18 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Bogor

Liburan ke Bogor? Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Bogor yang kekinian, tahan lama dan harga terjangkau.

Masyarakat Ibukota menjadikan kota Bogor menjadi destinasi wisata untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan. Tak heran jika Bogor selalu padat lalu lintasnya, baik untuk warga Ibukota atau luar ibukota Jakarta. Berlibur ke Bogor maka anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk. Dan ketika pulang anda juga bisa membawa oleh oleh khasnya yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Simak buah tangan dari Bogor dalam ulasan berikut.

1. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Image Credit by Pegipegi.com

Asinan dari kota Bogor menjadi makanan yang sudah sangat populer untuk dijadikan oleh oleh. Berbahan dasar buah dan sayuran kemudian ditambahkan bumbu dengan kuahnya yang segar, tentu tak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi bagi anda yang belum pernah mencoba makanan yang satu ini. Biasanya asinan memiliki kemasan plastik dengan rasa pedas yang akan membuat anda ketagihan. Rasa pedas ini didapatkan dari cabe merah pada bumbu.

Jika anda ingin menikmati kesegaran makanan dari Bogor satu ini, anda bisa mengunjungi Asinan Sedap. Asinan satu ini telah ada sejak tahun 1978 dan berada di Jl. Siliwangi No. 27C. Asinan legendaris ini di masak menggunakan gula asli dan juga tambahan bahan pengawet. Sehingga bisa di konsumsi oleh semua kalangan, di tambah bahan dasarnya yang berupa buah dan sayur akan membuat tubuh sehat.

2. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor Istana

Image Credit by Ksmtour.com

Salah satu camilan khas Bogor yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan selanjutnya, adalah kacang bogor Istana. Kacang ini berbeda dengan kacang yang biasanya anda temui, karena kacang ini berbentuk bulat dan di dalamnya bewarna ungu. Kacang ini sebenarnya berasal dari Afrika Barat. Kacang Bogor Istana ini memiliki beberapa rasa mulai dari balado hingga keju. Anda bisa mendapatkanya di Jl. Babakan Raya No.37 yang merupakan toko resminya.

3. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus

Image Credit by Tokopedia.com (Oleh – Oleh Online)

Buah tangan spesial yang tak bisa anda lewatkan selanjutnya adalah Roti Unyil Venus. Roti unyil ini memang bentuknya mini dan ukurannya tak lebih dari 5 cm. Bukan hanya bentuknya yang lucu, roti ini juga memiliki banyak rasa dari yang manis hingga yang asin. Anda juga bisa memilih kemasan sesuai dengan keinginan. Pusat tokonya berada di Jl. Raya Pajajaran No 1  di Ruko V Point. Tertarik untuk menjadikan oleh oleh kue satu ini?

4. Bika Bogor

Bika Bogor

Image Credit by Evrinasp.com

Umumnya orang mengenal jika Bikang merupakan buah tangan dari Medan, tapi di Bogor juga ada yang rasanya tak kalah menggugah. Uniknya, bika Bogor ini berbahan dasar umbi talas. Salah satu merk yang terkenal dan populer adalah Bika Bogor Talubi. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang beragam menjadikan bika ini populer. Anda bisa membeli bika Bogor ini i Jl. Raya Pajajaan No. 20M dengan harga mulai Rp. 35 ribu untuk satu kotaknya.

BACA JUGA:  Rumah Pohon Jatiasih, Wisata Alam & Outbond Kekinian di Bekasi

5. Papapia

Papapia

Image Credit by Lidbahaweres.com

Mendapatkan bakpia kini tak harus ke Jogja saja, setiap kota bisa menghadikran bakpia yang tak kalah menggoda. Di Bogor Bakpia yang bisa anda jadikan oleh oleh adalah Papapia. Bakpia enak ini juga memiliki banyak rasa mulai dari original seperti kacang hijau, hingga rasa kopi susu yang kekinian. Jika anda ingin mencoba bakpia ini untuk oleh oleh bisa langsung datang ke Jl. Dalurung I No.16 Bantarjati, Bogor.

6. Strudel Bogor

Strudel Bogor

Image Credit by Ayobogor.com

Untuk anda yang menyukai pastri, makanan satu ini bisa anda jadikan oleh oleh. Strudel merupakan olahan pastri lapis dengan isian manisan yang sangat nikmat. Bahkan saking populernya, olahan pastri satu ini bisa menjadi ikon sebuah pusat oleh oleh di Bogor. Rasanya yang beragam juga bisa anda sesuaikan dengan selera. Satu kotak strudel biasanya dijual mulai Rp. 45 ribu hingga Rp. 50 dan bisa dibeli di Jl. Raya Pajajaran No. 3F, Baranangsiang.

7. Keripik Mbah Gugel

Keripik Mbah Gugel

Image Credit by Enaknyakemana.com

Camilan ini bisa menjadi alternatif buah tangan Khas Bogor selain kue. Anda bisa membeli keripik mbah Gugel ini misalnya. Hasil kreasi anak muda Bogor ini merupakan camilan yang berbahan dasar singkong. Jika anda tidak menyukai singkong, anda juga bisa memilih bahan bakso goreng. Makanan ini bisa anda temukan di beberapa pusat oleh oleh di Kota Bogor.

8. Risollaku

Risollaku

Image Credit by Risollaku.com

Anda pecinta risoles? Ketika ke Bogor jangan lupa untuk mampir dan membeli risoles Risollaku. Risol dengan isian yang lengkap mulai dari tuna, keju sampai rasa ragout ini bisa anda jajal sendiri. Dalam kemasan berisi 10 buah anda bisa menebusnya dengan harga dibawah Rp. 30 ribuan. Untuk alamatnya berada di Jl. Ring Road Yasmin. Kini Risollaku juga bisa melayani pemesanan melalui seluler jadi tak perlu khawatir kehabisan.

9. Macaroni Panggang Bogor

Macaroni Panggang Bogor

Image Credit by Archiexfood.blogspot.com

Bagi anda penggemar makanan pasta, oleh oleh satu ini wajib anda buru. Macarono Panggang Bogor jika dilihat bentuknya mirip macaroni skotel ganya saja teksturnya lebih kering dan jangan lupakan parutan keju di atasnya. Anda bisa memilih macoroni panggang yang biasa atau spesial di Jl. Salak No. 24, Babakan. Ada juga menu lain yang bisa anda bawa pulang dan kalah rekomendasi untuk anda coba kelezatannya.

BACA JUGA:  Jhon’s Aquatic Resort, Tujuan Wisata Keluarga Favorit di Cianjur

10. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang

Image Credit by Lapistalasbotani.com

Warga Bogor kembali berinovasi dengan talas untuk diolah menjadi beragam makanan. Salah satunya Bolu Lapis Sangkuriang yang memiliki perpaduan warna ungu dan kuning yang menggoda. Dengan tambahan topping yang beragam, tak heran jika kue satu ini selalu menjadi buruan. Anda bisa membeli kue ini di Jl. Raya Sholeh Iskandar tepatnya berada di depan Yogya Departement Store dengan harga mulai dari Rp. 25 ribu untuk satu kotaknya.

11. Pia Apple- Pie

Pia Apple- Pie

Image Credit by Klikhotel.com

Kue satu ini berbentuk hati dengan ukuran yang cukup besar.  Selain dari bentuknya yang unik, rasa dari kue ini juga tak kalah mengigit. Teksturnya yang renyah di bagian luar dan selai apelnya lumer. Selain apel, anda juga bisa memilih isian sperti blueberry, keju dan stoberi. Anda bisa membelinya di Jl. Pangrango No. 10 dengan harga yang cukup terjangkau dan bervariasi tergantung rasanya.

12. Miss Pumpkin

Miss Pumpkin

Image Credit by Lovelybogor.com

Di kota Bogor selain talas, bahan lain yang bisa dioleh menjadi banyak olahan adalah labu parang. Dan salah satu olahan yang terkenal untuk dijadikan oleh oleh adalah Miss Pumpkin. Di olah menjadi brownies kekinian membuat tampilannya menjadi menawan. Rasa yang ditawarkan juga beragam mulai dari labu, jeruk hingga matcha. Jika anda tertarik untuk jadikan oleh oleh langsung saja menuju Jl. Pajajaran Ruko No. 84 H.

13. Waw Cheese Stick

Waw Cheese Stick

Image Credit by Facebook.com (WAW FOOD)

Jajan ringan yang bisa anda jadikan oleh oleh selanjutnya adalah waw cheese Stick. Stik yang terbuat dari campuran tepung dan keju ini sangat cocok untuk anda penggemar keju. Memiliki tekstur yang renyah dan gurih membuat panganan ini diburu banyak orang. Makanan ringan ini jangan sampai anda lewatkan, karena selain tahan lama anda juga mudah untuk mendapatkan di berbagai tempat oleh oleh di kota Bogor.

14. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu

Image Credit by Ubicilembujuara.blogspot.com

Kawasan Bogor di bagian puncak terkenal dengan suhu udaranya yang dingin. Ubi bakar Cilembu menjadi makanan yang sangat pas disantap ketika cuaca dingin. Di sepanjang perjalanan anda juga bisa dengan mudah mendapatkan.  Rasanya yang legit dengan teksturnya yang lembut memang akan membuat anda ketagihan ketika mengkonsumsinya. Tak hanya itu, anda juga bisa membawanya sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

BACA JUGA:  17 Minuman & Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda Coba

15. Batik Bogor

Batik Bogor

Image Credit by Tribunnews.com

Selain makanan, anda juga bisa oleh oleh khas Kota Hujan yang tak kalah menarik. Kota Bogor memiliki batik dengan motif yang beragam dan bisa anda buru. 90 motif batik ini bisa menjadi pilihan untuk sahabat atau keluarga di rumah. Salah satu motif yang paling banyak diburu oleh wisatawan adalah batik dengan motif hujan. Karena motif satu ini sangat identik dan bisa mencerminkan Bogor dalam bentuk yang berbeda.

Jika anda tertarik untuk berburu batik Bogor, anda bisa berbelanja di beberapa tempat. Seperti di Batik Bogor Tradisiku yang cukup populer dan memiliki banyak koleksi batik khas Bogor. Toko ini di Jl. Jalak No. 2, Kec. Tanah Sureal. Tidak hanya bisa mendapatkannya di toko ini, anda juga bisa mendapatkan batik Bogor di beberapa pusat perbelanjaan di Kota Bogor. Membeli beberapa potong untuk keluarga bukan hal yang susah bukan?

16. Bogor Raincake

Bogor Raincake

Image Credit by Dickynugroho.blogspot.com

Kue kekinian satu ini juga bisa anda jadikan buah tangan Khas Bogor. Bisnis satu ini di geluti oleh salah aktris Shireen Sungkar. Merk kue ini juga terinspirasi dari julukan kota Bogor yakni kota Hujan yang disematkan pada kata Rain. Kue kekinian ini memiliki 4 varian rasa seperti cheese vanilla, crispy peanut, red taro dan greentea ovamaltine. Untuk membawanya pulang anda bisa mengunjungi Jl. Raya Pajajaran No. 31, Babakan dengan harga bervariatif.

17. Klappertaart

Klappertaart

Image Credit by Pergikuliner.com

Kue asal Menado ini bisa anda dapatkan di Kota Bogor dan bisa anda jadikan oleh oleh untuk keluarga atau sahabat di rumah. Kue dengan tekstur ekstra lembut ini akan memanjakan lidah anda. Klappertaart Huize & Resto tak hanya menawarkan klapertart namun juga makarono skotel hingga pastel tutup. Untuk mencicipi kelezatannya anda bisa datang ke Jl. Pangrango No. 25 dengan harga yang cukup terjangkau.

18. Kaos Unchal

Kaos Unchal

Image Credit by Twitter.com @unchalkaosbogor

Satu lagi oleh oleh khas Kota Hujan yang tak bisa anda lewatkan selain makanan. Kaus Unchal adalah merk asli kota Bogor yang berhasil menarik perhatian. Sama seperti kota Jogja dengan kaos Dagadhunya dan Bogor dengan Kaus Unchalnya. Unchal sendiri dalam bahasa Sunda berarti kijang. Kaos ini memiliki keunikan dengan penyematan kata kata yang lucu dan desain yang menarik. Anda bisa membelinya di mall seperti Mall Botani Square.

Kota Hujan tak hanya kondang dengan pemandangan alam dan udaranya yang dingin. Anda juga bisa memburu beberapa oleh oleh yang pastinya lain daripada yang lain. Tak hanya oleh oleh berupa makanan, ada juga sandang keren yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh. Selain anda bisa mendapatkan oleh oleh di pusatnya, anda juga bisa belanja oleh oleh di beberapa tempat seperti kawasan puncak atau bahkan stasiun kereta Bogor.