Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Ciamis, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Alun-Alun Ciamis merupakan wisata alam terbuka yang letaknya berada di jantung Kota Ciamis. Jika sedang berada di Ciamis tetapi tidak mengunjungi alun-alunnya maka rasanya ada sesuatu yang kurang. Wisata ini terbuka selama 24 jam pada setiap harinya. Anda bebas berkunjung kapan saja tanpa harus terpatok dengan waktu.

Wisata yang berada di pusat Kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari semua kalangan. Mulai anak, muda-mudi, hingga dewasa. Akan terlihat lebih ramai di hari weekend atau hari libur nasional. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tetapi setiap pengunjung yang datang juga bisa menikmati beragam aktivitas seru.

Hal yang sering dilakukan oleh para pengunjung selama datang ke Alun-Alun Ciamis antara lain olahraga, kuliner, maupun sekedar bersantai bersama keluarga. Biasanya semakin sore maka semakin banyak wisatawan yang berkunjung untuk nongkrong. Karena suasana malam hari di alun-alun terlihat lebih eksotis dengan banyaknya lampu yang penuh warna.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Ciamis

Daya Tarik Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Agus Gumilar

1. Objek Wisata Strategis

Alun-alun Ciamis terletak di jantung kota Ciamis sehingga lokasinya mudah untuk ditemukan. Wisata alam terbuka ini sudah populer di kalangan wisatawan. Bahkan keberadaannya menjadi ikon kebanggaan warga Ciamis.

Jika Anda belum begitu mengetahui keberadaannya, maka bisa membuka GPS kemudian mengarahkannya untuk menuju lokasi alun-alun. Pasti dengan mudah akan menemukan wisata yang sering digunakan sebagai area berolahraga ini.

2. Pemandangan yang Memanjakan Mata

Di lapangan alun-alun bagian tengah terlihat pemandangan hamparan rumput nan hijau. Pada sisi pinggirnya terdapat jalan setapak memutari alun-alun yang sering dijadikan tempat untuk jogging maupun aktivitas berjalan menyusuri alun-alun.

Pada area taman terdapat tanaman-tanaman subur. Setiap tanaman dilengkapi fasilitas tempat duduk dari semen. Sehingga bisa digunakan untuk tempat bersantai setelah lelah berolahraga.

Salah satu ikon khas alun-alun yakni terdapat di area taman adalah taman Raflesia sebagai lambang Kota Ciamis. Jika dilihat di malam hari, bangunan tersebut menyala indah penuh warna karena adanya lampu yang menghiasinya. Bentuknya mirip sekali dengan tanaman raflesia.

3. Tersedia Area Foodcourt

Wisatawan yang berkunjung ke Alun-Alun Ciamis tidak hanya dapat menikmati pemandangan yang indah. Akan tetapi, juga dapat berburu kuliner khas Ciamis di area foodcourt.

Area ini terdapat barisan pedagang yang menjual aneka kuliner berupa jajanan camilan, makanan sampai minuman yang menyegarkan. Harganya juga termasuk standar. Wisatawan yang berburu kuliner akan terlihat lebih ramai di waktu malam minggu. Banyak pasangan muda mudi yang berekreasi di alun-alun nan indah ini sambil menikmati hidangan kuliner khas Ciamis maupun kuliner yang sedang kekinian.

Daya Tarik di Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps maricuy channel

4. Terdapat Wahana Permainan Anak

Selain banyak dikunjungi orang dewasa, tempat wisata ini juga ramai oleh pengunjung anak-anak. Hal ini disebabkan terdapatnya wahana permainan yang dapat menghapus rasa kejenuhan pada anak.

Wahana permainan tersebut diantaranya naik delman domba, mobil-mobilan, serta becak sepeda yang dihias dengan lampu penuh warna. Wisatawan bisa menyewanya dengan harga terjangkau untuk digunakan berkeliling memutari area alun-alun. Aktivitas ini tentu akan menambah kedekatan bersama anak.

5. Spot Foto yang Keren

Wisata di jantung kota ini menyuguhkan pemandangan yang indahnya tiada tara. Setiap sudutnya memberikan kesan mengagumkan untuk diabadikan. Maka dari itu, tak heran jika setiap wisatawan yang berkunjung selalu berfoto-foto di setiap sudut Alun-Alun Ciamis.

Oleh karena itu, jangan lupa sediakan kamera terbaik Anda untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Tentukan sudut yang tepat dengan landscape yang menawan sehingga hasilnya memiliki nilai seni tersendiri. Bisa dijadikan koleksi tambahan untuk diupload ke beranda sosial media Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Evi Mirnayanti

Alun-alun Ciamis terletak di pusat Kota Ciamis. Tepatnya berada di Jalan Ir. H. Juanda nomor 168. Di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dari pusat kota menuju alun-alun hanya membutuhkan waktu 5 menit berkendara.

Adapun rute menuju wisata nan eksotis ini sangatlah mudah dicapai. Jika Anda sudah berada di pusat kota, maka akan langsung menemukan tulisan besar yang menjadi penanda keberadaan alun-alun. Apabila masih bingung maka bisa menggunakan google maps untuk menuju ke lokasi.

Menikmati keindahan alam yang mengagumkan tidak selalu identik dengan biaya yang mahal. Termasuk untuk berkunjung ke Alun-Alun Ciamis nan keren ini.

Wisatawan tidak akan diberikan tarif tiket masuk ke lokasi alun-alun. Anda bebas menikmatinya secara gratis. Hanya diperlukan biaya yang murah untuk memarkirkan kendaraan pribadi para wisatawan.

Meskipun gratis bukan berarti Anda bebas melakukan aktivitas seenaknya ya. Tetaplah untuk menjaga kebersihan dan keindahan sekitar taman alun-alun. Jika menikmati kuliner di area taman, jangan membuang sampah secara sembarangan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Ciamis

Kegiatan Menarik Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Agus Gumilar

1. Olahraga

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini mayoritas ingin melakukan olahraga khususnya jogging. Luasnya taman yang mengelilingi alun-alun membuat wisatawan merasa nyaman untuk berolahraga.

Selain jogging, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan olahraga lainnya seperti bersepeda mengelilingi alun-alun. Trekking yang luas dan nyaman akan membuat kegiatan olahraga semakin terasa seru. Khususnya di pagi hari saat udara sedang terasa segar.

2. Menikmati Hiburan untuk Anak

Tidak hanya orang dewasa yang bisa melakukan aktivitas di lokasi wisata kekinian ini. Namun, anak-anak juga dapat menikmati keindahan Alun-Alun Ciamis dengan menaiki beberapa wahana permainan yang mengasyikkan.

Salah satu permainan yang sering dituju oleh anak-anak adalah menaiki dedom atau delman domba. Wahana ini mirip dengan delman kuda. Perbedaannya, pedati akan ditarik oleh domba tangguh khas Garut.

Selain itu, terdapat juga fasilitas permainan berupa mobil-mobilan remot. Nah, tentunya anak Anda akan lebih betah untuk main di alun-alun.

Adapun pemandangan menarik di waktu malam hari terutama di malam Minggu. Wisatawan akan menemukan becak sepeda yang dihias berwarna-warni menggunakan lampu-lampu serta aksesoris pendukung lainnya.

Penampilan becak sepeda ini akan menambah keramaian lokasi alun-alun. Apalagi jika banyak wisatawan yang menyewanya untuk digunakan berkeliling-keliling. Terkadang juga dilengkapi dengan lagu-lagu yang lucu-lucu.

3. Wisata ke Masjid Agung Ciamis

Keberadaan Masjid Agung Ciamis terletak di seberang jalan Alun-Alun Ciamis. Wisatawan yang sudah puas melakukan aktivitas di area alun-alun kini bisa berpindah ke Masjid Agung Ciamis untuk melihat keindahan bangunannya.

Sesampainya di kawasan masjid, pengunjung akan disambut oleh taman luas nan asri yang dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk berwarna cerah di samping pepohonan.

Untuk memasuki masjid, Anda juga harus menaiki beberapa anak tangga yang unik. Desain bangunan masjid dengan dominasi warna hijau dan krem serta ditambah banyaknya tanaman hijau segar membuat nuansa wisata terasa lebih segar. Rasanya betah untuk berlama-lama di area masjid hingga menunggu waktu sholat tiba.

Kegiatan Menarik di Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Nurlatifah Tsaniyatul Wiladah

4. Berburu Kuliner

Di waktu sore hari hingga malam, banyak para pedagang yang menjajakan aneka kulinernya di sekitar lokasi alun-alun. Mereka juga menyediakan fasilitas tempat duduk berupa tikar. Sehingga wisatawan yang ingin menikmati jajanan bisa duduk lesehan di tikar-tikar tersebut.

Anda bisa mencicipi kuliner khas Ciamis seperti ayam goreng Ciamis, citruk, kupat panawangan. Semua harganya masih dalam tarif standar. Oleh karena itu, jangan ragu untuk coba membelinya ya.

5. Berfoto-foto di Spot Kekinian

Wisata ini menjadi magnet bagi para wisatawan. Khususnya pecinta fotografi karena lokasinya yang menyediakan fasilitas spot-spot foto kekinian. Mulai dari pemandangan air mancur di taman, hingga bergaya saat naik wahana permainan.

Semuanya memiliki nilai keindahan tersendiri. Sehingga jangan sampai satu pun terlewatkan untuk tidak diabadikan ya.

6. Menikmati Keindahan Taman Raflesia

Istilah taman raflesia yang ada di lokasi Alun-Alun Ciamis bukanlah jenis wisata bunga raflesia. Akan tetapi, bentuk bangunan yang terdapat air mancur mirip dengan bunga raflesia.

Keberadaannya menjadi ikon khas Kota Ciamis. Dihiasi dengan lampu berwarna-warni. Jika di malam hari, pemandangan taman raflesia ini sangatlah menakjubkan. Wisatawan biasanya menikmati keindahannya sambil berburu kuliner ataupun santai di dekat pohon-pohon kecil area taman.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kota

Fasilitas Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Yogie Aryanto

1. Tempat Parkir

Lokasi parkir yang tersedia di wisata alun-alun dapat digunakan wisatawan untuk memarkirkan kendaraan dengan aman dan nyaman. Biasanya para pengunjung akan memadati area parkir di saat hari libur atau di sabtu malam.

2. Mushola

Meskipun tidak begitu jauh dari wisata Masjid, tetapi lokasi ini tetap menyediakan fasilitas mushola yang bisa digunakan untuk beribadah ketika waktu sholat telah tiba.

3. Toilet

Keberadaan toilet di sekitar lokasi cukup memadai kebersihannya. Sehingga pengunjung yang menggunakannya akan merasa nyaman.

4. Kafe Kuliner

Suasana kafe akan terlihat lebih ramai ketika hari libur. Wisatawan berbondong-bondong datang ke alun-alun untuk berburu kuliner lezat sambil menikmati suasana malam hari.

Demikian ulasan informasi tentang Alun-Alun Ciamis. Anda bisa datang bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan. Suasananya sangat nyaman. Banyak wisatawan yang berlalu lalang dengan segala macam aktivitasnya. Ayo, segera buktikan keindahannya.