Harga Tiket: Rp 3.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Sindangkerta merupakan salah satu pantai yang sangat direkomendasikan bagi Anda dan keluarga untuk berlibur. Tasikmalaya selain juga menyuguhkan wisata berupa curug dan wisata alam yang begitu mempesona, di tempat ini Anda bisa menemukan pantai yang begitu indah dan memukau.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang begitu disarankan untuk Anda kunjungi. Oleh karena keelokan dan keindahannya, wajar saja jika pantai tersebut menjadi primadona bagi wisatawan. Ketika hari libur tiba pantai tersebut selalu padat dikunjungi. Panoramanya yang begitu elok membuat siapa saja merasa betah berada di sana.

Maka dari itulah, untuk Anda yang kebetulan tengah mencari tempat wisata, maka bisa menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi favorit. Dijamin Anda tidak akan kecewa karena ada banyak sekali keindahan dan keseruan yang bisa Anda rasakan selama berada di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sindangkerta

Daya Tarik Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps ZoeL ZF Channel

1. Panorama Alam yang Begitu Indah

Terdapat banyak sekali daya tarik hingga akhirnya membuat pantai tersebut digemari oleh para pengunjungnya. Pantai Sindangkerta memang tidak seperti pantai lainnya. Lokasi dari partai tersebut berada agak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya. Maka dari itulah, keasrian dari pantai ini terjaga dengan begitu baik.

Ketika Anda tiba di lokasi wisata, Anda akan langsung dibuat takjub oleh panorama alam yang begitu indah dan memukau. Kombinasi antara pasir laut, pepohonan pantai, menciptakan harmoni pemandangan yang begitu menakjubkan. Pasir di pantai ini memiliki warna putih dan juga halus.

Tidak hanya itu saja, area parkir sangat luas dan terasa lembut ketika Anda melewatinya. Namun sayangnya area parkir tersebut tidak menyatu langsung dengan air laut. Hal itu dikarenakan terdapat batuan karang yang memisahkan antara pasir dengan air laut. Area karang cukup dangkal dan banyak sekali wisatawan yang bermain-main air di area tersebut.

Perlu untuk Anda ingat agar selalu berhati-hati ketika berada di Pantai Sindangkerta karena terdapat karang-karang tajam dan berlumut yang cukup berbahaya. Dari tepi pantai, Anda dapat menyaksikan keindahan dari pepohonan yang berjajar rapi. Pagar tersebut seolah-olah membentuk pagar yang melindungi pantai.

2. Ombak yang Indah dan Ganas

Salah satu hal yang cukup menarik lagi dari pantai tersebut yaitu ombaknya yang tampak begitu indah dan juga ganas. Oleh karena itulah, berenang di Pantai Sindangkerta memang sangat tidak disarankan.

Anda masih bisa berenang asalkan tidak terlalu jauh menuju ke arah laut. Namun sekalipun pantai tersebut memiliki ombak yang besar, sangat tidak disarankan untuk berselancar di sini. Hal itu dikarenakan adanya karang di area pantai yang sangat berbahaya.

3. Terdapat Mercusuar

Tidak semua pantai yang ada di Indonesia memiliki mercusuar. Namun Anda bisa menemukan adanya mercusuar tersebut ketika mengunjungi Pantai Sindangkerta yang ada di Tasikmalaya ini. Banyak orang-orang yang menggunakan mercusuar tersebut sebagai spot foto untuk ditampilkan di laman instagram mereka.

Namun, mercusuar tersebut tidak bisa Anda jangkau hanya dengan berenang ataupun berjalan kaki. Ketika matahari sudah mulai tenggelam, Anda akan melihat mercusuar tersebut tampak semakin menarik dan akan sangat sayang sekali Jika tidak diabadikan dalam jepretan foto.

Karena itulah, pastikan Anda untuk mengabadikan momen ketika berada di pantai ini dengan latar belakang berupa mercusuar yang tampak begitu eksotik tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps Muhammad Rifki Zulfikar

Untuk Anda yang berencana mengunjungi dan berlibur ke Pantai Sindangkerta, maka Anda perlu segera meluncur ke Kabupaten Tasikmalaya yang ada di Provinsi Jawa Barat. Lokasi tepatnya dari pantai tersebut yaitu berada di Desa Sindangkerta. Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini memakai kendaraan pribadi.

Jalannya ke tempat tersebut sudah sangat bagus, maka Anda bisa membawa kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua. Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa tempat tersebut berada cukup jauh dari pusat kota. Setidaknya Anda harus menempuh perjalanan sejauh 72 km jika berangkat dari pusat Kota Tasikmalaya untuk bisa tiba di pantai.

Jika Anda masih merasa bingung dengan rute menuju lokasi wisata, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi di perangkat smartphone. Dengan begitu nantinya akan lebih memudahkan bagi Anda untuk melakukan lokasi pantai yang begitu exotic ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sindangkerta

Harga Tiket Masuk Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps Nanna hery

Menikmati waktu liburan dengan mengunjungi Pantai Sindangkerta memang merupakan hal yang sangat seru dan juga menyenangkan. Tempat tersebut cocok sekali untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Karena itu, Anda sangat disarankan mengajak serta buah hati dan sanak family Anda ketika ke tempat ini.

Indahnya pemandangan dengan suasana pantai yang begitu menyenangkan tentu akan membuat jiwa Anda terasa begitu riang seolah semua beban kerja sehari-hari hilang seketika. Sama halnya seperti tempat wisata lain, untuk bisa menikmati keindahan pantai ini maka Anda akan dikenakan biaya tiket masuk.

Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkan besaran biaya tiket masuk tersebut, karena memang retribusi yang dikenakan oleh pihak pengelola wisata sangatlah terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar uang tiket sebesar Rp 3.500 saja untuk tiap orangnya. Dengan hanya biaya sebesar itu Anda sudah bisa menyaksikan keindahan yang disajikan oleh pantai.

Selain itu, bagi Anda yang membawa kendaraan, baik itu berupa mobil ataupun motor, maka nantinya akan dikenakan biaya parkir. Untuk biaya parkir motor yaitu sebesar Rp 3.000, sedangkan bagi Anda yang kebetulan membawa mobil, biaya parkir yaitu sebesar Rp 5.000.

Informasi mengenai harga tiket masuk Pantai Sindangkerta bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pihak pengelola tempat wisata. Untuk jam operasionalnya sendiri, pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Maka dari itulah, Anda bebas untuk mengunjungi pantai tersebut kapanpun Anda mau. Sangat disarankan Anda datang ke tempat tersebut ketika menjelang matahari terbit atau pun matahari tenggelam. Saat itu pemandangan pantai memang benar-benar indah mengagumkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sindangkerta

Kegiatan Menarik Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps erik buana

1. Camping

Ada banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Sindangkerta. Pantai yang berada di Kota Tasikmalaya tersebut memang selalu berhasil menarik para pengunjung berdatangan. Salah satu aktivitas menarik tersebut yaitu camping di area pantai.

Sensasi camping di tempat ini tentunya tidak akan bisa Anda peroleh jika melakukannya di tempat lain. Karena itu, pastikan Anda membawa peralatan tenda jika berencana untuk menginap dan mendirikan tenda di tempat ini.

2. Menikmati Ragam Kuliner

Di pantai tersebut Anda akan menemukan beberapa warung yang menyediakan berbagai macam menu seafood menarik khas Kota Tasikmalaya. Anda yang sangat gemar dengan kuliner, tentunya tidak boleh melewatkan aktivitas satu ini.

3. Mencari Ikan di Sela Karang

Kegiatan selanjutnya yang juga tak kalah seru untuk dilakukan yaitu mencari ikan di sela batuan Karang. Karang yang terdapat di bagian tepi Pantai Sindangkerta tersebut memang tampak berwarna kehijauan oleh karena ditumbuhi lumut yang menempel. Ketika air surut, hamparan dari kerang tersebut akan tampak dengan lebih jelas lagi.

Nantinya Anda di sini tidak hanya bisa bermain air, namun juga bisa mencari ikan kecil. Ikan warna-warni yang ada di tempat tersebut bisa Anda tangkap menggunakan jaring kecil. Kegiatan tersebut tentu akan sangat menyenangkan sekali, terlebih jika di sini Anda melakukannya bersama dengan buah hati Anda.

Spesies ikan yang ada di pantai Indah ini memang sangat beraneka ragam. Selain itu, kawasan pantai merupakan habitat bagi taman laut yang memiliki luasan mencapai 20 hektar. Di dalamnya terdapat aneka biota laut, mulai dari penyu, terumbu karang dan berbagai macam ikan yang menarik.

4. Menyaksikan Acara Budaya Tahunan

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Sindangkerta yaitu menyaksikan acara budaya tahunan. Tidak hanya sekedar tempat wisata, pantai tersebut juga menjadi salah satu tempat untuk menggelar acara tahunan.

Acara tahunan tersebut bernama Hajat Lembur Mapag Taun. Acara ini dilakukan setiap tanggal 1 Januari. Warga yang tinggal di wilayah sekitar pantai nantinya akan berkumpul ke area pantai dengan membawa aneka hasil pertanian dan makanan. Acara ini sangat meriah dan tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps Ririn Oktarina

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa Pantai Sindangkerta yang berada di Kabupaten Tasikmalaya tersebut merupakan salah satu destinasi wisata favorit. Maka dari itulah, tidak susah untuk menemukan fasilitas pendukung di sana.

Anda bisa menemukan warung wisata yang menyajikan berbagai macam menu kuliner yang lezat dan nikmat. Selain itu, Anda tidak akan kesusahan untuk menemukan toilet, camping area bagi Anda yang ingin bermalam, mushola untuk yang ingin menunaikan ibadah salat serta pusat oleh-oleh.

Selain itu, Anda yang membawa kendaraan pribadi tersedia area parkir yang luas dan juga aman. Dengan adanya fasilitas tersebut, pastinya kegiatan berlibur di pantai ini akan semakin seru dan menarik.

Pantai Sindangkerta sangat recommended untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga ataupun sahabat. Dengan berbagai macam aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana, pasti akan membuat Anda merasa betah dan liburan akan jadi terasa lebih menyenangkan. Maka dari itu, jika kebetulan Anda berada di Tasikmalaya, sempatkan diri mengunjungi pantai.