Jalan-jalan ke Semarang jangan lupa untuk mampir ke Ungaran. Pesona wisata alam Ungaran tidak bisa diragukan lagi, ada banyak tempat yang akan membuat Anda terkesima dengan mahakarya alam yang luar biasa. Ungaran dijuluki dengan Kota Seribu Rumah Makan, dikarenakan memiliki beragam kuliner yang sudah kondang.

Bagi Anda yang jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan, Anda bisa refreshing ke Kawasan ini dengan nuansa alam yang menyejukkan. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Ungaran, Semarang yang bisa Anda jelajahi.

1. Rawa Pening

Rawa Pening
Image Credit: Wikipedia.org

Rawa Pening termasuk destinasi wisata alam andalan. Obyek ini berupa danau alam dengan kombinasi air yang tenang. Nama Rawa pening diambil dari Bahasa Jawa Wening yang berarti hening, tenag dan damai. Maka, Rawa Pening berarti sebuah danau alam dengan suasana yang menenangkan.

Anda dapat menemukan Rawa Pening di cekungan terendah lereng Gung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Kondisi fisik dari danau ini termasuk danau dangkal dengan dikelilingi oleh gunung-gunung yang indah. Danau ini cukup luas yaitu sebesar 2.670 hektar. Selain indah danau ini juga habitat dari ikan-ikan endemik.

Di Rawa Pening Anda akan menyaksikan nunasa air yang jernih dipadukan dengan hijaunya pepohonan yang menyejukkan. Rawa Pening menyuguhkn panorama yang luar baisa dengan keindahan alami dan eksotis. Tidak lupa juga Rawa Pening identik dengan legenda Baru Klinthing yang konon disebut sebagai asal-usul danau ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rawa Pening, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

2. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Image Credit: Twitter.com @adisarwono545

Obyek wisata ini tidak jauh dari Rawa Pening. Bagi Anda yang berkunjung ke bukit cinta siap-siaplah untuk takjub dengan pemandangannya. Dari atas bukit Anda akan melihat Rawa Pening dari sudut pandang yang berbeda. Bukit cinta ini menjadi lokasi yang instaramable. Anda dapat berfoto-foto di sini dengan latar belakang alam yang epic.

Bukit ini bernama bukit cinta karena konon yang berkunjung ke sini kebanyakan pasangan muda-mudi baik yang sudah menika atau belum. Bukit ini memberikan kesan seakan bukit yang romantis untuk para pasangan. Nuansa pemandangan yang indah dengan ditemani orang terkasih memang membuat wisata Anda lebih bermakna.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

3. Curug Lawe

Curug Lawe
Image Credit: Twitter.com @larisia_larisia

Curug dalam bahasa Indonesia adalah air terjun. Obyek wisata curug kini sedang banyak digandrungi oleh wisatawan karena mengandung unsur alam yang eksotis. Curug Lawe dapat ditemukan di daerah gunung Ungaran. Konsep alam yang natural dari batu yang berlumut dan derasnya air terjun membuat Suasana menjadi sejuk dan penuh kedamaian.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kalisidi, RT.01/RW.06, Indrakila, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

4. Curug Benowo

Curug Benowo
Image Credit: Twitter.com @larisia_larisia

Selain Curug Lawe terdapat Curug Benowo. Lokasinya tidak jauh dari Curug Lawe, tepatnya di Desa Kalisidi, Ungaran Barat. Anda yang ingin ke curug ini harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan medan naik turun. Namun, sesampainya di Curug Benowo lelah Anda akan terbayar dengan keindahan alamnya yang masih natural.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kalisidi, RT.01/RW.06, Indrakila, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

5. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron
Image Credit: Google Maps (Danu Kusuma)

Wana Wisata Penggaron merupakan wisata alam yang menyuguhkan hutan sebagai tempat berkemah. Di hutan ini tumbuh pohon-pohon tinggi yang eksotis. hutan ini sangat dijaga kelestariannya oleh warga setempat. Bagi Anda yang ingin berkemah bersama teman-teman di hutan ini Anda bisa menempuhnya sejauh 18 km dari Kota Semarang.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Susukan, Siroto, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

6. Obyek Wisata Watu Gunung

Watu Gunung Ungaran
Image Credit: Google Maps (Watu Gunung)

Seperti namanya, obyek ini berupa watu atau batu dalam bahasa Indonesia. Obyek wisata watu gunung menampilkan pemandangan ikonik berupa batu besar di Gunung Ungaran. Jika Anda berkunjung kesini tidak hanya melihat batu gunung saja. Tetapi Anda akan menyaksikan pemandangan kaki gunung Ungaran dengan udara yang sejuk dan menenangkan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

7. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia
Image Credit: Google Maps (Umi Solicha)

Taman Djamoe merupakan wisata yang bertemakan kuliner berupa minuman khas Indonesia. Jamu Merupakan minuman yang berasal dari rempah-rempah nusantara yang berkhasiat untuk kesehatan sekaligus menyegarkan. Lokasinya berada di Jl. Semarang – Yogyakarta Raya Km.28, Ungaran. Anda dapat berwisata sekaligus mencicipi khasiat rempah Indonesia.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Semarang – Yogyakarta Raya Km.28, Kemloko, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

8. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Image credit: Instagram.com @umbul.sidomukti

Umbul Sidomukti menjadi wisata yang instagramable. Karena banyak dikunjungi oleh para pemuda untuk spot fotografi. Obyek wisata ini merupakan kolam renang terbuka dengan pemandangan langsung menghadap ke lereng gunung yang memukau. Tidak hanya kolam renang, disini Anda juga bisa menikmati wahana lain seperti outbond, camping dan kuliner.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbul Sidomukti, Manggung, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

9. Tirto Argo Siwarak

Image Credit: Google Maps (Daniel Rahardjo)

Tiro artinya air, sedangkan agung artinya besar. Bila digabungkan maka obyek wisata ini merupakan air yang besar atau dapat disebut sebagai kolam renang. Kolam renang ini bersumber dari mata air pegunungan yang tentunya sangat menyegarkan. Tempat ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Jaraknya sekitar 23 km dari Kota Semarang.

Obyek wisata Tirta Agung Siwarak beroperasi pada hari Senin, Kamis hingga Minggu dengan jam buka pukul 08.00 – 15.00 WIB. Sementara untuk tiket masuknya seharga Rp 15.000 per orang baik dewasa maupun anak-anak. Selain bermain air dengan keluarga Anda juga dapat menikmati wahana lain serta santap bersama kuliner khas Semarang.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

10. Kampung Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran
Image Credit: Cnnindonesia.com

Kampung Kopi Banaran menjai tempat wisata edukasi kopi di Ungaran. Tepatnya berjarak 35 km dari Kota Semarang. Disini tersedia banyak jenis kopi. Bagi Anda pecinta kopi dapat berkunjung kesini untuk menikmati wisata kampung kopi sekaligus mencicipi kopi dengan berbagai aroma yang memikat.

Anda dapat mengunjungi Kampung Kopi Banaran setiap hari pada jam operasional 24 jam. Untuk tiket masukknya cukup membayar Rp 20.000 Anda sudah dapat berkeliling kampung kopi. Bagi Anda yang tidak ingin berjalan kaki Anda dapat berkeliling menggunakan kereta dengan pemandangan kebun kopi di samping kanan kiri.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bawen – Solo KM 1,5 Gentong, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

11. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah
Image Credit: Google Maps (Edi Pras)

Bagi Anda pecinta olahraga renang, Anda dapat berkunjung ke kolam renang Bukit Lerep Indah. Kualitas air di kolam renang ini sangat bagus. Tidak membutuhkan klorin untuk menjernihkannya. Karena air disini berasal dari mata air pegunungan yang sudah jernih. Sembari berenang Anda juga disuguhkan pemandangan alam yang sangat elok.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

12. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Image credit: Facebook.com @indonesiatravelina

Selain warna-warni wisata alam, Ungaran juga memiliki objek wisata sejarah yang tak kalah cantik. Wisata ini wajib Anda kunjungi jika ke Ungaran karena situs ini sangat ikonik. Candi ini dibangun pada abad ke 9 dan terdiri dari 9 bangunan sesuai dengan namanya. Berwisata candi selain menikmati keindahan bangunannya juga akan menambah wawasan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darum, Krajan, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

13. Kampung Seni Lerep

Kampung Seni Lerep
Image Credit: Google Maps (Desa Wisata Lerep)

Kampung Seni Lerep dibganun oleh komunitas seni di desa yang terletak di lereng gunung Ungaran. Dilokasi ini Anda dapat menikmati seni dan budaya sekaligus melihat pemandangan dari ketinggian 40 meter di atas permukaan laut. Liburan Anda akan lebih bermakna di kampung seni Lerep karena akan menambah wawasan Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

14. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang ingin melihat kereta api kuno makan Anda dapat berkunjung ke museum Kereta Api Ambarawa. Pada zaman dulu lokasi ini difungsikan sebagai stasiun kereta uap. Namun saat ini sudah beralih fungsi menjadi museum kereta api. Disini Anda akan mengetahui sejarah perkeretaapian dan melihat lokomotif buatan M. Esslingen.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

15. Vanaprastha Park

Vanaprastha Park
Image Credit: Twitter.com @vifi96

Sudah pernah ke taman tapi di atas bukit? Jika belum, Taman Vanaprastha Park wajib Anda kunjungi. Taman ini masih satu lokasi dengan Candi Gedong Songo dan berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Di taman ini Anda akan melihat rumah kayu tua yang berumur satu abad. Rumah ini dulunya dimanfaatkan sebagai guest house.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

16. Green Valley

Green Valley
Image Credit: Google Maps (Neni Wardana)

Destinasi Green valley cocok Anda jadikan lokasi berlibur bersama teman-teman dan keluarga. Green Valley merupakan tempat dari obyek wisata Bandungan Ungaran. Disini tersedia fasilitas outbond dan cocok untuk kegiatan training camp dan gathering. Suasana pegungan dengan udara sejuk membuat rekreasi Anda lebih berkesan.

Harga Tiket: Rp 280.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Langen Harjo, Baharan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

17. Susan Spa dan Resort

Susan Spa & Resort
Image credit: Instagram.com @dhian_hardjodisastro

Nah bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus memanjakan diri bisa banget datang kesini. Susan Spa dan Resort berada di bukit Ungaran tepatnya di Jalan Gintungan Utara Piyoto, Bandungan, Semarang. Lokasi ini menjadi tujuan menginap para traveler yang berlibur di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Susan Spa dan Resort memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan didukung lokasi yang strategis. Selain menginap Anda dapat menikmati spa dengan konsep bangunan yang unik. Terdapat lampu-lampu dan ornamen bunga berwarna pink dan ungu yang menawan. Anda dapat menginap di sini dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 462.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gintungan Utara Piyoto, Deso, Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

18. Sendang Sengon

Sendang Sengon
Image Credit: Google Maps (Fauzi NS)

Sendang Sengon merupakan obyek wisata yang berupa kolam dengan sumber mata air tepat berada di bawahnya. Air di sendang ini sangat bersih. Andapun bisa mengamati dengan jelas benda-benda yang berada di dalamnya. Bagi Anda yang tertarik ingin ke sana, lokasinya sangat strategis, berada di antara sawah dan pemukiman warga.

Pada zaman dahulu Sendang Sengon ini digunakan untuk pemandian dan dijadikan sebagai tempat suci oleh warga setempat. Selain digunakan untuk mandi, airnya juga bermanfaat untuk mengairi ladang dan sawah warga. Disini Anda akan merasakan udara yang sejuk karena berada di lereng Gunung Sindoro sekaligus menikmati alam yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjarsari, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung, Jawa Tengah.

19. Wisata Embung Kledung

Embung Kledung
Image Credit: Hipwee.com

Obyek wisata yang memberikan sensasi luar negeri adalah Embung Kledung. Secara fisiknya Embung Kledung berupa cekungan buatan yang digunakan untuk menampung air hujan. Air tersebut berguna untuk mengairi sawah pada musim kering. Obyek wisata ini termasuk baru, karena baru dibuka pada tahun 2010.

Semakin lama, obyek wisata ini semakin dipenuhi oleh pengunjung. Untuk menambah daya tariknya pengelola mendirikan beberapa spot yang digunakan untuk berfoto. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Embung Kledung Anda dapat membayar tiket Rp 5.000 saja. Selain berfoto Anda juga dapat memberikan pakan ikan yang hidup di dalam embung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah.

20. Brown Canyon Ungaran

Brown Canyon
Image Credit: Wikipedia.org

Brown Canyon obyek terkenal yang ramai dikunjungi. Obyek wisata ini mengandalkan pemandangan batuan dengan ukiran alam yang indah. Menariknya lagi batuan yang terbentuk berupa endapan sungai purba dan pantai purba yang berisi material sisa gunung api Ungaran. Material gunung api purba berupa lapisan konglomerat, breksi dan batu pasir.

Brown Canyon Ungaran berada di Rowosari, Tembalang, Kota Semarang. Bagi Anda yang tertarik dengan pemandangan di Brown Canyon Anda dapat mengunjunginya setiap saat karena jam operasionalnya selama 4 jam. Tidak hanya itu tidak ada harga tiket masuk alias gratis. Anda dapat berfoto-foto ria dengan pemandangan alam gurun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa objek wisata unggulan di Ungaran, Semarang. Dengan berkunjung ke obyek wisata yang ada, Anda akan mendapatkan pengalaman penjelajahan alam yang luar biasa. Jangan lupa untuk menambah keseruannya Anda bisa mengajak berlibur dengan keluarga dan orang terdekat. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan di obyek wisata.