10 Wisata Pantai di Pekalongan yang Hits & Populer

Wisata Pantai Pekalongan

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Pekalongan, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari Eksotis, Populer & Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi untuk Petualangan Seru.

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi dan menjadi favorit untuk seluruh kalangan. Tak heran, apabila destinasi wisata satu ini tidak pernah terlihat sepi pengunjung. Bahkan dalam negara kita sendiri, Indonesia telah mempunyai berbagai wisata pantai yang sangat beragam. Dimana pada setiap wisata pantainya memiliki ciri dan karakteristiknya yang berbeda.

Terlebih lagi daerah di Indonesia satu ini, memiliki berbagai destinasi pantai yang sangat indah yakni Pekalongan. Menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang mana berada di lokasi strategis, tak heran jika Pekalongan memiliki kawasan wisata pantai yang indah. Berwisata dan berlibur ke pantai memiliki sensasi liburan yang berbeda dan menyenangkan. Berikut rekomendasi wisata pantai di Pekalongan yang hits dan populer.

1. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Image Credit: Facebook.com @wisatapantaiwonokerto

Destinasi wisata pantai pertama yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Pekalongan adalah Pantai Wonokerto. Kawasan wisata ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang menjadi lokasi favorit untuk dikunjungi dan didatangi para wisatawan. Mulai dari penduduk lokal bahkan hingga wisatawan yang berasal dari luar daerah Pekalongan.

Terkenal dengan keindahan pantainya yang sangat menakjubkan dan dapat memanjakan mata, yang mana mampu membuat Anda melepaskan beban dan penat pikiran. Saat pertama kali tiba di kawasan ini, wisatawan akan langsung disambut dengan hamparan pasir pantai yang sangat luas dan bersih. Hal ini dikarenakan seluruh keindahan dan kebersihan pantainya masih sangat terjaga dengan baik.

Panoramanya yang sangat indah ini dapat Anda nikmati saat pagi hari, dikarenakan saat waktu itulah menjadi nilai utama dari kawasan wisata ini. Tak hanya itu, pantai ini memiliki pepohonan pinus yang sangat rimbun. Yang mana mampu memberikan kesejukan tersendiri selama Anda berada di sana. Ada berbagai spot foto menarik yang dapat Anda coba, yakni rumah panggung. Untuk menikmatinya Anda hanya perlu mengeluarkan dana yang sangat murah.

Lokasi: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

2. Pantai Sari Pekalongan

Pantai Sari Pekalongan

Image Credit: Google Maps (Budi Saputra)

Kawasan pantai selanjutnya yang wajib untuk datangi adalah Pantai Sari Pekalongan. Destinasi wisata ini merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur dan piknik keluarga. Untuk jam buka atau operasionalnya sendiri, sama seperti wisata pantai lainnya yakni sekitar pagi hingga sore hari saja. Serta lokasi wisata ini tentunya dibuka untuk umum.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Saat Anda mengunjungi kawasan ini, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Hanya perlu merogoh kocek untuk biaya parkir kendaraan yang digunakan. Selain itu, bagi Anda yang menyukai dan memiliki hobi memancing. Maka kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai area pemancingan. Yang mana Anda dapat melakukannya di pinggiran pantai yang telah disediakan.

Untuk fasilitasnya sendiri sangatlah beragam. Hal ini dijamin tidak akan membuat Anda merasa bosan ketika berlibur di Pantai Sari Pekalongan. Mulai dari wahana air seperti snorkeling, toilet, mushola, parkiran, dan tempat-tempat menikmati kuliner khasnya. Sebagai tambahan informasi, sangat disarankan untuk tiba di lokasi pada sekitar jam 11 siang ke atas. Hal ini dikarenakan permukaan air lautnya naik.

Lokasi: Panjang Baru, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan.

3. Pantai Krematorium

Pantai Krematorium

Image Credit: Twitter.com @kotabatik

Saat pertama kali mendengar nama lokasinya, yakni Pantai Krematorium. Mungkin akan langsung terdengar asing, aneh, bahkan tak jarang orang beranggapan seram tentang pantai satu ini. Namun, saat pertama kali tiba di kawasan ini maka Anda akan terkejut dan merasa bahwa lokasi pantainya sangat indah dan tidak ada sisi yang menyeramkan pada setiap sudut pantainya yang ada.

Menurut info yang beredar, nama dari pantai ini sendiri merupakan salah satu kawasan pantai yang sering dan banyak digunakan untuk membuang berbagai hasil dari pembakaran sebuah proses kremasi. Meskipun lokasinya yang sering digunakan untuk ritual, tetap memiliki daya tarik dan keindahannya tersendiri. Bahkan kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat menikmati senja.

Lokasi: Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

4. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

Image Credit: Twitter.com @ahmadnurussirot

Pantai selanjutnya yang masih berada di Pekalongan adalah Pantai Pasir Kencana. Kawasan pantai ini merupakan salah satu primadona wisata yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar bahkan hingga wisatawan dari luar kotanya. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan sanak saudara. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari pagi hingga malam hari.

Saat Anda berada di sini, kebanyakan wisatawan akan menanti dan menikmati berbagai kegiatan yang ada. Mulai dari menunggu matahari tenggelam hingga menikmati momen berjalan santai di sebuah fasilitasnya yakni jembatan cinta. Selama menunggu matahari terbenam, kebanyakan pengunjung menunggu hingga malam hari dan menyantap berbagai menu kuliner khas laut yang telah disajikan.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Panjang Wetan, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

5. Pantai Asri Api Api

Pantai Asri Api Api

Image Credit: Google Maps (Totokcah Predator)

Saat Anda berada di kawasan Pekalongan sisi barat, maka tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Pantai Asri Api Api. Mungkin, untuk destinasi pantai satu ini tidak terlalu terkenal bila dibandingkan dengan destinasi wisata pantai lainnya. Meskipun begitu, kawasan pantai ini memiliki potensi keindahan panorama alamnya yang sangat indah. Bahkan area wisata ini masih sangat alami dan natural.

Hal itulah yang membuat para wisatawan dari luar kota berdatangan dan tidak ragu untuk mengunjungi kawasan pantai ini. Sama halnya dengan jenis pantai lainnya, yakni mempunyai ombak yang landai dan tidak terlalu tinggi. Sehingga sangat aman bagi Anda yang ingin bermain air bahkan berenang sekalipun di pinggiran pantainya. Sudah tertarik untuk mengunjungi lokasi ini?

Lokasi: Api-Api, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

6. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Image Credit: Instagram.com @pekalongan_epic

Ingin berlibur dan menikmati keindahan dan nuansa di pantai sembari merasakan kesejukan di bawah pepohonan hutan pinus. Kawasan wisata pantai ini wajib untuk masuk ke dalam wishlist destinasi wisata Anda, yakni Pantai Slamaran. Untuk jam operasionalnya, mulai dari pagi hingga malam hari. Dan untuk harga tiket masuknya sangatlah murah dan tidak akan merogoh kocek terlalu dalam.

Dengan harga yang murah, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan.Mulai dari dengan bermain pasir, menikmati seluruh sajian makanan yang enak, dan jasa menyewa perahu. Yang mana jasa tersebut siap untuk mengantar Anda menikmati seluruh keindahan di lautan lepas. Namun, sangat disarankan untuk tidak berenang dikarenakan ombak air lautnya yang sangat besar dan berbahaya.

Lokasi: Kec. Krapyak Lor, Kab. Pekalongan.

7. Pantai Sunter Depok Indah

Pantai Sunter Depok Indah

Image Credit: Instagram.com @maulana.fadli.338

Pantai Sunter Depok Indah juga menjadi salah satu kawasan wisata pantai yang wajib untuk Anda datangi. Dalam destinasi wisata ini masih terus mengalami dan melakukan sebuah pengembangan dalam pembangunannya. Hal ini ditujukan dan dimaksudkan untuk menambah kenyamanan para pengunjungnya. Pada pembangunan yang sering dilakukan ini berfungsi menambah fasilitas bermain untuk anak.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Terkenal dengan keindahan pantainya dan sangat cocok serta nyaman untuk dijadikan sebagai destinasi atau tempat berlibur. Tak heran apabila banyak sekali wisatawan yang tiada henti berdatangan untuk menikmati seluruh keindahan pantai yang ada. Perpaduan antara air laut yang tenang dan semilir angin berhembus, mampu membuat Anda merasa nyaman selama berada di sana.

Lokasi: Depok, Kec. Siwalan, Kab. Pekalongan.

8. Pantai Rejo

Pantai Rejo

Image Credit: Google Maps (Jejak Si Gembul)

Ingin datang dan berkunjung ke lokasi pantai yang masih sangat alami? Maka datanglah di Pantai Rejo, yang mana kawasan wisata ini terkenal dengan kebersihan dan keindahan pantainya yang tak terkalahkan. Meskipun masih tergolong baru, Pantai Rejo ini memiliki potensi alami yang sangat tinggi. Bahkan keindahan panorama alamnya dapat membius Anda dan membuat merasakan jatuh cinta pada pemandangan yang ada.

Untuk fasilitas yang ditawarkan di sana, sangatlah beragam dan pastinya mulai lengkap. Seperti toilet, mushola, lahan parkir, dan berbagai kawasan wisata kuliner yang ada. Selama Anda berada di sana tidak perlu merasakan takut kelaparan. Dikarenakan sudah ada berbagai olahan menu masakan khas ikan laut yang sangat menyegarkan dan mengenyangkan.

Lokasi: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

9. Pantai Kuripan

Pantai Kuripan

Image Credit: Google Maps (Wasis Dracik)

Kawasan pantai selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Kuripan. Memiliki pesona alamnya yang sangat indah dan menarik. Tentunya membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk datang mencoba dan ingin menikmati sejuta pesona alamnya. Untuk fasilitas yang ditawarkan sangatlah beragam. Yang mana ditujukan untuk membuat para pengunjung merasa nyaman. Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan.

Lokasi: Jl. Kuripan, Kuripan, Kec. Subah, Kab. Batang.

10. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata pantai terakhir, yang mana wajib untuk Anda di kunjungi adalah Pantai Sigandu. Kawasan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berlibur keluarga. Dalam area pantai ini, telah dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat beragam. Mulai dari taman bermain, lapangan voli, area kuliner, mushola, area parkir, dan toilet. Dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan inilah, ditujukan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya.

Lokasi: Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Pekalongan yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu di daerah Jawa Tengah ini, memiliki sejuta keindahan dan keberagaman panorama alamnya yang sangat memanjakan mata. Berlibur di salah satu pantainya, dapat dijadikan sebagai sarana untuk melepaskan berbagai beban dan penat pikiran. Jadi, sudah tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata pantai yang mana?