14 Tempat Wisata Terbaik di Lumajang

Tempat Wisata di Lumajang

Butuh Liburan Menarik? Berikut Daftar Tempat Wisata di Lumajang Terbaik, Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi.

Salah satu daerah yang terkenal akan penghasil buah pisang adalah Lumajang. Tak heran jika memang Anda pernah mendengar bahwa wilayah ini disebut sebagai Kota Pisang. Sementara di wilayah Lumajang sendiri berbatasan dengan daerah yang memiliki alam pegunungan seperti misalnya Jember yang ada di sebelah timur, Malang yang ada di sebelah Barat dan Probolinggo yang ada di sebelah utara. Satu hal yang tak kalah penting adalah tempat wisata di Lumajang yang diketahui cukup menawan.

Salah satu yang paling terkenal adalah Gunung Semeru. Namun bukan berarti hanya ada Gunung Semeru saja yang menjadi daya tarik utama tempat-tempat wisata disana. Masih banyak destinasi yang bisa Anda temukan ketika berlibur di Lumajang.

Mulai dari Ranu Pani, Ranu Kumbolo. Gunung Sawur, Pantai Bambang dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata yang berbeda di Lumajang. Berikut referensi yang bisa membantu liburan Anda menjadi lebih mengesankan.

1. Pemandian Selokambang

Pemandian Selokambang

Lokasi: Purworejo, Senduro, Pancen, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatalumajang.com

Destinasi yang pertama adalah pemandian selokambang. Tempat wisata ini cukup menarik karena memang berasal dari sumber air tiga pohon beringin yang ada di sisi barat. Bahkan lebih menarik lagi karena jalur air dari sumber ini mengalir sampai di ujung kota Lumajang. Bisa dibilang bahwa aliran sungai yang ada di Lumajang sama jernihnya karena berasal dari sumber yang juga sama.

Tempat wisata ini berada di Purworejo Senduro. Ketika bermain air disini, Anda bisa merasakan kesegaran dan bagaimana pemandangan yang sangat unik. Juga disediakan fasilitas lain seperti area lapangan tenis, kolam khusus anak sehingga membuat para pengunjung makin betah.

2. Wisata Hutan Bambu

Wisata Hutan Bambu

Lokasi: Jl. Kalpataru, Umbulrejo, Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Obatrindu.com

Tempat wisata berikutnya adalah wisata hutan bambu yang diketahui menjadi objek wisata alam dengan luas wilayah sekitar 14 ha. Ada kesan menyenangkan dan jauh dari kesan angker jika Anda membayangkan wisata hutan bambu seperti lainnya. Ada panorama yang menarik dan elok karena Anda bisa menikmati jalan-jalan dengan menyusuri pepohonan bambu.

Bagi mereka yang suka fotografi, tempat wisata ini memang benar-benar cocok. Ada pemandangan yang tak biasa. Ada udara sejuk yang bisa Anda dapatkan. Lokasi wisata hutan bambu ini berada di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro. Di lokasi sudah tersedia fasilitas seperti kamar mandi umum, gazebo dan tempat parkir.

3. Agrowisata Bunga

Agrowisata Bunga

Lokasi: Rambaan, Sukorejo, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Abahtani.com

Agrowisata bunga merupakan tempat wisata dengan pemandangan bunga yang berwarna-warni. Bahkan di Lumajang, tempat ini menjadi yang cukup populer. Lokasinya sekitar 25 km dari pusat kota. Nantinya para wisatawan bisa melihat banyak bunga hasil dari budidaya warga sekitar . Sebab sebagian besar warga di tiga desa aktif untuk mengembangkan usaha budidaya bunga.

Hal ini karena inisiatif pengembangannya juga, lokasi wisata benar-benar terwujud. Anda bisa betah berlama-lama untuk sekadar menghabiskan waktu di tengah hamparan bunga yang indah. Lokasinya ada di Desa Wotgalih, Krai. Fasilitas yang disediakan adalah kamar mandi umum, kantin dan juga tempat parkir.

4. Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis

Lokasi: Pasropan, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Afaf15.blogspot.com

Objek wisata berikutnya di Lumajang adalah air terjun watu lapis. Tempat wisata ini juga tidak sulit karena Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Misalnya saja seperti mobil atau motor. Tetapi belum ada transportasi umum untuk mengantarkan Anda hingga sampai di tempat tujuan. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 1,5 jam.

Ada pemandangan alam yang menakjubkan serta air yang mengalir dari ketinggian serta pepohonan rindang. Lokasinya ada di Mbenciran, Dusun Tawonsongo. Suasana di tempat ini memang menjadi sejuk dan mampu membuat pikiran makin dingin.

5. Kolam Renang Veteran

Kolam Renang Veteran

Lokasi: Jl. Veteran No.93, Veteran, Karangsari, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Kolam-renang-veteran.business.site

Beralih ke tempat wisata berupa kolam renang. Anda bisa memanjakan anak-anak yang suka bermain air. Namanya adalah kolam renang veteran yang memiliki luas sekitar 2 ha dan sering digunakan oleh para pelajar dan perlombaan di tingkat kabupaten atau nasional.

Selain kolam renang dewasa, ada juga kolam renang untuk anak-anak yang mendukung kenyamanan para pengunjung karena kolam dan juga lingkungan di sekitar lokasi terjaga kebersihannya. Alamat tempat wisata berada di Jalan Veteran 93, Karangsari, Sukodono.

6. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru

Lokasi: Pronojiwo, Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Totokuniba.blogspot.com

Objek wisata berikutnya adalah Air Terjun Kapas Biru. Lokasinya juga masih sejalan dengan air terjun tumpak sewu dan juga goa tetes. Pemandangannya pun tak kalah dengan air terjun lain. Ada panorama pepohonan dan juga sungai yang mengalir. Bahkan di bawah air terjun, Anda bisa berfoto-foto dengan hasil yang keren.

Meski masih minim dengan fasilitas namun pemandangan di lokasi tak akan mengecewakan. Alamatnya berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 5000 hingga Rp. 7000 per orang.

7. Danau Klakah

Danau Klakah

Lokasi: Tegalrandu, Kec. Klakah, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Wonderfulimage.id

Tempat wisata yang berbentuk danau ini merupakan danau segitiga. Ketinggian yang dimilikinya sekitar 900 mdpl dan luasnya 22 ha. Sementara kedalamannya mencapai 28 meter. Ada background pemandangan Gunung Lemongan yang melengkapi suasana sejuk di sekitar danau. Anda bisa bersantai di hari libur di Danau Klakah.

Meski lokasinya memang tak terlalu jauh dari tengah kota, namun belum ada alat transportasi umum untuk menuju danau. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya ada di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah.

8. Ranu Pane

Ranu Pane

Lokasi: Ranupani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Flickr.com

Ranu Pane merupakan objek wisata alam yang menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang datang ke Lumajang. Lokasinya berdekatan dengan Ranu Regulo. Agar bisa sampai di lokasi, Anda harus mendaki karena letaknya berada di Gunung Semeru.

Anda bisa melihat pemandangan kaldera yang terbentang luas. Sehingga meski memang membutuhkan usaha, Anda tidak akan dikecewakan dengan panorama Ranu Pane. Lokasinya di Ranupani, Senduro.

9. Situs Biting

Situs Biting

Lokasi: Kutorenon, kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Flickr.com

Selain menjadi wisata yang mengasyikkan, Anda bisa menemukan wisata edukasi di Situs Bitting. Situs ini merupakan sebuah situs arkeologi yang diperkirakan menjadi peninggalan dari kerajaan Lumajang. Letak situs berada di area dengan luas sekitar 135 hektar. Salah satu yang paling menarik adalah bekas benteng yang panjangnya mencapai 10 km.

Tidak hanya berwisata, Anda bisa mempelajari sejarah-sejarah di Indonesia. Alamatnya di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono.

10. Pantai Tlepuk

Pantai Tlepuk

Lokasi: Krajan Dua, Selok Awar Awar, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Adventurewisata.blogspot.com

Tidak hanya gunung dan danau, bagi Anda yang suka akan wisata bahari pantai, Anda bisa datang ke Pantai Tlepuk. Ada keindahan alam yang mempesona dan sering menjadi jujugan wisata oleh para pengunjung.

Lokasinya berada di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Bukan hanya panorama khas pantai seperti pasir yang halus tetapi Anda bisa menemukan bebatuan karang yang terlihat ketika air laut surut.

11. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Lokasi: Ranu Pani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by S2medkom.fisip.unair.ac.id

Ranu Kumbolo merupakan objek wisata yang tidak hanya terkenal di Jawa Timur tetapi juga se-Indonesia. Banyak digemari karena pemandangan air danau terlihat biru dan panorama alam sekitar juga dipenuhi dengan pepohonan asri.

Lokasinya di Gunung Semeru, Lumajang. Ketika malam hari, Anda bisa melihat pemandangan indah yakni milky way di langit.

12. Goa Tetes

Goa Tetes

Lokasi: Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Adventurewisata.blogspot.com

Untuk para wisatawan yang memiliki jiwa petualang, objek wisata yang satu ini sangatlah cocok. Anda bisa mengunjungi Goa Tetes yang terbilang unik dan harus menempuh perjalanan sekitar 55 km menuju ke arah selatan. Sesampainya di tempat parkir, Anda bisa berjalan sekitar 1 km lagi.

Lokasinya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Anda bisa melihat pemandangan goa yang membuat takjub karena ada fenomena stalaktit dan stalakmit yang terbentuk di langit dan juga lantai goa.

13. Pantai Bambang

Pantai Bambang

Lokasi: Rekasan, Bago, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Ngadem.com

Nama pantai ini memang mengingatkan kita dengan nama orang. Pantai Bambang memiliki pasir pantai yang hitam dan teksturnya lebih besar. Di pantai ini ada daya tarik unik. Anda bisa menikmati bermain di atas pasir dan ketika sore hari, Anda bisa melihat pemandangan matahari tenggelam di pantai.

Lokasinya ada di Desa Bago, Kecamatan Pasirian. Ada fasilitas lahan parkir, warung dan kamar mandi umum. Jam bukanya adalah 24 jam sehingga memudahkan Anda untuk berkunjung kapanpun.

14. Museum Daerah Lumajang

Museum Daerah Lumajang

Lokasi: Krajan, Wonorejo, Kec. Kedungjajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatasia.com

Bukan hanya tempat wisata alam, Anda bisa datang ke Museum Daerah Lumajang yang menjadi tempat wisata edukasi. Museum ini diresmikan oleh Bupati Lumajang di tahun 2015. Ada 8 koleksi di ruang pamer museum, seperti Koleksi Prasejarah, Klasik, Naskah Kuno, Senjata, Numismatik (Mata Uang Kuno), Koleksi Kolonial, Replika dan koleksi lainnya.

Lokasinya ada di Krajan, Wonorejo. Ada banyak barang peninggalan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Delapan koleksi tersebut adalah koleksi prasejarah, koleksi klasik, koleksi naskah kuno, koleksi numismatik hingga koleksi senjata.