Taman Buah Mekarsari, Destinasi Agrowisata Favorit di Jawa Barat

Taman Buah Mekarsari

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kec. Cileungsi, Kota Bogor.
MapCek Lokasi

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keindahan yang terbantahkan. Tanahnya yang subur membuat Indonesia bisa ditumbuhi dengan berbagai buah buahan maupun sayuran. Rupanya hal ini bisa dimanfaatkan sebagai sebuah agrowisata yang bisa mengedukasi sekaligus untuk rekreasi. Seperti Taman Buah Mekarsari di Kota Bogor yang jadi agrowisata paling favorit dan banyak digemari wisatawan. Simak ulasan selengkapnya.

Sejarah Taman Buah Mekarsari

Sejarah Taman Buah Mekarsari

Image Credit by Anekatempatwisata.com

Kawasan wisata ini dibangun sejak tahun 1990  yang merupakan ide dari Almh. Ibu Tien Soeharto. Pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 5 tahun yang kemudian pada tahun 1995 resmi dibuka dengan nama Taman Buah Mekarsari. Dengan berjalannya waktu ada semakin banyak varian tanaman yang dibudidayakan. Sehingga tak hanya ada buah namun juga ada sayur mayur yang turut bisa ditemui oleh pengunjung.

Hingga akhirnya di tahun 2004 namanya dirubah menjadi Taman Wisata Mekarsari. Berada di atas lahan dengan luas hingga 264 hektar pengunjung bisa melihat berbagai macam tanaman yang menjadi koleksinya. Untuk membuat pengunjung bisa lebih menikmati dan tertarik, akhirnya ditambahkan wahana dan juga permainan yang menarik. Hingga kini Taman Wisata ini masih memiliki tempat di hati masyarakat dan menjadi tujuan wisata yang masih digemari.

Koleksi tanamannya mencapai 1.470 untuk buah dan juga ada 100.000 pohon yang membuatnya memiliki udara yang sejuk. Tanaman lain yang bisa ditemukan berupa tanaman hias, sayur,pangan, biofarma, rempah dan juga pelindung. Tempat ini juga memiliki laboratorium yang biasanya digunakan untuk menyilangkan varietas baru. Anda juga bisa menemui berbagai tanaman yang terbilang langka di taman satu ini.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Mekarsari

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Mekarsari

Image Credit by Batiqa.com

Aktivitas yang bisa dilakukan di dalam taman wisata ini tak hanya untuk melihat tumbuhan saja. Mengingat sudah ada wahana maupun permainan yang bisa dijajal dan membuat liburan semakin seru. Untuk anda yang menyukai permainan, anda bisa menjajal Banana Boat, Water Bike, Waterpark, Giant Bubble hingga Floating Donat. Anda yang ingin berenang juga bisa benerang dikolam renang yang telah disediakan di taman satu ini.

Kebanyakan wahananya memang di air sehingga jika ingin mencobanya, alangkah baiknya jika membawa pakaian ganti. Dengan begitu ketika baju anda basah maka tidak akan menjadi masalah. Permainan air ini bisa dipastikan seru, seperti misalnya water kingdom yang miliki banyak permainan. Mulai dari seluncuran boomerang yang memilikipanjang hingga 118 meter dan juga kolam arus atau lazy river yang panjangnya hingga 600 meter.

Selain permainan di air, anda yang suka tantangan atau petualangan juga bisa mencoba beberapa wahana. Seperti menaiki ATV dengan rute yang telah disediakan dan pastinya menantang untuk di jajal. Taman Wisata ini juga memiliki sarana outbond maupun paddy village untuk anak. Inilah mengapa Taman Mekarsari bisa dikatakan sebagai taman yang istimewa khususnya untuk anak anak yang mengunjungi taman wisata satu ini.

Anak anak bisa menggunakan fasilitas seperti flying fox, panjat dinding, halang rintang dan juga dayung rakit. Sementara untuk paddy village, anak anak akan merasakan pengalaman dalam bertani di sawah. Karena memang taman ini selain untuk wisata juga untuk memberikan edukasi. Si kecil bisa menjajal bagaimana kegiatan tandur, melukis topi petani hingga memandikan kerbau yang tentunya bisa menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Ada juga area permainan yang tak kalah menarik untuk dijajal seperti Mono Rail, Gokart Minihingga Aeroplane Fancy. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati pertunjukkan yang rutin diadakan yakni Ponyo Show. Ponyo show ini merupakan komedi interaktif yang menggunakan teknologi canggih. Selain Ponyo Show, ada pula pertunjukkan operet dengan berbagai tema yang pastinya bisa memberikan hiburan karena dikemas dengan lucu.

Fasilitas yang Ada di Taman Buah Mekarsari

Fasilitas yang Ada di Taman Buah Mekarsari

Image Credit by Twitter.com @Tamanmekarsari

Bukan hanya memiliki banyak wahana, namun taman wisata ini juga menyediakan beragam fasilitas untuk memanjakan para pengunjung. Taman Mekarsari menyediakan pelatihan dan juga trip untuk mengenal ilmu perkebunan dan juga pertanian. Pelatihan atau trip ini juga dibuka untuk umum mulai dari pelajar hingga masyarakat. Mereka juga menawarkan beberapa paket untuk menjelajah taman wisata yang miliki banyak koleksi ini.

Anda bisa menggunakan sepeda tandem untuk digunakan berkeliling perkebunan. Atau juga bisa menggunakan kendaraan khas Thailand yakni Tuk tuk. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lelah berjalan kaki mengelilingi area yang begitu luas ini. Terdapat juga restaurant untuk menjadi tempat anda mengisi perut. Ada restourant cepat saji dan juga rumah makan tradisional yang memiliki menu andalan ikan Gurami dan menu nusantara lainnya.

Area parkir luas, tempat untuk ibadah hingga toilet yang bersih juga bisa anda temui di tempat wisata satu ini. Jika ingin membeli oleh oleh juga bisa dilakukan, oleh oleh biasanya merupakan produk dari Mekarsari sendiri. Seperti berbagai jenis buah segar hingga olahannya, souvenir dan juga bibit tanaman. Semua fasilitas ini tentunya akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu liburannya.

Bahkan untuk anda yang ingin menginap juga tersedia penginapan. Penginapan di taman Mekarsari memiliki konsep rumah pohon, family camp hingga D’cabin. Setiap konsep tentunya akan dibandrol dengan harga yang berbeda. Anda bisa merasakan pengalam liburan yang berbeda karena menginap di tengah tengah kebun. Untuk bisa menginap anda harus menyiapkan budget mulai dari Rp. 600 hingga Rp. 1 juta ke atas.

Lokasi, Harga Tiket & Jam Operasional Taman Buah Mekarsari

Lokasi, Harga Tiket & Jam Operasional Taman Buah Mekarsari

Image Credit by Commons.wikimedia.org

Taman Mekarsari berada di Jl. Raya Cileungsi, Jonggol, dengan alamat tepatnya berada di KM3 kawasan Cileungsi. Untuk menuju lokasi juga cukup mudah bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, jaraknya dari tol Jagorawi hanya sekitar 20 hingga 30 menit saja. Sementara jika menggunakan kendaraan umum harus berganti angkutan beberapa namun bisa langsung turun gerbang depan.

Untuk bisa masuk ke area wisata, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 50 ribu. Harga tersebut masih belum termasuk dengan wahana wahana yang ingin dijajal. Digunakan sistem Top Up untuk bisa menaiki wahana yang ada. Sehingga anda tidak perlu mengantri untuk membeli tiket jika ingin menjajal wahana. Tarif wahana ini cukup beragam dibandrol mulai dari Rp. 15 ribu hingga di atas Rp. 50 ribu tergantung dari wahana permainannya.

Waktu operasionalnya anda bisa datang setiap hari karena akan selalu buka. Sementara untuk jamnya akan berbeda saat hari biasa dan juga akhir pekan. Senin hingga Jumat akan buka pukul 10.00 hingga 16.30 WIB. Dan saat weekend atau hari libur buka mulai dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB. Sehingga anda harus merencanakan dengan tepat sebelum mengunjungi taman wisata yang legendaris dan banyak diminati ini.

Sebaiknya ketika mengunjungi taman satu ini menggunakan pakaian yang nyaman mulai dari atas hingga sepatunya. Sebab areanya yang luas akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengeksplornya. Ada baiknya untuk datang di waktu waktu yang biasa untuk menghindari terlalu ramai yang membuat anda tidak menikmati. Untuk melihat semua jadwal pertunjukkan anda bisa melihat di website resminya.