Curug Cibulao salah satu objek wisata alam yang indah di Megamendung, Bogor, Jawa Barat yang wajib dikunjungi. Air terjun ini terletak paling atas dari air terjun lainnya, memiliki dua kolam dengan air berwarna toska.

Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bogor tak hanya terkenal dengan udara yang sejuk dan hujannya, tetapi juga wisata curug yang cantik. Memang di kota satu ini ada banyak curug yang bisa Anda jelajahi. Seperti halnya Curug Cibulao yang menawarkan pemandangan menawan dan sangat cocok dijadikan tujuan menghilangkan penat. Bagi Anda yang penasaran akan pesonanya, bisa simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Curug Cibulao

Tentang Curug Cibulao
Image Credit: Facebook.com @curug_cibulao

Menghabiskan liburan maupun akhir pekan dari hiruk pikuk kota memang paling pas mengunjungi tempat wisata alam. Rekreasi alam yang jauh dari keramaian tentu saja bisa menjadi alternatif yang bisa melepas segala penat. Beberapa orang memang enggan lantaran untuk mencapai wisata tersebut dibutuhkan perjuangan yang tidak sebentar.

Namun Anda tenang saja, Curug Cibulao tidak termasuk dalam jajaran wisata alam yang sulit dijangkau. Tempat satu ini sering menjadi pilihan wisatawan di antara 300 curug yang ada di Bogor. Menawarkan pesona alam yang masih terjaga kealamiannya membuatnya selalu jujugan wisatawan dari berbagai kota kota besar yang ada di sekitar Bogor.

Lokasinya memang jauh dari keramaian, tenang, bersih dan tentunya bebas polusi. Membuat wisatawan betah untuk menghabiskan waktu berlama lama di tempat ini. Selain ini hal ini juga menjadi alasan curug ini tak pernah sepi pengunjung. Air terjunnya memang tak terlalu tinggi, tetapi pesona yang ditawarkan membuat semuanya kagum.

Nama Cibulao sendiri bukanlah tanpa arti, dalam bahasa Sunda Ci memiliki arti air. Sementara bulou artinya adalah biru, sehingga bisa diartikan jika curug ini merupakan curug biru. Seperti namanya, air dari curug ini memang terlihat biru karena saking jernihnya. Selain jadi tujuan wisatawan, daya tarik yang dimiliki oleh curug ini juga luar biasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cibulao

Daya Tarik Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Ceng Chiang)

Berbicara tentang daya tarik, sebenarnya bentang alam yang dimiliki Curug Cibulao adalah daya tarik utamanya. Letaknya yang berada di ketinggian, tepatnya di Gunung Paseban membuat panorama yang dihadirkan sangat indah. Pengunjung akan disuguhkan hutan dengan pohon pohon tinggi dan hijau yang menyejukkan mata.

Udara yang sejuk khas dataran tinggi juga menjadi daya tarik yang tak bisa diabaikan. Mengingat saat ini di kota rasanya belum dingin jika tidak memanfaatkan AC. Sementara di sini, Anda bebas menghirup udara sejuk nan bersih tanpa khawatir tagihan listrik. Suasana menenangkan ini makin lengkap dengan suara dari gemericik air dari air terjunnya.

Untuk air terjunnya, memang sesuai dengan nama yang diberikan. Air terjun yang mengalir dari tebing bebatuan yang terukir alami ini begitu jernih. Membentuk sebuah kolam alami di bawahnya dengan air yang kebiruan. Curug Cibulao memiliki dua tingkatan juga dua kolam alami yang terbentuk. Walaupun ketinggiannya tak seberapa tapi airnya begitu jernih.

Daya Tarik Cibulao
Image Credit: Google Maps (Prabowo Kasih Widhiyanto)

Airnya yang biru ini bukanlah tanpa sebab, karena curug ini memang gabungan dari beberapa sumber air terjun seperti curug Orok dan curug Panjang. Dan tentu saja masing masing kolam alami yang terbentuk memiliki kedalaman yang berbeda. Kolam yang paling atas memiliki kedalaman sekitar 5 meter dan untuk area bawah kedalaman sekitar 8 meter.

Untuk Anda yang ingin mencapai bagian atas, Anda bisa menapaki bebatuan di aliran airnya yang paling bawah. Biasanya akan memanfaatkan seutas tali untuk menuju bagian ini. Pada bagian atas, pemandangannya tak kalah membuat takjub. Bagaimana tidak, Curug Cibulao bagian atas dikelilingi dengan tebing batu tinggi tetapi kolamnya tak terlalu besar.

Hanya saja ketika Anda berada di bagian ini, Anda seakan sedang berada di kolam pribadi. Dengan dikelilingi alam yang begitu asri, rasanya membuat jiwa ikut damai. Di curug ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas air yang menyenangkan. Membuat pengunjung tak akan bosan dengan alam maupun aktivitas yang ditawarkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cibulao

Alamat Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Roma Afrizon)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi curug ini, Anda bisa menuju Desa Megamendung, Kec. Megamendung kota Bogor. Lokasinya tak jauh dari Jalan Raya Puncak, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Waktu tersebut tentu saja bisa lebih, terutama ketika keadaan jalan sedang padat. Akses menuju lokasi sudah memadai, sehingga memudahkan Anda menjangkaunya.

Alangkah disarankan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di curug ini. Rutenya tak sulit, Anda bisa menggunakan jalur Tol Jagorawi atau bisa juga menggunakan rute Curug Panjang. Atau bisa juga mengambil belok kiri untuk masuk ke Desa Cilember yaki setelah Cimory Riverside. Dan Anda hanya perlu mengikuti jalan sampai belok kiri di Jl. Pesantren.

Kondisi jalan ini terbilang menantang, karena jalannya menanjak. Beberapa bagian dari jalan juga masih berbatu, membuat para pengendara harus ekstra berhati hati. Sampai nanti Anda akan menemukan pertigaan Megamendung. Dari pertigaan tersebut silahkan mengambil belok kiri dan silahkan ikuti jalan tersebut.

Hingga akhirnya Anda sampai di Unilever Learning Centre dan ambil arah kanan. Mengikuti jalan, Anda nantinya akan menemukan Mega Training Centre dan Pusdik Reskrim Polri. Terus saja ikuti jalan yang ada hingga menemukan sebuah rumah besar yang berada di kanan jalan. Dari sini, Anda bisa bertanya kepada penduduk rute menuju Curug Cibulao.

Masyarakat sekitar tentu akan dengan senang hati memberikan Anda lokasi curug ini. Namun jika Anda masih kesulitan, Anda bisa memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone Anda. Tenang saja, akses untuk menuju lokasi sudah bisa Anda akses dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat sekalipun.

Harga Tiket Masuk Curug Cibulao Bogor

Harga Tiket Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Mawardy Gardening)

Untuk menikmati pesona yang dimiliki Curug Cibulao, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk sekitar Rp 12 ribu untuk pengunjung lokal dan Rp 50 ribu untuk turis mancanegara. Harga tiket masuk tersebut masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan Anda.

Parkir kendaraan juga tak terlalu mahal, untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sekitar Rp 5 ribu dan mobil sekitar rp 10 ribu. Harga tiket tersebut tentu saja bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari kebijakan pengelola. Anda yang ingin mendapatkan fasilitas seperti camping juga harus mengeluarkan biaya tambahan.

Sementara untuk jam operasional, air terjun ini buka setiap hari untuk masyarakat umum. Sehingga Anda bisa datang kapan saja mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. waktu terbaik untuk mengunjungi adalah saat pagi hari, karena pengunjung belum terlalu banyak. Selain itu alangkah baiknya jika Anda datang ketika musim kemarau.

Sebab airnya akan lebih jernih dan juga arusnya tidak terlalu besar. Ketika musim penghujan kondisi lokasinya juga akan lebih licin sehingga sulit dilalui. Maka dari itu pastikan ketika datang memang sedang tidak akan hujan atau mendung. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan dari curug ini lebih nyaman dan puas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cibulao

Aktivitas di Curug Cibulao
Image Credit: Instagram.com @curugcibalao

1. Menikmati Pemandangan

Kegiatan seru yang bisa Anda jajal ketika Anda singgah di Curug Cibulao adalah menikmati panoramanya. Suasananya yang begitu asri dan sejuk akan membuat Anda tak ingin segera pulang. Anda juga bisa mendirikan hammock di antara pepohonan untuk bersantai. Dijamin kegiatan ini walaupun sederhana akan mampu untuk melepas segala penat Anda.

2. Bermain Air

Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi curug ini tetapi tidak mencicipi kesegaran airnya. Anda bisa bermain air hingga puas di jernihnya air curug ini. Airnya memang tak hanya bersih dan jernih, tetapi juga sangat sejuk. Tak cukup bermain air, kegiatan berenang dan menyelam juga menjadi kegiatan favorit para pengunjung ketika singgah di Curug ini.

Ketika berenang ada baiknya untuk menggunakan pelampung, mengingat cukup dalam. Namun jika Anda ingin melihat dasar kolam, Anda bisa menyelam. Karena airnya jernih, maka Anda bisa menikmati keindahan bawahnya dengan jelas. Di kolam ini akan ada tali yang menunjukkan jika kolam tersebut memiliki kedalaman yang begitu dalam.

3. Melompat dari Ketinggian

Kegiatan seru yang akan memberikan pengalaman berbeda lainnya adalah melompat dari ketinggian. Tentu Anda tahu, jika curug ini memiliki tebing batu yang bisa dijadikan pijakan. Banyak pengunjung yang melompat dari bebatuan ini untuk jatuh ke dalam air. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan saat bersama teman teman, tapi tetap berhati hati.

4. Berburu Foto Keren

Tak hanya memiliki pemandangan indah, pengunjung yang singgah juga dihadirkan dengan banyaknya spot foto. Spot foto ini lokasinya dekat dengan loket, sehingga banyak yang langsung berfoto foto ketika sampai. Tidak hanya disana, sebetulnya mengambil foto di area air terjun juga tak kalah menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cibulao Bogor

Fasilitas Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ramdani)

Tidak hanya menawarkan kegiatan yang menyenangkan, Curug Cibulao juga menawarkan fasilitas umum yang memadai. Fasilitas tersebut mulai dari tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Hanya saja untuk kendaraan roda empat, masih harus diparkir di pinggir jalan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan toilet juga ruang bilas untuk digunakan selepas bermain air.

Tentunya sudah dalam kondisi yang memadai. Anda juga bisa menemukan mushola yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah. Anda yang tidak membawa bekal, bisa membeli makanan juga minuman di kios yang ada di lokasi. Tenang saja, harga makanan dan minuman yang ada di sini masih terbilang masuk akal bahkan ramah kantong.

Pengelola juga menyediakan fasilitas sewa pelampung untuk pengunjung yang ingin menyelam atau berenang agar lebih aman. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana curug lebih lama, Anda bisa mendirikan tenda dan camping. Jika ingin di penginapan, maka Anda harus mencarinya di luar kawasan curug ini. Lokasinya yang strategis memudahkan Anda mencari fasilitas ini.

Sekitar 3 km dari curug ini, Anda baru bisa menemukan penginapan terdekat. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat liburan ke tempat ini. Pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu. Selain itu juga siapkan kondisi tubuh, gunakan pakaian yang nyaman juga perhatikan kondisi cuaca ketika Anda berangkat.

Menghabiskan liburan di alam memang menjadi obat mujarab untuk melepas segala penat. Apalagi Indonesia termasuk negara dengan pemandangan mempesona, dan Curug Cibulao menjadi salah satunya. Curug ini menawarkan pesona luar biasa sekaligus aktivitas yang menyenangkan. Namun pastikan Anda juga jadi wisatawan yang bijak dengan tak membuang sampah sembarangan.