Jika Anda gemar mendaki gunung, wisata alam Gunung Pancar di Sentul Bogor, Jawa Barat menjadi tempat yang pas. Gunung ini memiliki pemandangan alam nan indah, udara sejuk dan beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Siapa yang tidak suka berjalan jalan di daerah pegunungan? Tentu saja berlibur di kawasan gunung menjadi salah satu destinasi yang menyenangkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berada di Bogor, Anda bisa berkunjung dan menikmati indahnya wisata Gunung Pancar yang indah tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Alam Gunung Pancar

Daya Tarik Wisata Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (MasWil)

Apabila Anda ingin merasakan liburan di tempat yang hijau dan sangat asri, destinasi wisata pegunungan tentunya akan banyak dipilih. Bagaimana tidak? Kawasan pegunungan memang menjadi salah satu tempat yang pas untuk memanjakan wisatawan atau sekedar tempat singgah bagi Anda yang sedang dilanda penat.

Oleh karena itu, tak jarang jika area pegunungan sering kali dijadikan incaran bagi setiap pelancong untuk berlibur. Tidak hanya itu saja, alasan lain yang mendasari adalah keindahan alam yang dimiliki oleh destinasi satu ini yang sangat indah. Sehingga tak jarang banyak orang yang ingin untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Jika Anda sedang berada di daerah Jawa Barat, tepatnya Bogor maka terdapat salah satu kawasan wisata dengan tema pegunungan yang bisa Anda kunjungi yakni Gunung Pancar. Ketika berada di area ini, Anda pun akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat memukau.

Sehingga tidak mengherankan banyak wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara yang bisa Anda temui ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Oleh karena itu, gunung ini kerap kali dijadikan tujuan wisata ketika sedang berada di Bogor. Ada banyak kalangan yang mengunjungi destinasi wisata ini, terutama warga Jakarta yang ingin menghilangkan penat.

Pasalnya, keberadaan Gunung Pancar ini dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dicoba oleh warga masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar ibukota. Dengan berlibur ke tempat ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk melepas lelah akan rutinitas dan hiruk pikuk kota Jakarta.

Daya Tarik Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Devry Prawitra)

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang dilanda penat, tak ada salahnya untuk mampir dan menyaksikan sendiri keindahan dari kawasan wisata alam yang menawan di Sentul Bogor ini. Sebab banyak hal yang bisa Anda dapatkan di lokasi wisata satu ini, tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah, Anda juga akan disuguhkan dengan wahana lain yang membuat Anda betah.

Sebab, saat menginjakkan kaki di lokasi satu ini, Anda pun akan mendapati salah satu destinasi wisata alam yang tergolong sangat lengkap. Diantaranya adalah fasilitas air panas yang tentunya akan menenangkan jiwa dan menghilangkan penat yang melanda. Dipadukan dengan alamnya yang indah, tentu saja akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Tak hanya itu saja, berbagai aktivitas menarik lainnya juga bisa untuk Anda temukan di lokasi satu ini. sehingga dijamin, Anda pun tidak akan bosan jika menghabiskan waktu saat berlibur di Gunung Pancar. Berada di atas ketinggian antara 300 hingga 800 meter membuat suasana sejuk akan bisa Anda dapatkan ketika berlibur di tempat satu ini.

Saat berkunjung ke wisata alam ini, Anda pun juga akan menemukan hutan tanaman dan juga semak belukar. Hal ini dikarenakan pada kawasan ini terdapat vegetasi dari hutan alam yang memiliki dataran rendah. Tak heran jika wisatawan yang berlibur kesini akan merasakan udara yang sejuk.

Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang sangat indah serta pepohonan rindang yang bisa Anda temui ketika berlibur di lokasi satu ini. untuk suhu udara yang ada di sekitar lokasi yang tidak terlalu dingin, namun Anda akan tetap merasakan kesegaran ketika berada di kawasan Gunung Pancar ini.

Hal tersebut dikarenakan Anda akan merasakan suhu sekitar 24 derajat, sehingga masih pas untuk sekedar berjalan jalan di bawah pepohonan rindang yang bisa Anda temui disini. Oleh karena itu, wisata alam ini dapat menjadi salah satu tempat berlibur di akhir pekan yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bogor.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gunung Pancar

Alamat Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Boy -)

Gunung yang kayak pesona ini berada di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Jika Anda berada di pusat kota Bogor, maka Anda pun akan memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. hal tersebut lantaran dari kota Bogor menuju ke Gunung Pancar memiliki jarak tempuh yakni sekitar 20 kilometer.

Apabila Anda berangkat dari kota Jakarta, maka jarak tempuh menuju ke lokasi yakni sekitar 45 kilometer. Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri yakni tergantung rute dan juga kepadatan lalu lintas. Untuk ke tempat satu ini, Anda pun bisa naik kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Pertama, Anda bisa menggunakan Tol Jagorawi ataupun tol yang memang mengarah ke daerah Bogor. Apabila Anda melewati Tol Jagorawi, maka untuk rutenya sendiri yakni melewati Tol Sentul City. Kemudian, Anda pun bisa mengambil arah menuju ke Jalan Sentul Raya.

Perjalanan kemudian dilanjutkan hingga 8 kilometer sampai Anda menemukan jalan yang berbentuk setengah bundaran. Lalu, Anda pun bisa mengambil ke arah kiri bundaran satu ini. nantinya Anda pun hanya tinggal melanjutkan perjalanan yakni sekitar 600 meter untuk bisa sampai ke Kecamatan Babakan Madang.

Kemudian, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan yakni Sumur Batu menuju ke Jalan Air Panas. Sesampainya di Jalan Air Panas, Anda pun hanya perlu mengikuti beberapa papan yang mengarahkan ke destinasi wisata Gunung Pancar. Dan Anda pun bisa langsung sampai di tempat tersebut.

Apabila Anda melakukan perjalanan melalui Kota Depok, maka nantinya Anda juga akan menempuh perjalanan yang tidak sulit. Dan ketika Anda bingung atau tak tahu arah, maka sebaiknya Anda bisa menggunakan bantuan peta digital yakni Google Maps dan bertanya ke warga sekitar apabila telah dekat.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka Anda pun bisa datang kapan saja, karena Gunung Pancar bisa diakses setiap hari selama 24 jam penuh. Akan tetapi, apabila Anda ingin menikmati destinasi satu ini dengan tenang, maka Anda pun bisa datang ketika jam atau hari yang tidak terlalu ramai.

Sehingga, lebih baik Anda datang ketika jam kerja dan menghindari weekend. Kemudian, untuk tiket masuk menuju ke destinasi satu ini yakni berbeda antara hari kerja dan hari libur. Untuk hari kerja yakni senin sampai jumat, Anda pun akan dikenakan biaya yakni sebesar 5000 rupiah untuk wisatawan lokal dan sekitar 100 ribu rupiah untuk wisatawan asing.

Sedangkan untuk tiket masuk yang Anda harus bayar ketika mengunjunginya di saat weekend yakni sekitar 7500 rupiah untuk wisatawan lokal dan sekitar 150 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya lain saat ingin menikmati berbagai macam aktivitas yang ada di lokasi ini.

Sebut saja, untuk masuk ke pemandian air panas, maka Anda pun akan dikenakan biaya yakni sekitar 25 ribu rupiah, untuk hunting foto yakni sekitar 20 ribu rupiah dan bagi Anda yang ingin camping, maka tarif per malamnya yakni sekitar 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan outbond, maka biayanya adalah kurang lebih sekitar 280 ribu rupiah.

Dan bagi Anda yang ingin melangsungkan foto prewedding, maka Anda pun akan dikenakan tarif yakni sekitar 750 ribu rupiah. Untuk Anda yang ingin sewa lahan yakni sekitar 25 ribu hingga 45 ribu rupiah dan untuk pengambilan ataupun shooting video, Anda pun akan dikenakan tarif yakni sekitar 15 juta rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Pancar

Kegiatan di Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Balia Rahman Soeroso)

1. Melangsungkan Foto Prewedding

Gunung Pancar memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki spot foto instagramable. sehingga, tak heran banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk melangsungkan foto pre wedding bersama pasangan. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik, Anda pun bisa melangsungkan foto di tempat satu ini.

2. Kegiatan Outbond

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini adalah outbond. Kawasan gunung ini menjadi tempat yang pas untuk melakukan kegiatan satu ini. hal tersebut dikarenakan suasana alamnya yang mendukung dan tempatnya yang memang dikelilingi pohon pohon yang besar.

Jika Anda ingin melakukan kegiatan satu ini, maka Anda pun biasanya akan dikenakan biaya tambahan untuk outbond. Disini, Anda bisa menjajal banyak wahana, mulai dari Paintball, Flying Fox dan juga berbagai macam kegiatan lainnya. Bahkan Anda pun bisa berkuda di tempat satu ini.

3. Hunting Foto Keren

Belum lengkap rasanya jika datang ke Gunung Pancar tanpa mengabadikan foto. Hal ini dikarenakan objek wisata yang berada di Bogor tersebut memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata. Sehingga akan sangat sayang sekali apabila Anda tidak melakukan hunting foto di tempat satu ini.

Untuk itu, Anda pun wajib membawa kamera ataupun smartphone yang mendukung kebutuhan fotografi Anda. Sebab, tempat wisata satu ini menyimpan banyak sekali spot yang terbilang instagenic. Bahkan setiap sudut yang Anda temui di tempat ini pun dapat dikatakan sebagai spot yang instagramable.

Sehingga, Anda pun bisa memilih dan mencari lokasi yang dianggap paling menarik. Salah satu spot yang banyak diincar oleh pengunjung adalah hutan pinus. Dengan latar belakang hutan pinus yang sangat eksotis, akan menjadi salah satu foto yang menarik. Untuk itu, Anda pun jangan sampai melewatkan tempat satu ini.

4. Camping

Jika Anda merupakan salah satu orang yang suka berkemah atau nge-camp, kegiatan satu ini pun jangan sampai terlewat jika mengunjungi Gunung Pancar. Hal ini dikarenakan pengelola tempat wisata ini juga menyediakan area camping ground yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk berkemah.

Kegiatan Gunung Pancar
Image Credit: Twitter.com @jak101fm

Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap dengan menggunakan tenda, bisa mulai membawa peralatan berkemah dari rumah saat mengunjungi tempat wisata alam satu ini. Area camping atau camping ground yang ada di lokasi ini pun memiliki harga sewa yang cenderung cukup murah.

5. Pertunjukan Budaya dan Wisata Religi

Tak hanya itu saja, di kawasan wisata Gunung Pancar ini juga terkadang juga terdapat pertunjukan seni. Dimana acara tersebut memperlihatkan dan mempertontonkan akana kekayaan serta adat istiadat bagi warga setempat. Jika Anda beruntung, saat berkunjung kesini pun Anda juga bisa melihat pertunjukan budaya tersebut.

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa melakukan wisata religi ketika berkunjung ke lokasi satu ini. Terdapat beberapa makam yang menjadi tempat persemayaman para tokoh dan juga raja raja di jaman dahulu. Oleh sebab itu, Anda pun bisa sekalian mengunjungi lokasi tersebut.

6. Pemandian Air Panas Giri Tirta

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini adalah dengan berendam di pemandian air panas Giri Tirta. Seperti yang Anda tahu, berendam dengan menggunakan air panas menjadi salah satu kegiatan yang mampu menghilangkan stres dan juga menyegarkan pikiran.

Oleh karena itu, jika Anda kebetulan sedang mengunjungi destinasi satu ini tak ada salahnya untuk mencoba mandiair hangat di lokasi satu ini. tak hanya melakukan relaksasi saja, Anda pun juga bisa sekalian merasakan keindahan suasana yang ada di sekitar kolam pemandian ini. dijamin Anda pun akan dibuat betah saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

7. Melakukan Olahraga

Tidak hanya melakukan berbagai kegiatan hiburan saja, saat berkunjung ke Gunung Pancar Anda pun juga bisa berolahraga sembari menghabiskan waktu. Kegiatan ini menjadi salah satu aktivitas yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Sebab, banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi wisata ala mini untuk berlibur sekaligus berolahraga. Sebab,ketika Anda menghabiskan waktu di tempat satu ini, Anda pun bisa menyewa sepeda dan juga gowes di track yang memang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Tak hanya bersepeda saja, Anda juga bisa untuk melakukan kegiatan jogging mengelilingi area yang ada di wisata Gunung Pancar. Dengan pemandangan yang indah dan lingkungan yang sangat asri, dapat menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan olahraga di tempat satu ini.

8. Bersantai Menikmati Keindahan Alam

Saat berada disini, bersantai adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan. Sebab, keindahan alam yang ada di Gunung Pancar memang sangat memanjakan mata. Disini, Anda pun bisa mendirikan hammock di antara pohon pohon pinus yang menjulang tinggi. Dari atas hammock Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah.

Selain menikmati keindahan dari atas hammock, Anda juga bisa untuk berjalan-jalan untuk melihat indahnya pesona pegunungan yang tersaji. Terkadang, pada kawasan wisata ini juga terlihat hewan hutan seperti babi hutan, kutilang, ayam hutan dan juga beberapa jenis burung. Untuk itu, Anda pun bisa menghabiskan waktu mengunjungi destinasi satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Gunung Pancar Bogor

Fasilitas Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Bobby Risakotta)

Saat berlibur ke tempat satu ini, Anda pun tidak perlu khawatir akan fasilitas yang disediakan. Sebab, Anda akan dimanjakan dengan kelengkapan fasilitas yang tersedia disini. Mulai dari area parkir yang luas, toilet hingga mushola bisa dengan mudah Anda temukan di kawasan wisata alam ini.

Apabila Anda bingung untuk menghabiskan waktu liburan, Gunung Pancar adalah salah satu destinasi yang tepat. Sebab, pada lokasi satu ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan dan segudang kegiatan menarik yang mampu untuk membuat liburan Anda menjadi semakin berkesan.