Curug Ciputri salah satu wisata alam yang indah dan tersembunyi di kaki Gunung Salak Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, kolam yang aman untuk bermain air dan menjadi tempat berkemah yang masih sangat alami dengan udara yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Saat Anda berada di Kabupaten Bogor, pastikan untuk singgah sejenak di destinasi alam satu ini. Curug yang berada di kaki Gunung Salak tersebut memiliki keindahan alam yang menyejukkan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melihat secara langsung pesona alamnya, wajib untuk datang dan berwisata di curug satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciputri

Daya Tarik Curug Ciputri
Image Credit: Google Maps (Ahmad riza Ibrahim)

Pesona keindahan dari Curug Ciputri memang tidak bisa untuk Anda abaikan begitu saja. hal ini dikarenakan saat berada disini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang hijau dan air terjun yang sangat segar. Berada di kaki Gunung Salak, menjadikan destinasi satu ini memiliki udara khas pegunungan yang sejuk.

Bahkan jika Anda mengunjunginya dari pagi atau sore hari, maka udara dingin yang akan Anda dapatkan. Saat menginjakkan kaki ke lokasi satu ini, Anda pun akan mendapatkan panorama alam yang masih alami. Suara air pun juga bisa Anda dengar ketika memasuki kawasan wisata satu ini.

Air terjun tersebut memiliki ketinggian yakni sekitar 30 meter. Lebihnya lagi, di bawah air terjun terdapat kolam air dengan lebar yang tidak terlalu besar, namun airnya sangatlah bersih. Ditambah dengan arusnya yang tidak deras, membuat Anda bisa bermain air di kolam tersebut.

Kolam air dari Curug Ciputri yang tidak dalam tersebut membuat anak anak juga bisa bermain air dengan leluasa di tempat satu ini. selain itu, palungnya juga tidak terlalu dalam dan aliran air yang berasal dari curug tersebut juga tidak terlalu deras. Sehingga, akan aman bagi Anda yang ingin berenang atau bermain air di kolam tersebut.

Sepanjang mata memandang, Anda pun akan disuguhkan dengan suasana yang asri. Banyak pepohonan rimbun yang Anda jumpai saat berada disini akan membuat semakin teduh ketika menghabiskan waktu di curug tersebut. Namun, pastikan untuk membawa perbekalan seperti air dan makanan ringan. Sebab ketika tracking, Anda tidak akan bisa menemukan warung yang menjual makanan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Ciputri

Alamat Curug Ciputri
Image Credit: Facebook.com @ondi.doank

Destinasi wisata satu ini berada di kaki Gunung Salak. Lebih tepatnya berada di daerah Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke lokasi satu ini, maka Anda bisa melewati rute yang tergolong mulus. Jarak tempuh dari Kabupaten Bogor sendiri yakni sekitar 21 kilometer.

Anda bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Untuk rutenya sendiri, Anda bisa melewati Jalan Raya Bogor dan selanjutnya belok ke kanan menuju ke Arah Dermaga. Lalu, Anda bisa berbelok ke arah pertigaan.

Disini, Anda mengambil arah ke kiri tepatnya menuju ke Kecamatan Tenjolaya. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan lurus terus hingga menemukan pertigaan. Lalu, Anda pun bisa berbelok ke arah kiri dan lurus terus. Nantinya Anda pun akan bisa bertemu dengan loket tiket pembayaran dari Curug Ciputri.

Ketika melakukan perjalanan menuju ke lokasi satu ini, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan nantinya Anda akan bisa sampai lantaran terdapat papan petunjuk arah di sekitar lokasi. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang masih bingung maka Anda pun bisa menggunakan peta digital sebagai pemandu agar bisa sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Curug Ciputri Bogor

Harga Tiket Curug Ciputri
Image Credit: Facebook.com @dhickysahajafm

Untuk Anda yang ingin berwisata ke lokasi satu ini, maka Anda pun bisa datang kapan saja. hal ini dikarenakan jam buka dari Curug Ciputri adalah buka setiap hari selama 24 jam penuh. Namun, bagi Anda yang ingin datang dengan kondisi yang lebih tenang, sebaiknya Anda datang di saat jam kerja saja.

Pasalnya, ketika hari libur tiba maka pengunjung yang memadati destinasi wisata air terjun ini sangatlah ramai. Oleh karena itu, untuk menghindarinya Anda bisa datang disaat hari kerja dan bukan hari libur. Atau Anda juga bisa untuk datang di pagi hari karena biasanya ketika pagi, lokasi air terjun ini masih sepi pengunjung.

Harga tiket masuk menuju ke destinasi satu ini pun masih tergolong murah dan ramah di kantong. Hal ini dikarenakan jika Anda ingin masuk dan menikmati curug saja, Anda akan dikenakan biaya mulai dari 15 ribu rupiah saja. sedangkan bagi Anda yang berencana untuk camping, maka Anda bisa membayar mulai dari 25 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Ciputri

Kegiatan di Curug Ciputri
Image Credit: Google Maps (Alwy Dfr)

1. Hunting Foto

Kegiatan utama yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika berada di lokasi satu ini adalah hunting foto. Hal ini dikarenakan pada kawasan wisata Curug Ciputri ini memiliki spot spot menarik yang cocok sebagai latar belakang foto Anda. Ditambah lagi, kawasan tersebut memang sangat instagramable.

Ada beberapa spot favorit yang digunakan pengunjung untuk berfoto. Diantaranya adalah seperti camping ground, air terjun beserta kolamnya hingga jalur tracking yang menyuguhkan pemandangan alam nan hijau dan memukau. Pastikan Anda untuk menyimpan memori ketika berkunjung ke destinasi satu ini.

2. Berkemah

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika berada di Curug Ciputri adalah berkemah. Aktivitas camping di lokasi satu ini memang telah dikenal oleh masyarakat kota Bogor dan sekitarnya. Untuk Anda yang tertarik berkemah di daerah satu ini, biasanya lokasi tersebut akan berada di sekitar area parkir.

Ketika berada disini, Anda pun akan disuguhkan kawasan khusus untuk camping ground. Dimana terdiri dari hamparan rumput yang luas dan ditambah dengan deretan pepohonan pinus yang membuat kawasan satu ini menjadi semakin rindang. Saat liburan tiba, Anda pun akan mendapati banyak tenda yang terpasang di area tersebut.

Tentu saja, hal ini dikarenakan kawasan wisata tersebut menghadirkan suasana alam yang sangat mempesona. Pastinya akan menghadirkan kesejukan bagi siapa saja yang datang. Apabila Anda ingin camping dengan pemandangan alam yang lebih indah, maka Anda pun bisa naik sedikit menuju lokasi camping ground yang ada di atas.

Berkemah di Curug Ciputri, Anda tak perlu khawatir akan perbekalan. Sebab, ketika Anda tidak membawa perbekalan atau stok makanan telah habis, Anda pun bisa membelinya di warung warung makan yang berada di sekitar area camping ground tersebut. Hal penting yang perlu Anda bawa adalah jaket, karena cuaca air terjun ini akan sangat dingin ketika malam menuju pagi hari.

Kegiatan Curug Ciputri
Image Credit: Google Maps (Himawan Haryanto)

3. Bermain Air

Salah satu kegiatan favorit wisatawan saat mengunjungi Curug Ciputri adalah bermain air. Hal ini dikarenakan wisata satu ini memiliki kolam air terjun dengan air yang sangat jernih. Ditambah lagi, kedalaman kolam tersebut tidak terlalu tinggi, hanya seukuran lutut orang dewasa saja.

Sehingga, area satu ini pun akan sangat cocok apabila dibuat untuk bermain si kecil. Akan tetapi, sebagai orang tua Anda tetap harus memberikan pengawasan kepada sang buah hati. Hal ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya terpeleset di daerah batu batu yang licin ketika bermain di kolam air tersebut.

4. Menjelajahi Area Hutan Pinus

Saat berada di Curug Ciputri, hadirnya hutan pinus merupakan spot yang sangat digemari oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan deretan dari pohon pinus yang menjulang sangat tinggi dan juga berjejer dengan rapinya tersebut akan membuat pemandangan dan panorama yang ada di sekitar air terjun menjadi lebih eksotis.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memanfaatkan spot satu ini sebagai tempat untuk berfoto. Namun, tidak hanya itu saja sebab sebagian pengunjung juga memilih untuk bersantai dan beristirahat sejenak di kawasan hutan pinus satu ini. Anda pun bisa menggantung hammock dan merasakan keindahan alam yang disuguhkan oleh destinasi satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Ciputri Bogor

Fasilitas Curug Ciputri
Image Credit: Google Maps (Fi R)

Adapun fasilitas yang tersedia di lokasi satu ini pun cukup lengkap dan mampu menunjang wisatawan untuk berlibur dengan nyaman. Sebab, ketika Anda berkunjung ke destinasi satu ini, Anda pun akan bisa menemukan area parkir yang sangat luas. Sehingga, bagi Anda yang membawa mobil tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraannya.

Tak hanya itu saja, di tempat satu ini juga telah disediakan kamar mandi. Dengan begitu, Anda pun tak perlu ke sungai untuk membasuh kaki yang kotor atau buang air. Bagi Anda yang ingin beribadah, mushola juga tersedia di kawasan ini. sehingga Anda bisa beribadah dengan nyaman. Tak lupa pula, deretan warung warung di sekitar curug yang siap melayani Anda ketika rasa lapar melanda.

Menjelajah Curug Ciputri dapat menjadi salah satu kegiatan atau agenda di akhir pekan. Sebab, destinasi wisata satu ini menawarkan keindahan tersendiri yang pastinya akan memanjakan mata Anda. Berada disini, dijamin Anda pun tidak akan bosan. Hal ini dikarenakan banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga. Salah satunya adalah berkemah dan camping bersama.