dan camping yang seru. Rekreasi dan menambah pemahaman mengenai aneka ragam hayati di negeri ini sangat bermanfaat bagi putra-putri Anda.

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor.

2. Situ Gede

Situ Gede
Image Credit: Jejakpiknik.com

Sekilas membahas destinasi wisata ini mungkin perhatian Anda lebih tertuju pada bendungan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa situ gede merupakan sebuah objek wisata berupa danau yang cantik. Dengan biaya masuk terjangkau, Anda sudah bisa menikmati panorama alam di sekitar danau dan fasilitas yang disediakan. Di tengah danau ini terdapat pulau kecil dan juga makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh penguasa yang melegenda.

Tersedia berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengujung saat berada di Situ Gede, seperti gazebo, taman, masjid, lahan parkir, toilet dan sebagainya. Jika ingin menginap, pengelola telah menyediakan camping ground untuk mendirikan tenda sembari menikmati keindahan di sekitar danau. Situ ini merupakan warisan peninggalan zaman kolonial, dimana kini semakin dikembangkan.

Lokasi: Jl. Cilubang Malang, Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

3. Kampung Adat Sindang Barang

Sindang Barang
Image Credit: Bogorraincake.com

Sindang Barang merupakan sebuah kampung budaya yang mengajarkan alat musik tradisional dan kesenian lainnya. Berkaca dari negeri sakura yang semakin maju namun mereka tidak meninggalkan budaya mereka. Hal ini sangat penting untuk mengenalkan budaya sekaligus berlibur untuk mengkaderisasi generasi penerus. Agar budaya yang kita miliki dapat terus lestari.

Sindang Barang memiliki 22 rumah adat dengan bentuk sesuai yang asli dan memiliki fungsi yang berbeda, seperti untuk menyimpan padi, tempat tinggal, balai dan beberapa rumat dijadikan penginapan. Sindang Barang termasuk desa adat tertua yang berada di Jawa Barat berdasarkan cerita yang termuat dalam Babat Pajajaran dan tertulis dalam pantun Bogor. Berkunjung ke kampung ini nantinya akan menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda.

Lokasi: Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

4. Pemandian Air Panas Tirta Sanita

Credit Image: Google Maps/Awan Sucipto

Tirta Sanita merupakan pemandian air panas yang berasal dari aktifitas perut bumi. Dengan harga tiket yang terjangkau, Anda dan keluarga dapat berendam dan menikmati air panas bersama di kolam alami. Bisa dikatakan metode atau cara yang di rasa cukup ampuh untuk menghilangkan lelah dan penat adalah dengan berendam air panas. Selain menjadi sarana relaksasi, Anda akan menikmati hasil baiknya terutama pada kulit Anda.

Memiliki tempat yang cukup luas dan fasilitas yang bisa di katakan cukup lengkap, seperti wahana bermain, outbound dan berabagi spot foto keren. Pemandian ini bisa masuk dalam daftar kunjungan saat berada di Bogor. Apalagi ketika Anda ingin melepas jenuh dan penat yang telah Anda alami pada keseharian Anda, berendam air panas mungkin merupakan solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat.

5. Istana Bogor

Istana Bogor
Image Credit: Sejarahlengkap.com

Istana Bogor merupakan salah satu destinasi wisata Bogor yang patut untuk Anda kunjungi agar liburan lebih berkesan. Berkunjung ke istana ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan wisata edukasi. Anda dapat mengajak anak-anak juga yang tentunya dapat menambah wawasan nasionalisme mereka. Tempat ini juga memiliki kawasan lingkungan yang sangat sejuk dan asri.

Jika berkunjung ke Istana Bogor, Anda akan menemukan koleksi-koleksi bersejarah yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Tak hanya itu, uniknya disini Anda juga dapat menyaksikan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di sekitar kawasan. Harga tiket untuk memasuki kawasan Istana Bogor adalah gratis. Jadi Anda tak perlu ragu lagi ketika ingin mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, RT.04/RW.01, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masih membahas mengenai museum, museum selanjutnya yaitu Museum Kepresidenan atau dikenal dengan Balai Kirti yang masih dalam kompleks Istana Bogor. Merupakan sebuah museum yang di khususkan membahas dan mengenang para pemimpin negara kita, mulai dari Presiden pertama negara ini yaitu Ir. Soekarno hingga presiden kita saat ini.

Setiap perjalanan sejarah negara ini saat di pimpin oleh presiden tersebut juga tidak lupa turut di sertakan, agar para pengunjung mengerti dan memahami peran serta bagaimana mereka di zamannya menjalankan roda pemerintahan. Di museum juga diterakan beberapa torehan sejarah setiap hasil dari proses kepemimpinan setiap presiden.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 1, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

7. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Image Credit: Jawakini.com

Nama tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kebun yang di kelilingi oleh pohon-pohon besar dan tua yang menghasilkan suasana yang khas. Memang untuk kebun ini sudah ada mulai zaman kolonial namun memiliki suasana yang indah. Apa lagi di tempat ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap.

Serta pada bagian yang sangat penting adalah sudah terdapat aneka kuliner yang di jajakan. Dan tetunya bisa Anda cicipi dan nikmati bersama keluarga Anda nantinya. Menikmati kuliner berada pada suasana yang rindang dan nyaman tentunya akan sangat menyenangkan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

8. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor
Image Credit: Pesona.travel

Destinasi hits berikutnya adalah Museum Zoologi yang berada dalam kawasan Kebun Raya. Museum ini memiliki koleksi aneka fosil satwa mulai dari hewan terbesar yaitu paus biru. Serta beberapa fosil hewan langkah yang ada pada negara kita, menjelajah dan berkunjung ke tempat ini. Memiliki keasikan tersendiri serta dapat menambah pengetahuan Anda terutama untuk hewan langkah yang Anda di negara kita.

Beberapa hal yang di berikan pada tempat ini di harapkan nantinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Terutama pada anak-anak Anda agar menambah dan memberi wawasan mengenai hewan yang dilindungi. Akibat perburuan liar yang sudah sangat keterlaluan, menanamkan kesadaran pada Anda sangat penting untuk kemudian hari.

Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Taman Meksiko

Taman Meksiko
Image Credit: Detik.com

Taman Meksiko adalah salah satu spot wisata yang berada dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Di taman ini Anda dapat menyaksikan berbagai macam spesies tumbuhan yang unik, utamanya tanaman sukulen yang eksotis asal Amerika Tengah dan Selatan, tanaman yang dikenal mampu bertahan di lingkungan yang gersang.

Selain itu, taman ini kaya akan koleksi dimana lebih dari 100 spesies tanaman, seperti agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lainnya. Terdapat pula berbagai koleksi tanaman kering yang ditata sedemikian rupa. Taman ini sangatlah cocok menjadi tujuan wisata edukasi dan bermain yang menyenangkan untuk keluarga.

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No.13, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Pemandian Gunung Peyek

Image Credit: Lazone.id

Pemandian air panas Gunung Peyek adalah destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang menginginkan relaksasi, berendam air panas disertai pemandangan yang begitu eksotis, Pemandian Gunung Peyek adalah pilihan tempat yang tepat. Pemandian ini memiliki tiga lubang yang membentuk kolam alami yang berisi air panas. Di tempat ini, pengunjung akan mencium bau belerang yang memang sudah lumrah di kawasan air panas.

Dalam kawasan pemandian juga telah tersedia destinasi bernuansa alam yang menarik dieskplor. Fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Di pemandian Ciseeng ini juga telah tersedia fasilitas lying fox dan kegiatan outbond lainnya.

Lokasi: Jl. Pasar Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kota Bogor.

11. Loji Suaka Elang Bogor

Suaka Elang Loji
Image Credit: Ksmtour.com

Loji Suaka Elang adalah salah satu objek wisata yang hits dengan pemandangan yang memukau. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, Suaka Elang Loji adalah tempat yang cocok untuk Anda jelajahi. Disini Anda dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang sangat eksotis, sekaligus melihat langsung binatang langka. Selain burung elang, Anda juga bisa menemukan burung alap-alap yang memang dikembangkan di tempat ini.

Tempat ini menawarkan panorama alam yang masih asri dan hawa yang sejuk yang pas untuk tempat bersantai bersama keluarga. Terlabih di dekat lokasi wisata terdapat air terjun yang menawan yang dikenal dengan nama Curug Cibadak. Selain itu, Anda juga dapat mendirikan tenda di sekitar kawasan untuk menikmati pesona alamnya lebih lama.

Lokasi: Ciburayut, Kec. Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

12. Museum PETA

Museum PETA
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

PETA merupakan pasukan yang terdiri dari bangsa Indonesia sendiri yang di didik dan dilatih oleh Jepang. Dengan tujuan untuk mempertahankan negara Indonesia ketika sekutu datang untuk menyerang Jepang yang ada di Indonesia. Namun sebagian besar pasukan ini nantinya membelot dan memerangi gurunya sendiri atau Jepang yang kala itu menjajah Indonesia.

Pasukan ini diabadikan dengan aneka diorama yang ada pada museum tersebut serta terdapat beberapa senjata dan seragam. Dulunya di gunakan para pasukan tersebut untuk berjuang merebut kemerdekaan negara kita dari tangan penjajah. Bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghormati jasa para pahlawanya. Berkunjung tempat ini akan memberi pemahaman pada kita mengenai bagaimana perjuangan mereka para pendahulu kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No. 35, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

13. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Image Credit: Piknikdong.com

Membahas mengenai negara kita Indonesia tentunya tidak bisa di lepaskan dari kekayaan alam yang dimilkinya. Mulai dari tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya yang ada dan terdapat pada negara kita. Semua hal tersebut terangkum dengan baik pada museum yang satu ini, Anda dapat mengunjungi untuk mencari tahu lebih lanjut nantinya.

Kita sebagai warga negara Indonesia patutnya berbangga atas apa yang di miliki oleh negara kita. Serta berbagai pengetahuan mengenai keanekaragaman kekayaan alam yang Anda di negara ini. Bisa Anda dapatkan bersama dengan keluarga Anda nantinya.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

14. Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal
Image Credit: Pesonakabogor.com

Gunung Kapur Klapanunggal adalah objek wisata alam di Bogor yang terkenal akan keindahannya yang memikat. Siapapun yang datang kesana, akan disuguhkan pemandangan gunung kapur yang begitu megah dan eksotis. Cocok untuk Anda kunjungi bersama teman untuk berfoto dan berpetualang di sekitar kawasan Gunung Klapanunggal yang tentunya sangat mengasyikkan.

Lokasi: Klapanunggal, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor.

15. Rumah Pohon Jonggol

Rumah Pohon Jonggol
Image Credit: Wisatabaru.com

Rumah Pohon Jonggol terletak di Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor. Kawasan wisata satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi terutama bagi Anda penggiat fotografi.

Terdapat jembatan eksotis dan rimbunnya pohon yang menjadikan keunikan tersendiri bagi tempat ini. Untuk mengunjunginya, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 15.000 rupiah yang tentunya terjangkau.

Lokasi: Cibodas, Kec. Jonggol, Kab. Bogor.

16. Pura Parahyangan

Pura Parahyangan
Image Credit: Pegipegi.com

Pura Parahyangan adalah destinasi wisata sekaligus tempat ibadah bagi umat Hindu yang ada di Bogor. Pura Parahyangan diketahui merupakan pura terbesar yang berada di Pulau Jawa. Oleh karena itu Anda tidak boleh melewatkan begitu saja kawasan ini saat berada di Bogor. Disini Anda dapat menyaksikan megahnya pura dengan lingkungan alam yang masih terjaga dengan asri.

Bangunan arsitektur pura yang sangat megah dengan perpaduan suasana alam yang asri tentunya dapat membuat siapapun takjub. Anda dapat berkeliling pura dengan berfoto-foto. Selain itu Anda juga dapat mempelajari sejarah dan budaya Hindu yang kental di Pura Parahyangan ini.

Lokasi: Tamansari, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.

17. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Image Credit: Pesona.travel

Gunung Batu Jonggol adalah destinasi wisata gunung yang terletak di Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Bagi Anda yang memiliki hobi menantang seperti mendaki, Gunung Batu Joggol dapat Anda jadikan pilihan destinasi wisata saat berada di Bogor. Ketinggian dari Gunung Batu Jonggol ini sekitar 2.871 kaki atau sekitar 875 mdpl.

Berpetualang bersama teman di Gunung Batu Jonggol tentu dapat menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Anda juga dapat berkemah dan menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona. Keindahan alam yang terdapat di Gunung Batu Jonggol ini dapat Anda manfaatkan sebagai objek fotografi yang cantik.

Lokasi: Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

18. Istana Batu Tulis

Istana Batu Tulis
Image Credit: Wisataku.id

Jika Anda mengagumi seorang sosok Putra Fajar atau julukan lain dari Presiden pertama kita tersebut. Anda dapat mengunjungi tempat yang satu ini di mana pada tempat ini merupakan salah satu tempat beliau di asingkan. Ada banyak tempat beliau diasingkan ketika dianggap terlalu vokal dan membahayakan pemerintah kolonial kala itu.

Serta pada tempat ini terdapat beberapa koleksi serta barang-barang langsung milik Ir. Soekarno. Sedangkan untuk istilah Batu Tulis tersebut adalah beberapa patung yang memiliki coretan tangan beliau. Suasana yang masih nyaman seperti dahulu kala masih terawat hingga saat ini saat Anda mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Batutulis No. 54, Batutulis, Kec. Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat.

19. The Jungle Fest

The Jungle Fest
Image Credit: Getdiskon.com

The Jungle Fest merupakan sebuah area taman bermain dengan konsep wahana yang memacu andrenalin pengunjung. Sama hal dengan wahana permainan yang ada di ibukota Jakarta untuk permainan dan sensasi yang di tawarkan tentunya tidak kalah menarik. Wahana bermain yang satu ini merupakan yang terbesar yang di miliki oleh kota Bogor.

Tentunya tidak semua permainan memiliki tantangan yang ekstrim akan tetapi terdapat beberapa wahan bermain sengaja di sediakan untuk anak-anak. Jadi Anda tidak perlu cemas jika beberapa permainan tersebut terlalu membahayakan bagi anak Anda. Nantinya awasi setiap wahan bermain yang akan di pilih oleh anak Anda.

Lokasi: Jl. Dreded, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor.

20. Museum Tanah

Museum Tanah
Image Credit: Kelanaku.com

Sedikit unik dan berbeda dari beberapa museum yang ada pada beberapa kota lainnya. Keberadaannya pun kurang di ketahui bahkan oleh masyarakat Bogor sendiri. Seperti namanya museum yang satu ini memiliki koleksi aneka jenis tanah serta beberapa alat yang menunjang dan berhubungan dengan tanah.

Museum ini sendiri didirikan pada tahun 1988, serta hampir segala jenis tanah yang ada di Indonesia ada di tempat ini. Berbagai jenis tanah tersebut telah di kategorikan dan di jelaskan mengenai kekurangan serta kelebihan dari masing-masingnya. Jika Anda merupakan seorang yang memiliki ketertatrikan dengan tanaman dan segala yang berhubungan dengan tanah. Mengunjungi tempat ini untuk menambah informasi Anda mungkin ada baiknya.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 98, RT.1/RW.1, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

21. Tugu Kujang

Tugu Kujang
Image Credit: Bogor.net

Jika pada daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki senjata tradisional khas berupa Keris. Maka berbeda pada daerah Jawa Barat dan sekitarnya terutama pada Tanah Pasundan. Memiliki senjata khas yaitu Kujang, tempat ini sekaligus museum yang menyimpan aneka ragam dan jenis senjata dan barang-barang berharga peninggalan masa lalu.

Umumnya senjata-senjata tersebut di gunakan untuk berjuang membela dan merebut kemerdekaan. Beberapa senjata tersebut ada yang replika namun tidak sedikit dari benda koleksi museum yang memiliki Tugu Kujang tersebut asli. Kita bisa melihat dan memahami betapa tangguhnya nenek moyang kita melawan penjajah dengan senjata tradisional tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No. 1A, Baranangsiang, Bogor Timur, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Bogor.

22. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor
Image Credit: Bobocantik.com

Kota Bogor juga memiliki taman safari yang memiliki standar internasional. Beraneka ragam flora dan fauna terdapat pada taman safari ini hampir 5000 jenis spesies terdapat di dalamnya. Tidak lupa beberapa hewan dan tumbuhan langkah yang ada pada negara kita juga terdapat pada Taman Safari ini.

Hampir dapat dikatakan banyak objek wisata yang ada di kota ini merupakan wisata buatan namun sarat dengan ilmu dan sejarah. Jika Anda menginginkan liburan yang bermanfaat bersama keluarga Anda, mungkin kota ini menjadi salah satu pilihan wisata edukasi yang tepat.

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor.

23. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Image Credit: Idtempatwisata.com

Bingung mengunjungi destinasi wisata yang cocok untuk bersenang-senang bersama keluarga? Taman Wisata Matahari dapat menjadi pilihan. Tempat ini merupakan kawasan rekreasi terlengkap yang berada di Kota Bogor. Terdapat berbagai macam wahana permainan yang siap untuk mengisi waktu berlibur Anda bersama keluarga tercinta.

Terdapat berbagai macam wahana air yang tentunya sangat mengasyikkan. Selain itu disini juga terdapat wisata edukasi yang juga dapat Anda nikmati sekaligus untuk menambah wawasan. Berbagai macam fasilitas juga telah memadai sehingga dapat menunjang kenyamanan Anda saat ingin berkunjung.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM.77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

24. Curug Bidadari

Fasilitas Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Deni Dwi Aprizal)

Air terjun ini termasuk objek wisata alam yang hits di kawasan Sentul, Bogor. Pengunjung bisa mengunjungi curug ini sekaligus menikmati spot wisata lainnya di kawasan Sentul Paradise Park. Penamaan curug ini tergolong unik yang didasari mitos berkembang di masyarakat, dimana sebelumnya bernama Curug Bojongkoneng. Namun tempat ini diyakini sebagai tempat mandinya para bidadari ketika sore hari dan kini berubah nama menjadi Curug Bidadari.

Jika berminat ke curug ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti berenang di kolam alami dan kolam buatan, wanaha permainan air dan menikmati keindahan alam nan sejuk. Selain itu, Anda juga bisa menyusuri jembatan unik di antara batu belah dan berburu foto keren di kawasan Sentul Paradise.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

25. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor
Image Credit: Fatahilaharis.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata edukasi, Museum Perjuangan Bogor dapat menjadi pilihan yang tepat. Museum ini didirikan pada sekitar tahun 1958.

Terletak di Kecamatan Bogor tengah, Kota Bogor. Seperti museum pada umumnya, terdapat benda-benda bersejarah yang tentunya menarik untuk dipelajari. Museum ini didirikan melalui musyawarah dari para tokoh Pejuang Karesidenan.

Lokasi: Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

26. Kuntum Farmfield

Image Credit: Kuntum.co.id

Kuntum Farmfield ini termasuk destinasi wisata yang unik di Kota Bogor. Menawarkan wisata yang ramah untuk anak-anak dengan konsep rekreasi, edukasi dan nursery. Berkunjung ke tempat ini, Anda dan si kecil dapat menambah wawasan dengan mengenal lebih dekat ilmu peternakan dan pertanian.

Wisata edukasi ini berada dalam lahan yang cukup luas, yang spot wisatanya dibagi berdasarkan zona-zona, seperti zona tanaman sayur, hewan ternak, berkuda, tangkap ikan, bercocok tanam dan zona kreatifitas bagi anak-anak yang suka mewarnai atau menggambar. Kuntum Farmfield juga telah memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk mendukung pengunjung mulai dari aula, gazebo, tempat makan hingga lahan parkir.
Lokasi: JJl. Teras Hijau Residence Jl. Raya Tajur No.291, RT.01/RW.01, Sindangrasa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat.

27. Kampoeng Air Katulampa

Kampoeng Air Katulampa
Image Credit: Mahonyforyourleisure.blogspot.com

Kampoeng Air Katulampa merupakan destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang menginginkan kegiatan outbond di sela-sela berlibur.

Disini Anda dapat melakukan banyak kegiatan menyenangkan seperti memancing, arung jeram, camping, dan lain sebagainya. Kampung ini masih sangat kental akan keasrian alamnya, sehingga suasana alam di sekitarnya juga masih terasa sejuk.

Lokasi: Jl. Katulampa Raya No.45, RT.04/RW.19, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

28. Lawang Salapan

Lawang Salapan
Image Credit: Widiyaanggreany.blogspot.com

Jika Anda berada di Bogor, tak lengkap rasanya apabila tidak berkunjung ke Lawang Salapan. Lawang Salapan merupakan landmark Kota Bogor yang hits.

Terdapat 10 pilar putih yang kokoh berdiri dengan menyangga sebuah tulisan. Tulisan tersebut adalah “Di Nu Kwari Ngancik Nu Bhari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga”.

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No.1A, Baranangsiang, RT.04/RW.02, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

29. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu
Image Credit: Bogorraincake.com

Di kota Bogor terdapat juga sarana penangkaran rusa yaitu Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor. Dengan suasana yang masih alami dan sejuk Anda dapat memberikan makan serta berfoto ria dengan para rusa tersebut. Rusa di tempat ini bisa sudah jinak dan terbiasa dengan manusia yang ada di sekitarnya.

Mengunjungi tempat ini memiliki manfaat bagi anak Anda untuk mengerti dan memberinya pengetahuan untuk bercengkraman dengan alam. Agar nantinya mereka dapat memahami dan menjaga kekayaan alam dan fauna yang ada di negara kita. Serta yang paling penting Anda telah mendidik generasi selanjutnya untuk mau memahami dan menjaga alam kita.

Lokasi: Buanajaya, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat.

30. Wisata Alam Gunung Pancar

Gunung Pancar
Image Credit: Pegipegi.com

Salah satu tempat yang menawarkan ketenangan dan kenyamanan saat berwisata adalah Gunung Pancar. Merupakan tempat pemandian air panas yang memiliki pamandangan dengan deretan pohon pinus yang mengelilinya. Pada tempat yang memiliki suhu udara dingin dan sejuk menikmati kehangatan dengan berendam air panas mungkin menjadi satu hal yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, objek wisata Bogor ini juga memiliki tempat yang dapat menghibur Anda seperti air terjun dan kebun teh. Anda bisa menikmati suasana tersebut untuk mengistirahatkan otak Anda yang jenuh. Baik dengan pasangan atau keluarga Anda nantinya.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

31. Paragliding Bogor

Paragliding Bogor
Image Credit: Hayukabogor.id

Jika Anda merupakan orang yang tidak memiliki trauma atau takut dengan ketinggian. Wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda kunjungi baik bersama keluarga atau pasangan. Menikmati sensasi terbang dengan paraglinding dengan terbang dari puncak Bogor untuk menikmati pemandangan indah dari atas.

Memiliki sensasi yang menarik dan menyenangkan apa lagi Anda juga dapat mengeksplorasi hampir semua pemandangan melalui ketinggian tersebut. Anda tidak perlu khawatir untuk masalah keamanan karena nantinya Anda akan dipiloti oleh mereka yang telah sangat berpengalaman pada bidangnya. Penasaran? Segera kunjungi untuk merasa sensasi terbang dan menikmati keindahan alamnya.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Bogor.

32. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort
Image Credit: Julianadewi.com

Tidak seperti resort pada umumnya, di The Highland Park Resort ini penginapan Anda akan memiliki bentuk tenda suku Indian. Apa lagi ketika tempat tersebut berada pada dataran tinggi yang memiliki hawa yang sejuk. Dengan fasilitas dan kenyamanan ala hotel berbintang yang telah di tawar oleh pihak resort.

Pada kawasan resort ini juga di tawarkan aneka fasilitas hiburan seperti kolam renang, flying fox dan lain sebgainya. Bisa Anda nikmati bersama keluarga sembari menginap dan menikmati pemandangan di tempat tersebut. Satu lagi tempat nyaman yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga Anda.

Lokasi: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

33. Warso Farm

Warso Farm
Image Credit: Hayukabogor.id

Destinasi ini sangat cocok bagi para pecinta durian terutama jika Anda merupakan salah seorang penggemar buah berduri ini. Anda dapat mengunjungi Warso Farm yang menawarkan wisata petik durian. Serta yang paling penting Anda dapat menikmati dan mencicipi durian yang baru saja di petik dan dipanen dari pohonnya.

Tidak perlu kahwatir belum matang, bisa di pastikan buah durian yang nantinya Anda cicipi tersebut. Telah matang di pohon dan dapat langsung Anda konsumsi bersama keluarga atau pasangan Anda. Tidak perlu terlalu banyak memebayangkan langsung saja kunjungi dan nikmati bersama keluarga Anda.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

34. Bukit Alesano

Bukit Alesano
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu tempat di mana Anda bisa sendiri dan merenung untuk menemukan kedamaian di Bogor salah satunya adalah Bukit Alesano. Bukit ini merupakan area perkemahan dimana Anda dapat menikmati keindahan kota Bogor dari puncak bukit tersebut. Menikmati keramaian dan cahaya yang bersilauan di kejauhan.

Namun tetap tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi tempat ini. Jangan khawatir mengenai masalah harga yang harus Anda bayarkan untuk mengunjungi tempat ini. Karena Anda akan mendapatkan tarif sukarela atau seiklasnya saja.

Lokasi: Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

35. Rumah Air Bogor

Rumah Air
Image Credit: Liburanesia.com

Seperti halnya dengan namanya konsep dari penginapan ini merupakan rumah di atas air. Rumah tersebut memiliki konsep rumah bambu atau saung dengan aneka kuliner tradisional yang telah di sediakan. Serta suasana yang tenang dengan iringan live musik, apa lagi suasana dari tempat tersebut sangat mendukung.

Seakan-akan Anda kembali ke masa lalu dengan konsep sederhana dan nyaman Anda akan betah. Jangan khawatir bosan ketika berada di tempat ini karena sudah disediakan arena outbond yang bisa Anda nikmati. Jika di total maka lengkap sudah semua hal tersebut untuk menghibur dan melengkapi kesenangan Anda di sana.

Lokasi: Jl. Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat.

36. The Illusion Bogor

The Illusion Bogor
Image Credit: Utamiriska.wordpress.com

Salah satu destinasi wisata unik yang ada di kota Bogor adalah The Illusion. Yang berisi foto serta aneka karya seni, tidak lupa juga lukisan yang memiliki konsep 3D. Serta berbagai hal yang dapat Anda nikmati terutama bersama dengan pasangan Anda bersama mengunjungi tempat ini.

Tempat ini bisa dikatakan unik dan menarik Anda juga dapat menikmati berbagai macam karya yang unik dan menarik. Semua hal tersebut terangkum dengan baik pada tempat ini serta banyak spot untuk mendapatkan foto terbaik. Terutama jika Anda ingin mendapatkan spot foto yang menarik dan berkesan bersama pasangan Anda.

Lokasi: Jl. Tirta Nirwana Raya No. 119, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor.

37. Godong Ijo

Godong Ijo
Image Credit: Checkinjakarta.id

Destinasi wisata ini merupakan tempat bermain dan belajar bagi anak-anak. Beragam aktivitas yang menarik dapat dilakukan di Godong Ijo, mulai dari bermain dengan hewan, tanaman, memancing dan masih banyak lagi. Hal ini semakin seru dan berkesan ketika Anda berkunjung dan bermain bersama dengan anak di objek wisata ini.

Menghibur diri bersama anak memang menjadi hal yang penting dilakukan dalam setiap keluarga. Apalagi ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bersama dan menemaninya bermain. Jangan berpikir untuk dua kali untuk menyenangkan Anda di wisata Gedong Ijo.

Lokasi: Jl. Cinangka Raya KM 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Objek Wisata Hits Dekat Bogor

38. Little Venice

Little Venice
Image Credit: Kompasiana.com

Jika Anda memiliki keinginan untuk berkunjung ke Eropa namun masih terkendala dengan dana, mungkin mengujungi Little Venice yang ada di Cianjur merupakan sarana penghibur sementara. Sama dengan kota aslinya di Italia Anda bersama pasangan atau keluarga dapat menaiki gondola bersama yang telah di sediakan.

Suasana yang mendukung serta kondisi yang nyaman dan romantis akan membuat Anda betah berlama-lama dengan pasangan Anda. Paling tidak objek wisata kekinian dekat Kota Bogor ini dapat sedikit menghibur Anda sebelum mengunjungi langsung kota aslinya. Tidak usah menunggu lagi segera kunjungi untuk merasakan suasana yang mirip dengan kota Venice.

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

39. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Seperti dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah taman dengan kumpulan berbagai macam bunga yang indah dan menawan di Bogor. Taman bunga ini memiliki lahan seluas 35 hektare yang letaknya dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Keindahan yang tersaji dan bermain dapat Anda nikmati bersama keluarga dengan berkunjung ke tempat berwarna-warni ini.

Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, Anda bisa menyusuri labirin tanaman, topiary, danau dan masih banyak spot wisata lain. Beberapa fasilitas berupa tempat bermain untuk anak-anak telah disiapkan pengelola. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut nantinya. Terbayang bukan ketika Anda menyusuri taman bunga di sore hari dengan kilauan cahaya matahari tenggelam.

Lokasi: Jl. Mariwati KM 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.

40. Taman Sakura Cibodas

Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Liburmulu.com

Mendengar nama pohon Sakura sekilas yang terlintas pada pikiran Anda adalah negara Jepang. Namun, tahukah Anda di Kebun Raya Cibodas berhasil menumbuhkan pohon dengan warna pink tersebut. Menikmati indahnya Bunga Sakura Anda bisa langsung menuju Kebun Raya Cibodas.

Namun bunga ini tidak berbunga sepanjang tahun yah kawan. Akan tetapi hanya berkembang dan mekar hanya pada bulan Maret hingga Juni saja. Jangan lewatkan untuk menikmati dan meilihat secara langsung tamanan khas Jepang ini pada taman safari Cibodas yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat wisata menarik dan terindah di Bogor yang patut untuk Anda kunjungi di sela-sela waktu berlibur. Tak lupa juga untuk mengabadikan setiap suasana dengan berburu foto keren di kawasan wisata yang populer di atas. Semoga informasi ini bermanfaat!