Menghabiskan waktu seru di wisata alam bisa menjadi solusi terbaik ketika Anda berada di Bogor. Salah satunya yaitu Curug Cibaliung dengan pesona keindahan alam yang masih asri. Ada banyak aktivitas yang menarik dilakukan mulai dari trekking, berenang sampai hunting foto.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Penatnya aktivitas sehari hari membuat siapa saja ingin melarikan diri dari kesibukan sejenak. Jika Anda berada di ibukota, maka tak perlu jauh jauh untuk menikmati suasana alam asri. Sebab, Anda bisa mengunjungi Curug Cibaliung Bogor sebagai solusinya. Di sini, ada banyak pemandangan yang siap memanjakan mata para pengunjung yang datang. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut!

Pesona Curug Cibaliung Bogor

Pesona Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @iisnurhafifah

Dalam bahasa Indonesia, Curug memiliki makna yang berarti air terjun. Jadi, bisa dikatakan Cibaliung merupakan kawasan air terjun yang ada di Bogor. Memiliki kontur yang cukup unik. Air terjun yang satu ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, seperti treking, bermain air di sekitar sungai, menikmati keindahan alam, serta menemukan spot foto menarik.

Untuk dapat menikmati keindahan pada curug yang satu ini, pengunjung tidak semerta merta bisa sampai dengan mudah. Pasalnya, trek menuju lokasi sangat menantang dan cukup ekstrim. Jadi, Anda perlu melewati jalur yang tidak mudah karena kondisi alamnya yang masih asli. Maka dari itu, perlu adanya fisik yang kuat agar tiba di lokasi dengan tepat.

Meskipun melewati jalur yang tidak biasa, setibanya di Curug Cibaliung Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang begitu mengesankan. Anda akan disambut dengan pepohonan hijau yang ada di sekitar bersama kontur air terjun yang cukup unik. Tak ketinggalan, air dari curug ini terbilang sangat jernih. Sehingga, Anda bisa berenang atau sekedar bermain air di sekitaran curug yang satu ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Cibaliung

Alamat Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @encayalmogada

Curug cantik ini berada tepat di daerah Bogor, membuatnya tak jauh dari Ibukota Jakarta. Lokasi Tepatnya berada di Kampung Wadung yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Agar sampai ke lokasi, maka pengunjung yang dari Jakarta bisa memanfaatkan kendaraannya dari tol Jagorawi dan keluar melewati Sentul City.

Bagi Anda yang ingin sampai ke lokasi, maka bisa menggunakan motor maupun kendaraan roda empat. Namun, untuk menuju lokasi curug dibutuhkan perjalanan lanjutan. Oleh karena itu, Anda diharuskan memarkirkan kendaraan pada area khusus. Setelah itu, Anda harus berjalan kaki menyusuri trek sampai dengan waktu satu setengah jam agar tiba di Curug Cibaliung.

Agar dapat masuk ke wisata alam yang satu ini, pengunjung harus membayarkan sejumlah biaya. Meskipun begitu tarif yang dipatok cukup terjangkau, karena curug menjadi salah satu wisata alam. Biaya yang harus dibayarkan berkisar 20 ribu rupiah. Rincian masuk ke air terjun ini berupa biaya masuk sebesar 15 ribuan dan biaya retribusi sebesar 5 ribuan.

Bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor, maka harus membayarkan parkir sebesar 5000 saja. Tak berhenti sampai di situ saja, ada lagi sejumlah biaya yang harus dibayarkan ketika membawa kendaraan pribadi yaitu 2500 ribuan. Dengan biaya yang cukup terjangkau tersebut, maka Anda bisa menjadikan Curug Cibaliung sebagai liburan murah meriah.

Dari segi fasilitas, curug yang satu ini sudah dikelola dengan cukup baik. Meskipun letaknya cukup tersembunyi, tetapi fasilitas yang disediakan pihak pengelola sudah cukup mumpuni. Dari mulai area parkir, petunjuk jalan, tempat penitipan barang, serta warung makan dan minum. Tak ketinggalan, Anda juga bisa menikmati fasilitas umum, seperti toilet dan ruang ganti.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cibaliung

Kegiatan di Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @r.csrs

1. Treking dengan Jalur yang Cukup Menantang

Ketika lelah dengan sejumlah aktivitas harian, apalagi bagi Anda yang tinggal di Ibukota, refreshing ke wisata alam menjadi salah satu alternatifnya. Bagaikan harta karun tersembunyi, untuk menikmati keindahan dari Curug Cibaliung Anda harus melewati jalur yang bisa dibilang ekstrim. Hal ini karena lokasinya yang cukup tersembunyi di tengah hutan.

Untuk sampai ke lokasi, tentunya tidak bisa dilalui dengan jalanan yang mudah. Pasalnya, Anda harus melewati hutan, semak semak, bahkan jalur yang menantang. Tak heran jika lokasi yang satu ini sering dikunjungi oleh pecinta alam maupun orang yang ingin menyatu dengan keindahan alam. Jadi, butuh stamina dan keberanian yang tinggi untuk tiba di lokasi tujuan.

Apabila Anda datang ke lokasi wisata, maka pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di lokasi yang sudah tersedia. Ada baiknya jika wisatawan yang datang untuk memarkirkan kendaraannya di bagian yang paling ujung. Pasalnya, lokasi tersebut menjadi salah satu tempat yang paling terdekat dengan Kawasan air terjun.

Apabila sudah memarkirkan kendaraan, maka ada baiknya untuk melanjutkan perjalanan yang cukup panjang. Anda harus melewati jalur yang menantang selama kurang lebih satu hingga 1,5 jam. Selama perjalanan ini, pengunjung akan menemui berbagai warung makan serta minuman sebagai salah satu tempat peristirahatan.

Dengan adanya deretan warung tersebut, maka tidak perlu khawatir lagi jika kekurangan logistik dan persediaan bekal selama perjalanan. Meskipun perjalanan cukup panjang, tetapi hal ini akan terbayar dengan pesona yang menakjubkan. Apalagi ketika melewati jalur menantang dari Curug Cibaliung, maka akan menjumpai curug lainnya, seperti curug Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk.

Setelah menempuh jalan yang sedemikian rupa menantang dan melewati kedua curug sebelumnya, maka Anda akan menjumpai Air terjun Cibaliung. Jika ingin menemukan Cibaliung, maka Anda hanya perlu berjalan ke arah kiri darI Leuwi Lieuk. Untuk jarak nya sendiri berkisar 50 meter dari lokasi curug tersebut.

2. Menikmati Keindahan Curug

Ketika Anda sampai di dekat curug, maka akan terdengar gemericik air yang cukup tenang. Setelah tiba di lokasi, maka Anda akan disambut dengan hutan hijau yang lebat serta kicauan dari hewan hewan yang ada di hutan. Tak ketinggalan, kicauan burung yang bersarang di pepohonan memeriahkan kedatangan Anda di Curug Cibaliung.

Selain pemandangan alam yang ada di sekitarnya, pengunjung akan disuguhi dengan aliran yang sangat bersih, jernih, dan segar sekaligus. Pasalnya, warna aliran air yang berada di sekitar curug memiliki karakteristik yang berbeda. Airnya cenderung berwarna hijau toska bening dengan bebatuan raksasa. Menariknya, air yang mengalir juga tidak deras alias sangat tenang

3. Bermain Air di Sekitar Curug

Kegiatan lainnya yang tak kalah serunya ketika berada di curug yang satu ini yaitu bermain air. Mengingat airnya yang sangat jernih dan alirannya yang tenang, membuat curug ini sangat tepat untuk berenang atau sekedar bermain air di sekitar curug. Tak heran jika banyak pengunjung yang tak pernah ketinggalan menikmati segarnya air di curug ini.

Selain itu, Anda juga akan menemukan berbagai bebatuan yang landai di sekitar air terjun. Hal ini tentunya membuat para pengunjung yang datang menyempatkan menghabiskan waktu di sekitaran curug atau di bebatuan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sensasi liburan yang mengasyikkan ketika berkunjung ke air terjun Cibaliung.

Kegiatan Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @_sindhusatria

4. Hunting Foto

Kegiatan foto memfoto menjadi list wajib yang tak boleh ditinggalkan ketika mengunjungi wisata alam. Oleh karena itu, mengabadikan momen terbaik di sekitar curug bisa menjadi aktivitas yang seru. Apalagi dengan keindahan dan panorama alam yang menakjubkan di Curug Cibaliung, tentu bisa menjadi tangkapan yang mengesankan.

Bagi Anda yang gemar dengan aktivitas berupa fotografi, maka bisa mengambil sejumlah spot terbaik yang ada di sekitaran curug. Dengan keindahan dalam yang menakjubkan, tentu Anda bisa menghasilkan jepretan yang keren. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi kamera dengan keunikan kontur dari curug yang satu ini dengan baik.

Beberapa spot foto menjadi lokasi terbaik untuk mengabadikan momen. Apalagi jika Anda memilih spot yang ada di samping air terjun dengan latar belakang pemandangan yang memukau. Selain mendapat jepretan pada air terjun, Anda juga bisa memperoleh spot foto ketika trekking di sekitaran area hutan.

5. Camping di Sekitaran Kawasan Hutan Curug

Bagi Anda yang ingin menyatu dengan alam lebih dekat, maka bisa memilih untuk menginap di dekat curug yang satu ini. Anda bisa memilih kawasan hutan dari Curug Cibaliung sebagai salah satu spot terbaik untuk menghabiskan malam yang berkesan dengan alam. Di sini sudah tersedia area yang digunakan untuk camping.

Dengan adanya area khusus tersebut, maka banyak pengunjung yang sering menginap dan menjadikan sebagai lokasi camping. Hal inilah yang membuat lokasi perkemahan dijamin aman. Selain itu, kegiatan yang satu ini menjadi referensi bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di kawasan air terjun Cibaliung.

6. Piknik

Selain camping, ada cara lain yang bisa Anda pilih ketika berada di kawasan air terjun. Sambil memandang panorama sekitar yang menawan, maka Anda bisa menyantap hidangan dari rumah. Sensasi menyantap makanan akan berbeda ketika dilakukan di alam yang masih asri dan belum terjamah tangan manusia.

Tips Berkunjung ke Curug Cibaliung Dengan Aman

Tips ke Curug Cibaliung
Image Credit: Twitter.com @seff60

Agar tiba di lokasi Curug Cibaliung dengan selamat, pastikan jika kondisi fisik serta kendaraan dalam kondisi prima. Mengingat, rute perjalanan menuju lokasi wisata yang satu ini bisa dikatakan lumayan menantang dan dapat menguras energi. Apalagi trek untuk sampai ke curug tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama agar sampai.

Selain memperhatikan kondisi fisik serta kendaraan, ada baiknya mempersiapkan peralatan diri sendiri. Anda disarankan untuk membawa pakaian ganti, peralatan mandi, dan lain sebagainya. Pasalnya ketika tiba di lokasi curug, Anda bisa saja bermain air dan membuat baju menjadi basah. Maka dari itu, persiapkan ganti agar tidak kedinginan selepas bermain air.

Apabila hendak berkunjung ke lokasi wisata, pastikan juga untuk datang pada waktu musim kemarau atau pada waktu cuaca sedang mendukung. Sebab panorama pada waktu tersebut bisa terlihat dengan jelas. Sedangkan jika datang pada waktu musim hujan, maka aliran dari air terjunnya akan cukup deras dan jalurnya cenderung licin serta cukup berbahaya.

Sebagai tips tambahan, ada baiknya jika Anda membawa bekal dari rumah untuk melakukan piknik. Tak boleh ketinggalan, bawalah kamera dan ponsel dalam kondisi baterai full untuk mengabadikan momen terbaik. Ketika tiba di Curug Cibaliung, sangat disarankan agar menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusak fasilitas dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sederet aktivitas seru bisa Anda lakukan ketika berada di air terjun Cibaliung Bogor. Mulai dari trekking di jalur yang menantang, bermain air, berenang, mengabadikan momen, camping, sampai dengan piknik menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan. Pastikan jika Anda mempersiapkan kondisi fisik, kendaraan, serta perbekalan untuk menuju lokasi curug.