9 Wisata Museum di Bogor yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Museum Bogor

Jika berada di Kota Bogor, ada banyak museum yang seru untuk dijelajahi. Museum tentang flora, fauna hingga peninggalan sejarah bisa ditemukan di Bogor untuk menambah wawasan Anda.

Bogor menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia. Tidak hanya wisata alam yang disuguhkan di kota hujan ini, namun Kota Bogor juga memiliki beberapa museum. Museum bisa dijadikan sebagai alternatif destinasi liburan yang edukatif. Beragam koleksi bisa Anda nikmati sekaligus menyusuri lorong waktu masa lampau di museum. Berikut beberapa rekomendasi museum di kota Bogor yang wajib untuk dikunjungi.

1. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Image Credit: Barrabaa.com

Museum Zoologi Bogor menjadi salah satu museum yang harus Anda kunjungi. Mengunjungi bersama buah hati tentunya menjadi lebih menyenangkan. Mengingat di dalam museum ini memiliki koleksi banyak fosil satwa. Mulai dari satwa yang kecil hingga fosil yang besar seperti paus biru. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menemukan fosil hewan langka yang ada di Indonesia. Meskipun sudah menjadi fosil, namun tetap akan menambah wawasan.

Terutama untuk mengenal hewan hewan langka yang ada di Indonesia sendiri. Tidak hanya hewan, di museum ini juga terdapat koleksi flora yang juga sudah langka. Dengan adanya museum ini sebenarnya tidak hanya untuk mempelajari flora fauna, namun juga memberi wawasan tentang hewan yang dilindungi. Mengingat banyak perburuan liar yang menyebabkan banyak hewan langka. Mengajak si kecil ke museum satu ini bukanlah ide yang buruk.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.9, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Image Credit: Mediaindonesia.com

Jika membahas tentang negara Indonesia rasanya tidak lengkap jika tidak membahas kekayaan alam yang dimiliki. Dan di museum yang baru diresmikan di tahun 2016 silam ini, Anda bisa menyaksikan bagaimana kerjasama antara alam dan manusia sudah terjalin sejak lama. Begitu memasuki museum, Anda akan disuguhkan dengan perabadapan manusia pada zaman pra sejarah, saat manusia mencoba mencari makan.

Pengunjung juga bisa mengetahui bagaimana manusia zaman dahulu mencari makan dengan cara sederhana hingga menggunakan alat. Dimana semua informasi ini disuguhkan dalam bentuk diorama, panel informasi hingga sarana multimedia. Museum ini juga memiliki koleksi alat pertanian di ruang Manusia dan Lingkungan. Salah satu alat yang mencuri banyak perhatian adalah bubu, yang merupakan alat dari bambu.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Depok Paling Hits

Bubu sendiri banyak ditemukan di Bogor dan Jawa Barat, alat ini digunakan untuk menangkap ikan di sungai, kolam hingga di sawah. Di museum ini, pengunjung juga bisa menyusuri sejarah pertanian yang ada di Indonesia. Dengan datang ke museum satu ini, kita akan lebih mengenal tentang alam dan juga manusia yang memang memiliki ikatan yang kuat. Sehingga memberikan kesadaran bahwa menjaga alam juga menjadi sebuah keharusan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Bogor Tengah, RT.02/RW.08, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Museum PETA

Museum PETA

Image Credit: Merdeka.com

Mengintip kembali masa penjajahan, tentunya Anda tidak asing dengan PETA. PETA atau Pembela Tanah Air merupakan tentara kebangsaan yang disiapkan dan dilatih oleh Jepang.  Tujuan dibentuknya pasukan ini mempersiapkan kedatangan sekutu yang akan menyerang Jepang. Mengunjungi museum ini, akan membawa kita sekilas pada perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan. Begitu tiba akan disambut dengan patung Jendral Sudirman.

Sementara pada bagian kiri akan terlihat Tank yang turut menyambut anda. Begitu masuk ke dalam, Anda akan disuguhkan relief yang menggambarkan tokoh tokoh PETA dan kegiatan saat itu. Bisa dikatakan jika relief ini bercerita dari awal direkrut hingga pelatihan. Jangan lupakan juga diorama serta berbagai senjata yang membuat museum ini semakin menarik. Tidak hanya mengintip momen bersejarah, pengunjung diajak menyadari pentingnya pendidikan militer saat itu.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti

Image Credit: Beritasatu.com

Untuk melanjutkan tour museum Anda di kota Bogor, museum Balai Kirti bisa dijadikan tujuan selanjutnya. Museum ini mengajak pengunjung untuk mengenal para Presiden di Indonesia beserta barang peninggalannya. Gedung yang berdiri di atas lahan dengan luas 3.2116,6 m ini berada di kawasan Istana Kepresidenan Bogor. Memasuki museum Balai Kirti, Anda akan diajak untuk mengintip koleksi seperti film dokumenter, tata pamer, storyline dan lainnya.

Terdapat juga buku sejarah kepresidenan hingga fasilitas IT untuk memudahkan informasi. Masih banyak yang belum mengetahui jika museum ini dibuka untuk umum. Untuk bisa masuk ke museum, pengunjung wajib menggunakan pakaian yang sopan. Museum satu ini memiliki 3 lantai, dimana pada lantai pertama berisikan gambar hingga patung semua presiden. Pada lantai dua berisi koleksi para presiden dan di lantai ada taman terbuka serta ruang rapat.

BACA JUGA:  Pondok Zidane, Tempat Rekreasi & Outbound di Depok

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Museum Tanah

Museum Tanah

Image Credit: Kelanaku.com

Dari bangunannya saja, Anda akan terkesima dengan keindahan Museum Tanah ini. Bangunan klasik yang tampak megah ini menyimpan banyak ilmu di dalamnya. Di dalam museum ini, Anda akan mengenal dan mengetahui banyak sampel tanah yang ada di seluruh Indonesia. Masuk ke dalam museum, Anda akan disuguhkan dengan koleksi batu mengkilap. Tidak seperti ke museum, Anda justru seperti masuk ke rumah mewah yang miliki koleksi bebatuan.

Penataan cahaya hingga interiornya memang menyejukkan mata. Di ruangan berikutnya, Anda akan melihat banyak maket yang menggambarkan berbagai bentuk tanah. Di dinding akan ditempel informasi tentang pembentukan tanah. Ada banyak koleksi tanah yang disimpan dalam kaca lengkap dengan penjelasannya. Lemari lemari kayu berjajar rapi untuk diintip penjelasannya. Mengunjungi museum ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.98, RT.01/RW.01, Gudang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor

Image Credit: Tempatwisata.pro

Museum Perjuangan Bogor juga tak kalah menarik untuk dikunjungi jika Anda di Bogor. Menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah dan juga cerita perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengunjungi museum ini kembali mengingatkan bahwa semua yang kita dapatkan hari ini tidak lepas dari perjuangan para pahlawan. Tidak hanya itu, di museum ini Anda bisa melihat berbagai senapan yang dirampas dari Inggris dan Jepang.

Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan mata uang zaman VOC. Museum Perjuangan Bogor juga memiliki diorama yang memperlihatkan perjuangan sengit yang terjadi di Bogor dan Jawa Barat. Koleksi yang ada di museum ini semakin lengkap dengan koleksi pakaian dari para pejuang. Masih terdapat noda darah dan juga nama pejuang yang gugur di medan perang. Berkunjung ke museum ini seakan Anda sedang ada di masa perjuangan.

Lokasi: Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai Terhits Dekat Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

7. Museum Pasir Angin

Museum Pasir Angin

Image Credit: Phototour-id.blogspot.co.id

Situs Pasir Angin ini berada di bukit kecil yang memiliki ketinggian 210 mdpl. Selain memiliki koleksi menarik, museum ini memiliki panorama yang menyejukkan mata. Ada banyak benda benda arkeolog seperti kapak corong, tongkat perunggu, kapak besi, gerabah hingga alat alat obsidian. Yang jelas peninggalan di tempat ini merupakan peninggalan prasejarah yang unit. Hampir semua benda tersebut menghadap ke bidang datar utama monolit yang menghadap ke arah timur.

Lokasi: Cemplang, Kec. Cibungbulang, Kab. Bogor.

8. Museum Etnobotani Indonesia

Museum Etnobotani Indonesia

Image Credit: Lovelybogor.com

Etnobotani merupakan ilmu yang mempelajari hubungan manusia dan tumbuh tumbuhan. Seperti namanya, Anda akan diajak untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia tumbuh tumbuhan. Ketika Anda tiba di lobby, Anda akan disuguhkan relief yang menggambarkan tentang evolusi tumbuhan. Melanjutkan perjalanan, Anda akan melihat foto Bogor masa lampau yang diambil di sekitaran tahun 1920 hingga 1930an.

Berlalu dari ruang foto, pengunjung akan diajak ke ruangan untuk mengenal berbagi rempah rempah. Rempah rempah ini digunakan untuk banyak hal, mulai untuk bahan pangan hingga untuk pengobatan. Selanjutnya pengunjung akan menemukan lorong panjang, di lorong tersebut terdapat berbagai kerajinan tangan dari rotan. Pembagian ruangannya terbilang rapi dan ada banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan. Membawa buah hati ke tempat ini bukanlah ide yang buruk.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Museum Mobil dan Keramik

Museum Mobil dan Keramik

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Museum selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah museum mobil dan keramik. Koleksi yang disuguhkan memang berbeda karena Anda bisa melihat banyak koleksi mobil antik dan motor. Tak hanya itu, Anda juga akan menemukan koleksi keramik antik. Mengunjungi museum ini, pengunjung tidak diijinkan untuk menyentuh atau menaiki kendaraan yang ada. Mengingat kendaraan yang ada memang penuh sejarah dan menjadi barang antik yang begitu berharga.

Lokasi: Sirkuit Sentul KM. 42, Cileungsi, Kadumangu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

Siapa bilang berkunjung ke museum bukanlah hal yang menyenangkan? Selain bisa berwisata juga bisa mendapatkan wawasan baru. Mungkin di bangku sekolah kita pernah mendapatkannya, namun di museum kita bisa melihat secara langsung peninggalannya. Bogor memiliki cukup banyak museum yang seru untuk dijelajahi. Beberapa diantaranya bahkan memiliki bangunan yang modern dan estetik, sehingga terkesan lebih hidup.